Game Paling Dinantikan di 2016 Part 2

February 26, 2016 16:33
Game Paling Dinantikan di 2016 Part 2

Setelah jeda agak lama, Daftar game yang harus kalian perhatikan di 2016 kembali hadir (Baca Part 1 di sini). Bagian kedua ini merupakan bagian terakhir dari daftarnya, jadi tidak perlu menunggu lama lagi dan mari kita lihat daftarnya.

New Danganronpa V3

game-dinantikan-2016-danganronpa-v3

Tanggal Rilis: 2016
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Publisher: Spike Chunsoft
Developer: Spike Chunsoft

Meski hingga saat ini masih belum ada detil banyak, New Danganronpa V3 cukup banyak membuat banyak gamer hype setelah memainkan dua game sebelumnya dan juga menonton serial anime-nya. Sekuel ketiga ini akan menghadirkan banyak sistem baru dan juga twist gameplay baru berupa kebohongan yang akan menjadi kunci utama.

Kenapa Harus Dimainkan: Tidak hanya menyiapkan game ini, Spike Chunsoft juga menyiapkan anime Danganronpa 3. Jadi bisa dilihat bahwa mereka sangat serius terhadap game ini. Apalagi sekarang Danganronpa mulai digemari banyak orang sejak anime-nya tayang.

Trailer

Ni-Oh

game-dinantikan-2016-nioh

Tanggal Rilis: 2016
Platform: PlayStation 4
Publisher: Koei Tecmo
Developer: Team Ninja

Setelah menanti lama sejak tahun 2004, akhirnya Ni-Oh siap hadir di PlayStation 4 pada tahun ini. Game ini pertama kali diumumkan sebelum Koei bergabung dengan Tecmo dan awalnya akan dirilis untuk PlayStation 3.

Kini, Ni-Oh terlihat memiliki gameplay yang serupa dengan seri Dark Souls. Kalian adalah William, seorang samurai bule di era Sengoku dan harus menghadapi berbagai Oni yang menghalangi jalan kalian.

Kenapa Harus Dimainkan: Selain sudah lama dinantikan, ternyata gameplay yang diperlihatkan berhasil menarik perhatian banyak orang. Bagaimana tidak? Kapan lagi kalian bisa bermain game Dark Souls dengan setting di Jepang?

Trailer

Pokken Tournament

game-dinantikan-2016-pokken

Tanggal Rilis: 18 Maret 2016
Platform: Wii U
Publisher: Nintendo
Developer: Bandai Namco

Seri game Pokemon adalah seri yang sedikit unik karena sering mendapatkan game spinoff yang diluar dugaan. Sebelumnya, seri ini berkolaborasi dengan seri Nobunaga’s Ambition dan menghadirkan Pokemon Conquest.

Sekarang, seri Pokemon berkolaborasi dengan Bandai Namco dan menghadirkan game fighting Pokken Tournament. Dalam game ini, kalian akan bertarung menggunakan berbagai macam Pokemon dengan sistem pertarung yang dibagi menjadi dua phase: Field Phase yang bisa bergerak secara bebas dan Duel Phase yang seperti game fighting pada umumnya.

Kenapa Harus Dimainkan: Selama ini, pertarungan di berbagai game Pokemon selalu dilakukan dengan cara turn-based. Akhirnya kalian akan bisa bertarung layaknya di dunia nyata, apalagi game ini ditangani oleh produser Tekken dan produser Soul Calibur.

Trailer

The King of Fighters XIV

game-dinantikan-2016-kof

Tanggal Rilis: 2016
Platform: PlayStation 4
Publisher: SNK Playmore
Developer: SNK Playmore

Kalau membicarakan tentang game fighting asal Jepang, ada tiga judul yang sudah dikenal sejak lama: Street Fighter, Tekken, dan The King of Fighters. Street Fighter V baru saja rilis, dan Tekken 7 sudah rilis di arcade, tapi tanggal rilis versi konsol masih belum jelas.

Setelah lima tahun menunggu sejak game terakhir, SNK akhirnya mengumumkan The King of Fighters XIV. Game ini sangat berbeda dengan game-game sebelumnya karena sekarang tampil 3D. Meski banyak yang kecewa soal grafisnya, gameplay-nya masih penuh misteri, jadi siapa tahu tetap bagus.

