Comiket 89: Kancolle Kuat Di Puncak, Idolm@ster Ungguli Love Live Dalam Jumlah Circle

December 29, 2015 12:09
Comiket 89: Kancolle Kuat Di Puncak, Idolm@ster Ungguli Love Live Dalam Jumlah Circle

Sekarang Comiket 89 sedang berlangsung di Jepang. Seperti biasa, kalian-kalian ini pasti menunggu gelombang asupan doujin baru dari seri dan doujinka favorit kalian. Dan seperti biasa, mari kita lihat seri mana yang mendominasi lantai Comiket dengan jumlah doujinka partisipannya ini.

002_r_588x
Dalam data terbaru yang bisa dilihat diatas, rangking seri yang paling banyak doujin-nya di Comiket 89 ini, dari atas ke bawah, adalah:

Kancolle (2747)
Touken Ranbu (1724)
Touhou Project (1666)
The IDOLM@STER (1,325)
Haikyuu!! (816)
Kuroko no Basket (708)
Yowamushi Pedal (693)
Love Live! (664)
Tiger & Bunny (464)
Attack on Titan (427)

Dalam grafik tersebut, bar biru adalah seri untuk pria, bar merah untuk wanita, sedangkan bar abu-abu adalah jumlah circle partisipan seri tersebut di Comiket kemarin, Comiket 88.

maso no ushio
Masih bertahan sangat kuat, bahkan lebih kuat dari tahun lalu, Kancolle merajai Comiket 89 dengan beda circle partisipan lebih dari 1000 circle dari pesaingnya untuk wanita, Touken Ranbu, yang juga menempati peringkat kedua. Peningkatan signifikan untuk Touken Ranbu belum cukup untuk menjatuhkan Kancolle dari tahtanya. Meskipun akhirnya Touhou bisa dijatuhkan ke peringkat 3 setelah merajai lantai Comiket selama beberapa tahun belakangan ini. Bahkan ia tidak bisa menempel Kancolle seperti biasanya.

aman kok aman
Di lain pihak, seri Idol nampak mulai stagnan dengan penurunan jumlah partisipan dari seri Idolm@ster, yang bahkan sedang berusaha bangkit dengan anime dan game barunya. Love Live, yang tampak harus melakukan sesuatu agar tidak jatuh lebih jauh lagi. Mungkin ini saatnya generasi baru, Aquors, bersinar?

Seri lain yang tampak di bagian bawah antara lain Vocaloid (333), Fate series (296), Hetalia (291), Free! (287), Blood Blockade Battlefront (217) dan Splatoon (50). Tampaknya kita tak bisa mendapat doujin Scathath di Comiket ini.

001_r_588x
Seorang analis dari Niconico, “myrmecoleon” menganalisa bahwa di Comiket 90 nanti, kita bisa melihat peningkatan doujin dari Osomatsu-san dan One Punch Man. Meskipun mungkin melihat angka-nya, 2 seri itu tetap takkan bisa menyalip Kancolle, apalagi anime layar lebarnya akan segera tayang.

Doujin mana yang kamu tunggu dan sedang kamu titipkan sama teman kamu di Jepang untuk dibeli? Jangan lupa nanti share hasil jarahan kalian kalau ada! Bagi yang sedang “berperang” disana, semoga beruntung!

Sumber: ANN

Sorry. No data so far.