[Waifu Wednesday] Saegusa Mayumi

Selamat datang kembali dalam rubrik Waifu Wednesday! Setelah minggu lalu membahas Mizuki, kali ini giliran Saegusa Mayumi, sang kakak senior yang cukup ternama di First High School. Langsung saja kita membahas perempuan berwibawa satu ini.

Saegusa Mayumi adalah siswi First High School yang kini menjadi mantan ketua OSIS tahun ajaran 2093-95. Mayumi juga menjadi karakter pertama yang kontak dengan Tatsuya saat pertama kali bersekolah. Mayumi berasal dari keluarga Saegusa, yang termasuk dalam 10 Master Klan di Jepang. Ia adalah anak kedua dari istri kedua ayahnya dan anak ketiga dari keluarga Saegusa. Mayumi sering dipandang sebagai perempuan elegan oleh hampir semua orang.

Saegusa Mayumi sendiri sudah berusia 20 tahun saat ini. Ia memiliki tinggi 155 cm dengan berat badan 48 kg. Ia memiliki rambut panjang bergelombang berwarna hitam. Matanya berwarna merah dengan kulit putih pucat. CAD yang Mayumi pakai berbentuk gelang.

Lalu bagaimana perempuan satu ini bisa menjadi kandidat waifu kalian? Berikut beberapa poin pertimbangannya:

+ Nee-san Aura

Belum ngomong apapun di saat kemunculan pertamanya, Saegusa Mayumi sudah memancarkan aura nee-san-nya. Dengan suara lembut, badan pendek dan rambut panjang, Mayumi cukup mengingatkan saya dengan Narmaya. Ditambah lagi ia cukup pengertian dengan teman-teman terdekatnya, sehingga menebalkan perannya tersebut. Tak lupa juga dengan kebiasaannya yang sering menggoda lawan bicaranya untuk mendapatkan ekspresi yang ia inginkan.

Baca juga: [Waifu Wednesday] Shibata Mizuki

+ Kensho Ono’s Wife, Abso-lute-ly

(c) Animatetimes

Sini berkumpul kalian yang sedari awal mengikuti anime musiman dan mengidolakan mbak Kana Hanazawa. Sedari awal diumumkannya jajaran seiyuu pada tahun 2013, saya sudah mengira karakter satu ini bakal dipuja-puja bagi para pecinta seiyuu mantan idol cilik ini. Suara yang Kana gunakan sebagai Mayumi juga sedikit lebih dalam dan kalem dari biasanya. Membuat suara yang terkesan menyejukan bagi para pemuja suara onee-san.

Tak lupa juga, karakter satu ini juga terkadang memunculkan sikap kekanak-kanakan di beberapa momen. Tentunya spesialisasi suara HanaKana sebagai karakter semacam ini masih tidak bisa terelakan untuk didengarkan.

Baca juga: [Waifu Wednesday] Mitsui Honoka

+ The Woman Mountain Herself

Nah “mountain” disini bisa diartikan dalam banyak hal. Namun yang paling utama adalah “mountain” dari keahliannya yang tak hanya dalam retorika, melainkan juga dalam pertarungan. Mayumi tak segan untuk turun tangan dalam menghadapi suatu upaya ancaman terhadap dirinya begitu juga dengan teman-temannya.

Mayumi sendiri memiliki kekuatan sihir penyerangan jarak jauh dan termasuk dalam kelas sihir taktikal. Beberapa kemampuannya seperti Dry Meteor, MBS (Magic Bullet Shooter), dan Hale Particles sering ia gunakan dalam pertarungan, seperti saat melawan Lu Ganghu. Mayumi juga dapat mengatur CAD-nya sendiri dan sering mendapat sanjungan dari rekan-rekannya, begitu juga dari Tatsuya.

+ Figure Leader

Mayumi diperkenalkan sedari awal sudah menjadi ketua OSIS First High School saat Tatsuya dan kolega pertama kali masuk sekolah. Ia sering sekali menyambut siswa-siswi sekolahnya bersama dengan staf OSIS lainnya. Sehingga sosoknya tak hanya dikenal sebagai pemimpin yang berwibawa, namun juga sangat ramah terhadap rakyatnya (baca: siswa-siswi).