Kenapa Harus Dimainkan: Game fighting ini akan menghadirkan 50 karakter yang bisa dimainkan, baik karakter lama dan karakter baru. SNK Playmore juga ingin game-nya mudah dimainkan dan bisa populer seperti The King of Fighters ’98 dan 2002.

Trailer

The Legend of Zelda (Wii U)

game-dinantikan-2016-zelda

Tanggal Rilis: 2016
Platform: Wii U
Publisher: Nintendo
Developer: Nintendo

Setiap ada konsol baru, Nintendo pasti menghadirkan game Mario baru dan juga The Legend of Zelda baru. Sejak Wii U diumumkan, Nintendo masih belum mengumumkan Zelda baru, tetapi semuanya berubah ketika game ini diumumkan di E3 2014.

Meski rilisnya diundur ke 2016, game ini masih ditunggu-tunggu. Dengan menampilkan grafis cel-shading yang unik, game untuk Wii U menjanjikan banyak hal baru, mulai dari penampilan Link yang berbeda total hingga menawarkan puzzle yang berbeda dengan game-game sebelumnya.

Kenapa Harus Dimainkan: Eiji Aonuma selaku produser seri The Legend of Zelda ingin “menghancurkan” berbagai fitur yang sudah menjadi ciri khas seri The Legend of Zelda dalam game ini, contohnya adalah adalah dunia open-world, dungeon yang bisa dimasuki dari berbagai sisi, dan masih banyak lainnya.

Trailer

Valkyria: Azure Revolution

game-dinantikan-2016-valkyria-azure-revolution

Tanggal Rilis: Kuartal Empat 2016
Platform: PlayStation 4
Publisher: Sega
Developer: Media.Vision

Setelah lama tidak ada kabar, Sega kembali menghidupkan seri Valkyria Chronicles, tetapi anehnya diubah menjadi game RPG spinoff yang berjudul Valkyria: Azure Revolution.

Banyak orang yang sudah mencoba demo-nya yang dibundel dengan dan sebagian besar kecewa karena sangat berbeda dengan seri utamanya. Meski begitu, Sega sekarang masih memiliki waktu banyak untuk membuat game-nya menjadi lebih baik.

Kenapa Harus Dimainkan: Dari demo yang ditampilkan memang game ini kurang terlihat menarik, apalagi bagi penggemar seri utamanya. Tetapi perlu diingat bahwa game-nya masih dikerjakan dan juga Media.Vision sudah terkenal sebagai studio spesialis RPG yang mengerjakan seri Wild Arms, Digimon Story: Cyber Sleuth, dan lainnya. Kalian yang sudah memainkan Digimon Story: Cyber Sleuth sudah tahu kan betapa asyiknya game itu?

Trailer

Yakuza 6

game-dinantikan-2016-yakuza-6

Tanggal Rilis: Kuartal tiga hingga kuartal empat 2016
Platform: PlayStation 4
Publisher: Sega
Developer: Sega

Sebagai game pertama yang hadir ekslusif di PlayStation 4, tentunya Yakuza 6 menarik banyak perhatian penggemarnya.

Tidak hanya sekedar menampilkan grafis yang sangat detil, Yakuza 6 akan menghadirkan peningkatan seperti tidak ada lagi loading ketika mengunjungi berbagai tempat di kota yang membuat game-nya terasa seperti game open-world, adegan kekerasan yang lebih brutal, hingga penampilan berbagai hostess yang “menarik.”

Kenapa Harus Dimainkan: Seri Yakuza sudah terbukti meningkatkan tingkat manly kalian! Apa perlu alasan lagi?

Trailer

Zero Time Dilemma

game-dinantikan-2016-zero-time-dilemma

Tanggal Rilis: Kuartal dua hingga kuartal tiga 2016
Platform: PlayStation Vita, Nintendo 3DS
Publisher: Aksys Games
Developer: Spike Chunsoft

Entri ketiga dari seri Zero Escape ini sudah lama diminta oleh para penggemarnya dan akhirnya bisa diwujudkan. Sama seperti game-game sebelumnya, kalian akan harus melarikan diri dari berbagai jebakan yang akan membunuh kalian.

Dalam entri ini, 9 orang dikirim dalam Mars Mission Test Site untuk melakukan simulasi misi ke Mars. Tetapi ternyata pada saat misinya hampir selesai, kelompok yang tidak dikenal melakukan hacking ke operator dan melepaskan virus Radical-6 di tempat simulasinya. Sekarang, hanya 3 orang saja yang selamat, dan virus tersebut beresiko akan menyebar ke seluruh dunia.

