Seorang Eromangaka Ancam Mogok Kalau Masalah Pembajakan Tidak Diselesaikan

January 24, 2016 14:11
Seorang Eromangaka Ancam Mogok Kalau Masalah Pembajakan Tidak Diselesaikan

Sudah jadi rahasia umum bahwa anime, manga, dan lain-lain kebanyakan sampai di kita para penikmatnya dalam bentuk bajakan dari internet. Meskipun reaksi dari berbagai kreator beragam, tetap saja secara umum mereka tidak menyukai pembajakan. Namun salah seorang eromangaka bereaksi cukup keras begitu mengetahui jumlah karyanya yang dibajak.

Keluhan ini disampaikan oleh Gujira yang biasa menerbitkan manga-nya di majalah Comic X-Eros. Pada tanggal 17 Januari lalu, ia menerima email pemberitahuan bahwa salah satu karyanya dibajak dan di-download orang. Awal mula ia pasrah karena berpikir hal itu tak terhindarkan. Namun akhirnya mengeluh setelah ia tahu jumlah kopian yang dibajak. Jumlah kopi bajakannya yang beredar mencapai 25.000 kopi! “Aku benar-benar kehilangan minatku untuk menggambar” keluhnya. “Mungkin aku akan berhenti menggambar manga“.

2016011814180411fs

Ia berpikir bahwa doujin dan koleksi CG merupakan pekerjaan pribadi, sementara manga adalah hasil kerja keras banyak orang, sehingga membuat pembajakan manga menjadi sesuatu yang lebih buruk. “Uploader, minta maaf sekarang juga kepada mereka yang terlibat dan segera ganti rugi, dan jika kamu cantik, kamu akan kujadikan budak.”

Tentunya hal ini tidak hanya menimpa Gujira, karena pada faktanya hampir semua lapisan dunia hiburan menerima perlakuan yang sama soal pembajakan. Siapa yang harus berubah, industrinya, pelakunya, atau pelanggannya?

Sumber: ANN