Animator Jepang Ungkap Gaji Tahun Pertama Mereka di Industri Anime

February 10, 2021 18:43
Animator Jepang Ungkap Gaji Tahun Pertama Mereka di Industri Anime

The Animator Dormitory Project melalui saluran YouTube mereka secara teratur membagikan informasi tentang masalah tenaga kerja  di industri anime. Video terbaru memecah pendapatan animator baru di tahun 2019, yang merupakan tahun pertama mereka aktif di industri. Pendapatan total mereka untuk tahun itu adalah 668.000 yen (sekitar 89 juta rupiah) yang setara dengan rata-rata bulanan 74.000 yen. (sekitar 9,8 juta rupiah). Menurut grafik di atas juga penghasilan per bulan tidak konsisten.

Mereka berkomentar bahwa pendapatan mereka mungkin ada di ujung yang lebih tinggi untuk para animator tahun pertama. Dia sering mendengar bahwa 50.000 yen per bulan adalah angka umumnya. Di ujung bawah, beberapa mungkin menghasilkan sekitar 30.000 yen per bulan.

Pada Januari 2020, mereka memperoleh 14.000 yen, yang merupakan bayaran terendah sejak menjadi animator. Mereka menjelaskan bahwa salah satu alasan rendahnya penghasilan mereka di bulan Januari adalah karena mereka mengambil cuti untuk berkumpul bersama keluarga, tetapi juga karena pembayaran untuk proyek-proyek besar dapat ditransfer beberapa bulan setelah pekerjaan itu diterima. “Bahkan dengan menabung, sulit untuk memenuhi kebutuhan seperti ini,” mereka menjelaskan, “itulah sebabnya freelancer harus memperhitungkan hal ini ketika memutuskan pekerjaan mana yang akan diambil.”

Video lengkapnya bisa dilihat di bawah ini, dan tersedia dengan teks bahasa Inggris. Video menampilkan proses kerja sebagai animator, termasuk lingkungan kerja dan beberapa teknik yang diperlukan dari profesi ini.

Para animator tahun pertama menghasilkan pendapatan yang jauh di bawah rata-rata bahkan di antara pemula industri anime lainnya. Menurut survei Japan Animation Creators Association (JAniCA) 2019, rata-rata pendapatan tahunan rata-rata kaum muda berusia antara 20 hingga 24 tahun di industri anime adalah 1.550.000 yen. Angka ini kurang dari 1 juta yen dari rata-rata nasional untuk kelompok usia ini, menurut data dari Badan Pajak Nasional.

The Animator Dormitory adalah asrama yang berlokasi di Tokyo untuk animator baru yang dioperasikan oleh organisasi nirlaba, Animator Supporters. Proyek Asrama Animator 2020 sejauh ini telah mengumpulkan US $ 24.783. Proyek ini juga menerima sumbangan melalui Patreon.

Sumber: ANN