[Waifu Wednesday] Isshiki Iroha

Sudah 1 bulan lebih rubrik Waifu Wednesday absen dari JOI dan petuah dari atas mengutarakan kalau rubrik ini harus dikembalikan secepatnya. Aye aye boss. Untuk mengejar ketertinggalan ini, mungkin ada baiknya kita membahas beberapa waifu yang juga ‘ketinggalan’. Waifu yang walau koleganya sudah banyak dibahas tapi dia masih belum dibahas juga. Sayang bukan Tomoe Mami, minggu ini saya berniat untuk membahas Isshiki Iroha dari seri Oregairu.

JOI sudah lama sekali membahas waifuwaifu dari seri Oregairu, yang pertama tentunya best girl Shizuka Hiratsuka sang guru terbaik. Kedua protagonis Yukino Yukinoshita dan Yuigahama Yui pun juga sudah dibahas. Bahkan waifu ‘semacam’ Totsuka Saika pun sudah kami bahas, we do understand that some of you cater to a rather, unique taste. Sayangnya, kouhai yang satu ini emang ketinggalan. Seharusnya sesi ini ditulis oleh Nugra karena Irohassu adalah waifu dari yang bersangkutan, tapi sayang yang punya waifu masih belum sempat meluangkan waktu, so here I am.

Iroha adalah kouhai atau adik kelas dari Hachiman, protagonis dari seri Oregairu. Secara sepintas, gadis periang yang satu ini terlihat imut dan innocentone would call her cute if they don’t see her true nature. Namun sejatinya Iroha adalah seorang yang bisa dibilang licik, dan sangat peduli dengan impresi orang lain padanya. Dia ingin orang lain menilai dirinya sebagai gadis yang lucu dan clumsy, supaya dia bisa memanfaatkan mereka dengan lebih mudah. See? She’s bad for you.

Iroha juga sering memicu perdebatan kusir di beberapa forum yang saya ikuti mengenai karakternya di seri Oregairu. Emang yang namanya waifu itu serious business.

Lalu bagaimana caranya orang selicik Iroha bisa direkomendasikan ke dalam rubrik Waifu WednesdayAs I said earlierwe cater to a lot of unique tastes dan tentu Iroha pun salah satu yang bisa dibilang unik. Terutama buat kamu yang rada-rada maso. Probably a lot of you.

+ Pacaran dengan Iroha = panjat sosial

Buat kamu yang senang memperhatikan strata sosial kamu di antara teman-teman, mengajak Iroha untuk jadi pacar adalah sebuah langkah yang sangat baik. Dengan asumsi dia menerima kamu jadi pacarnya. Karena Iroha memiliki status sosial yang pastinya disenangi orang banyak karena dianggap lucu dan imut. Secara penampilan luar pun dia cantik dan pastinya bisa bikin iri teman kalau kelihatan jalan berdua.

Namun kembali, strata sosial kamu baru bisa terangkat kalau Iroha setuju untuk jadian sama kamu. Di lain pihak mungkin dia juga mau jadian sama kamu untuk benefit dia sendiri, misalnya buat jadi tukang nganter kemana-mana tapi pegangan tangan aja nggak boleh. Kalau kamu rada maso, mungkin hal ini malah jadi hadiah.

+ She’ll probably teases you a lot

Sama seperti yang dilakukannya kepada Hachiman, kalau kamu jadi target mainan Iroha, mungkin malah kamu lebih sering digoda daripada dimanja. Probably that sly side of hers. Godaan darinya pun datang dalam bermacam-macam variasi, mungkin kamu akan kena blackmail, mungkin dia malah menggunakan pesona sensual dirinya dalam menggoda kamu, atau mungkin malah dia akan membawa masalah lain bagi kamu.

Againthis is a good thing if you’re a masochist. Hachiman menilai Iroha sebagai lesser Haruno, artinya dia mungkin licik, tapi dia nggak setega kakak dari Yukino tersebut. Kalau kamu masih dalam kategori maso level awal, ada baiknya latihan dulu sama Iroha sebelum memburu Haru-nee.

