[Monday Music] ELISA

Masih melanjutkan hype untuk Anime Festival Asia Indonesia 2016, Monday Music kali ini akan membahas ELISA, penyanyi dengan suara yang sangat merdu.

Meski suaranya sangat merdu, nama ELISA bisa dibilang kurang begitu dikenal oleh kalangan penggemar anisong walaupun karirnya berjalan dengan lancar. Wanita kelahiran 14 April 1989 ini bisa memiliki suara yang merdu tetapi ternyata bukan karena bakat, melainkan perjuangan keras. Sejak kecil, dia sudah belajar banyak tentang musik. Ayahnya adalah pemain cello dan karena terpengaruh hal ini, ELISA mulai belajar bermain piano sejak umur 3 tahun. Dia terus belajar piano hingga kelas 1 SMA.

Tidak hanya belajar piano, waktu kecil dia juga belajar perfect pitch dan sering tampil di konser menyanyikan lagu acapella. Waktu TK hingga SD, ELISA Juga belajar solfège, metode belajar tentang susunan musik, pendengaran nada, dan juga menulis not balok. Karena itu, dia sering sengaja mendengar musik klasik.

Pada saat SMP, ELISA bergabung dengan klub alat musik tiup dan memainkan alto saxophone. Karirnya di klub ini berujung hingga menjadi ketua klub. Di saat yang sama, ELISA ikut audisi untuk chorus yang diadakan setiap tahun dan terpilih menjadi soprano leader. Di tahun yang sama, klub chorus-nya ikut kompetisi musik chorus seluruh Jepang yang diadakan oleh NHK. Chorus yang dia ikuti berhasil masuk hingga tingkat nasional dan berhasil juara ketiga. Dalam berbagai wawancara, ELISA mengatakan bahwa “Ini adalah awal yang mengajarkan dia betapa menyenangkannya bernyanyi.”

Pada tahun 2007, ELISA ikut audisi Elite Model Look yang merupakan kompetisi tingkat internasional. Dari lebih 3.000 orang yang terdaftar, ELISA berhasil terpilih menjadi salah satu dari 10 finalis. Salah satu kejadian yang paling menarik menurut ELISA adalah pada saat penjurian terakhir dan ditanya, “Sejak kapan ingin menjadi model?” ELISA pun menjawab, “Ingin menjadi penyanyi, bukan model.” Pada saat jurinya terkejut, dia langsung menyanyikan 2 lagu, yang terdiri dari lagu pop dan lagu opera.

Ternyata salah satu jurinya adalah musisi dan penampilan ELISA berhasil menarik perhatiannya. Beberapa bulan kemudian, ELISA langsung major debut dan beraktifitas sebagai penyanyi. Single pertamanya adalah “euphoric field” yang menjadi lagu opening dari serial anime ef – a tale of memories. Karir ELISA sebagai penyanyi bisa dibilang lancar. Di tahun 2008, dia langsung rutin tampil di Animelo Summer Live. Di tahun 2009, dia merilis album pertamanya yang bernama white pulsation. Meski ELISA bukanlah penggemar anime, semua single-nya menjadi lagu tema anime. Pada saat itu, label musik dia adalah Geneon Universal Entertainment yang memang spesialis musik anime.

Sayangnya, ELISA sempat hiatus pada tahun 2011 karena sakit. Untungnya, ELISA bisa kembali beraktivitas sebagai penyanyi di tahun 2013. Pada saat ini, dia pindah label ke SME Records milik Sony. Proses kembalinya pun tidak tanggung-tanggung. Dia langsung kembali dengan lagu “Soba ni Iru yo” yang menjadi lagu ending untuk anime Valvrave the Liberator dan lirik untuk lagu ini dia tulis sendiri.

monday-music-elisa

Kalian bisa ikuti informasi mengenai ELISA melalui situs resminya, situs Sony, Facebook, dan Twitter. ELISA akan tampil di konser I Love Anisong dalam AFAID 2016. Kalian bisa melihat penampilannya di hari pertama pada hari Jumat, 16 September 2016. Kalian bisa membeli tiketnya di link berikut.