12 Orang Tertangkap Menyontek dalam Ujian Gabungan Masuk Universitas Jepang

January 16, 2017 13:50
12 Orang Tertangkap Menyontek dalam Ujian Gabungan Masuk Universitas Jepang

12 orang peserta ujian tertangkap menyontek dalam sesi ujian gabungan universitas yang diselenggarakan selama 2 hari di seluruh Jepang. Ujian tersebut selesai dilaksanakan pada hari Minggu lalu. Ada 570.000 orang yang mengikuti ujian tersebut. Hujan salju yang turun dengan deras menunda waktu mulai ujian di beberapa tempat Jepang menurut pengurus ujian.

Seluruh peserta ujian yang berbuat curang tersebut kemudian didiskualifikasi. Ini adalah angka kecurangan tertinggi setelah 10 tahun lalu.

Salah satu dari peserta ujian yang berbuat curang tertangkap setelah melihat-lihat foto buku pelajaran yang disimpannya dalam smartphone miliknya. 6 dari mereka tertangkap karena menggunakan kalkulator saat ujian di Hokkaido. Beberapa ada yang tertangkap karena menggunakan penggaris dalam ujian matematika, sedangkan ada juga yang tertangkap setelah mengubah hasil ujiannya di komputer setelah ujian berakhir.

Peserta ujian tahun ini meningkat sebanyak 12.199 orang menjadi 575.967 peserta. Jumlah tersebut termasuk dengan 471.842 siswa SMA yang dijadwalkan untuk lulus di bulan Maret mendatang. Ujian yang dilaksanakan mencakup Geografi, Sejarah, Sipil, Bahasa Jepang dan Bahasa Asing yang diselenggarakan di hari pertama, serta IPA, dan Matematika yang diselenggarakan di hari kedua.

Sumber: Japan Today