Daigo Umehara, “Kamu Boleh Bercita-cita Menjadi Seorang Gamer Profesional, Tapi Jangan Kabur Dari Realita.”

July 12, 2015 11:00
Daigo Umehara, “Kamu Boleh Bercita-cita Menjadi Seorang Gamer Profesional, Tapi Jangan Kabur Dari Realita.”

Siapa sih yang tidak ingin menjadi gamer profesional? Prospek dibayar sembari bermain game setiap harinya bisa jadi impian banyak orang di dunia ini. Apalagi dengan banyaknya turnamen game internasional dalam di berbagai macam kelas yang diadakan setiap tahunnya. Walaupun mungkin, gamer profesional bukanlah pekerjaan impian ibumu.

Daigo Umehara, adalah gamer profesional pertama Jepang yang memiliki spesialisasi dalam 2D arcade fighting games. Daigo telah menuai kepopuleran baik di Jepang maupun di luar negeri, terutama dalam game Street Fighter dimana tidak jarang dia diakui sebagai pemain Street Fighter terbaik di dunia. Daigo juga tercatat sebagai pemain Street Fighter paling sukses di turnamen besar dunia dalam Guiness Book of Record.

JOI - jangan kebanyakan main game yah (2)
Daigo bahkan disebut orang Jepang sebagai God of 2D Game
. (sumber)

Dalam wawancaranya baru-baru ini di situs Nicovideo, Daigo berbicara mengenai tanggapannya terhadap gelombang baru gamer yang lebih serius terhadap game. Menurutnya, “Adalah hal yang bagus bagi kamu untuk bercita-cita menjadi seorang pro gamer, tapi jangan jadikan hal tersebut (cita-citamu) sebagai sebuah pelarian dari realita.” Secara positif, Daigo sendiri ingin merangkul bibit-bibit baru gamer profesional di Jepang.

Saat ditanyakan apa itu game bagi Daigo, dia menjawab, “Game adalah pekerjaan. Tentunya, aku tidak membenci game. Tapi karena sudah jadi pekerjaan, aku tidak bisa lagi menganggap game lain sebagai hobi saja.

JOI - jangan kebanyakan main game yah (3)

Tentu, tidak ada yang melarang kamu bermain game dan bahkan bila kamu memang cukup jago dalam game tersebut, lanjutkanlah sampai kamu bisa sukses. Namun bagi kamu yang sudah mengaburkan garis batas antara realita dan delusi, apalagi bila kamu sudah kebawa mimpi jadi Kirito versi GGO, mungkin ada baiknya kamu cuci muka, ngaca, dan kembali ke dunia nyata.

sumber: Hachima Kikou
gambar: Galleryhip