[Husbando Friday] Wakana Gojo

March 25, 2022 16:21
[Husbando Friday] Wakana Gojo

Selain buat menuhin chain Sono Bisque/Dress Up Darling, alasan utama saya bikin Husbando Friday untuk Wakana Gojo ini juga buat pemirsa yang nampaknya kurang menyerap apa tujuan cerita seri ini. Iya, kualitas produksi Cloverworks emang bikin level fanservice lebih banter, tapi ini bukan berarti hati seri ini bisa dicuekin.

Saat perkenalannya, Wakana Gojo adalah remaja yang bertahun-tahun menyembunyikan passionnya sebagai ahli boneka Hina dari orang lain akibat hinaan teman masa kecilnya yang nggak suka Gojo “main boneka”. Baru setelah Kitagawa Marin yang tanpa malu bisa dengan gagah soal rencananya untuk cosplay karakter game “berbudaya” dirinya mulai bisa membuka diri dan jujur soal apa yang dia inginkan.

Kurang lebih itu motivasi penggerak berbagai karakter seri ini, mulai dari sang heroine pertama yang suka dengan karakter riskan, karakter yang kurang punya badan ideal untuk cosplay, maupun yang dapat komentar tidak mengenakkan akibat ketertarikan pada crossplay. Gojo pada akhirnya bisa ngelakuin apa yang dia mau, ngedukung orang dengan keahliannya.

Jadi ini cuma bonus

Kita mulai aja dengan nilai positif yang ngebuat dia masuk ke dunia cosplay.

+ The Craftsman

Gojo yang di awal cerita masih 15 tahun itu dilatih di profesi di mana kalau dia terus latihan dan kerja, mungkin dia baru bisa diijinin kerja tanpa pengawasan di usia 40. Ini bukan seseorang yang saya bisa lihat sebagai “remaja biasa”, ngeliat keahlian dia sebagai seniman, apalagi boneka Hina yang merupakan produk kultural; itu bakal terus punya pasar sampai dia tua. Nggak banyak kan calon husbando yang punya karir yang jelas di awal usia gini.

Di commission pertamanya, dengan jadwal yang sangat nggak realistis yang nyaris ngebuat dia ambruk itu memang hebat bisa ngebikin cosplay sebagus itu. Tapi jelas efeknya terhadap mental dan fisik Gojo juga ngebuat Marin bersumpah nggak akan ngulang kesalahan yang sama. Paling nggak masalah komunikasi udah keurus di awal.

Dia juga dapet banyak keahlian baru seiring ceritanya, yang bagusnya dia lakuin dengan inisiatif dia sendiri seperti produksi prop, fotografi, dan kosmetik. Talentanya juga diakui cosplayer lain dan punya peran penting saat arc festival sekolah nanti.

+ For The Joy of The Craft

Marin sebagai klien utama Gojo memang punya selera yang riskan, tapi Gojo sama sekali nggak judgemental soal selera dia. Di sesi produksi juga dia selalu berusaha mengerti soal sumber materi yang dia kerjain dan mampu ngasih adaptasi yang berarti saat ngebuat desain fiktif jadi nyata. Begitu juga saat ngebantu Shinju buat crossplay, di mana dia lebih ngerti dengan niatan si adik untuk ngedukung Juju, bahkan bersedia untuk nombok keperluan cosplay perdananya. Gojo seneng dengan mereka yang seneng dengan hobi mereka.

Ini jelas punya efek dengan relasinya pada orang lain. Dari waifuwed kemaren juga sudah jelas si Marin itu extrovert banget bahkan buat standar tipe Gyaru, tapi dia juga nyatanya dari episode 8 nggak bisa nyampaikan perasaan dia ke Gojo. Secara pesimis memang ini bisa dilihat sebagai metode untuk manjangin tarik ulur hubungannya, namun bisa juga dilihat kalau kejujuran Gojo ini adalah sesuatu yang Marin nggak mampu jujur soal perasaannya begitu saja.

– The Trauma

Yea, saya nggak sepaham dengan yang merasa introversi itu nilai minus. Hambatan utama Gojo itu trauma masa kecil dia yang bahkan sampai di bab terbaru manga masih ngebuat dirinya kesulitan membuka diri ke orang lain. Ini masalah yang akan terus terjadi sampai plot teman masa kecilnya beres, yang saat artikel ini ditulis belum lanjut lagi.

– Seriously Needs Wardrobe Upgrade

Wakana Gojo

Respect the Flavortown

Dude, you’re 15. Ini bukan berarti dia mesti berhenti pake Samue/Jinbei ngeliat profesi dia, but at least get a good shirt or jacket or something. Baru masuk umur 30 silakan netapin seragam yang bakal terus dipake sampe mati.

Wakana Gojo

Jadi itulah Wakana Gojo. Sampai di poin cerita terbaru, sebenernya dia udah “menang” ngeliat keahliannya benar-bener dihargai dan passion boneka Hina buatannya juga udah diterima dengan baik di lingkaran sosialnya. Ngeliat karakter Husbando lain seri ini baru bakal nongol di musim depan anime, nampaknya rubrik ini udah cukup aja di Gojo. Kecuali ada minat buat Gojo yang satunya lagi di seri tetangga?