Mari Kita Ngomong Soal 1044

March 29, 2022 18:11
Mari Kita Ngomong Soal 1044

Ya anggap aja ini sebagai super spotlight ngeliat uneg-uneg saya bakal kepanjangan buat rubrik itu. Bab One Piece 1044 dah resmi rilis. Selama seminggu walaupun bab belom rilis, topik 1044 trending di Twitter dan thread spoiler juga bertengger di sepuluh besar r/all Reddit. Singkatnya The Big Thing Happened sampe mereka yang istirahat baca lanjut lagi dan saya lihat ada peningkatan di sirkel saya soal pembaca/penonton baru.

Halo Untuk Kalian Yang Baru Mulai Nih Seri

Y’all in for a ride. Saat artikel ini ditulis ada 25 tahun materi yang bisa kalian lahap. Untuk kalian yang nekat ngejar via anime jangan lupa juga ada film yang bisa kalian kejar. Sebenernya yang paling saya harapin dari adaptasi anime tuh versi Kai semacem Dragon Ball, ngeliat secara efektif One Piece itu anime 15 menit gegara mandat penayangannya.

Satu inside joke yang mungkin kalian pernah dapet via osmosis kultural adalah: “Tamat 5 tahun lagi” yang udah jadi meme buat penerbitan One Piece. Entah karena Oda jelek soal bikin estimasi atau pihak editorial yang campur tangan soal progresi cerita, tapi jelas estimasi ini meleset melulu.

Namun ini sebenarnya punya efek ke cerita. Karena ada beberapa poin di arc ceritanya yang kesannya mulai beres-beres plotpoint untuk persiapan tamat. Terutama saat benda dengan huruf pertama P muncul di layar atau antagonis utama ngomentarin kekuatan Luffy.

Oke. Sekarang kalian bisa pergi. Poin selanjutnya dikhususkan buat untuk mereka yang sudah baca atau nggak peduli spoiler.

So what happened?

Protagonis seri shounen dapat kekuatan baru setelah terpojok sama antagonis utama arc-nya. Kali ini efeknya lebih besar karena kekuatan barunya merubah konteks penting cerita secara keseluruhan.

Ini kesimpulan yang nggak bisa saya backing dengan data, namun saya ada perasaan mayoritas tahu soal isi bab dari paragraf spoiler atau dari kalimat “Oda bohong soal kekuatan Luffy”. Bahkan untuk mereka yang sama sekali nggak pernah ngekonsumsi ceritanya, udah jelas kalau One Piece itu seri soal manusia karet dan ngeliat perkembangan ini sebagai kontroversi.

Berkat norma internet modern yang memuja “sini harus punya opini buat trend saat ini”, itu aja konteks yang dibutuhin untuk masuk “diskusi”.

Bab udah resmi rilis dan saya bisa liat satu balon kata yang beda artinya dengan bab translasi fans. Informasi yang disampaikan jadi antara “Buah setan ini punya fungsi lain yang jangan sampe masyarakat tahu” dengan “buah setan ini ternyata buah setan lain. Ini informasi baru untuk semua karakter”.

So that happened. Jadi apakah ini masuknya perkembangan yang udah direncanain dari dulu atau sesuatu yang dipaksain banget sebaga twist?

Preseden

Versi Awakening buah setan udah diungkap sejak Chopper ngamuk di Enies Lobby. Bahkan pengguna Zoan sama Paramecia sejak masuk New World kebanyakan udah bisa Awakening. Nggak usah sejauh itu, dua karakter seangkatan Luffy, Law & Kid barusan berhasil ngeluarin versi Awakening buah setan mereka buat ngalahin Yonkou satunya.

Versi Awakening Luffy itu sesuatu yang udah diprediksi bakal terjadi di arc di mana Luffy harus ngelawan dua Yonkou. Efeknya yang di luar dugaan aja yang dapat respon gede dari pembaca. Soal efek yang di luar dugaan, perlu diingat juga kalau antagonis yang lagi dilawan itu punya buah setan tipe ikan, bukan naga.

Zoan juga baru dikonfirmasi sebagai tipe buah yang punya kesadaran, ini ngejelasin kenapa senjata hidup yang muncul selama ini tipenya Zoan.

