[JOI Spotlight] Arise Now Ye JOI Edition

March 27, 2022 21:17
[JOI Spotlight] Arise Now Ye JOI Edition

Kaptain, Chieftain of Editor here. Kembali dengan JOI Spotlight yang tepat memasuki akhir musim dengan impresi akhir berbagai seri. Jadi mari kita mulai lagi rubrik mingguan ini.

Girls Frontline 12 (End)

Kaptain

Pada akhirnya ya nih anime lebih setia dengan gamenya dibanding manganya. Ga bisa ngarep banyak emang buat adaptasi game gacha yang ga dibacking Cygames ato Aniplex, paling nggak ya mandat buat ngeadaptasi sampe chapter 6 walopun bagian 404 kepotong bisa dipenuhin.

Rada bingung aja sama keputusan doll pendukung yang nongol di latar. Apa ada mandat buat bayar VA walopun doll yang bersangkutan ga punya voiceline? Doll Kayanon ga nongol emang bisa dimengerti, tapi ya sayang aja fan favorite kayak Springfield & M200 ga sempat hadir.

Was it worth it? Ehhhh. Saya ngeliat nilai utama nih adaptasi tuh dari iklan PNC di tengahnya. Paling nggak mereka yang tertarik main bisa skip cerita 0 sampe 6.

Ousama Ranking 23 (End)

BlueHeaven

Tamat. Hidden gem yang sudah tidak hidden gem lagi. Cara tamatnya juga terbilang unik karena masalah sudah tuntas di episode sebelumnya. Episode ini malah tugasnya bukannya kelarin masalah, tapi nambah misteri. Peluang season dua terbuka lebar. Let’s wait and see.

Kaptain

Ousama Ranking itu pada dasarnya cerita tentang ngasih seseorang kesempatan kedua, yang bukan hal mudah baik untuk para karakter dan penonton. Di sirkel saya juga ga sedikit yang kurang sreg dengan keputusan akhir buat Miranjo, tapi ya ini monarki jadi mau gimana lagi. Saya akui cour kedua emang ga sekuat cour pertama, tapi ini salah satu kandidat kuat buat anime tahun ini.

Kalaupun kalian nggak ngikut nih seri saya saranin banget ngeliat duel Bojj di episode 22. Ngarep banget ini seri bisa nerbitin manganya secara lokal ngeliat banyak detail menarik yang dilewatin anime.

Leadale no Daichi nite 12 (END)

BlueHeaven

Anime super damai kita akhirnya tamat. Slow pace banget di episode akhirnya. Terlalu slow sampai ga sadar ini muat 23 menit. Saya tidak perlu membahas lebih jauh soal perlakuan warga desa yang ga peka sama keadaan Cayna, dua maid yang selalu bertengkar, atau kelakuan anak-anak Cayna. Semua dapet screentime di episode terakhir yang selow ini. Medetashi, medetashi~ 

Die Neue These 25-26

Kaptain

Tayang barengan sama bioskop di JP. Recap abis FPA bersih-bersih dari perang sipil, secara efektif Yang sekarang jadi pimpinan militer yang isinya anak baru semua, jadi ya wajar aja Julian selaku si pangeran jadi fokus. Iserlohn juga sekarang udah efektif jadi ibukota (ibuplanet? ibubenteng?) FPA.

Sebagai cerminan, bagian Empire fokus ke latar belakang duo Reuenthal & Mittenmeyer selaku generasi baru admiral. Kurang lebih nekanin ke penonton kalau pemberontakan dua orang ini bakal pait banget buat Reind.

Tensai Ouji 11

Kaptain

Setiap kali saya ngeliat kata jenius di judul LN, saya langsung ngevonis cerita ga bakal ngijinin orang diluar karakter sentral punya cukup sel otak untuk ngedip dan napas bersamaan. Dugaan saya bener buat di seri ini, cuma di eksekusinya ternyata kegoblokan lawan malah ngebuat situasi jadi lebih parah buat semua karakter. You got me there.

Memang ini seri ngasih saya banyak itikad baik, kayak cukup beradab buat rutin nunjukin peta sama situasi geopolitik kedua blok kekuatan. Begitu juga proyeksi cerita yang nunjukin kalau si adik lebih punya talenta sebagai kepala negara, dibanding Wein yang ngeliat negaranya sebagai bisnis.