Mayumi juga tak hanya mengemban sebagai pemimpin tertinggi siswa-siswi sekolahnya, melainkan juga sebagai utusan bagi keluarga Saegusa. Ia kerap kali berhubungan atau kontak dengan Shiba Tatsuya dan Juumonji Katsuto dalam pembicaraan mengenai urusan berbau politik tentang 10 Master Klan. Kinerjanya sering diapresiasi banyak orang walau usianya masih cukup muda. Tak hanya itu, ia juga tidak gegabah dalam mengambil keputusan krusial di tengah krisis keamanan.

Baca juga: [Waifu Wednesday] Kitayama Shizuku

– Sadistic & Childish

Meskipun memiliki watak seperti kakak perempuan yang perhatian, namun ada sisi sadis di belakang senyuman manisnya. Ketika Saegusa Mayumi dibutakan oleh keinginannya untuk menyenangkan seseorang, ia sering memaksa kehendaknya kepada orang lain tanpa mengindahkan pendapat mereka. Sebagai contoh, saat Mayumi memaksa Hattori dan Tatsuya untuk memakan coklat valentine-nya di depan matanya sendiri tanpa menyicipi coklat tersebut terlebih dahulu. Yep, coklat ini cukup membuat seorang Tatsuya pusing dan Hattori pingsan.

Selain itu, Mayumi juga cukup childish dari yang dibayangkan. Saat ia masih istilahnya “baru kenal” dengan seseorang, ia tampak lebih malu-malu untuk berbicara. Namun kalau sudah kenal jauh, keluar semua sifat childish-nya. Mulai dari pengen barang ini itu, hingga ngajak main ke sana sini. Tentu saja tak lupa dengan rayuan mautnya yang cukup bikin klepek-klepek.

– Worst rival

Here’s a thing, seberat apa anda memikul nama Saegusa jika menjadi pendampingnya? Mari melihat rival cintanya terlebih dahulu. Secara politik, muncul tiga nama kandidat utama yang bakal menemani jiwa raga Mayumi disini. Shiba Tatsuya, Juumonji Katsuto, dan Itsuwa Hirofumi. Nama pertama masih bisa dikesampingkan karena jalannya cerita yang kurang mendukung untuk ini. Namun untuk dua nama terakhir, cukup besar peran keduanya nantinya.

Katsuto menjadi nama paling tenar untuk mendampingi Mayumi disini. Secara keluarganya, Juumonji juga masuk dalam lingkaran 10 Master Klan. Namun Mayumi menganggap hubungannya dengan Katsuto seperti rekan bisnis sekaligus dalam level platonik. Sementara untuk Hirofumi, Mayumi menganggapnya hanya sebagai laki-laki baik hati namun sering merasa inferior saat berada dekat dengan Katsuto. Namun ini tidak mengesampingkan bahwa Hirofumi juga berasal dari keluarga yang termasuk dalam 10 Master Klan. Pernikahan politik pastinya tak bisa terelakan untuk masa depan Mayumi, apa lagi orang tuanya yang cukup ketat soal ini.

Baca juga: [Waifu Wednesday] Chiba Erika

Baiklah itu dia akhir dari Waifu Wednesday kali ini. Agak menyayangkan bahwa Mayumi jarang tampil di musim kedua ini, namun dipastikan bakal tampil banyak di volume 12 dan 13 novelnya. Belum lagi di klimaks volume ke-17 yang bakal membuat Mayumi meradang nantinya.

Untuk edisi berikutnya, saya menyasar ke salah satu kakak kelas yang juga jadi bahan gunjingan bagi Chiba Erika. Orang yang cukup tegas, bukan dari keluarga 10 Master Klan, namun menjadi bagian dari trio terkuat di sekolah. Anda bisa menebak siapa perempuan satu ini hanya dari petunjuk pertama, bukan?