[JOI Music] 20 Anisong Terbaik Musim Dingin & Musim Semi 2021 Versi Staff JOI

May 20, 2021 14:40
[JOI Music] 20 Anisong Terbaik Musim Dingin & Musim Semi 2021 Versi Staff JOI

Yahoo, pembaca JOI sekalian. Sudah lama ya, sejak terakhir kali kami merilis daftar lagu anime musiman. Kali ini kami kembali merilis daftar anisong terbaik dari anime musiman. Tidak hanya satu musim, tetapi dua musim sekaligus loh! Mulai dari musim dingin yang sempat terlewat, hingga musim semi yang sekarang masih berjalan.

List ini memuat baik dari opening, ending, maupun insert song yang diputar dalam anime yang tayang dalam periode tersebut. Penilaian kami mungkin bersifat subjektif, makanya kalau ada lagu favorit kalian yang tidak ada di daftar ini, langsung saya protes di kolom komentar ya!

Tidak usah berlama-lama, langsung saja kita gas, here’s the top 20 winter/spring 2021 anisong versi staff JOI.

20. Boku no Sensou – Shinsei Kamattechan (Shingeki no Kyojin: The Final Season OP 1)

Di posisi paling buncit, kita memiliki lagu yang mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Ya, opening AOT tentu saja berada dalam list kami. Ini bukan masalah popularitasnya saja, tetapi penggambaran dalam lagu memang sangat cocok dengan warna baru yang dibawakan AOT dalam season terbarunya.

Sempat diterjemahkan salah oleh para fans, lirik lagu ini kemudian mendapat klarifikasi dari sang komposernya sendiri. Ternyata lirik yang dikira “La Vidas” atau “Justice” hanyalah sebuah omongan kosong belaka tanpa arti. Yang penting nada dari lagu ini sangat lengket dan sulit dilupakan. Tinggalkan masa lalu di dalam tembok, mari kita perang!

19. Taiga yo Tomo ni Naitekure – Fran Chou Chou (Zombieland Saga: Revenge OP)

Beralih dari musim dingin ke musim semi, kita ada lagu pembuka dari musim terbaru Zombieland Saga. Memang grup idol yang satu ini selalu tampil beda dalam membawakan lagunya. Ciri khas yang sudah diperkenalkan dari musim pertama seperti adanya narasi di awal, instrument beat dan trumpet, serta teriakan Saga di terakhir tetap di pertahankan. Rasanya ingin sekali ikut berteriak: SAGA!

18. Compass Song – Kano (Soukou Musume Senki ED)

Hayo, siapa yang nonton anime ini? Kami membawakan daftar anisong musiman tidak hanya berlaku untuk anime yang sudah punya nama populer. Di urutan ke-18, ada lagu penutup dari anime Soukou Musume Senki. Memang anime ini kurang dikenal, tetapi lihat dulu yang nyanyi dong. Ya, dialah Kano yang juga merupakan virtual singer.

Suara Kano yang berkarakter unik memang selalu enak didengar. Lagu ini juga menyelipkan gambaran seperti apa karakter Kano tersebut. B-Bukannya staff ngesimp sama Kano loh, ya meski yang merekomendasikan lagu ini emang demen dengerin lagu Kano. Klarifikasi: Ini bukan input dari BlueHeaven.

17. Jinsei Easy? – DIALOGUE+ (Jaku-Chara Tomozaki-kun OP)

Naik satu peringkat, kita mendengarkan salah satu lagu tema yang sudah pernah dibahas dalam review JOI. Jaku-Chara Tomozaki-kun memang anime yang berselubungkan game. Makanya lagu temanya ga jauh-jauh dari situ.

Nada ala game yang dibawakan oleh DIALOGUE+ terdengar begitu riang dan aktif. Jadi pengen main game deh rasanya. By the way, di musim ini DIALOGUE+ juga merilis lagu tema anime keduanya untuk anime Higehiro loh!

16. Sudachi no Uta – Anemonaria (Wonder Egg Priority OP)

Lanjut ke posisi ke-16, ada lagu pembuka dari Wonder Egg Priority. Anime ini memang menyimpan banyak kejutan, sama seperti telur yang belum dipecahkan. Kalau dilihat dari openingnya sih kalem banget, nadanya juga seperti mengajak kita menikmati keindahan dunia. Jujur saja temperamen baik untuk pembuka dan penutupnya itu beda banget sama cerita anime-nya yang kelam.