+ 2 sides to keep you entertained

Iroha adalah seseorang yang agak complicated, dia ingin terlihat sebagai seorang gadis yang lucu dan supel sehingga mudah berteman dengan siapa saja. Nggak salah sih, siapa sih yang mau dilihat negatif sama orang lain? Namun sayang terkadang keinginannya untuk terlihat selalu sempurna itu membuatnya tidak bisa menolak permintaan orang lain, seperti saat dia diajukan untuk menjadi ketua OSIS di sekolah, dia tidak bisa menolak dan meminta service club untuk membantunya ‘kalah’ dari pemilihan, tapi tidak terlihat jelek di mata sekolah.

Di satu sisi dia ingin terlihat sempurna, tapi dia juga bisa terlihat depresi di bawah tekanan, seperti saat dia akhirnya menjabat sebagai ketua OSIS dan harus bekerja sama dengan sekolah tetangga untuk mengadakan acara pesta Natal bersama masyarakat sekitar. Saking sibuknya dia karena tekanan dari anak buahnya yang diperas dan anggota OSIS sekolah tetangga yang menyebalkan dan tidak membantu membuatnya kewalahan. Flustered Irohassu is fine too.

Sepertinya memang tidak banyak merit Iroha yang dapat kita ambil sebagai seorang waifu, tapi jelas kalau hanya sebatas pacar sih, Iroha adalah seseorang yang sangat cocok. Tapi impiannya di masa depan adalah untuk jadi seorang ibu rumah tangga sih, so there’s that. Namun apakah benar Iroha bisa jadi seorang istri yang baik? Mari kita bahas sisi lain dari gadis yang satu ini.

– You’re not her first choice

Sayangnya, Iroha lebih tertarik dengan Hayama dibandingkan dengan diri kamu. Dalam serinya pun Iroha terlihat menyatakan cintanya kepada Hayama. Sayangnya Iroha ditolak, karena Hayama dikatakan sudah menyukai gadis lain. Dalam seri pun Hayama mengungkapkan kalau gadis yang disukainya memiliki inisial ‘Y’, dan jelas artinya itu bukan Iroha.

Namun bukan Iroha namanya kalau gampang menyerah, setelah mencari kenyamanan dari Hachiman, dia kembali bersemangat dan berkata kalau dia tidak akan menyerah semudah itu. Dia juga kemudian berbisik kepada Hachiman dan meminta pertanggung jawaban Hachiman atas perbuatannya tersebut. Vague? Iya banget. Jadi apakah Hachiman sekarang jadi pilihan pertamanya atau kedua setelah Hayama? Cuma Iroha dan Tuhan yang tahu, yang jelas mungkin kamu ada di pilihan ke 3, atau 300.000, entahlah.

– Her motivation to be a housewife is wrong(?)

Iroha memang ingin menjadi seorang ibu rumah tangga, but probably for all the wrong reasons and you probably shouldn’t aspire to be with her. Karena dia ingin menjadi ibu rumah tangga supaya bisa hidup lebih santai dan tidak perlu berusaha. Nggak salah, tapi artinya kamu harus bekerja lebih keras untuk menyewa asisten rumah tangga supaya Iroha tidak kesusahan di rumah, dan juga kamu harus bekerja lebih keras lagi kalau-kalau Iroha minta uang jajan.

In the end, kita bisa simpukan kalau Iroha mungkin mau jadian sama kamu bila kamu bisa menjamin hidup yang mudah baginya. Karena itu menjadi mapan adalah satu-satunya prioritas kamu untuk meminang gadis yang satu ini. Setelah itu mungkin sedikit maso juga menjadi pra-syarat yang cukup penting mengingat dia suka menggoda pasangannya.

Saya sendiri sih kalau dikasih Iroha nggak nolak, tapi bu guru Shizuka masih yang terbaik di hati jadi maaf ya Iroha, kamu bukan best girl.