Shuumatsu no Harem 11 (End)

Kaczmarek

Saya kurang tahu ini komitenya mintanya begitu atau enggak, karena kalau kalian perhatiin, beberapa frame itu di-freeze di posisi yang sama kemudian dialog masih jalan. Seolah hemat 3-5 detik untuk bikin frame baru. Bingung saya bilangnya malas atau underpaid ini stafnya. But anyway, saya nunggu konten ASMR-nya aja di momen berikutnya.

Anime ini emang ngepromosiin seri ini sampe di titik pertemuan Elisa sama Reito. Tapi kalau diadaptasi sampai Taiwan juga bakal seneng aja sih. Ada beberapa karakter menarik yang nongol di negara itu nantinya. Overall cuma bisa ngasih 6/10 disini. Itupun kerasa tinggi untuk seri ini.

Hakozume/Police in Pod 12

Kaczmarek

Ah akhirnya, episode yang fokusnya lumayan untuk Miwa. Ngeliat dia mau usaha sendiri untuk dapet pengakuan dari korban pelecehan seksual, saya cukup salut dengan progresnya. Kita juga tahu dia kurang menyukai laki-laki karena pengalaman masa lalunya. Namun setelah ditempatkan di divisi investigasi, lama kelamaan kayaknya tingkat skeptisnya bisa menurun.

Mantengin CCTV memang melelahkan apalagi kalau gaada yang menarik. Kopi, minuman energi, dan semacamnya jadi teman, sementara mata sudah berusaha menutup dirinya sendiri.

Genjitsu Shugi no Yuusha Part 2 12

J.C Staff, you have one job. It’s a button btw.

Kaczmarek

Excel Walter jadi musuh besar para laki-laki setelah menggunakan sihir pengakuan itu terhadap Souma. Sampe dibikin dua versi buku begitu astaga. Satu hal yang saya penasaran, itu Maria juga dikirimin buku hitam dari Excel kah? Sebelum Jeanne dateng, dia sempet baca buku sampul hitam itu. Good to know Jeanne dijodohin ama Hakuya.

Di paruh kedua episode, kita akhirnya disuguhkan oleh Poncho yang sempat gak keliatan di istana. Saus yang dipesan akhirnya berhasil diracik, namun sedikit mengkhawatirkan soal ketersediaan bahan peraciknya sih. Venetinova sebagai kota pelabuhan juga butuh daya tarik lebih selain karena lokasinya. Tinggal nunggu ini Part 2 ditutup di volume keempat novelnya. Skema 2 vol per adaptasi kayaknya bakal jadi trend di serial adaptasi anime dari LN/manga sih.

BlueHeaven

Excel Walter mungkin bisa masuk hitungan waifu idaman saya. Berpengalaman dalam membahagiakan suami bukan hanya sekali, tapi berkali-kali. Maklum karena usia sudah mencapai 500 tahun, berapa kali dia sudah merasakan jatuh cinta. Pengalamannya diaplikasikan dalam masterclass menjadi waifu yang baik kepada 4 istri MC. Saya penasaran apa saja yang diajar karena episode ini hanya mengungkap pandangan Souma terhadap masing-masing bininya.

Shikkaku Mon no Saikyou Kenja 12 (End)

Kaczmarek

J.C. Staff kelimpahan dana yang lumayan atau stafnya bener-bener niat ngerjain proyek ini. Terlepas ceritanya yang generik, animasinya konsisten banget sampe akhir episode. Satu hal yang bikin gue kaget disini adalah Noriaki Akitaya, sutradara seri ini dan juga “Slow Loop” yang juga tayang musim ini. Bisa ngurusin dua seri yang tayang barengan dengan hasil fair ini gue bisa anggep impresif sih.

BlueHeaven

Straight to decent/mediocre. Ga ada yang wah, semua plot bisa ketebak. Tapi kalau kalian nonton ginian bukan ekspetasinya plot yang masterpiece atau semacamnya. Asal bisa bahagia nikmati perjalanan MC yang super OP ditemani harem partynya, ini adalah anime penghilang jenuh yang cocok bagi yang ga pusing lagi pas duduk di rumah nonton anime.

