[Virtual Journal] Mori Calliope

Yaholo, selamat datang kembali di artikel Virtual Journal! Ya, setelah cuti seminggu karena penulisnya sibuk mengurus keperluan lain terutama penutupan anime musiman, akhirnya kita bisa membaca rubrik ini kembali. Karena masih terlilit hutang award kemarin, maka dari itu saya kembali mengangkat salah satu pemenang Virtual Journal Award 2020. Dan yang menjadi spotlight minggu ini adalah vtuber yang belum lama berhari ulang tahun pada 4 April kemarin, Mori Calliope!

Karena sudah memiliki 1,2 juta subscriber tentu Calliope ini sangat terkenal. Tapi apakah kamu sudah mengenalnya dengan benar? Yuk sama-sama kita pelajari lebih dalam siapa sebenarnya Mori Calliope! (disclaimer: ini bukan ajakan doxxing, doxxing adalah hal yang terlarang)

Kawaii Shinigami, Calliope

Pada 9 September 2020, Cover Corp. mengumumkan bahwa generasi pertama Hololive English yang telah ditunggu-tunggu siap debut pada tanggal 12 September. Di hari yang sama itulah, para talenta yang baru muncul ini mengeluarkan cuitan perdananya di twitter dan sampai sekarang melegenda. Makanya ga heran Hololive generasi pertama diberi nama Hololive Myth.

Mori Calliope ikut tergabung dengan Holo Myth bersama member lainnya yakni Takanashi Kiara, Gawr Gura, Ninomae Ina’nis dan Amelia Watson. Digambarkan sebagai sosok shinigami yang sadis, ternyata Calliope adalah gadis yang manis dan juga tsundere. Ia bahkan menamakan sabit kesayangannya dengna nama Ricky. Walau demikian, ia tetap membuktikan kalau dirinya adalah sosok shinigami tulen dengan bersikap stay cool dan keren.

Di debut stream ini pula, Calliope berhasil memukau para penontonnya. Sebuah lagu rap orisinal dirilisnya pada saat itu juga. Lagu ini berjudul “Excuse My Rudeness, But Could You Please RIP?”. Lagu ini sangat cocok dengan pribadi Calliope yang merupakan grim reaper. Hingga artikel ini dimuat sudah ada 16 juta views dalam video musik lagu tersebut, dan lagu inilah yang membuat Calliope memenangkan Virtual Journal Award 2020 untuk kategori best original song.

CallioP, Master of Original Song

Kalau kamu kira Calliope hanya merilis lagunya sampai di situ saja, maka anggapanmu adalah salah. Sampai artikel ini ditulis, Calliope sudah merilis 10 lagu orisinalnya yang tentunya ditulis oleh tangannya sendiri. 

Kebanyakan dari lagu orisinalnya memang bergenre rap, namun tidak membuat lagu dari Miss Mori ini hanya gitu-gitu saja. Setiap lagu yang dirilisnya nampak keren dan unik. Calli bahkan membuat lagu tema bernadakan fantasi untuk game Princess Connect: Re Dive dan video Hololive Alternative. Berikut beberapa lagu dari Calliope yang saya rekomendasikan untuk kamu dengar.

Lofi plus rap? Cool!

Ibasho, sebuah lagu yang agak berbeda dari lagu Calli pada umumnya tapi tidak menghilangkan ciri khasnya.

J-Rap?

Lagu terbaru Calli yang dirilisnya pada ulang tahunnya kemarin.

Sosok Ayah Serta Suami Yang Baik

Sebagai yang paling sulung di antara para member Hololive English, Calliope menjadi sosok yang sangat diandalkan bagi member lainnya. Ia juga bersuara lantang apabila menemukan perilaku fans yang tidak benar demi melindungi para member lainnya. Tak heran, ia mendapat julukan “Dad” yang begitu cocok dengan pekerjaannya sebagai shinigami dan ayah.

Calli juga sering dikaitkan dengan Kiara dalam urusan pairing. Sudah menjadi bumbu tersendiri di mana Kiara selalu mengejar Calli sementara Calli mencoba menghindarinya. Hal ini diperkuat dengan penampilan mereka berdua pada lagu perkenalan Hololive terbaru yang berjudul “Hololive Ieru ka na?”.

Selama satu semesternya bersama Hololive, Calliope sudah membuat banyak sekali hal yang keren dan jarang dilakukan oleh vtuber lainnya. Calli bahkan sempat diundang sebagai tamu dalam acara Trash Taste yang dibawakan oleh Gigguk, The Anime Man, dan CDawgVA. Ia bahkan mencetak rekor penjualan albumnya di iTunes untuk beberapa negara seperti Amerika, Kanada, Inggris bahkan Jepang. Calli bahkan mengadakan event remix lagu orisinal pertamanya di mana beberapa vtuber masuk jajaran top 15 seperti Ririsya dan Reynard Blanc.

Interdimensional collab!

Jika kamu tertarik untuk menikmati konten Mori Calliope lebih banyak lagi, kamu bisa subscribe channel youtubenya. Jadilah Dead Beats (panggilan untuk fans Calli) dengan tetap update mengikuti akun twitter Calliope pada link di bawah ini. Sampai jumpa lagi di Virtual Journal edisi berikutnya!

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCL_qhgtOy0dy1Agp8vkySQg

Twitter: https://twitter.com/moricalliope

Sorry. No data so far.