Tatsuki Diberhentikan Atas Permintaan Mine Yoshizaki, Pencipta Konsep ‘Kemono Friends’

September 28, 2017 15:06
Tatsuki Diberhentikan Atas Permintaan Mine Yoshizaki, Pencipta Konsep ‘Kemono Friends’

Pemberhentian sutradara Tatsuki dari seri Kemono Friends sepertinya memang menghasilkan sebuah gelombang yang cukup besar di antara para otaku belakangan ini. Berita-berita mulai dari spekulasi mengenai kenapa Tatsuki diberhentikan sampai ke bagaimana buruknya Kadokawa menangani masalah ini menjadi sorotan banyak orang. Namun kesalahan mungkin tidak terletak sepenuhnya di tangan Kadokawa.

Melalui situs dailynewsonline, sebuah informasi mengenai kenapa Tatsuki diberhentikan pun muncul. Staf resmi dari seri Kemofure meminta maaf karena mereka menangani ini dengan cara yang kurang baik karena kurangnya informasi di internet.

Keputusan untuk memberhentikan Tatsuki ini sebenarnya sudah diusulkan sejak lama, karena sejak bulan Juni permasalahan ini sudah mulai dipikirkan dengan baik dan Tatsuki dianggap sudah kurang bisa mengerjakan Kemofure. Adanya sebuah “masalah” di awal bulan Agustus menjadi awal dari pengambilan keputusan untuk memberhentikannya. Masalah yang dimaksud kemungkinan besar adalah anime pendek kolaborasi dengan JRA yang tayang tanggal 8 Agustus lalu.

Kemudian Mine Yoshizaki selaku desainer karakter dan pencipta konsep KemoFure akhirnya mengatakan “Aku ingin Tatsuki-kantoku diberhentikan.” dalam sebuah rapat. Selain mengerjakan desain karakternya, Yoshizaki juga menggambar manga untuk seri Kemono Friends.

Dailynewsonline kemudian juga menulis kalau ada kemungkinan Yoshizaki memiliki rasa cemburu terhadap Tatsuki dan studio Yaoyorozu, karena itu dia ingin mengerjakan Kemono Friends sesuai dengan keinginannya.

Namun netizen berpikir lain, mereka menganggap ini mungkin usaha baru untuk menunjuk kambing hitam dari pihak Kadokawa. Beberapa komentar mereka adalah:

  • Ini beneran?”
  • Round 3, start.”
  • Sepertinya ini usaha cari kambing hitam.
  • Kadokawa, desperate.”

Apakah benar ini usaha untuk kembali mengalihkan perhatian, karena tidak ada bukti konkrit kalau Yoshizaki memang pernah mengatakan hal tersebut. Nissin dan JRA juga sudah mengatakan kalau kedua video yang mereka buat sudah mendapatkan ijin sebelumnya, jadi diduga Kadokawa tidak jujur mengenai alasan pemberhentian Tatsuki.

Sumber: dailynewsonline