Berbagai Brand Boikot bilibili Akibat Konten Kontroversial

February 13, 2021 17:44
Berbagai Brand Boikot bilibili Akibat Konten Kontroversial

Sejumlah brand China mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi bekerja sama dengan layanan streaming bilibili di tengah tuduhan “toleransi” situs terhadap konten misoginis. Pemicu kontroversi ini dikabarkan adalah serial anime “Mushoku Tensei” yang sebelumnya ditayangkan bilibili hingga episode keempat.

Global Times melaporkan bahwa serial itu memiliki polarisasi tinggi di China, dan beberapa orang mengkritiknya karena “melanggar nilai dan moral masyarakat dan tidak pantas untuk penonton di bawah umur.” Meskipun serial tersebut dilaporkan mendapat nilai 9.2/10 di bilibili dan mendapat rating usia, serial tersebut dihujat pada situs China Douban, dengan 72% pengguna memberinya peringkat 1 bintang.

Menurut Variety, kelompok perempuan pengguna bilibili yang cukup vokal menuduh platform tersebut “menoleransi konten misoginis dan seksual” dan memasarkannya kepada penonton umum. bilibili diduga menutup akun banyak pengguna wanita tersebut, sembari mengabaikan pengguna pria yang juga mengkritik penanganan situs terhadap Mushoku Tensei.

Penjual lensa kontak Sigo, merek kosmetik UKISS dan Spenny, penjual pembalut wanita Sofy, dan perusahaan perawatan kulit Lin Qingxuan termasuk di antara merek yang memboikot bilibili. Sofy mengumumkan di Weibo bahwa mereka “dengan tegas menentang dan mengecam keras segala bentuk perilaku atau komentar yang menghina perempuan. Kami menghormati dan peduli terhadap hak perempuan.”

South China Morning Post melaporkan bahwa perusahaan membuat pernyataan berikut pada hari Rabu: “Rasa hormat adalah landasan masyarakat dan prinsip pedoman dasar untuk mengoperasikan bilibili. Ini termasuk rasa hormat untuk pengguna, pembuat konten, jenis kelamin yang berbeda, berbagai kelompok kepentingan, dan lingkaran budaya. ” Perusahaan bermaksud untuk memoderasi dan menghapus konten dan akun yang “bermasalah” sepanjang bulan ini.

Sebelumnya seri ini memang mengakibatkan banyak diskusi berkat statusnya sebagai “sumber DNA”  seri Narou yang cukup laris mendapat anime. Sejarah seri ditambah dengan kualitas produksinya suka atau tidak memberikannya banyak perhatian.

Sumber: ANN

Sorry. No data so far.