Takeshi Kitano Menerima Piagam French Legion of Honor

October 21, 2016 14:00
Takeshi Kitano Menerima Piagam French Legion of Honor

Takeshi Kitano yang merupakan aktor dan sutradara akan menerima piagam penghargaan dari pemerintah Perancis. Takeshi Kitano yang dikenal sebagai Beat Takeshi (Yang Mulia dalam acara Benteng Takeshi) ini akan menerima piagam Legion of Honor (Ordre national de la Légion d’Honneur) dari pemerintah Perancis, penghargaan tertinggi di Perancis ini diberikan kepada tentara dan penduduk sipil yang berjasa.

takeshi-kitano

Juru bicara Takeshi Kitano mengatakan bahwa Takeshi Kitano akan menerima tanda kehormatan Officier (Perwira), tanda kehormatan keempat tertinggi dalam piagam penghargaan tersebut. Takeshi Kitano menerima penghargaan ini karena telah mengubah aturan-aturan seni, pertelevisian, film, literatur, dan telah menghasilkan pengaruh besar pada seni kontemporer. Acara pemberian penghargaan ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober mendatang.

Takeshi Kitano telah membuat perbedaan yang menonjol sebagai aktor dan sutradara di Jepang, juga tampil sebagai komedian dan pembawa acara televisi. Takeshi Kitano telah menyutradarai beberapa film seperti Hana-bi, sebuah film mengenai Zatouichi pada tahun 2003 lalu, Boiling Point, Outrage, dan Ryuzo and the Seven Henchmen. Ia juga tampil pada film live-action Ghost in the Shell garapan Dreamworks dan Paramount. Pada bulan Juli lalu, Academy of Motion Picture Arts dan Sciences menambah undangan untuk bisa mengundang Takeshi Kitano selaku sutradara.

Sebelumnya Takeshi Kitano juga telah menerima piagam penghargaan dari Perancis yaitu Commandeur decoration in the Ordre des Arts et des Lettres (Order of Arts and Letters) di tahun 2010. Commandeur merupakan penghargaan tertinggi pada Order of Arts and Letters, diikuti oleh Officier dan Chevalier. Penghargaan Order of Arts and Letters diberikan kepada sosok yang memiliki kontribusi pada bidang seni, literatur, dan bagian lain.

Selain Takeshi Kitano, ada nama lain yang juga pernah menerima penghargaan dari pemerintah Perancis. Diantaranya adalah Riyoko Ikeda, mangaka yang telah membuat Rose of Versailles, dirinya menerima piagam Chevalier pada penghargaan Legion of Honor di tahun 2009. Chevalier merupakan posisi kelima dalam penghargaan ini.

Isao Takahata, sutradara anime dan salah satu pendiri Studio Ghibli yang pernah dinomisikan pada penghargaan Oscar. Ia menerima piagam Officier pada penghargaan Order of Arts and Letters pada bulan April 2015. Pencipta Captain Harlock dan Galaxy Express 999, Reiji Matsumoto menerima piagam Chevalier pada tahun 2012, serta mangaka A Distant Neighborhood, Jiro Taniguchi menerima piagam Chevalier di tahun 2011.

Sumber: ANN

Sorry. No data so far.