[Flashback Friday] Cyborg Kuro-chan

June 13, 2014 21:47
[Flashback Friday] Cyborg Kuro-chan

Flashback Friday kali ini akan membawakan salah satu anime (dan mungkin game) yang mengisahkan tentang salah satu hewan paling populer di Jepang dan internet, yang bisa menembak! Sambut Cyborg Kuro-chan.

Bercerita tentang Kuro-chan, seekor kucing teman untuk sepasang orang tua, suatu hari, ia diculik oleh Dr Go (Dr Mawari di Jepang), seorang ilmuwan jahat. Dr Go mengubah Kuro menjadi kucing cyborg. Namun, Kuro-chan ternyata bisa merusak chip yang mengontrolnya dan dia keluar dari laboratorium Dr Go serta merusaknya. Dia kemudian menggunakan tubuh cyborg-nya, bersama dengan teknologi senjata, untuk melawan penjahat dari berbagai kejahatan, seperti cyborg – cyborg kucing lainnya, dan orang – orang asing yang jahat.

Serial ini sempat tayang selama beberapa lama meskipun jujur, saya lebih ketagihan main gamenya daripada nonton animenya. Gamenya yang dirilis untuk PS1 berjudul Kaetekita Cyborg Kuro-chan ini mengusung genre 2D Shoot-em-up yang mirip dengan Metal Slug atau Super Mario Bros. Bisa dibilang juga bahwa ini adalah game berbahasa Jepang pertama yang saya mainkan dan saya tahan karena saking adiktifnya.

Kuro Changameps1

Karakter:

kuro_cha1n_by_pattyhtf16-d68zayf (1)
Kuro-chan
Kucing utama yang diculik oleh Dokter Go dan dirubah menjadi kucing cyborg dengan berbagai senjata dan kelengkapan. Mudah marah dan lepas kontrol, meskipun sebenarnya ia kucing yang baik. Senjata favoritnya adalah Gatling Gun

kuro_cha1n_by_pattyhtf16-d68zayf (3)
Kakek-Nenek
Pasangan yang memelihara Kuro dan tidak tahu kalau Kuro sebenarnya adalah cyborg. Meskipun terus kena berbagai masalah, mereka tetap setia memelihara sang pembawa masalah yang kadang juga menjadi penolong mereka, Kuro.

kuro_cha1n_by_pattyhtf16-d68zayf (2)
Dr. Go
Antagonis utama yang berupaya menguasai dunia dengan menciptakan kucing cyborg sebagai senjata massal. Rencananya berbalik ketika Kuro akhirnya punya keingingan sendiri. Di akhir cerita ia berhenti berupaya menguasai dunia dan hidup tenang dengan M dan Kotaro.

kuro_cha1n_by_pattyhtf16-d68zayf (1)
M
Kucing cyborg yang diciptakan Dr. Go untuk memusnahkan Kuro. Tapi sebenarnya ia baik dan di akhir cerita kadang terlihat menolong Kuro. Senjata favoritnya adalah pedang.

kuro_cha1n_by_pattyhtf16-d68zayf (4)
Matatabi
Kucing yang merupakan teman lama Kuro. Karena suatu hal ia menyalahkan Kuro atas masalah yang dideritanya, senjata kesukaannya adalah bumerang.

Cyborg Kuro-chan adalah anime yang unik pada masanya, dimana saya yang masih kecil saat itu saja sampai merasa “Ni anime sangar betul yak?” Terutama dengan gambaran Kuro yang manly dan jauh dari kesan lucu yang biasa kita dapat dari “kucing”. Kadang-kadang mengesalkan sih, tapi tak dapat ditampik kalau Cyborg Kurochan kadang masih membekas di hati saat kita bicarakan, seperti saat saya menulis ulasan ini.