Mencoba Demo ‘Resident Evil 7 Teaser: The Beginning Hour’

June 23, 2016 19:00
Mencoba Demo ‘Resident Evil 7 Teaser: The Beginning Hour’

Dalam E3 2016, Capcom mengumumkan Resident Evil 7: Biohazard dan juga merilis demo-nya yang berjudul “Resident Evil 7 Teaser: The Beginning Hour.” Karena saya sudah berlangganan PlayStation Plus, saya langsung mencoba demo ini untuk melihat apakah game ini berhasil kembali ke akarnya berupa game horror atau masih tetap penuh action seperti Resident Evil 5 dan Resident Evil 6.

Resident Evil 7 bisa dibilang adalah perubahan terbesar dari seri utama Resident Evil karena tampilannya berubah menjadi first-person view. Ini adalah kedua kalinya sudut pandang berubah. Resident Evil pertama kali menggunakan sudut pandang yang fixed di RE1 hingga RE3. Tetapi mulai RE4, tampilannya berubah menjadi third-person view.

Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour_20160615123535

Ternyata perubahan ini tidak sia-sia, Resident Evil 7 benar-benar terasa lebih seram. Selain membuat unsur horror terasa lebih dekat karena tampilan first-person view, kecepatan berjalan karakter yang lambat juga membuat suasana semakin seram karena membuat kalian merasa lemah dan akan kesulitan ketika bertemu dengan sesuatu yang menyeramkan.

Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour_20160615123902

Demo ini memiliki feel yang serupa dengan P.T., teaser untuk Silent Hills buatan Hideo Kojima yang dibatalkan. Kalian akan bangun di sebuah rumah yang terlihat kotor dan tidak ada siapa-siapa. Tanpa petunjuk, kalian harus mencari jalan keluarnya. Karena tidak ada petunjuk sama sekali, kalian akan benar-benar merasa bingung yang dilengkapi dengan perasaan seram. Jadi, kalian harus mengecek berbagai setiap sudut untuk mencari petunjuk untuk keluar dari rumah yang menyeramkan ini.

Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour_20160615123750

Seperti P.T., permainan setiap orang akan berbeda karena tidak ada petunjuk yang jelas. Semua keputusan kalian akan mempengaruhi game-nya. Contohnya saja, saya tidak berhasil menemukan kapak dalam permainan saya, tetapi setelah mengecek ke teman yang bermain, ternyata ada kapak yang digunakan sebagai senjata. Karena perbedaan-perbedaan ini dapat mempengaruhi akhir demo-nya, banyak gamer yang bekerjasama untuk mencari urutan aksi yang harus dilakukan agar mendapatkan true ending dari demo-nya.

Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour_20160615124945

Meski banyak perubahan, Capcom masih mempertahankan beberapa ciri khas dari seri Resident Evil. Meski game ini terlihat menyeramkan, mereka memastikan bahwa yang kalian hadapi masih berhubungan dengan zombie dan virus, bukan hantu. Demo-nya juga memastikan bahwa inventory management akan kembali hadir. Selain itu, Capcom mengungkapkan bahwa item semacam Herb akan dipertahankan.

Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour_20160615124857

Tetapi bagi saya, yang spesial adalah pada saat membuka pintu. Di RE klasik, momen membuka pintu adalah salah satu bagian yang paling menyeramkan bagi saya meski tidak ada apa-apa. Membuka pintu di Resident Evil 7 terasa cukup menyeramkan karena kalian membuka pintunya dengan pelan-pelan dan muka kalian berada di dekat pintu yang pasti membuat kalian takut ada sesuatu yang muncul ketika pintu dibuka.

Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour_20160615125207

Demo ini berhasil membuktikan bahwa seri Resident Evil benar-benar kembali ke akarnya yaitu game horror. Tetapi mereka tidak hanya sekedar kembali saja, tetapi menghadirkan suasana horror yang lebih seram. Untuk versi penuhnya, Resident Evil 7 akan bisa dimainkan dengan menggunakan PlayStation VR. Jadi, pecinta game horror sangat disarankan untuk memainkannya dengan VR headset tersebut.

Resident Evil 7 Teaser: Beginning Hour_20160615125256

Resident Evil 7: Biohazard akan dirilis pada tanggal 24 Januari 2017 untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC.