[Virtual Journal] Inuyama Tamaki

Goshujin-sama, Wantama! Minggu ini rubrik mingguan Virtual Journal kembali menghidangkan Vtuber yang berjenis kelamin laki-laki. Yah karena Vtuber tidak melulu soal waifu, tapi ada bermacam-macam makhluk virtual yang bisa membuat kamu tercengang-cengang. Dari penampilannya memang bukan seperti laki, tapi hakikatnya dari Vtuber ini seharusnya adalah pria. Untuk meyakinkanmu, mari kita simak ulasannya.

Illustrator merangkap Vtuber trap, Inuyama Tamaki

Inuyama Tamaki adalah Vtuber laki-laki yang berpenampilan seperti perempuan. Singkatnya dia adalah trap. Tamaki sebenarnya sudah ada sejak tahun 2017, namun debut resminya baru tercipta setahun sesudahnya.

Inuyama Tamaki adalah karakter yang diciptakan oleh Tsukudani Norio. Norio lebih dikenal dengan mahakaryanya yang berjudul Himegoto. Manga buatan Norio ini sudah mendapat adaptasi anime dan terkenal dengan karakter yang trap.

Tamaki diperlihatkan pertama kali pada 1 Juni 2017. Kala itu Tamaki masih belum mempunyai nama. Tamaki dibuat sebagai kanban musume Norio dalam menjual karyanya. Barulah pada 19 Juli 2018 nama Inuyama Tamaki pertama kali diperkenalkan. Akhirnya Tamaki pun berhasil resmi debut menjadi Vtuber pada 29 September 2018.

Tamaki digambarkan sebagai laki-laki berusia 17 tahun yang cross dressing menggunakan seragam sekolah perempuan dan memiliki buntut di belakangnya. Ini sesuai dengan namanya Inuyama yang berarti dia adalah anjing (hush bukan kata kasar ini). Tamaki juga memiliki aksesoris rambut seperti anjing diatas kepalanya, yang disebutnya sebagai “control device”. Tamaki juga menyebutkan bahwa ‘tower of babel‘-nya memiliki panjang 18 cm.

Tamaki memiliki koleksi video  “Mengenal Tamaki dalam 10 menit” namun sayangnya belum semuanya memiliki subtitle. Oleh sebab itu untuk langsung kenal sama Tamaki saya langsung merekomendasi tontonan singkat dari video Tamaki yang paling mudah dimengerti.

Kadang kelakuannya juga sableng kayak gini. Jangan kuatir Tamaki hanya lagi pemanasan sebelum duel YUGI*OH.

Tamaki sendiri diisi suaranya oleh Norio-sensei. Jadi tidak heran kalau di beberapa videonya, Norio-sensei lah yang muncul di depan kamera. Meski diisi suara oleh Norio-sensei yang seorang perempuan, kamu tetap harus menganggap Tamaki sebagai kepribadian yang berbeda yang paten sebagai Vtuber anjing laki-laki.

NoriPro, sebuah agensi yang tergagas dari Tamaki

Di awal debutnya, Tamaki bertindak secara independen. Norio juga memulai debut Tamaki sebagai pengisi waktu luangnya. Lama kelamaan, karir Vtubernya cukup melejit hingga menjadi suatu pekerjaan penting baginya. Pada 4 Maret 2019, Tamaki berhasil meraih 100.000 subscribers lalu memperlihatkan model 3Dnya keesokan harinya.

Sebuah langkah pun dimulai untuk memperlebar ekspansi lebih dalam di dunia virtual. Pada 9 Maret 2019 dibuatlah sebuah akun twitter dan channel youtube untuk Shirayuki Mishiro. video perkenalan pun diunggah ke akun twitternya 13 hari setelahnya.

Awalnya orang mengira kalau ini hanya kostum baru Tamaki. Maklum yang gambar orang yang sama, yaitu Norio-sensei sendiri. Akhirnya semuanya menjadi jelas ketika Mishiro resmi debut pada bulan Desember 2019. Di live streaming pertamanya pada tanggal 6, Tamaki tentu hadir sebagai bintang tamu atas kelahiran adik pertamanya.

Tamaki juga merilis beberapa lagu original. Saat artikel ini ditulis subscribers Tamaki telah mencapai 400.000 orang.

Melihat jarak awal dari pembuatan akun menuju debut pertama adik Tamaki, ada perjalanan panjang tentunya bagi Norio yang membuat agensi baru yang dikelolanya sendiri. Pada tanggal 30 November 2019, sebuah agensi Vtuber yang resmi dibawah payung hukum bernama NoriPro dibentuk.

Selain Mishiro, ada Enomiya Milk dan Kumagaya Takuma yang sudah membuat akun twitter serta channel youtubenya jauh hari pada 2019 sebelum akhirnya debut pada tahun ini. Milk debut pada April 2020, sedangkan Takuma debut pada bulan ini. Terkecuali Himesaki Yuzuru yang baru membuat akunnya pada Januari 2020 dan akan memulai debutnya September mendatang.

Semua adik Tamaki merupakan orang yang sudah dikenal lama Norio yang bisa dipercayakan menjadi generasi pertama NoriPro. Hanya satu Vtuber yang direkrut dari luar melalui tahap seleksi yang super ketat oleh Beppy, sosok manager dari NoriPro.

Illustrasi member NoriPro yang digambar oleh Himesaki Yuzuru. Tapestry bisa kamu beli disini.

Kedekatan Tamaki dengan beragam Vtuber

Membuat agensi sendiri memanglah epic. Sangat jarang sekali Vtuber membuat agensinya sendiri. Tentunya untuk menjadi Vtuber yang dapat berdikari hingga membuat sebuah rumah bagi Vtuber lainnya memerlukan dukungan yang tidak sedikit terutama dari fans.

Untuk menghibur para fans, Tamaki membuat berbagai konten yang cukup menarik. Konten yang diperlihatkan Tamakin -sebutan untuk Tamaki- mulai dari nyanyi, gaming, live talk (kadang dibuat member only ketika selesai live). Namun dari itu semua, hal yang paling menarik dari konten Tamaki adalah kolaborasinya bersama Vtuber lain.

Tamaki memang terlihat sering sekali berkolaborasi dengan Vtuber lain baik dari bermain game maupun interview. Penonton bisa mengajukan pertanyaan dalam sesi interview melalui marshmallow. Relasi Tamaki dengan Vtuber lainnya memang cukup luas. Tamaki juga terkenal dengan Nobuhime Oda yang kini sudah pensiun. Berikut beberapa cuplikan kedekatan Tamaki bersama Vtuber lainnya.

Dalam sesi interview, Himemori Luna sempat mengira Tamaki adalah perempuan

Audisi ‘Homolive’ yang dilakukan Tamaki terhadap Kagura Mea. Homolive adalah grup yang dahulu dibentuk Tamaki yang memilik anggota seperti Minato Aqua dan Nobuhime Oda. 

Last Collab dengan Nobuhime Oda

Jika kalian tertarik mendukung Tamaki, kalian bisa berlangganan melalui subscribe maupun menjadi member di channel youtubenya. Follow juga akun twitternya untuk update terkini dari Tamaki. NoriPro juga menjual berbagai merchandise Vtuber dari agensinya termasuk Tamaki.

Inuyama Tamaki Youtube Channel: https://www.youtube.com/channel/UC8NZiqKx6fsDT3AVcMiVFyA

Inuyama Tamaki/Tsukudani Norio Twitter Account: https://twitter.com/norioo_

NoriPro Booth: https://norio-t.booth.pm/