[Husbando Friday] Levi Ackerman

Yo, pembaca Jurnal Otaku sekalian. Sudah lama tak berjumpa dengan rubrik yang sudah lama tidak diangkat ini. Welcome back to Husbando Friday! Siapa yang kangen dengan artikel ini? Atau barangkali kalian sudah lupa? Pokoknya minggu ini Husbando Friday kembali dengan husbando sejuta umat, dialah Levi Ackerman!

Sebenarnya ini adalah janji saya apabila Attack on Titan tamat dan Levi masih hidup maka saya akan menuliskan artikelnya. Dan ternyata Bang Haji tidak bisa membunuh karakter yang sangat dicintai oleh banyak fans. Sebelum kita bahas spesifikasi husbando tercinta yang satu, terlebih dahulu saya jelaskan pendahuluan mengenai series yang tidak asing ini.

Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) merupakan manga karangan Hajime Isayama yang diterbitkan oleh Kodansha pada tahun 2009 dan tamat baru-baru ini di tahun 2021. Animenya sendiri sudah berjalan hingga 4 musim di mana 3 musim pertamanya dikerjakan oleh WIT Studio sementara final seasonnya dikerjakan oleh Mappa. Anime ini menceritakan kisah perjuangan umat manusia yang berlindung dari serangan titan di balik tembok raksasa.

Ke depannya cerita Attack on Titan memiliki banyak sekali rahasia dan tentu saja saya akan membeberkan beberapa rahasia tersebut yang berkaitan dengan karakter Levi yang akan dirangkum dalam beberapa poin husbando berikut. Jika kamu berniat menghindari spoiler, maka silahkan untuk tidak meneruskan membaca artikel.

+ Humanity’s Strongest Soldier

Levi Ackerman adalah seorang pria yang dibesarkan di lingkungan yang susah di kota bawah tanah. Sejak kecil, Levi hidup melarat hingga ditemukan oleh saudaranya yang bernama Kenny Ackerman. Kenny mengajarkan Levi cara bertahan hidup. Hingga dirasa sudah bisa mandiri, Kenny meninggalkan Levi sendirian di kota bawah tanah tersebut.

Levi menjadi anak yang nakal dan suka mencuri bersama kedua temannya. Ia mahir menggunakan peralatan 3D manuver dan sering kabur dari kejahatannya dengan alat tersebut. Kriminalitasnya terhenti setelah Erwin Smith dan pasukan pengintainya datang mengatasi mereka bertiga. Mereka bertiga pun direkrut menjadi bawahan Erwin di pasukan pengintai. Dalam misi pertamanya, Levi berhasil selamat dan menaklukan beberapa titan sementara kedua rekannya tewas. Dari sinilah karir Levi sebagai prajurit manusia terkuat dimulai.

Sepanjang menjadi pasukan pengintai, Levi sudah sering kali membunuh titan dengan kemampuannya yang luar biasa. Bahkan ia tidak perlu bantuan orang lain. Kebanyakan titan dibasminya sendirian membuat ia sangat dikagumi oleh bawahannya. Ia juga dipercayakan untuk memiliki skuat tersendiri sebelum akhirnya mereka habis dibantai oleh female titan.

Rahasia kekuatan Levi terdapat pada garis keturunannya yang merupakan seorang Ackerman. Ini dibuktikan dengan Mikasa dan Kenny yang juga luar biasa cekatan dalam bertarung. Tetapi Levi yang lebih gesit dan pengalaman memiliki kekuatan setara dengan titan. Karenanya Levi dijuluki sebagai Jinrui Saikyō no Heishi.

+ Cinta Kebersihan

Yang membuat Levi sangat dicintai oleh fansnya terutama kaum wanita adalah selain ia kuat, ia juga senang bersih-bersih. Siapa yang tidak mau memiliki seorang husbando yang siap untuk membantumu membersihkan rumah? 

