Ini Tipe Otaku Yang Paling Dibenci Hayao Miyazaki

December 14, 2014 18:17
Ini Tipe Otaku Yang Paling Dibenci Hayao Miyazaki

Sutradara terkenal dan juga salah satu pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki, memang terkenal dengan kata-kata pedasnya akan beberapa hal. Gak percaya? Baca saja artikel yang berisi beberapa pernyataan dan tingkah laku dia yang cukup kontroversial ini. Salah satu pernyataannya yang mungkin kalian masih ingat adalah komentarnya mengenai industri anime bermasalah karena penuh otaku. Apakah memang sutradara dari anime Spirited Away ini memang benar-benar sebegitu bencinya dengan otaku anime? Tenang, ternyata bukan otaku macam itu yang benar-benar tidak ia suka.

hayao miyazaki sedikit tidak beres (2)

Dalam sebuah interview, Hayao Miyazaki ternyata pernah disodori dengan sebuah pertanyaan “Bukankah, Anda juga, seorang otaku?” Pertanyaan tersebut ternyata dipakai oleh Miyazaki untuk mengungkapkan ketidaksukaannya kepada satu tipe otaku, seperti terungkap di jawaban yang ia berikan.

miyazaki

“Otaku? Orang yang paling aku benci adalah para otaku senjata api. Sejujurnya, aku berpikir mereka sangat rendahan, dan dari semua penggemar senjata api, penggemar pistol adalah yang terburuk. Merekalah yang mempunyai sifat paling tidak dewasa. Ha ha, tidakkah kamu setuju?”

Seperti biasa, semua pernyataan yang keluar dari mulut Hayao Miyazaki pasti menarik berbagai komentar di Internet, diantaranya kali ini adalah

“Sepertinya anime otaku itu ok.”
“Bagaimana kalau kamu suka tank?”
“Setiap kali aku mendengarnya bicara, selalu mengingatkanku seberapapun suksesnya seseorang, , mereka tidak berhenti menggerutu.”
“Bukankah, Leiji Matsumoto (pembuat Space Battleship Yamato dan Galaxy Express 999) adalah seorang otaku senjata?”
“Aku tidak tahu apakah mereka dapat dipanggil kekanak-kanakan, tapi aku serius berpendapat bahwa penggemar senjata api kepalanya berisi bubuk mesiu.”

Tapi seseorang meninggalkan komentar “Bukankah Miyazaki sendiri semacam otaku militer?” Memang benar, banyak film-film yang dibuatnya berkaitan dengan peperangan. Seperti misalnya film terbaru dan terakhirnya The Wind Rises yang menceritakan tentang desainer Zero Fighter di era Perang Dunia Ke-2 dan tidak hanya itu saja buku Daydream Data Notes yang dibuatnya berisi dengan sketsa pesawat tempur, tank dan kapal perang.

Hanya saja, tampaknya Miyazaki memang memiliki kebencian tersendiri kepada otaku senjata api. Contohnya lihat saja beberapa film animasi yang ia buat, dimana biasanya tokoh baik dalam karyanya tersebut mengenakan senjata seperti pedang, tombak atau panah.

mg-2

mg-3

mg-4

Sementara para karakter yang ‘jahat’ menggunakan…

mononoke

mg-5

Senjata api sebagai senjata pilihan mereka. Apa pendapat kalian?

sumber: Rocketnews