15. Shake & Shake – sumika (Bishounen Tanteidan OP)

Sumika memang selalu berhasil membuat anisong terasa penuh warna. Nada-nada yang penuh ceria dan bahagia sudah menjadi spesialisasinya. Kali ini, sumika menghadirkan lagu tema pembuka untuk anime Bishounen Tanteidan. Coba dengarkan lagunya dan kamu pasti akan spontan bergoyang mengikuti irama. Shake it!

14. Yume wo Kakeru – Team Spica (Uma Musume: Pretty Derby Season 2 OP)

Halo pecinta kuda sekalian! Masakan saya yang telah menulis review Uma Musume melupakan setidaknya satu lagu tema yang ada di animenya? Ya, tentu saja Uma Musume bakal ada di daftar ini. Tetapi yang menjadi alasan saya memasukkannya memang murni karena kualitas lagunya yang ciamik.

Bisa saya bilang opening di season kedua ini lebih baik dari musim pertamanya. Feel balapannya lebih terasa dan tentu saja membuat jantung saya berdegup lebih kencang. Ditambah ada suara loli teriak “hora” tentu saja ini membuat better, hoho.

13. Rakuen – Fujifabric (Dr. Stone: Stone Wars OP)

Dr. Stone selalu membuat saya terkagum dengan kualitas opening yang semuanya enak didengar. Kali ini, di musim keduanya, Dr. Stone merilis lagu opening yang vibenya tidak terlalu bersemangat. Ini cukup berbeda dengan dua opening sebelumnya yang rasa J-rocknya begitu kental. Padahal dari judulnya, sudah tertulis kata perang.

Ternyata, eh ternyata lagu yang dibawakan oleh Fujifabric ini ga kalah enaknya. Malah timingnya ketika masuk reff itu menjadi favorit saya. Apalagi saat bagian Senku muncul menaiki tank, itu sesuai banget dengan ritme lagunya. Di luar dugaan, lagu ini begitu malah menjadi begitu cocok dengan tema Dr. Stone yang sekarang. Asli asik!

12. Yasashii Suisei – YOASOBI (BEASTARS 2nd Season ED)

YOASOBI sudah terkenal sebelumnya, baik di kalangan otaku, atau mungkin beberapa masyarakat umum. Pasalnya lagu-lagu YOASOBI sudah sering sekali diputar. Sudah banyak yang mengcover lagu-lagu seperti Yoru ni Kakeru, Gunjou, Tabun. Apalagi di dunia vtuber, ini sudah menjadi makanan sehari-hari.

Tetapi YOASOBI belum pernah menyanyikan lagu tema untuk anime. Hingga di musim dingin 2021, YOASOBI mengejutkan publik dengan mengisi lagu tema baik untuk pembuka maupun penutupnya. Dan yang menjadi perwakilan dalam daftar ini adalah lagu penutupnya yang kami nilai tidak melunturkan ciri khas YOASOBI dan mampu membawa pendengar hanyut dalam suasana yang dibawakan dalam lagunya. Nice one we have here.

11. Seize the Days – (Yuru Camp△ Season 2 OP2)

Heyya, di posisi “nyaris sepuluh besar” kami menghadirkan opening Yuru Camp Season 2. Yuru Camp memang terkenal dengan musik yang begitu cachy yang membuat jiwa campingmu bergejolak. Sayangnya karena pandemi, hasrat ingin camping mungkin harus tertahan. Apalagi mau keluar rumah perlu waspada, tempat wisata juga dikurangi kuotanya. Semua demi keamanan bersama. Yang penting, kita nikmati saya para gadis imut camping. Manis dan menghibur tentunya.

10. STORYSEEKERS – STEREO DIVE FOUNDATION (Tensura S2 ED)

Setengah dari daftar ini telah kamu tempuh. Masuk ke dalam sepuluh besar, ada STORYSEEKERS yang merupakan ending theme dari Tensura Season 2. Ya, anime nutrijel dengan kemahakuasaanya ini memang sangat mencuri perhatian. Apalagi arc yang ditayangkan adalah arc yang ditunggu-tunggu.

Lagu ini memang terdengar tidak begitu cocok dengan suasana yang seharusnya mencekam. Tetapi lagu ini memang asik untuk didengar. Mendengarnya membuat saya teringat Shion, karena dalam endingnya ya memang Shion dan Milim yang menjadi spotlight. Opening untuk Tensura musim ini juga enak didengar, yang judulnya serasi dengan endingnya, Story Teller.

