[AFA ID 2016] Interview Bersama Kotobukiya

September 25, 2016 18:38
[AFA ID 2016] Interview Bersama Kotobukiya

Pada gelaran AFA ID 2016 kemarin, ada 1 booth yang menarik perhatian saya karena belum pernah terlihat di acara-acara lokal sebelumnya. Booth ini juga sukses membuat saya keracunan dengan figure-figure-nya yang terlihat unik dan keren. Ya, saya berbicara mengenai Kotobukiya dan booth Frame Arms Girls mereka.

Di acara tersebut, JOI beruntung sekali mendapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan staf Kotobukiya. Dibantu oleh Hiro Taneoka, CEO dari Kadokawa Contents Gate dan Kento Baba, divisi marketing internasional dari Kotobukiya, JOI ingin bertanya-tanya sedikit mengenai masa depan Kotobukiya di Indonesia.

joi-interview-kotobukiya

Q: Alright, let’s begin the interview.

Q: Oke, mari kita mulai wawancaranya.

A: Hi everyone, I’m Kento Baba from Kotobukiya, I’m working on overseas sales on Kotobukiya items.

A: Halo semuanya, saya Kento Baba dari Kotobukiya, saya bekerja di divisi penjualan luar negeri Kotobukiya.

Q: We’re starting with technical question, it seems that among the plastic models, there are some varying qualities in the build design of the plastic models. Are there multiple teams each working on specific lines, or are all lines handled by the same team?

Q: Kita mulai dengan pertanyaan teknikal, sepertinya di antara model plastik, kualitas plastik masing-masing model itu bervariasi. Apakah ada beberapa tim yang bekerja untuk lini berbeda, atau semua lini ditangan oleh tim yang sama?

A: We have several categories of model kits on Kotobukiya, and yes we have several teams and divisions in charge of some categories like Frame Arms, Frame Arms Girls, and Super Robot Wars. Each categories also have their own planning, developing, and sculpting teams. So not only one team, but there’re several teams in Kotobukiya and we produces a lot of model kits.

A: Kami punya beberapa kategori model kit di Kotobukiya, dan ya kami punya beberapa tim dan divisi yang bertugas untuk kategori tertentu seperti Frame Arms, Frame Arms Girls, dan Super Robot Wars. Setiap kategori juga punya tim perencana, pengembang, dan sculptingnya sendiri. Jadi tidak hanya satu tim, tapi ada beberapa tim di Kotobukiya dan kami memproduksi banyak sekali model kit.

Q: What drives you to attend AFA ID 2016 and what is your hope by bringing Frame Arms Girls to Indonesia.

Q: Apa yang mendorongmu untuk datang ke AFA ID 2016, dan apa harapanmu dengan membawakan Frame Arms Girls ke Indonesia.

A: In Kotobukiya, we have an original model kit series named Frame Arms Girls, and in Japan, even Asia our Frame Arms Girls are really popular. But in South East Asia, actually the popularity of Frame Arms Girls are not high yet, so we decided to attend the AFA and try to spread the Frame Arms Girls. We also have a touch and try corner so people can try and touch it as much as possible. I hope they will get interested in our Frame Arms Girls

A: Di Kotobukiya, kami punya seri model kit orisinil yang bernama Frame Arms Girls, dan di Jepang, bahkan di seluruh Asia lini Frame Arms Girls kami sangat populer. Tapi di Asia Tenggara, popularitas Frame Arms Girls kami belum begitu tinggi, jadi kami memutuskan untuk datang ke AFA dan mencoba menyebarkan Frame Arms Girls. Kami juga punya pojok bermain sehingga orang-orang bisa mencoba memainkannya sebanyak mungkin. Saya harap mereka akan tertarik dengan Frame Arms Girls kami.

DSC02705

Q: Do you have any plan to spread even further all Kotobukiya line in Indonesia, like ArtFX, Marvel Bishoujo/Ikemen series?