Sikap cinta kebersihan Levi terungkap ketika ia menyuruh Eren dan teman-temannya untuk membersihkan rumah hingga tidak ada debu sedikit pun. Jika ada kotor sedikit pun, maka Levi akan membentak bawahannya. Kain putih yang dikenakan Levi pada lehernya juga selalu tampak bersih tak bernoda.

+ Sadistic Cool

Ini dia poin yang bisa membuat fangirl Levi berteriak kegirangan. Selain ganteng, kuat, dan cinta kebersihan, wibawa yang dibawakan oleh Levi sangatlah menawan. Ia tampil cool dan tenang menyikat bersih baik itu Titan, manusia, bahkan kuman. Bawahan yang membangkang seperti Eren juga dihajarnya tanpa ampun.

Adegan Levi menghantam Eren inilah yang sangat dikenal oleh publik yang membuat popularitas Levi sangatlah tinggi. Ini terbukti dari polling favorit fan Attack on Titan yang menunjukkan Levi selalu menjadi yang terdepan, kecuali untuk polling yang terakhir di mana Levi harus puas di posisi kedua dan merelakan singgasananya kepada Erwin.

Sebagai prajurit, Levi juga mengambil keputusan berdasarkan kenyataan bukan perasaan. Meski ia sangat menghargai dan menyayangi rekan-rekannya, tetapi jika memang diperlukan maka ia akan mengorbankan segalanya untuk hasil yang terbaik. Berbagai keputusan yang diambil berdasarkan nalarnya itu adalah membuang mayat Petra dan lainnya demi menyelamatkan sisa prajurit yang masih selamat dari titan, menyuruh Erwin mati dan menyerah atas mimpinya, dan tidak langsung membunuh Zeke dalam kesempatannya beberapa kali.

+ Alive

Well, sudah saya katakan dalam pembuka artikel di atas kalau nasib Levi masih hidup. Ia menjadi sekian dari karakter yang beruntung masih bisa selamat di serial yang banyak sekali memakan korban jiwa.

Sempat nasibnya dipertanyakan oleh fans karena Levi nyaris boleh dikatakan meninggal akibat ledakan, ternyata Levi masih ditemukan bernafas oleh Hange. Levi pun mendapat luka parah dan dijahit sehingga wajahnya tidak seperti sedia kala. Ia juga kehilangan sebagian kemampuan bertarungnya dengan mengalami cacat di tangan kanan dan mata kanannya.

Yang penting dia masih bisa selamat, dan sepertinya fans masih bisa menerimanya sebagai Levi yang dicintai meski tubuhnya sudah tidak sempurna lagi.

– Solo Player

Levi Ackerman

Meskipun Levi menyandang status sebagai kapten skuat dalam pasukan pengintai, namun kepemimpinannya tidaklah sebaik pemimpin pada umumnya. Kemampuan leadershipnya sangat jauh jika dibandingkan dengan beberapa komandan pasukan pengintai seperti Erwin Smith, Hange Zoe, atau bahkan Armin Arlert. Makanya tongkat kepemimpinan tertinggi tidak pernah jatuh ke tangan Levi.

Levi memang sering bekerja sendirian. Ia bahkan hanya tidur 2-3 jam sehari. Setidaknya Levi dapat memberi contoh kepada bawahannya dengan membunuh titan sendirian. 

– Pendecc

Levi Ackerman

Salah satu kelemahan yang sebenarnya bisa menjadi kelebihan dia dalam membunuh titan adalah posturnya yang pendek. Ini sering menjadi bahan ejekan untuk Levi. Historia contohnya, ia mengejek Levi ketika ia sudah dinobatkan menjadi ratu.

Eren dan teman-teman lainnya juga sering mengejek kependekan dari kapten Levi dari belakang sehingga mereka sering kena amukan dari kapten tercintanya tersebut. Walau pendek, Levi masih tetap dicintai oleh fansnya, iya kan?