Pasca Berakhir, Novelis Sakurako-san Ceritakan Perjalanan Penulisannya

April 22, 2021 15:52
Pasca Berakhir, Novelis Sakurako-san Ceritakan Perjalanan Penulisannya

Penerbitan volume terakhir atau ke-17 novel “Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru” karya Shiori Ota dan ilustrator Tetsuo sudah dilakukan pada 24 Maret 2021. Pasca penerbitan, Kadokawa juga memastikan bahwa penjualan novelnya sudah mencapai 1,5 juta eksemplar. Shiori Ota juga mencurahkan waktunya untuk menceritakan proses penulisan novelnya dalam sebuah wawancara.

Dalam wawancaranya dengan Kadokawa Bunko, Shiori Ota menjelakan bahwa novel yang juga dikenal dengan judul “Beautiful Bones: Sakurako’s Investigation” ini merupakan karya tulisan pertamanya dalam format novel. Ota terinspirasi oleh literatur “Sherlock Holmes” dan “Jack The Ripper” dalam merancang novel misterinya ini. Elemen dari cerita detektif dan misteri karakter dari kedua literatur menjadi alasan utama Ota dalam merancang karakter utama, Sakurako Kujou.

Dalam menulis novel ini, Ota harus mengingat bahwa target pembacanya juga mencangkup kalangan siswi SMP dan SMA. Ia juga menenkankan bahwa, “Bagi sebagian pembaca (pelajar) mungkin berasumsi ‘apa yang tertulis di dalam buku adalah benar’. Inilah mengapa sangat penting bagi penulis untuk melakukan verifikasi fakta dan mendapatkan pengetahuan yang benar saat menulis”. Ota menulis novel ini tak hanya untuk memuaskan para pembaca dewasa, namun juga untuk menjadi motivasi pembelajaran bagi para pelajar yang mencoba terjun ke dalam karya tulis bergenre misteri.

Sampul novel volume pertama

“Saya berpikir inilah mengapa pengetahuan yang disampaikan kepada anak-anak dalam sebuah novel harus akurat. Perasaan dari ‘mengantarkan informasi yang sesuai mengenai pengetahuan khusus bagi anak-anak yang akan tumbuh’ lebih kuat daripada perasaan dari ‘mengambil pengetahuan sebagai informasi dalam novel dan menikmatinya'”.

Mengenai harga, Ota berpikir bahwa ia tak ingin para pembacanya yang masih pelajar harus merogoh kocek lebih dari 600 yen untuk membeli satu volume novelnya.

“Saya juga memiliki anak laki-laki yang kini masih SMP, namun uang saku bagi siswa SMP berkisar antara 1.000 hingga 2.000 yen per bulannya. Dengan uang sebesar itu, bahkan jika mereka membeli satu buku, mereka akan kehilangan 1/2 dari uang saku (bulanan) mereka. Jika begitu, maka anak-anak ini akan merasa kesulitan untuk membeli buku tersebut.”

Ota selalu mengusahakan harga bukunya mendekati angka 500 yen. Namun ia menyadari sangat sulit untuk menekan harga novelnya hingga angka tersebut. Selain masalah harga, ia juga menjelaskan alasan mengapa volume novelnya tidak memiliki jumlah halaman yang tebal. “Akan sangat sulit bagi siswa SMP dan SMA untuk membacanya”, ujar Ota. Novel ini sendiri memiliki kisaran antara 200 hingga 250 halaman per volumenya.

Saat ditanyai mengenai apakah dirinya mempersiapkan seri terbaru pasca novel ini berakhir, Ota menjawab, “Sebenarnya, saya memiliki satu konsep tulisan terbaru. Saya berpikir untuk menuliskan apa yang saya pelajari dalam proses penulisan ‘Sakurako-san‘ ini”. Ia menutup wawancara dengan berterimakasih kepada semua pihak yang membantunya dalam penulisan dan penerbitan serial novel yang berjalan selama delapan tahun ini.

Sampul volume ke-17:

Sinopsis “Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru“:

Sakurako Kujou adalah seorang wanita jenius dan cantik berusia 20 tahunan yang memiliki kehidupan berpusat di sekitar satu benda saja: tulang.

Dengan toleransi rendah terhadap lainnya, ia mungkin mengisolasi dirinya dalam penelitian penuh dengan tengkorak jika bukan karena siswa SMA bernama Shoutaro–asisten terbaru dan rekan sejatinya. Masih misteri mengapa Sakurako menaruh perhatian padanya. namun satu hal yang sudah jelas: Kemanapun keduanya pergi bersama, kesempatan untuk menemukan tulang belulang manusia kian besar.

Shiori Ota meluncurkan novel “Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru” di situs Everystar pada tahun 2012. Novel daringnya ini kemudian memenangkan penghargaan “Everystar E-book Award” dalam kategori genre misteri di tahun yang sama. Novel daring ini kemudian dilisensi Kadokawa untuk diterbitkan menggunakan label Kadokawa Bunko. Tetsuo (Utsuro no Hako to Zero no Maria) kemudian ditunjuk sebagai ilustrator novelnya. Volume pertama novel ini mulai diterbitkan pada 23 Februari 2013. Volume terakhirnya sudah terbit pada 24 Maret 2021. Penjualannya sudah mencapai 1,5 juta eksemplar.

Adaptasi manga dari novel ini dikerjakan oleh Tou Mizuguchi di majalah Monthly Young Ace. Serialisasinya mulai berjalan pada 4 Juli 2015 dan berakhir pada 4 November 2017. Dua volumenya telah diterbitkan Kadokawa. Manga side-story berjudul “Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru: Chou wa Juuichigatsu ni Kieta” kemudian diluncurkan Keu Ayamine di majalah Monthly Shounen Ace pada 25 Mei 2017 dan berakhir pada 26 Juli 2017. Satu volumenya sudah diterbitkan Kadokawa pada Agustus 2017.

Visual anime

Adaptasi anime dari novel ini diproduksi oleh studio TROYCA (Re:Creators, Aldnoah Zero). Anime yang berjumlah 12 episode ini tayang pada musim gugur tahun 2015. Makoto Katou (Yagate Kimi ni Naru) menyutradari anime ini dan skrip ceritanya disusun oleh Takayo Ikami (Mahou Shoujo Site). Desain karakter animasinya dibuat oleh Inomata Misami (Ai Tenchi Muyou!).

Adaptasi drama televisi kemudian diproduksi oleh Fuji TV dan Kyodo TV. Drama berjumlah 10 episode ini mulai mengudara secara nasional Jepang pada 23 April 2017 hingga 25 Juni 2017.

© Shiori Ota. Tetsuo/Kadokawa

© Shiori Ota, Tetsuo/Kadokawa/”Sakurako-san” Production Committee

Sumber: Kadokawa Bunko (1, 2, 3), Kadokawa