Arifureta 2nd Season 11

Kaczmarek

Gue belum baca sampe sini di novelnya, tapi kayaknya nge-cover volume ke-7? Remind me. Ngomong-ngomong, berharap Shizuku dan Sonobe bisa gabung grupnya Hajime kalo ngeliat titik akhir di episode ini. Aiko jangan deh, masih harus bertanggungjawab sebagai guru pendamping. Masih sisa episode terakhir dan gue ngira ini gak bakal ada klimaks krusial yang harus dipantau.

BlueHeaven

Oh no, Kaori ditusuk! Anyway, sepertinya kita tidak perlu cemas karena sebenarnya tidak ada waifu yang tersakiti di anime ini. Trust me, apalagi pembawaan anime gagal ngasih surprise seperti yang ada di novel. What do you expect from another new season dari studio yang gagal deliver season 1 sesuai komposisi novelnya?

Sono Bisque 12 (End)

Kaptain

Penutup tradisional buat genre ini. Punya lebih dari cukup materi buat 3 season sebenernya, tapi baguslah istirahat dulu biar ga overdosis gyaru. Sumber materinya emang udah bagus dan cukup bertanggung jawab ngasih tips praktis cosplay, dan ini ditopang lagi sama kualitas produksi Cloverworks.

Cuma ya dari dialog sekitar penayangan animenya sayang aja susah sehat gegara power level Marin yang ketinggian.

BlueHeaven

Most popular anime of the season. Sajuna sisters ga dikasih lihat lagi sejak arc yang memunculkan duo saudari ini. Tidak banyak karakter yang berperan lebih selain pasangan utama kita. Ini bisa ditranslate dalam artian bagus, bisa fokus ke main chara, tapi bisa juga dianggap jelek karena ga berani ngorek lebih banyak karakter lainnya. Budget ga banyak tapi alokasinya lumayan bijak. Overall, bisa puas nonton ini selama 3 bulan.

Dandadan 49

CTian

Adegan ngumpul di meja makan muncul, tanda arc selesai! Sejauh ini, arc ini jadi yang paling panjang jalannya dengan 22 bab, dari bab 28 sampai 49. Kita juga dapat banyak tambahan anggota untuk tim pencarian “biji emas”! Dari Jojo yang ternyata karakter utama Ranma ½, judul lagu 80an dalam wujud karakter maskot, sampai peraga bongkar pasang bucin plus bucinannya. Ah ya, lupa sama Pendeta kuil yang pengen jadi YouTuber dan bikin konten handstand di kanalnya. Nggak ada yang normal yak, ya misinya juga ndak normal sih~

Makin ramai! Saya suka, saya suka! Suka juga makanan kali ini dibikin mirip sama organ tubuh si peraga yang memang jadi highlight di awal dan akhir arc ini. Sayang nasib antagonis di arc ini malah tidak jelas. Itu lho, si keluarga Ito, nasibnya gimana? Setidaknya kasih adegan mereka ditangkap apa gimana gitu. Apalagi mereka sempat gencatan senjata kan buat lawan jagoan baru kita yang masih jahat itu. Iyak, saya yakin Evil Eye akhirnya  jadi protagonis seri ini juga.

Entah bakal kayak Naruto dan Kyubi, di mana Jiji bisa yakinin Evil Eye untuk jadi baik, atau saya curiga malah kayak Kamen Rider Den-O, Jiji kesetanan banyak setan /plak. Ya mungkin dong, Yukinobu Tatsu ini tokusatsu geek banget lho, tapi lebih ke Ultraman series sih. Yang pasti, Jiji udah kebanyakan trope karakter, dari Jojo, ke Ranma ½, jadi agak penuh aja kalau nambah lagi. Padahal waktu masih trope Jojo udah keren sih, Jiji beneran jadi Jojo, terus Evil Eye jadi Stand-nya. Ternyata ditambah Ranma ½ di akhir, beneran nggak ketebak ini sih, lol~

