[Virtual Journal] Moona Hoshinova

Selamat datang kembali di Virtual Journal hari Selasa Rabu! Sudah lama sejak terakhir kali saya membahas Hololive di Virtual Journal. Terakhir kali Virtual Journal membahas talenta dari Hololive adalah saat edisi pertama yakni Tsunomaki Watame. Kali ini saya kembali dengan salah satu agensi terpopuler ini yang terkenal di kalangan para penggemar vtuber. Tidak hanya itu, Virtual Journal kali ini juga mengangkat salah satu talenta asal negeri sendiri, dialah Moona Hoshinova dari Hololive ID.

Bicara soal Moona, kalian sadar ga sih kalau Moona sekarang ini merupakan salah satu vtuber Indonesia dengan jumlah subscribers terbanyak saat artikel ini dibuat. Tentu saja kesuksesan Moona memiliki cerita yang cukup panjang sehingga layak untuk dimuat dalam artikel ini. Jadi, apa yang membuat Moona begitu spesial bagi fansnya? Mari kita lihat selengkapnya perjalanan Moona dari debut hingga titik sekarang ini.

Dari Debut Hingga Kelulusan (KSZK)nya

Moona tidak mengawali karir vtubernya dengan mulus. Debut pada tanggal 11 April 2020, dirinya sempat mendapat label KSZK yang menggambarkan betapa ampasnya sambungan internet saat live streaming pertamanya. Kala itu fans masih segar ingatannya dengan meme legendaris KSZK Watame yang belum lama kejadiannya. Padahal kalau disimak baik, live pertama Moona cukup ok. Moona berani membawa sesuatu yang unik dengan membawakan lagu dari kartun favoritnya Spongebob Squarepants yang berjudul Ripped Pants.

Karena hal ini, Moona pun membuat klarifikasi. Bisa ditebak apa isinya? Ya, MOONA WA WARUKUNAI YO NE (+Ripped Pants lagi). Bahkan ini menjadi berita di AsaCoco paginya. Tetapi itu hanya cuplikan masa lalu. Kini meme itu sudah mati dan tidak berlaku. Hanya saja, karena ini jadi bagian awal sejarahnya mana bisa saya lewatkan begitu saja, teehee.

Moona mengumumkan kelulusannya dari KSZK dengan cara yang epic. Dirinya bahkan membuat lagu kelulusannya sendiri untuk merayakan hari di mana dia tidak perlu berurusan dengan internet ampasnya. Lagu lengkapnya bisa kalian tonton pada video di bawah berikut.

Sang Bulan Yang Berani Tampil Beda

Moona Hoshinova lahir pada 15 Februari sama seperti ulang tahun, Galileo Galilei. Hal ini sesuai dengan namanya yang serba berkaitan dengan astronomi. Mungkin karena ini pula, Moona bisa akrab dengan alien (baca: Iofi). Namun, Moona bukanlah vtuber astronot. Dia adalah seorang mantan model. Tingginya yang 165 cm memang cocok dengan profesi itu, apalagi proporsi tubuhnya sangat mendukung.

Namun bukan soal penampilan yang menjadi ciri khasnya. Moona memiliki karakter vtuber yang cukup berbeda dari bayangan idol (meskipun kebanyakan para member Hololive juga bertingkah tidak seperti idol). Moona berani tampil beda. Konten acara pertamanya yang dibuat secara tetap adalah Mamah Moona, yang menghasilkan panggilan baru padanya saat itu. Program ini dijalankannya saat bulan puasa Ramadhan, di mana Moona memberikan wejangan kepada fansnya yang mengirimi pertanyaan lewat maro.

Good straight advice from Mamah Moona

Moona juga memiliki program lain seperti MoonaBoona yang merupakan program di mana Moona menceritakan kisah horror. Moona juga terlihat suka sekali dan cepat belajar dalam bermain game arsitektur seperti ARK, The Sims dan Minecraft. Makanya ada program yang namanya MoonArchitect yang isinya tentunya di mana Moona mencurahkan teknologi terkininya dalam merancang bangunan yang keren.

Moona juga memiliki beberapa kebiasaan nyeleneh, terutama di twitter. Tweetnya dipenuhi hal-hal random dan… makanan. Beberapa tweetnya sanggup mengguncangkan fanbasenya yang bisa kebakaran karena hal tersebut. Ugh.. kalau mau lebih simple dan freshnya, bisa dilihat belum lama ini Moona melangsungkan stream dari dalam mobilnya sendiri! Sedikit mundur ke belakang juga, Moona juga mengeluarkan lagu cover pertama yaitu Coca Cola pada 8 Mei 2020. Lihat mengapa saya bisa menyebutnya nyeleneh dan tampil beda, paham kan? (Kalian bisa mencarinya dengan hashtag #RandoMoona)

Boost Dari Collab Dengan Senpai

Mengandalkan diri sendiri tentulah tidak cukup. Moona akhirnya berkolaborasi dengan senpainya dari Hololive JP. Collab pertamanya adalah 13 Mei dengan Roboco. Kala itu collab masih kaku karena itu pertama kalinya untuk Moona ditambah lagi dialah yang pertama dari Hololive ID yang melakukan collab dengan senpai Hololive JP. Namun itu tidak membuatnya patah arang.

Sekarang kita bisa melihat bagaimana Moona bisa lancar berkolaborasi dengan para senpainya. Yang paling berkesan? Tentu saja dengan Pekora-senpai. Bahkan akibat collabnya dengan Pekora, sub Moona bisa lebih cepat naik daripada Gawr Gura yang sedang naik daun saat itu juga.

Cerita awalnya begini. Pekora sedang streaming Minecraft di mana menemukan Moona yang hadir saat itu. Fast forward ke bagian penting, Pekora memalaki Moona untuk memberikan Lapis Lazuli. Moona pun memberikannya dan sejak itu Pekora dan Moona mulai sering berkomunikasi. Pekora memanggil Moona dengan sapaan khasnya, “HEY MOONA!” yang menjadi trending hingga mengangkat subs Moona begitu pesat. Keterampilannya dalam arsitektur, membuat Moona diajak Pekora ke perusahaan kontruksinya yang bernama Usada Kensetsu. Bersama, mereka mengerjakan banyak proyek dan teknologi heybrid yang begitu maju di server Hololive.

Buat kamu yang tertarik dengan Moona, kamu bisa bergabung dengan fans lainnya yang dinamakan Moonafic. Tenang saja, mereka bukan berarti orang yang munafik kok. Saran saya kalau jadi fans jangan toxic ya nyespam Hey Moona kalau emang bukan tempat dan waktunya.

Kamu juga bisa subscribe channelnya dan bergabung menjadi member karena free talknya Moona sangatlah asik terutama yang khusus untuk member. Moona memiliki media sosial di Twitter, Facebook, dan Instagram yang bisa kamu ikuti untuk melihat kerandomannya.

Moona Hoshinova’s Links:

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCP0BspO_AMEe3aQqqpo89Dg

Twitter: https://twitter.com/moonahoshinova

Facebook: https://www.facebook.com/Moona-Hoshinova-hololive-ID-103251478005455/

Instagram: https://www.instagram.com/moonahoshinova/