[JOI Music] Little Glee Monster

Setiap hari kamis Jurnal Otaku akan memberikan rekomendasi musik dan membahas artis Jepang yang bisa kamu cicip dalam segmen JOI Music. Artis tersebut bisa terdengar baru di telinga kamu atau bahkan kamu sudah pernah mendengarnya dan mendapat featured di sini. Untuk edisi ke-66, JOI Music akan menampilkan grup vokal yang sedang naik daun di Jepang yaitu Little Glee Monster.

Siapakah Little Glee Monster?

joi little glee monsters

Little Glee Monster merupakan grup yang berisi enam cewek cantik bernama Serina, Asahi, Maju, Mayu, Manaka, dan Karen. Awalnya Watanabe Entertainment bekerjasama dengan Sony Music Records ingin mencari cewek yang mempunyai vokal yang kuat dan khas. Pencarian dimulai pada Juli 2012 dan mereka menemukan Asahi, Serina, Maju, Mayu, Karen, Lina dan Yuka. Tujuh orang ini masuk ke dalam sebuah grup yang diberi nama Little Glee Monster. Pada Mei 2013 ketika mereka sedang melaksanakan tur pertamanya mereka menemukan Manaka dan mencoba mengaudisinya. Manaka masuk ke dalam grup pada 14 Agustus 2013 menggantikan LINA yang keluar pada Juli 2013.

Dua bulan setelah penampilan pertama mereka di program NTV bernama ZIP! Yuka memutuskan untuk keluar dari grup pada Oktober 2013 dan Little Glee Monster bertahan dengan formasi enam orang sampai sekarang. Mereka merilis mini album pertama mereka Little Glee Monster pada 16 Maret 2014 dan dijual di toko HMV dan Loppi. Pada 29 Oktober 2014 mereka merilis single pertama mereka dibawah major label Sony Music bernama “Houkago High Five” dan masuk di posisi ke-18 di Jepang.

Mereka terus mendapat promosi di TV Jepang dengan tampil di berbagai macam program musik dan terkadang bernyanyi secara akapela. Nama Little Glee Monster semakin dikenal di luar Jepang setelah mengikuti acara J-POP SUMMIT di San Fransisco Amerika Serikat dari tanggal 7 – 9 Agustus 2015. Mereka mendapat kesempatan untuk menyanyikan lagu drama yang ditayangkan TBS berjudul Omotesan Doukou Kougasshoubu melalui lagu “Suki da”. “Suki da” berhasil menjadi lagu Little Glee Monster pertama yang menembus 10 besar di Jepang dan bertengger di posisi enam. Video klip mereka di YouTube Jepang berhasil ditonton sebanyak 11 juta kali.

little glee monster joi 4

Mereka merilis album pertama mereka Colorful Monster pada 6 Januari 2016 dan mendapat atensi positif di Jepang dengan duduk di posisi keempat di Oricon dan ketiga di Billboard JAPAN Top Albums. Album Colorful Monster berhasil bertahan sebanyak 56 minggu di Oricon Chart. Beberapa bulan setelah merilis Colorful Monster mereka merilis single kelima “My Best Friend” yang berhasil meraih posisi kelima. Pada 15 Agustus 2015 mereka mengumumkan akan mengadakan konser di Nippon Budokan sebagai peringatan dua tahun berkarya bersama major label yang diadakan pada 8 Januari 2017. Tiket untuk konser tersebut ludes terjual hanya dalam waktu satu menit dan menjadikan Little Glee Monster adalah female vocal group terlaris di Jepang saat ini.

Pada 6 Januari 2017 mereka merilis album kedua mereka Joyful Monster yang dirilis bersamaan di Jepang dan di 47 negara lainnya via digital download dan streaming. Album ini berhasil duduk di posisi keempat di Oricon Jepang. Pada bulan Maret mereka mengumumkan akan merilis lagu penutup untuk musim kedua Boku no Hero Academia. Lagu ini akan menjadi lagu kedua Little Glee Monster yang menjadi lagu tema untuk anime setelah sebelumnya mereka merilis single “Gao Gao Allstar” untuk serial Pokemon XY.

