[Celebrity Sunday] Noizi Ito

April 3, 2016 17:00
[Celebrity Sunday] Noizi Ito

Celebrity Sunday kali ini kembali membahas seorang ilustrator, tetapi berbeda dengan para ilustrator sebelumnya yang umumnya pria, ilustrator kali ini adalah seorang perempuan yang bernama Noizi Ito.

celeb-sunday-noizi-ito-6

Kalau kalian baru masuk ke dunia per-otaku-an baru-baru ini, mungkin namanya sedikit asing. Tetapi apabila kalian sudah menonton anime sejak awal tahun 2000-an, pasti kalian kenal nama Noizi dari Shakugan no Shana dan Suzumiya Haruhi no Yuuutsu.

celeb-sunday-noizi-ito-1

Noizi mulai memutuskan untuk menjadi desainer karakter ketika duduk di bangku SMA. Pada saat ini, dia sering membaca manga karya CLAMP dan Yun Kouda (pengarang Loveless) serta bermain game-game fighting buatan Capcom dan SNK. Dia tertarik dengan desain-desain karakternya, jadi langsung memutuskan karirnya untuk menjadi desainer karakter.

celeb-sunday-noizi-ito-2

Setelah lulus sekolah teknik, dia ingin bekerja di studio game yang berbasis di Osaka, tempat tinggalnya. Noizi bahkan sempat melamar di Capcom, tetapi sayangnya dia tidak diterima. Pada akhirnya dia diterima di UNiSONSHIFT milik Softpal yang merupakan studio game eroge. Noizi mengungkapkan kalau dia baru tahu bahwa studio yang dia lamar adalah studio game eroge setelah lewat tahap wawancara.

celeb-sunday-noizi-ito-3

Setelah diterima, Noizi belajar tentang produksi CG selama 3-4 tahun dengan menjadi graphic artist. Noizi akhirnya menjadi key artist di tahun 1999 untuk game Be-reave. Setelah itu, Noizi menjadi salah satu pilar utama studio tersebut. Karya game pertamanya yang diadaptasi menjadi anime adalah Nanatsuiro Drops.

celeb-sunday-noizi-ito-5

Di luar sebagai artist di UNiSONSHIFT, Noizi juga aktif sebagai freelance illustrator. Noizi paling terkenal sebagai ilustrator light novel. Contoh karya yang dia kerjakan adalah Shakugan no Shana dan Suzumiya Haruhi no Yuuutsu yang keduanya mendapatkan adaptasi serial anime.

Di buku Kono Light Novel ga Sugoi! tahun 2008, Noizi berhasil terpilih menjadi nomor satu dalam kategori ilustrator perempuan. Karena itu, hingga kini dia masih aktif sebagai ilustrator light novel.

celeb-sunday-noizi-ito-7

Noizi juga pernah menjelaskan asal nama pena dia. Ito berasal dari gitaris Siam Shade yaitu Daita Itou. Sedangkan nama Noizi berasal dari bassist Sex Machineguns yang bernama Noisy. Tidak hanya itu, dia juga pernah mengungkapkan nama depan dia yaitu Jyuri.

celeb-sunday-noizi-ito-8

Noizi adalah orang yang airhead. Saking parahnya, buku harian staf UNiSONSHIFT yang ada dalam situs resmi mereka dilengkapi dengan bagian Noizi Case File yang menceritakan kasus-kasus kecerobohannya. Bahkan, artikel ini sempat dikumpulkan dan dijual sebagai buku kompilasi di Comic Market.

Salah satu situasi yang Noizi sukai adalah melihat gadis yang tidak sengaja memperlihatkan panchira karena sangat bersemangat.

celeb-sunday-noizi-ito-9

Meski sekarang Noizi Ito jarang terdengar, dia masih aktif menggambar. Beberapa light novel yang ilustrasinya dia tangani adalah seri Kanae no Hoshi dan Ameku Takao’s Detective Carte. Dia juga sempat membuat desain karakter untuk anime Another dan menggambar cover album-album DJ Kazu.

Kalian bisa mengikuti Noizi Ito di Twitter, Pixiv, dan Instagram