Manga ‘The IDOLM@STER Cinderella Girls Rockin’ Girl’ Berakhir

April 17, 2017 10:57
Manga ‘The IDOLM@STER Cinderella Girls Rockin’ Girl’ Berakhir

Majalah Big Gangan edisi April milik Square Enix menerbitkan chapter terakhir manga The IDOLM@STER Cinderella Girls Rockin’ Girl” karangan Hamatyon pada 25 Maret lalu. Di edisi Januari diungkapkan pada bulan Desember kalau manga tersebutkan direncanakan berakhir pada bulan Januari namun ternyata berlanjut sebanyak dua chapter hingga bulan Maret.

Manga The IDOLM@STER Cinderella Girls Rockin’ Girl terbit pertama kali pada Oktober 2012 namun kerap kali hiatus. Square Enix pertama kali menerbitkan manga kompilasi pertama yang berfokus pada Riina Tada, Kanako Mimura, and Rika Jougasaki pada April 2013.

Cygames telah membuat game The IDOLM@STER Cinderella Girls Starlight Stage yang merupakan spinoff dari game The IDOLM@STER milik Bandai Namco Entertaiment yang berfokus pada berbagai agensi idol dan karakter, dimana game tersebut menginspirasi sebuah serial anime juga beberapa adaptasi manga termasuk tujuh judul manga yang diterbitkan di majalah manga Square Enix. Selain The IDOLM@STER Cinderella Girls Rockin’ Girl, Square Enix meluncurkan manga lain bertema The IDOLM@STER Cinderella Girls sejak tahun 2012 seperti:

  • The IDOLM@STER Cinderella Girls – New Generations, diilustrasikan oleh namo pada majalah Gangan Joker.
  • The IDOLM@STER Cinderella Girls – Ensemble!, ditulis oleh Haruki Kashiba dan diilustrasikan oleh Sadoru Chiba pada majalah Young Gangan.
  • The IDOLM@STER Cinderella Girls – Idol of the Day (Honjitsu no Idol-san) dan The IDOLM@STER Cinderella Girls – Honjitsu no Dereraji-san, diilustrasikan oleh Saya Kiyoshi pada majalah Big Gangan.
  • The IDOLM@STER Cinderella Girls – Shuffle!!, sebuah manga anthology yang diilustrasikan oleh berbagai mangaka, diterbitkan pada Gangan Online.
  • The IDOLM@STER Cinderella Girls – Dereraji-san, diilustrasikan oleh Ajiichi pada Gangan Online.

Sou Ueto meluncurkan meluncurkan sebuah manga The IDOLM@STER Cinderella di Comic Rex milik Ichijinsha pada Desember 2015 setelah mengalami beberapa kali penundaan, dimana pada bulan Juli diumumkan bahwa manga tersebut mengalami penundaan karena kesehatan Sou Ueto. Kyouno yang meluncurkan manga berjudul The IDOLM@STER Cinderella Girls U149 pada situs manga Cycomi milik Cygames di bulan November.

Manga The IDOLM@STER Cinderella Girls Wild Wild karangan Sako Misaki terbit berkala pada majalah Monthly Shounen Champion milik Akita Shoten. Manga The IDOLM@STER Cinderella Girls Gekijou (The IDOLM@STER Cinderella Girls Theater) yang diserialisasikan secara acak pada game IDOLM@STER Cinderella Girls Starlight Stage telah mendapatkan adaptasi anime yang tayang pada 4 April lalu.

Ichijinsha juga telah menerbitkan berbagai manga anthologies The IDOLM@STER Cinderella Girls.

Sumber: ANN