Rekrutmen Pendidik Baru Kementerian Pendidikan Jepang Diprotes Para Guru

April 5, 2021 18:25
Rekrutmen Pendidik Baru Kementerian Pendidikan Jepang Diprotes Para Guru

Sudah biasa sebuah institusi merekrut staf baru lewat media sosial, yang tentunya akan menggunakan bahasa yang lebih sesuai untuk platformnya. Hanya saja baru-baru ini Kementerian Pendidikan Jepang melakukan promo rekrutmen tenaga pendidik di bawah yang responnya kurang baik.

“Proyek #passthebaton, dimulai! Kami memulai proyek baru ini dengan meminta semua guru di seluruh negeri untuk memposting saran dan pesan kepada guru yang baru masuk! Melalui postingan ini, para guru saat ini dapat #passthebaton kepada individu muda yang bercita-cita menjadi guru. Follow kami dan lihat apa yang guru katakan! ”

“Proyek #passthebaton,” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang memulai kampanye tagar Twitter untuk membujuk lebih banyak generasi baru ke dalam profesi guru. Kampanye tersebut menyerukan kepada para guru saat ini untuk men-tweet tentang pengalaman mereka dengan “#passthebaton,” dan dengan demikian menginspirasi generasi pendidik berikutnya di Jepang.

Sekilas, konsep tersebut tampak seperti peluang besar bagi para guru yang bertugas untuk menyampaikan cerita mereka kepada pendidik yang akan datang, yang merupakan ide yang buruk bila pengalaman profesi pada umumnya memprihatinkan. Beberapa memang memberikan kata-kata yang positif, tapi sebagian besar responden meluangkan waktu untuk berbagi pengalaman sulit mereka di tempat kerja serta keluhan yang dapat dimengerti terhadap sistem pendidikan saat ini seperti:

“Saya benar-benar ingin mendukung proyek ini, tetapi sangat sulit ketika saya pergi bekerja hari Sabtu untuk pengawasan wajib kegiatan klub, sementara kantor pemerintah daerah tutup untuk hari itu…”

“Saya baru saja pulang kerja. Saya berada di ambang karoshi. Selamat malam semuanya.”

“Saya melahirkan dan istirahat di tengah tahun ajaran. Meskipun saya sangat bahagia, saya secara berlebihan menerima telepon dari kepala sekolah saya tentang bagaimana saya merepotkan semua orang. Mereka bahkan tidak pernah memberi selamat kepada saya atas anak saya yang baru lahir. Kepada bayi saya, terima kasih telah hadir di sini. Terima kasih mama bisa istirahat sekarang. ”

“Saya sudah menjadi guru selama 38 tahun. Besok, saya akan pensiun. Ketika saya masih muda, dari pagi hingga sore, dan bahkan pada hari Sabtu, saya bekerja. Saya pikir hari-hari saya terpenuhi. Tapi sekarang setelah kupikir-pikir, aku merasa seperti kehilangan terlalu banyak hal dalam prosesnya. “

Dibayar rendah, dihargai rendah, dan kurang terlayani — para pendidik di Jepang sering menyeimbangkan antara pengajaran, perencanaan pelajaran, pengawasan kegiatan klub ekstrakurikuler, dan kadang-kadang tugas administrasi yang konyol.

Menyusul pesan dan pertanyaan tentang reformasi ini, Proyek #passthebaton telah memposting pernyataan resmi sebagai tanggapan di media sosial Jepang Note. Pernyataan tersebut mengakui beberapa permintaan yang dibuat oleh para guru, seperti mempersingkat jam kerja, menyesuaikan gaji, serta meningkatkan jumlah pengajar dan staf di sekolah, dan berjanji untuk memberlakukan perubahan untuk membantu meringankan beban guru terkait pekerjaan mereka.

Namun, karena pernyataan resmi dipublikasikan di akun Note kampanye Twitter, dan belum tentu merupakan pernyataan resmi yang diterbitkan oleh kementerian sendiri, tentu diragukan apakah tindakan lebih lanjut akan benar-benar terjadi. Kementerian sendiri telah memutuskan untuk menghentikan pengawasan wajib kegiatan klub, tetapi seharusnya baru pada tahun 2023 guru akan melihat perubahan apa pun.

Pada akhirnya, para guru ingin mendukung murid mereka, mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang sehat, dan diberi kompensasi yang sesuai untuk kerja mereka. Mengidentifikasi apa yang tidak berfungsi dalam sistem itu penting, dan meskipun jalur menuju reformasi memiliki tantangannya sendiri, semoga dengan banyaknya guru yang berbagi pengalaman, lebih banyak kesadaran dapat dibangun tentang keadaan buruk para pendidik Jepang saat ini. Mempekerjakan lebih banyak guru dan staf sangat penting, tetapi semoga kementerian menyadari bahwa peningkatan kondisi kerja untuk menjaga kesehatan mental guru saat ini juga sama pentingnya.

Sumber: Soranews

Sorry. No data so far.