Ini dia, 6 Tempat Baca Komik Romantis Legal Buat Kamu

July 30, 2020 17:18
Ini dia, 6 Tempat Baca Komik Romantis Legal Buat Kamu

Internet memang memudahkan kita untuk mendapatkan informasi, mulai dari berita-berita terkini, seperti yang bisa kamu baca di Jurnal Otaku dan kini dibawakan oleh Kaptain bersama Kaczmarek (dude, why is your name so hard to pronounce?). Kamu juga bisa mendapatkan berita-berita masa lalu, menjalin silaturahmi online bersama teman, mendapatkan acara-acara terbaik lewat Netflix, juga membaca bacaan-bacaan menarik lainnya.

Manga dan komik in general menjadi salah satu hiburan di masa pandemik ini, karena kadang kita pun bingung bagaimana caranya menghabiskan waktu di rumah. Nonton anime sayang kuota, yaudahlah baca komik aja. Salah satu kebiasaan saya di masa pandemik ini adalah membaca manga dan webtoon romantis, sedih di rumah rindu belaian, jadi baca komik romantis deh. 

Tapi kembali, tidak semua komik yang kita baca di internet itu legal, kebanyakan malah masih ilegal karena masalah keterbatasan ketersediaan manga/komik yang ingin kita baca. Untuk menalangi masalah ini, penerbit Shueisha merilis Mangaplus untuk menerbitkan manga-manga yang diasuhnya, namun bagaimana dengan manga-manga yang lain?

Karena itu di artikel ini saya ingin mengulas mengenai tempat-tempat dimana kamu bisa mendapatkan manga dan webtoon romantis secara legal. Ada yang gratis? Ada dong, tapi tentu kalau kita mencari manga dan webtoon legal sebaiknya dibarengi niat untuk mendukung industrinya sendiri.

  1. Romance Comics

Mungkin beberapa dari kamu sudah pernah melihat atau beberapa kali melihat Jurnal Otaku mengulas mengenai Romance Comics, karena memang artikel kali ini pun disponsori oleh Romance Comics #ad. Buat yang belum tahu, Romance Comics memuat komik-komik romantis yang diterbitkan dari Harlequin Comics. Komik-komik romantis ini diangkat dari novel barat, kemudian digambar oleh mangaka Jepang, jadi kamu bisa mendapat 2 rasa dalam 1 cerita!

Romance Comics juga memiliki banyak buku gratis yang bisa kamu baca lewat tautan ini, atau bisa dicari lebih banyak lagi dengan mencari kata kunci “free” di search bar mereka. Harlequin menawarkan komik dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia, setiap bulannya Harlequin menawarkan puluhan komik berbahasa Indonesia baru dan ratusan library yang sudah ada sebelumnya.

  1. LINE Webtoon

Adalah layanan Webtoon tertua sejak didirikan oleh Junkoo Kim di tahun 2004, dia percaya kalau format komik vertikal cocok dengan mulai maraknya pengguna smartphone. Saat itu dia meluncurkan layanan awalnya dengan nama Webtoon, yang kemudian berubah menjadi Naver Webtoon, dan kini menjadi LINE Webtoon. Platform ini menyediakan komik-komik gratis dari Korea yang bertema romansa dan *uhuk* dewasa *uhuk*, banyak dari komiknya yang memberikan peringatan umur sebelum bisa membacanya.

LINE Webtoon memiliki sistem profit sharing dengan kreator-kreator komiknya, dan mereka kini juga menyediakan layanan Kanvas bagi kamu, kreator baru dengan aspirasi tinggi.

Untuk membaca di platform ini pun tidak dipungut biaya alias gratis, namun bila kamu ingin membaca chapter-chapter terbaru, kamu bisa membeli koin dan menggunakan fast pass jadi kamu bisa tahu lanjutan ceritanya lebih dulu dari yang lain.

