BONES Meminta Publik untuk Tidak Mengirim Ide Cerita Bila Tidak Diminta

June 7, 2020 16:48
BONES Meminta Publik untuk Tidak Mengirim Ide Cerita Bila Tidak Diminta

Studio anime BONES merilis pernyataan di situs-nya pada hari Rabu yang meminta masyarakat umum untuk tidak mengirimkan ide cerita. Perusahaan menyatakan bahwa “ini untuk menghindari perselisihan atau kontroversi yang tidak menguntungkan yang mungkin timbul dari kesamaan antara ide yang diajukan dan kekayaan intelektual yang awalnya dikembangkan oleh Bones, Inc.”

Permintaan tersebut mungkin menyinggung pembakaran yang menghancurkan Studio 1 Kyoto Animation. Tersangka, yang secara resmi ditangkap bulan lalu, menuduh bahwa Kyoto Animation “mencuri novelnya.” CEO studio Hideaki Hatta menyatakan pada bulan Juli tahun lalu bahwa ia belum pernah mendengar nama tersangka sebelumnya, dan tidak ada seorang pun dengan nama tersangka yang mengirimkan novel kepada perusahaan. Kyoto Animation mengumpulkan draft novel sebagai bagian dari program Kyoto Animation Awards.

Pernyataan dapat kalian baca di bawah.

Kami berterima kasih atas minat Anda terhadap Bones, Inc. dan karyanya.

Harap diketahui bahwa Bones, Inc. tidak menerima saran atau ide dari masyarakat umum. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada cerita, karakter, dan nama, strategi pemasaran atau hubungan masyarakat, dll.

Ini untuk menghindari perselisihan atau kontroversi yang tidak menguntungkan yang mungkin timbul dari kesamaan antara ide yang diajukan dengan kekayaan intelektual yang awalnya dikembangkan oleh Bones, Inc.

Harap dicatat bahwa orang-orang yang mengirimkan ide atau proposal ke Bones, Inc. meskipun sudah diberikan peringatan di atas; akan dianggap telah menyetujui kondisi berikut.

Bones, Inc. tidak bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan ide atau proposal yang diajukan.
Bones, Inc. tidak berkewajiban untuk mempertimbangkan, mengevaluasi, atau mengadopsi ide atau proposal yang diajukan.
Bones, Inc. tidak berkewajiban untuk membalas ide atau proposal yang diajukan.
Bones, Inc. tidak bertanggung jawab dengan cara apa pun, termasuk tetapi tidak terbatas pada tanggung jawab untuk kompensasi moneter, jika ide atau proposal yang diajukan sama atau serupa, baik secara keseluruhan atau sebagian, dengan judul, proyek, produk, atau layanan apa pun dari Bones, Inc.
Bones, Inc. tidak berkewajiban mengembalikan ide atau proposal yang diajukan kepada pengirim.
Setiap ide atau proposal yang dikirimkan dalam bentuk cetak melalui pos atau kurir, sebagai aturan umum, akan dibuang tanpa dibuka.

Kami berterima kasih atas pengertian dan kerja sama Anda.

Memang bisa dilihat motif untuk menghindari tragedi seperti Kyoto Animation. Namun perlu diketahui bahwa mengembalikan atau menghancurkan naskah/demo tanpa melihatnya adalah praktik yang umum dilakukan penerbit maupun studio produksi lainnya. Kegagalan memberi kredit pada kontributor entah sekecil apapun kontribusinya, bahkan untuk aspek seperti nama karakter; akan membuka perusahaan pada tuntutan atau pinalti dari serikat yang relevan.

Oleh karena itulah penerimaan cerita baru dilakukan pada rekrutmen atau kontes yang legalitasnya sudah jelas. Atau lewat komunikasi langsung pada penulis independen yang berhasil mencapai tingkat reputasi tertentu. Dengan pengumuman ini BONES berharap mereka yang tertarik untuk berkontribusi akan menggunakan saluran lain yang memiliki dasar hukum yang lebih jelas, seperti penerbit atau agensi.

Sumber: ANN