Kenapa Harus Dimainkan: Yang membuat pusing kalian tidak hanya puzzle-nya saja, tetapi juga misteri dari ceritanya. Jadi bagi kalian yang gemar memutar otak, game ini adalah untuk kalian.

Trailer

God Wars

game-dinantikan-2016-god-wars

Tanggal Rilis: 2016
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Publisher: Kadokawa Games
Developer: Kadokawa Games

God Wars adalah salah satu dari dua game yang diumumkan oleh Kadokawa Games. Game ini menggabungkan dunia dari buku sejarah tertua di Jepang dengan karakter dari berbagai cerita dongeng asal Jepang.

Masih belum ada banyak detil mengenai game tactical RPG ini, tetapi dijanjikan akan menghadirkan lebih dari 30 job, 200 senjata, dan 600 skill untuk karakter-karakter kalian. Karakternya didesain oleh desainer karakter Love Plus, Mino Taro.

Kenapa Harus Dimainkan: Meski Kadokawa Games masih tergolong pendatang baru di industri game, mereka sudah terbukti bisa menghasilkan bebagai game yang sukses seperti Natural Doctrine yang sadis, Kancolle yang dimainkan banyak orang, dan lainnya. Game ini sangat cocok bagi penggemar kebudayaan Jepang. Apalagi Kadokawa Games juga hadirkan versi Inggris dari game ini.

Trailer

Root Letter

game-dinantikan-2016-root-letter-1

Tanggal Rilis: Kuartal satu dan kuartal dua 2016
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Publisher: Kadokawa Games
Developer: Kadokawa Games

Satu lagi game dari Kadokawa Game. Root Letter adalah sebuah game misteri yang membawa kalian ke prefektur Shimane demi mencari sahabat pena kalian dari masa SMA yang tiba-tiba memutuskan kontak dengan pesan misterius: Sahabat kalian telah membunuh seseorang.

Baik konsep cerita dan karakter didesain oleh Mino Taro, desainer karakter Love Plus. Dalam game ini, kalian harus mencari tahu jati diri sahabat kalian dengan cara mencari teman-temannya dan mencoba mengingat kembali isi suratnya.

Kenapa Harus Dimainkan: Game visual novel ini akan penuh misteri karena selain kalian tidak bisa mengingat isi surat secara keseluruhan, bekas teman sekelas sahabat kalian bisa saja berbohong mengenai sahabat pena kalian. Sama seperti God Wars, game ini juga akan hadirkan versi Inggris.

Trailer

Honorable Mention

Guily Gear Xrd –Revelator-

game-dinantikan-2016-guilty-gear-xrd-revelator

Tanggal Rilis: 7 Juni 2016
Platform: PlayStation 4, PlayStation 3
Publisher: Aksys Games
Developer: Arc System Works

Kenapa Harus Diperhatikan: Meski game ini hanya sekedar update, penggemar game fighting tetap harus memainkannya karena menghadirkan banyak karakter baru dan klasik yang menarik seperti Dizzy dan Kum Haehyun. Versi sebelumnya pun sudah membuktikan kemampuannya dengan mendapatkan respon yang positif.

Trailer

Metroid Prime: Federation Force

game-dinantikan-2016-metroid-prime-ff

Tanggal Rilis: 2016
Platform: Nintendo 3DS
Publisher: Nintendo
Developer: Next Level Games

Kenapa Harus Diperhatikan: Game ini mendapatkan banyak respon yang buruk karena meski menggunakan nama Metroid, tetapi ternyata tidak sesuai dengan harapan penggemarnya. Meski begitu, gameplay yang dipamerkan tetap terlihat menarik karena berfokus pada kerjasama dengan antar pemain.

Trailer

Pokemon Go

game-dinantikan-2016-pokemon-go

Tanggal Rilis: 2016
Platform: Mobile
Publisher: The Pokemon Company
Developer: Niantic

Kenapa Harus Diperhatikan: Menangkap Pokemon di dunia nyata adalah salah satu impian gamer. Akhirnya The Pokemon Company mewujudkan hal tersebut dengna membuat game yang dikerjakan oleh Niantic, studio dibalik Ingress. Kalian akan bisa mencari Pokemon di dunia nyata dan menangkapnya dengan smartphone kalian.

Trailer