Apa yang membuat mereka menarik?

little glee monster joi 3

Cantik, imut, dan menggemaskan.

Itu sudah pasti. Karena mereka rata-rata berusia 17 tahun, meski masih belia namun kualitas suara mereka tidak usah diragukan lagi. Meski tampilan mereka menyerupai idol group tetapi mereka tidak hanya cantik, imut dan jago berdansa tapi memang mereka mempunyai suara yang merdu. Mereka beberapa kali tampil di televisi secara akapela dan hasilnya terdengar merdu dan mampu membuat bulu kuduk merinding. Jika tidak percaya coba lihat video penampilan mereka waktu mereka tampil di Budokan.

Lagu mana aja yang direkomendasikan?

Untuk pertama kali kamu bisa mencoba lagu “My Best Friend” dari album Joyful Monster dimana mereka mempertunjukkan vokal mereka yang merdu dan harmonisasi yang pas diiringi dengan musik pop yang catchy serta ritmis.

Jika kamu senang yang mellow mellow maka “Jinsei wa Ichido Kiri” bisa dicoba apalagi lagu ini mempunyai warna anisong dan ballad. Lagu ini juga mirip sama lagu “Hikarunara” milik Goose House loh.

Kemampuan mereka berakapela bisa kamu intip di lagu “Gaogao Allstar” dimana mereka menyelipkan akapela dan beatbox yang tentunya bisa bikin kamu bergoyang meski lagu ini ditujukan untuk anak-anak.

Kalau misalnya kamu ingin mendengar wild side mereka kamu bisa mendengar “Catch me if you can” yang terasa begitu sexy.

Jangan kaget ya kalau misalnya kamu menemukan musik video mereka tiba-tiba berhenti di tengah dan dilanjutkan dengan live performance dari mereka seperti di “Suki da”. Itu semua untuk menunjukkan bahwa grup ini bukan hanya menjual tampang saja.

Jangan lupa untuk melihat beberapa video cover sing mereka di bawah ini

Diskografi Little Glee Monster

Single (label, tanggal rilis, peringkat di Oricon)

  1. Houkago High Five (Sony, 29 Oktober 2014, 18)
  2. Seishun Photograph/Girls be Free! (Sony, 4 Maret 2015, 25)
  3. Jinsei wa Ichido kiri/Gaogao Allstar (Sony, 15 Juli 2015, 14)
  4. Suki da (Sony, 23 September 2015, 6)
  5. My Best Friend (Sony, 11 Mei 2016, 5)
  6. Watashiku Ikitemitai/Kimi no youni naritai (Sony, 17 Agustus 2016, 6)
  7. Hajimari no Uta (Sony, 9 November 2016, 17)

Album (label, tanggal rilis, peringkat di Oricon)

  1. Colorful Monster (Sony, 6 Januari 2016, 4)
  2. Joyful Monster (Sony, 6 Januari 2017, 4)

Mini Album (label, tanggal rilis, peringkat di Oricon)

  1. Little Glee Monster (Samba Free, 16 Maret 2014) (Dirilis ulang pada 9 November 2016 oleh Sony Music dan duduk di posisi ketujuh di Oricon)

Situs Resmi
Facebook
Twitter
Spotify
YouTube
Youtube VEVO

JOI Music diasuh oleh ikarifseiei dan terbit tiap kamis. Selain menulis untuk Jurnal Otaku di bagian musik, ikarifseiei juga seorang blogger yang kerjaannya mengulas anime, music dan terkadang movie di RE:PSYCHO. Ia dipilih sebagai Duta Musik Jepang di Indonesia oleh Recording Industry Association of Japan (RIAJ) berkat terus memberikan rekomendasi musik Jepang yang enak ke teman-temannya dan ke pendengarnya melalui program radio Zora Japan Beat di Zora Radio Bandung.