Sekolah Kejuruan Tokyo Buka Jurusan Manajemen Bisnis Otaku

February 24, 2016 16:43
Sekolah Kejuruan Tokyo Buka Jurusan Manajemen Bisnis Otaku

Dengan semakin berkembangnya berbagai aspek pop-culture populer, tidak mengherankan kalau berbagai kesempatan bisnis baru terbuka di bidang ini. Sebut saja maid cafe yang semakin menjamur, event anime yang semakin populer dan sering diadakan, dan lainnya. Hal ini juga terjadi di tanah kelahiran budaya tersebut dan tampak bidang usaha ini semakin membutuhkan banyak talenta untuk mengembangkan sayap bisnisnya menjadi semakin besar. Melihat hal ini, salah satu sekolah kejuruan di Tokyo mengumumkan akan membuka jurusan baru untuk secara khusus mendidik calon-calon pengusaha anime masa depan.

Tokyo School of Anime, sekolah kejuruan yang bertujuan mendidik profesional industri anime mengumumkan pembukaan jurusan baru yang dinamakan “Dunia Bisnis Akiba”. Sekolah ini memang sudah memiliki kurikulum untuk kreatorĀ anime dan musisi, sehingga jurusan baru ini akan berfokus pada beberapa pengembangan usaha yang populer di Akiba dan otaku pada umumnya. Beberapa spesialisasi yang sudah diumumkan antara lain:

sekolah jurusan anime (2)
Bisnis Maid dan Cosplay. Jurusan ini akan mengajarkan para murid cara untuk menjalankan kafe tematik, restoran, atau toko. Termasuk skill yang diperlukan seperti advertising dan manajemen staffnya.

sekolah jurusan anime (3)
Bisnis Doujinshi, jurusan ini akan membantu kreator manga independen yang biasa berperang di Comiket dan event lain untuk mempelajari cara yang lebih efektif untuk mempromosikan dan menjual karyanya, serta mendalami lebih jauh legalitas kreasi yang masih lekat dengan “zona abu-abu”nya di mata hukum tersebut.

sekolah jurusan anime (5)
Jurusan Staff Anime Event mengajarkan bagaimana merencanakan dan mengurus acara seperti fan gathering serta mengatasi beberapa hal penting seperti logistik, staf, dan koordinasi dengan para profesional.

sekolah jurusan anime (6)
Dan akhirnya jurusan Produser Anime adalah jurusan untuk mereka yang bertujuan menduduki kursi puncak dari proses produksi anime dan video game sebagai produser.

sekolah jurusan anime (4)
Selain bisnis tersebut, ada juga program yang berkaitan dengan idol, antara menjadi idol sendiri atau menjadi produser unit idol. Jurusan-jurusan ini akan mulai menerima murid di tahun ajaran baru tahun depan di bulan April 2017. Senangnya yang bisa mengincar karir di ranah hobi, di sini bisa gak ya?

Sumber: Rocketnews

Sorry. No data so far.