Q: Apakah ada rencana untuk menyebarkan lini Kotobukiya lain di Indonesia? Seperti ArtFX, Marvel Bishoujo/Ikemen?

A: Not only model kits like Frame Arms Girls and Frame Arms, we wished to spread our other categories like ArtFX plus, Star Wars, Marvel, DCs, and bishoujo PVCs. So we’re trying to spread more product in Indonesia and maybe in the near future, everyone can buy all our kinds of Kotobukiya items in Indonesia.

A: Tidak hanya model kit seperti Frame Arms Girls dan Frame Arms, kami berharap untuk menyebarkan kategori lain seperti ArtFX Plus, Star Wars, Marvel, DC, dan PVC bishoujo kami. Jadi kami mencoba untuk menyebarkan produk kami di Indonesia dan mungkin di masa depan, semua orang bisa membeli produk-produk kami yang beragam di Indonesia.

Q: Are you interested in coming to the next big toys fair in Indonesia? 

Q: Apakah kamu tertarik untuk datang ke toys fair besar lain di Indonesia?

A: At the moment we’re not sure, maybe, probably we’ll have booth with display and showcases next March, and next event will be in the Battle of the Toys in August or September. Maybe we’ll have opportunity to spread our products there.

A: Saat ini, kami tidak yakin, mungkin, kami akan membawa booth dengan display dan lemari pameran di bulan Maret tahun depan, dan event berikutnya di Battle of the Toys bulan Agustus atau September. Mungkin ada kesempatan untuk menyebarkan produk kami kepada pengunjung di sana.

Q: What do you think about the community in Indonesia?

Q: Bagaimana menurutmu mengenai komunitas di Indonesia?

A: The community in Indonesia is younger than in Japan, because there’re not so many people but they’re so passionate about our model kits. There’re so many people already came to our booth in AFA ID to get catalogs, stickers, taking pictures. I think they’re very passionate about it.

A: Komunitas di Indonesia itu lebih muda daripada di Jepang, karena belum terlalu banyak orang, tapi mereka sangat bersemangat mengenai model kit kami. Ada banyak orang yang datang ke booth kami di AFA ID untuk mendapatkan katalog, stiker, mengambil gambar. Aku rasa mereka sangat passionate mengenai itu.

Q: Do you have any information about the latest Frame Arms Girls, Baselard?

Q: Apakah kamu punya informasi mengenai Frame Arms Girls terbaru, Baselard?

A: Baselard will be released next month in Indonesia, since it has just been released yesterday in Japan. Actually some fans asks how to buy Baselard in this event, but I can only apologize since you can’t buy it at the moment.

A: Baselard akan dirilis pada bulan depan di Indonesia, karena itu baru saja dirilis kemarin di Jepang. Sebenarnya beberapa penggemar bertanya bagaimana caranya membeli Baselard di event ini, tapi aku hanya bisa meminta maaf karena mereka tidak bisa membelinya sekarang.

DSC02707

Q: Do you have any messages to Kotobukiya fans in Indonesia?

Q: Apakah kamu punya pesan untuk penggemar Kotobukiya di Indonesia?

A: Because AFA ID, thank you so much for coming and we hope you have a good time in our booth. Please keep being a fan of Kotobukiya, thank you so much.

A: Karena AFA ID, terima kasih banyak telah datang dan saya harap kamu mendapat waktu yang baik di booth kami. Tolong tetap jadi penggemar Kotoukiya, terima kasih banyak.

Sampai sini dulu wawancara kami bersama Kotobukiya, saya sendiri juga sudah mencoba memainkan beberapa Frame Arms Girls dari Kotobukiya dan bisa bilang cukup teracun dengan lini yang satu itu. Mungkin kalau mereka membuat Signum di masa depan akan saya beli 3 kotak.

Apakah kamu juga sudah mengunjungi booth Kotobukiya di gelaran AFA ID tahun ini? Atau mungkin kamu juga termasuk golongan-golongan pengunjung yang teracun oleh figure ini?