9. Sing My Pleasure – Vivy (Vivy: Fluorite Eye’s Song OP)

How I can miss this song on the list? Pertama kali saya melihat openingnya, saya langsung teringat Guilty Crown dengan Inori. Ya tema yang diperkenalkan mungkin tidak jauh berbeda. Robot yang bisa bernyanyi membawakan lagu animenya sendiri. Lagu ini memiliki kesan yang berbeda setelah penayangan episode keenamnya. Penasaran gimana? Ya makanya nonton aja animenya.

8. Hikare Are – Akihito Akino (Nanatsu no Taizai: Fundo no Shinpan OP 1)

Nanatsu no Taizai mungkin sudah tercoreng karena animasinya yang hancur-hancuran setelah diadaptasi oleh studio DEEN. Scene dimana Meliodas terbaring dengan anatomi anehnya bakal selalu terngiang sebagai salah satu kegagalan penggambaran karakter. Kehilangan feeling terhadap cerita memang sudah tidak dapat dihindari, tetapi kualitas opening Nanatsu no Taizai tidak menunjukkan penurunan sedikit pun.

Setidaknya mungkin opening inilah yang bisa menyelamatkan sedikit wajah dari Nanatsu no Taizai. Diawali dengan dinamika yang pelan-pelan dilantunkan, hanya melalui lagu ini saya bisa merasakan bagaimana jalan cerita yang akan ditampilkan arc Nanatsu no Taizai kali ini. Semua part dari lagu ini terdengar begitu luar biasa, merupakan berkah untuk telinga saya yang mendengarkannya.

7. Avid – SawanoHiroyuki[nZk]:mizuki (86 ED 1)

Rasanya kurang kalau tidak ada nama Sawano Hiroyuki jika kita membahas anisong. Di musim semi ini, Sawano Hiroyuki berperan dalam pembuatan musik untuk anime 86. Bersama Mizuki, Hiroyuki menghadirkan musik yang menjadi ciri khasnya sebagai lagu penutup adaptasi novel ringan yang sudah memiliki nama besar tersebut.

Iringan orkestra yang perlahan naik disertai beat yang mulai dominan, mewarnai suasana yang begitu dalam dari anime bertema peperangan ini. Kombinasi klasik Hiroyuki yang sudah sering mengiring anime sejenis ini.

6. BLIZZARD – BURNOUT SYNDROMES (Mashiro no Oto OP)

BURNOUT SYNDROME sudah sering kali mengisi lagu tema anime yang bernada penuh semangat. Hal ini dilakukannya kembali pada anime Mashiro no Oto. Tidak hanya membawakan ciri khas bandnya, BURNOUT SYNDROME juga menyesuaikan dengan tema animenya yang mengambil instrumen tradisional khas Jepang, shamisen.

Shamisen memang sudah sering dipakai oleh band Jepang sebagai instrumen pengiringnya. Tetapi ada sesuatu yang berbeda dihadirkan oleh band bergenre rock ini. Vokalisnya, Kazuumi Kumagai meneriakan beberapa chant yang membuat lagu ini terasa begitu asik. Selain shamisen ada juga gaungan seruling dan instrumen tradisional lainnya yang membuat rasa Jepangnya begitu kental dalam lagu ini.

5. Long Shot – Mayu Maeshima (Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu 2nd Season OP 2)

Masuk ke lima besar, hohoho dimana hanya terbaik dari yang terbaik yang bisa mencapai tingkatan teratas di daftar ini. Di peringkat kelima kita ada Long Shot dari Mayu Maeshima. Re:Zero memang terkesan pelit menghadirkan lagu temanya dalam setiap episode. Tercatat hanya dua kali saja Long Shot ditampilkan animasinya sebagai pembuka episode musim kedua anime ini. Tetapi bukan berarti lagu ini ampas atau bagaimana, sutradaranya hanya ingin memaksimalkan durasi untuk jalan ceritanya.

Lagu ini sukses membuat saya mengangguk-anggukan kepala mengikuti beatnya. Terlalu keren sampai saya sendiri sulit untuk menjelaskannya. Yang jelas ini sangat asik untuk didengar bahkan untuk berkali-kali. Sayang hanya ditampilkan di beberapa episode saja.