  1. Ciayo Comics

Nama yang satu ini pasti kamu kenal, karena kalau kamu suka ke Comifuro pasti bisa melihat booth-nya. Ciayo Comics adalah salah satu platform penyedia komik dan webtoon gratis di Indonesia, selain memiliki situs resmi, kamu juga bisa membaca lewat aplikasinya di Android maupun iOS. Jadi tidak ada alasan kamu tidak sempat membaca, karena kamu juga bisa membacanya saat sedang pergi atau pulang dari sekolah/kantor.

Ciayo mengedepankan banyaknya genre yang mereka ulas, beberapa di antaranya adalah romance, komedi, horor, slice of life, drama, aksi, fantasi, dan bahkan genre spesial lain. Komik-komik yang kamu baca di Ciayo semua gratis. Kamu juga bisa meninggalkan pesan bagi para komikusnya lho.

  1. Re:on Comics

Bila kamu sangka komik Re:on cuma bisa dibaca lewat toko buku saja, mungkin kamu belum coba mengunjungi situs resminya. Ternyata kamu bisa lho baca komik langsung dari situs Re:on! Cukup mengunjungi situsnya dan membuat akun untuk bisa membaca komik-komik yang ada dalam situsnya, namun jangan lupa untuk beli bukunya juga di toko buku ya!

Kalau kamu lagi nggak mood baca komik, kamu juga bisa nonton serial TV buatan Re:on di kanal YouTube mereka lho yang berjudu Edelyn, serta video-video menarik lain. Jadi nggak perlu takut bosan baca komik doang kalau lagi mengunjungi situs tersebut.

  1. Toomics

Komik Romantis

Berbahasa Inggris, namun Toomics adalah salah satu tempat baca webtoon legal yang saya temukan lagi di internet, situs ini menggunakan sistem membership untuk kamu yang ingin mengakses konten berbayarnya, namun in general kamu bisa membaca konten lainnya secara gratis. Sayangnya, Toomics ini juga diblok oleh beberapa provider internet di Indonesia, saya rasa karena ada beberapa komik yang suka ada bunyi-bunyian “aheut aheut” tanpa sensor yang memadai seperti di LINE Webtoon.

Bila kamu membaca lewat aplikasi Android atau iOS, harusnya kontennya akan aman-aman saja karena ada peraturan dari kedua sistem operasi tersebut kalau konten aplikasi yang dirilis di store mereka harus aman dari konten dewasa. Karena itu mereka hanya bisa menyediakan konten dewasa di dalam situs resminya saja, dan itulah kenapa mereka kena blok Kemenkomifo.

  1. Kakaopage

Komik Romantis

Mendengar nama Kakao membuat PTSD saya tumbuh, telinga saya sedikit gatal, dan kepala saya sedikit berjengit mengingat iklan Kakaotalk yang dibawakan Super Junior di awal-awal Kakao talk berantem sama Blackberry di Indonesia sebagai penyedia jasa chat. KKATOK KKATOK! (siapa butuh celana?) bunyi dari notifikasi aplikasi tersebut yang suka bikin saya kaget di jalan-jalan. Namun sayang pada akhirnya tetap kalah dengan LINE dan tentu saja Whatsapp, pabrikan hoax paling prominent saat ini.

Kakaopage adalah satu lagi penyedia layanan webtoon gratis dari Korea, tentunya memiliki nuansa kuning seperti aplikasi chat tersebut. Seperti yang sudah disebutkan, Kakaopage juga gratis dan dapat dibaca kapan saja, namun tentu kamu juga bisa membeli poin untuk mengakses konten-konten yang berbayar.

Genre-genre di Kakaopage juga didominasi oleh komik-komik romantis, 3 tagar yang menjadi andalannya adalah:

  • #PapaBucin
  • #VillainInLove
  • #BoskuCogan

Sebenarnya mungkin masih ada lagi situs-situs manga, komik, atau webtoon legal lain yang saya lewatkan. Bila kamu memiliki rekomendasi tempat baca komik-komik legal lain dalam berbagai bahasa, jangan ragu-ragu untuk share di kolom komentar ya. Siapa tahu bisa menarik hati teman-teman untuk baca di situs tersebut.