Berkat ‘Hibike! Euphonium’, Penjualan Toko Roti Ini Naik Sampai 10 Kali Lipat!

July 12, 2015 12:00
Berkat ‘Hibike! Euphonium’, Penjualan Toko Roti Ini Naik Sampai 10 Kali Lipat!

Tempat wisata anime bukanlah sesuatu yang asing bila kamu ke Jepang, karena berbagai anime telah membuat beberapa daerah menjadikan anime sebagai tujuan turis dan berhasil menambah penghasilan karenanya. Tidak terkecuali kota Uji di Kyoto, tempat dimana seri “Hibike! Euphonium” bertempat. Kota tersebut, kini mulai berkembang terima kasih kepada penayangan animenya.

JOI - hibike euphonium meningkatkan penjualan toko roti (1)

Kenapa animenya? Karena walaupun source materialnya sendiri sudah luar biasa, animenya membantu menggambarkan tempat-tempat yang harus otaku tuju untuk ‘napak tilas’ perjalanan para karakternya. Karena itu, saat ini sedang dilaksanakan sebuah revitalisasi regional dan promosi turisme baru di kota Uji.

Dampak dari promosi dan revitalisasi ini adalah dapat ditemukannya informasi-informasi bergambar karakter seri Hibike! Euphonium di tempat-tempat yang muncul dalam animenya. Bahkan di SMA prefektur Todo yang menjadi model dari SMA Kitauji di serinya.

JOI - hibike euphonium meningkatkan penjualan toko roti (4) JOI - hibike euphonium meningkatkan penjualan toko roti (3)

Walaupun sampai saat ini belum ada model grafik yang bisa menunjukkan pertumbuhan ekonomi setelah ditayangkannya seri tersebut, salah satu toko roti yang menjadi model di animenya sudah memberikan testimoni yang positif. Penjualan di Nakaji Bakery yang menjual roti danish sosis ternyata berlipat ganda sampai 10 kali lipat! Manajer tokonya bahkan berkomentar, “Luar biasa sekali, para penggemarnya juga sangat sopan.

Seorang penasehat klub brass band di SMP Uji, Hiraoka Junichi juga terkejut dengan popularitas alat musik Euphonium yang tiba-tiba memuncak. Ini adalah pertama kalinya hal tersebut terjadi di SMP tersebut.

JOI - hibike euphonium meningkatkan penjualan toko roti (2)

Untunglah ternyata anime Hibike! Euphonium dapat membawa berkah dalam berbagai artian kepada kota Uji di Kyoto. Katayama Akihisa, seorang profesor fakultas sosiologi di universitas Kyoto Bunkyo juga berpendapat bila tempat-tempat wisata anime ini nantinya akan menjadi lebih berkembang dan disambut oleh masyarakat.

sumber: Yaraon!

Sorry. No data so far.