4. Bursty Greedy Spider – Konomi Suzuki (Kumo Desu Ga, Nani Ga? OP 2)

Kumo Desu Ga memiliki jalan cerita isekai yang tidak biasanya. Awalnya saya mengira hanya ripoff Tensura, tetapi laba-laba imut yang satu ini mampu membuat mengobati arachnophobia saya. Selain memiliki alur yang seru untuk diikuti, lagu pembukanya tidak kalah baiknnya.

Suara Konomi Suzuki yang sudah terkenal cetar membahana sangat cocok dengan lagu yang sangat rock ini. Bagian favorit saya adalah ketika memasuki reffnya, aw.. itu sangat luar biasa. Bisikan Konomi membuat bulu kuduk saya merinding ditambah musiknya ga langsung gas saat di bagian pertama reffnya.

3. song for you – SUNNY PEACE Ver. (Idoly Pride ED Ep. 9)

Akhirnya sudah masuk ke dalam tiga besar. Di peringkat ketiga ada Idoly Pride, anime yang bertemakan idol yang sudah jelas ada banyak sekali lagu yang terkandung di dalamnya. Pilihan kami tertuju pada lagu penutup di episode kesembilan yang menjadi titik balik dari anime ini.

Sebagai lagu terakhir yang seharusnya dinyanyikan oleh idol legendaris Nagase Mana, SUNNY PEACE sukses membawakan lagu yang belum pernah dipublikasikan tersebut. Memang, setiap lagu dari Mana memiliki pembawaan yang berbeda dibanding lagu idol lainnya. Nada yang jazzy di bagian pre-chorus dan violin tepat ketika masuk di bagian reff adalah bagian favorit saya. Ditambah makna yang sebenarnya terkandung di dalamnya, benar-benar membuat lagu ini begitu spesial. Saya sudah sering memutarnya sembari mengingat betapa pedihnya akhir dari anime ini.

2. ODDTAXI – Skirt & PUNPEE (Odd Taxi OP)

Runner up di daftar ini diisi oleh Skirt & PUNPEE yang menyanyikan lagu yang berjudul ODDTAXI. Lagu ini memiliki judul yang sama dengan animenya, ODD TAXI. Lagu ini memang sangat enak didengar sambil bekerja atau belajar karena nadanya mirip Lo-fi. Ditambah suara yang adem ayem dari vokalisnya, lagu ini dapat membuat harimu terasa lebih baik. Jauh lebih baik daripada karakter anime-nya yang susah banget bisa bahagia.

1. Nai Nai – ReoNa (Shadows House ED)

Ladies and gentlemen, please welcome our number 1 song in this list, Nai Nai dari ReoNa. Shadows House tidak memiliki opening yang bisa dibanggakan karena hanya diisi oleh sekedar instrumen tanpa vokal. Tetapi lagu endingnya, hmmm.. ga usah ditanya lagi.

Sedikit mengingatkan saya dengan suara Aimer, ReoNa berhasil mengeksekusi lagu anisong yang cocok dengan tema misteri ini dengan baik. Lirik yang terkandung di dalamnya juga top. Permainan kata dengan ekor yang berima memang selalu asik untuk didengar. Nadanya sudah tidak perlu dibahas lagi, mantap lah. Efek suara barang pecah di akhir just make it better.

Nah, itu tadi 20 anisong terbaik dari dua musim terakhir. Sebenarnya masih banyak anisong yang dapat ditambahkan dalam daftar ini, tapi bakal panjang nanti artikelnya kalau muat itu semua. Anggap saja honorable mention: No. 1 – DISH// (Boku no Hero Academia S5 OP), Pink Blood – Utada Hikaru (Fumetsu no Anata e OP), Cry Baby – Official Hige DANdism (Tokyo Revengers OP), Iro Kousui – Yo Kamiyama (Horimiya OP), Tabibito no Uta – Yuiko Oohara (Mushoku Tensei OP), Pleasure – WARPs UP (Fruit Basket: The Final OP), Monoqlo City – ACE COLLECTION (Koikimo OP).

Anisong favoritmu tidak disebutkan? Silahkan ngamuk di kolom komentar. Kami tidak menanggung biaya perawatan darah tinggi dan semacamnya. Toh, setiap orang punya penilaian masingmasing soal anisong mereka, iya kan?

Sorry. No data so far.