[Review] Laut, Rembulan, dan Sang Playboy

March 28, 2020 17:42
[Review] Laut, Rembulan, dan Sang Playboy

“Walau perpisahan dengannya di atas laut ini sudah berlalu lebih dari setahun, namun sampai saat ini pun, hatiku belum pulih sedikitpun.” – (Jenna Baker, halaman 1)

Laut, Rembulan dan Sang Playboy adalah sebuah komik berdasarkan novel karya Maureen Child. Komik ini menceritakan tentang Jenna Baker, seorang mantan kru kapal pesiar yang didekati oleh playboy kaya bernama Nick Falco, pemilik kapal pesiar tempatnya bekerja. 

Komik ini diawali dengan kesalahan mereka berdua. Nick Falco, yang melanggar prinsipnya untuk tidak berkencan dengan kru kapal, dan Jenna Baker yang tidak berkata sejujurnya pada Nick. Kesalahan ini berakhir dengan lahirnya dua anak kembar, Jacob dan Cooper yang tidak diketahui Nick. Dan Jenna pun bertekad kembali pada Nick, meminta bantuan finansial, meskipun luka di hatinya belum sepenuhnya sembuh. 

Yang membuatku kaget adalah, Nick ternyata juga memiliki perasaan yang sama terhadap Jenna, dan terlihat bahagia saat mengetahui ia memiliki dua anak kembar, meskipun pada akhirnya ia tetap meminta dilakukan tes DNA agar semakin yakin. 

Komik Laut, Rembulan dan Sang Playboy memiliki 130 halaman cerita yang ringan dan romantis. Diselipi sedikit komedi dari tingkah lucu para karakternya, membuat komik ini sangat mudah dibaca. Aku merasa salut pada editor dan penerjemah komik ini yang membuat bahasanya tidak terlalu kaku, malah kasual seperti gaya bahasa sehari-hari, nyaman dibaca dan membuatku tidak sabar untuk membaca halaman selanjutnya. Cover komik ini juga sangat sesuai dengan judulnya, adanya gambaran kapal pesiar mewah, laut biru yang luas, rembulan purnama yang indah, juga karakter Nick dan Jenna yang saling tatap satu sama lain. Gemas! 

Emosi Jenna yang terus menerus dikecewakan Nick juga mudah dimengerti, membuat pembaca merasa simpati padanya. Adanya karakter-karakter pendukung seperti kakak Jenna, Maxie, juga semakin membantu kita memahami sakitnya perasaan Jenna. Namun pembaca juga dibuat sulit untuk membenci Nick sang playboy, karena meskipun Nick belum berhenti menjadi seorang playboy, ia tetap mengistimewakan Jenna, menolak perempuan-perempuan yang mencoba mendekatinya, dan terlihat sangat menyayangi Jacob dan Cooper meskipun hasil tes DNA nya belum keluar. Bukankah kelakuan Nick itu sangat adorable? Belum lagi kita dibuat terpesona oleh visual Jacob dan Cooper kecil, yang merupakan splitting image dari ayahnya, Nick. Mereka berdua yang menangis tepat ketika orang tuanya bertengkar, seakan mengerti dan tidak ingin melihat kedua orang tuanya berselisih paham itu pun menurutku sangat menggemaskan. Sepertinya anak-anak memang memiliki ikatan batin tertentu dengan orang tuanya ya. Poin-poin kecil seperti inilah yang membuatku merasa komik ini sangat relevan dengan realita di sekitar kita.

Meskipun konflik dalam komik ini tidak terlalu berat, komik ini pun sukses membuatku bertanya-tanya apakah masih ada miliuner sebaik Nick yang mau bertanggung jawab atas perbuatannya dan berhenti menjadi playboy? Juga adakah wanita sekuat Jenna, yang bersedia melakukan apapun demi anaknya, meskipun itu berarti mengorbankan perasaannya? 

Aku sendiri sangat tertarik pada sosok Jenna yang meskipun telah menatap realita pahit bahwa ia mungkin tidak akan bisa bersatu dengan lelaki yang dicintainya, tapi tetap kuat melangkah maju. Demi Jacob dan Cooper, anak-anaknya. Hal inilah yang menurutku paling menarik, aku ingin tahu apakah semua usaha Jenna itu membuahkan hasil yang sepadan? Dan aku akhirnya mengerti bahwa semua usaha Jenna tidak akan mengkhianati hasilnya. 

Ending komik ini sedikitnya membuatku lega karena kedua belah pihak akhirnya bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Di bagian belakang komik ini terdapat halaman bonus yang memperlihatkan kehidupan Jacob dan Cooper dewasa. Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka berdua tumbuh menjadi setampan ayahnya, haha.

Keseluruhan komik ini sangat menarik buatku, adanya miliuner yang tertarik dengan gadis biasa, ditambahi dengan kehidupan kapal pesiar yang mewah dan konflik yang tidak terlalu berat, membuat komik ini cocok untuk kamu kamu yang menyukai komik romantis!

Judul : Laut, Rembulan, dan Sang Playboy
Penulis : Maureen Child
Ilustrasi : Rin Natsumi
Jumlah hal. : 130 halaman
Dipublikasikan oleh Harlequin

Review oleh Marchen