[Virtual Journal] Riksa Dhirendra

“Lu mungkin ga kenal gue,

Tapi gue..

ga kenal lu juga.”

Jumpa lagi dalam rubrik mingguan yang rilisnya harusnya ga nentu tapi bisa keep release di hari Selasa. Sesuai dengan janji minggu saya kemarin, saya akan mengangkat virtual liver yang berasal dari negara tercinta kita, Indonesia. Sebenarnya saya ingin membahas indie VTuber tapi karena penggalian saya masih kurang dalam jadi saya masih membahas VTuber produk agensi.

Introduction

Riksa Dhirendra. Lelaki yang satu ini adalah jebolan dari Nijisanji ID gelombang kedua. Gelombang kedua ini kemudian disebut Clover McOver yang terdiri dari Riksa sendiri, Rai Galilei, Amicia Michella, Miyu Ottavia. Gelombang kedua ini diperkenalkan dalam event Creator Super Fest 2019 pada Oktober lalu.

 
Kelakuan anak-anak Clover McOver

Riksa memulai debutnya tanggal 18 Desember 2019. Penampilannya seperti anak nakal dengan rambut merah dan mata hijau yang mencolok. Walau penampilannya menyeramkan tetapi Riksa memiliki hati seperti hello kitty, or… something worse than that.

Riksa adalah pemuda yang mandiri, terbukti dengan statusnya sebagai freelancer atau bahasa Indonesianya.. pekerja serabutan. Kerjaan dia meliputi render video, bikin musik, masukin subtitle video, translate dokumen, dan lain-lain, dan sebagainya, dan seterusnya. Simplenya dia bos dari dirinya sendiri.

Contents

Dalam menghibur viewernya, Riksa membawakan konten tidak jauh berbeda dengan VTuber umumnya, mulai dari live stream game hingga collab dengan member Nijisanji ID lainnya. Namun Riksa memiliki keunikan tersendiri meski spesifikasi karakternya tidak sekaya karakter VTuber umumnya.

Rebo Nyunda adalah konten yang diadakannya tiap hari Rabu dengan topik tentunya membahas bahasa daerah yang satu ini. Ada juga Gelud Kemelut yang sebenarnya bacain marshmallow sekalian free talk dengan viewer. Dan yang unexpected adalah Riksa membawa kerjaannya ke dalam live streaming juga. Ya, agar viewernya ga cuma nonton doang tapi bantuin kerjaannya juga.

Riksa membuat konten ini dengan judul playlist Compose Stream. Sejauh ini isi kerjaannya berat kearah membuat suatu musik. Walau terlihat tega, namun tetap saja Riksa memiliki hati yang lembut. Dia masih bisa menjawab marshmallownya selama stream kerjaannya. Sungguh mulia akang Riksa yang satu ini.

Masih kurang bukti untuk melihat Riksa sebagai pribadi yang lemah lembut? Riksa pernah melakukan live stream visual novel legendaris bersama Pak Taka. VN itu antara lain adalah.. Nekopara. Belum cukup sampai disitu, member Nijisanji ID yang bergender perempuan dibuatnya menjadi pengisi suara karakter dalam visual novel tersebut (such a briliant idea). Benar-benar mencerminkan jiwa pekerja dan hati yang mulianya Riksa.

Uniqueness

Saya mulai capek memanggil nama Riksa. Karena sebenarnya Riksa sekarang lebih sering dipanggil Jukut. Alasannya simpel. Pada awal kariernya menjadi VTuber, di salah satu streamingnya viewernya ribut dengan komen kusa (草). Kusa ini sering dipakai untuk menyatakan respon tawa dari penonton yang sebenarnya artinya adalah rumput. Riksa pun menerjemahkannya ke dalam bahasa Sunda menjadi jukut. Dari situlah panggilan Jukut untuk Riksa melekat dalam dirinya.

Jukut juga terkenal dengan momen numpang wifinya yang bermula di stream Pak Taka. Kala itu ada Cia juga hadir dalam stream tersebut. Perbuatan yang sama kembali terulang di stream rekan seagensinya seperti Mpok Layla baru-baru ini.

Jukut sangat dicintai oleh member Nijisanji ID dan fansnya. Terbukti ketika hari ulang tahunnya pada 1 Mei kemarin Pak Taka dan Cia mencoba menyadarkannya yang lupa ulang tahunnya sendiri. Mereka bertiga memang sering melakukan streaming pada malam hari. Sayangnya Riksa lebih mengingat tanggal 1 Mei sebagai hari buruh. It’s time for us to rise up!

Jukut juga mendapat surat cinta dari penggemarnya. Surat tersebut dibacanya dengan segenap otaknya, tidak hanya sekali, namun dua kali. Versi remastered bisa kamu lihat di konten ScRiks 3 yang isinya Jukut memerankan suara untuk script atau dialog yang dikirimkan penggemarnya. WANGY!

Satu lagi keahlian Riksa yang baru unlocked akhir-akhir ini. Riksa sangat mahir memainkan salah satu game legendaris, Minesweeper. Buat kamu yang penasaran seberapa lancarnya dia menyelesaikan permainan ini bisa cek langsung di channelnya.

Suara Riksa yang menenangkan dan enak diajak bicara menjadi modal besar yang dimilikinya. Riksa pun tampil sebagai pembaca acara di Nijisore saat bulan Ramadhan. Tidak hanya itu, Riksa juga tampil sebagai pembawa acara juga dalam acara Creator Super Stream pada bulan Mei lalu.

Demikian Virtual Journal episode kali ini. Akhirnya saya membahas VTuber laki-laki dan asli Indonesia. Buat kamu yang punya saran VTuber mana yang bakal dibahas di episode kedepannya, bisa sampaikan di komentar atau discord JOI secara langsung. Terus dukung Riksa dan VTuber Indonesia lainnya dalam berkarya karena konten mereka tidak kalah menarik dari VTuber lainnya.

Riksa Dhirendra Youtube Channel: https://www.youtube.com/channel/UCkL9OLKjIQbKk2CztbpOCFg

Riksa Dhirendra Twitter Account: https://twitter.com/RiksaDhirendra

Riksa Dhirendra Facebook Page: https://www.facebook.com/RiksaDhirendra/