Kita tunggu saja gimana kelanjutannya, melihat akhir bab ini masih seputar nyembuhin Jiji, jadi kemungkinan besar arc berikutnya bakal ceritain gimana Jiji jadi jagoan baru kita. Juga kan kalau sesuai pola penceritaan sejauh ini, arc selanjutnya kita bakal ketemu Alien lagi, jadi kemungkinan ini besar banget. Mungkin juga bakal mulai bahas perang besar Alien vs Yokai yang jadi teorinya si Okarun di arc Alien terakhir. Penasaran spread page macam apa yang bakal digambar buat team up Jiji dan tim pencarian biji emas ini!~

Dandadan bisa dibaca resmi dan gratis di aplikasi dan situs Manga Plus! Saat tulisan ini ditulis, bab pertama hingga terbaru masih tersedia gratis di sana. Bab terbaru dirilis barengan kok sama Jepang. Juga, karena ini serialisasi digital, nggak ada dan nggak mungkin bakal ada rilis scan/leak/spoiler duluan, semuanya rilis bareng, Jump+ terbaik lah!!!

Takopi’s Original Sin 16 (end)

CTian

Sekali lagi saya ulangi, Jump+ terbaik lah!!! Menurut saya Takopi no Genzai/Takopi’s Original Sin ini jadi bukti lainnya kalau serialisasi digital bisa lebih superior dari serialisasi cetak. Dari kejutannya tiap minggu yang nggak pernah gagal, selalu menjadi obrolan tiap minggu hingga trending di Twitter Jepang, sampai pemecahan rekor baru di platform Jump+ itu sendiri. Saya juga senangnya seri ini tetap berjalan sesuai rencana awal, seri pendek 2 jilid. Hal yang nggak mungkin banget kalau manga ini diserialisasikan di majalah utama Jump.

Sejauh tahun 2022, ini seri dengan real issues & real conclusion terbaik menurut saya. Mungkin lebih lengkapnya bakal saya bahas di Manga Spotlight kalau jadi saya bikin. Masa depan yang cerah bakal menanti sang debutan Taizan 5 ini kalau dia tidak terbuai dengan popularitasnya sekarang ini. Saya juga harap dia tetap bersama Jump+ kalau mau bikin manga seperti ini lagi. Kenapa? KARENA JUMP+ TERBAIK!!!~

Satu seri penuh Takopi no Genzai/Takopi’s Original Sin bisa dibaca secara resmi dan gratis di aplikasi dan situs Manga Plus. Setidaknya saat tulisan ini dirilis. Kalau penasaran gambar di atas maksudnya apa, itu saya nge-request seri ini di Discord resminya Manga Plus, dan seminggu kemudian beneran dirilis di Manga Plus! Yah belum tentu  juga sih karena hasil request ini, tapi senang aja sama kebetulan ini. Karena saya penasaran banget kenapa manga ini bisa jadi trending di Jepang. Saya senang sih rasa penasaran saya ini terbayarkan banget, terima kasih Takopi.

Kaptain

Entah keputusan di ending itu karena mangaka kehabisan ide gimana cara ngasih solusi yang bagus buat tragedi yang ada, atau emang dibuat sedemikian rupa buat nekanin kalau konflik kedua keluarga emang ga bisa dibenerin. Jadi ya child abuse masih jalan dan tetep aja kedua tumbuh di broken home tapi kedua gadis paling nggak bisa ngedukung satu sama lain.

Ah well, paling nggak Chappy idup sampe akhir.

One Piece 1044

Kaptain

Tunggu besok. Ini butuh satu artikel buat ngeluapin uneg-uneg saya buat dialog “Kenapa ga naik elang aja langsung ke Mordor” buat One Piece ini. Sekarang saya cuma bisa bilang “Nggak ideal, tapi ketolong eksekusi”.

Blue Archive

Kaptain

Dapet keduanya. Sekarang masalahnya ya mats Gehenna dah keburu kering. Yang penting Hardcore lulus deh.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Selamat datang di chapter “Punya hard counter ga?”. Sebagai pemilik Lobo, Sanzang, sama Super Orion ya sejauh ini langgeng aja mainnya. Ini masuk bagian Dioscuri kerasa banget sentimen “Maap, stok antagonis bermutu dan simpatetik diabisin Caenis & antagonis super ngeselin diembat Douman”. Jadinya si kembar tuh titik lemah nih Lostbelt.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update kecil lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Ushiji