Di Enies Lobby, Lucci selaku agen pemerintah ngejelasin kalau buah setan yang nggak punya dokumentasi dikasih nama dari penggunanya, yang ngambil kesimpulan saat ngetes kekuatannya.. Singkatnya ada alasan kuat kenapa fungsi buah setan disembunyiin atau seseorang bisa salah paham soal fungsinya. Sebagai pengingat Luffy dapet informasi soal Gomu Gomu dari Shanks di anime dan Lucky Roux di manga.

Konteks Baru

Jadi selama ini Luffy itu Zoan. Tepatnya Mythical Zoan buat sosok yang super berbahaya buat pemerintah dunia. Ini informasi baru untuk pembaca tapi sesuatu yang karakter penting seri ini tahu. Dengan ini aktivitas beberapa karakter sekarang punya arti baru.

Kaido tahu soal Joyboy, paling nggak sampe poin di mana dia tahu kekuatan Joyboy itu dari Zoan. Obsesi dia buat kru terkuat dengan ngeproduksi masal SMILE tipe Zoan awalnya dari prediksi kalau dia nganggap Zoan tipe buah terkuat (dianya juga tipe Zoan). Tapi ternyata semua fasilitas produksi itu buat nyari Zoan yang paling dia cari, Hito Hito no Mi tipe Nika. Ini kemungkinan besar juga alasan kenapa SMILE punya efek samping di mana integrasi gagal ngebuat pengguna cuma bisa ketawa.

Shanks yang udah mencurigakan banget sejak diungkap kalau dia punya akses ke para Gorosei sekarang bukan bajak laut yang lagi istirahat di desa pinggiran di bab 1. Sekarang dia itu anggota kru Roger yang ngebawa Buah Zoan Legendaris ke pulau yang nyimpen anaknya Roger dan cucunya Garp. Reaksinya pada Luffy yang makan buah ini jelas nunjukin kalau ini nggak sesuai rencana dia, tapi dia masih bersedia ngorbanin tangan dia untuk calon Joyboy.

Gorosei gagal ngedapetin buah yang bisa ngebuat Joyboy baru selama 800 tahun, yang kemungkinan terjadi lewat kombinasi buah yang punya kesadaran dan intervensi pihak yang tahu fungsi asli buah setan ini.

Untuk yang penasaran kenapa Gorosei ga serius ngeburu Luffy sampai arc ini, perlu diingat juga selama ini Luffy bisa kabur dari usaha serius pemerintah dan AL berkat intervensi banyak orang, mulai dari petarung selevel Rayleight dan aparat yang punya opini jelek sama pemerintah macem Smoker, Kuma, dan Fujitora. Pemerintah baru mau ngorbanin agen CP0 buat misi bunuh diri karena Luffy sedikit lagi bakal cukup level ngeliat dia udah bisa ngelawan Yonkou.

Masalah Eksekusi

Yang paling bikin saya kesel dari bab ini sebenernya itu bagian Hiyori yang saya merasa dirampok momennya. Ini harusnya jadi klimaks buat “pembayaran hutang” klan Kozuki, tapi ya dari perkembangan segede ini mau gimana lagi.

God of Liberation juga julukan yang berat banget diberikan untuk karakter yang selama ini bergantung sama penggunaan skillset dia sebagai paramecia. Emang Monkey D Luffy dari awal juga bukan orang biasa ngeliat garis keluarga dia dan tipe Haki yang cuma beberapa karakter sentral aja yang punya. Tapi ya ini udah jadi bahan genre ini, dan susah banget sebuah seri yang mau masuk tiga digit volume bisa terus fokus ke orang “normal”.

Saya yakin kalau info soal Nika dan Mythical Zoan baru diungkap abis Luffy menang, efek diskusinya bakal beda banget. Biarin aja pembaca ngambil kesimpulan sendiri soal efek Awakening dan Gear 5, yang jujur aja yang paling bikin saya penasaran itu apa efek samping penggunaannya.

Seriously tho, pada akhirnya saya lebih mentingin Oda bisa ngegambar sesuka hatinya. Lihat aja para pengguna SMILE nih arc, sekarang dia bisa extra aneh-aneh dengan Gear 5.

Ah well, saya tahu kok risiko bikin artikel prediksi kayak gini. Ngeliat ini bukan break week dan kemungkinan isi artikel bakal kadaluarsa pas weekend. Untuk kalian yang langsung loncat ke paragraf akhir buat rangkuman: One piece is good this week. Itu aja.