[JOI Spotlight] Buka Pertama Edition

April 3, 2022 20:22
[JOI Spotlight] Buka Pertama Edition

Selamat datang di JOI Spotlight tepat di malam buka pertama. Tentu beberapa dari kalian ada yang mulai puasa kemarin. Seperti biasa mari kita lihat impresi untuk berbagai penutup dan pembuka pada minggu ini.

Tensai Ouji 12 (End)

Kaptain

Ini sebenernya di LN karakter Kugyu hadir juga di sesi diplomasi. Jadi ya ga enaknya ini debat di anime sifatnya sepihak. Makanya bingung kenapa ini karakter capek-capek dimunculin di adaptasi ini. Ngeliat pas di diplomasi akhir sebenernya Wein dipaksa ngambil dia sebagai kandidat ratu juga biar si raja setuju dengan kesepakatan dia. Setidaknya buat penutup balik ke resep “Wein menang, tapi rencana dia rusak”.

Secara keseluruhan highpoint musim ini buat saya tuh pas di kota pedagang, ngeliat Wein di sana nggak pake intimidasi atau bluffing. Dia ngasih “jalan keluar” ke para kandidat yang tahu dia bohong buat ngejaga muka mereka dan nyatanya juga karakter yang ada punya cukup karakterisasi buat nge-carry episode tanpa dia.

Secara keseluruhan lebih bagus dari dugaan saya. Buat yang mau lanjut LN ini harusnya adaptasi sampe volume 5.

Sabikui Bisco 12 (End)

Kaczmarek

Sebagai bukan seorang pembaca novelnya, saya gak nyangka Pawoo bisa jatuh hati ke Bisco. Saya kira malah ia bakal mati seperti tipikal plot shounen. Despite that, Tirol is still my get-go girl on this series. Her development from the start, to become a friend of them, then leaves them for a mushroom, what’s next? Miyu Tomita?

Thanks to Sushiroll for providing this series. 

Arifureta 12 (End)

Setelah Shizuku, pilihan kedua saya tetap naga maso ini

Kaczmarek

Gak kaget kan ngeliat Kaori pakai tubuh baru? Lebih seksi, namun yang paling keliatan adalah tingkahnya lebih enerjik dan kuat dari tubuh sebelumnya. Sebagai catatan, harusnya Kaori memakai suaranya Noint daripada suara asli di tubuh sebelumnya. Kouki masih jadi Kouki yang demen jadi pahlawan kesiangan, jadi saya udah kebal dengan kalimat kosong yang ia ucapin. Tetsuya Karihara sebagai seiyuu-nya berhasil bikin telinga saya eneg dengan kalimatnya Kouki. Bukan bermaksud untuk ngasih jempol ke bawah ke Tetsuya, malah sebaliknya.

OVA tinggal menunggu, dan semoga ini berlanjut ke musim ketiga. Pengen liat Shizuku lebih dari dua musim ini, karena posisinya udah bakal di tempat lain. Momen volume ke-10 novelnya juga jadi katalis untuk kelanjutan karakter dalam cerita yg ditulis Ryou.

Tio (yang minta) untuk di-tusbol lagi tentu gak perlu dibahas disini. Lubang anus-nya udah gak bisa nolak perlakuan Nagumo sampe novel ini berakhir.

BlueHeaven

Kaori alive! Banzai! New form dengan tampilan lebih bagus. Makin sayang sama anggota harem Nagumo yang satu ini.

Hakozume/Police in Pod 13 (End)

Kaczmarek

Fyuh, sekali lagi saya diingatkan ini adalah seri komedi. Segala hal berbau kelucuan di dalam cerita di episode ini hampir saya buang begitu saja saat mengikuti jalannya kasus penangkapan orang-orang bejat itu. Namun kemudian Kawai menjadi pemecah gelembung itu, lagi. Sayang dia masih menjadi pushover di karir awalnya sebagai polisi.

Ngeliat summary teknisnya, Hakozume sendiri punya masalah di pengarahan dan serba standar dalam beberapa aspek. Hal yang paling kerasa adalah pattern cerita yang gak berani di-mix menjadi lebih menarik alias gak gampang ketebak. Namun ini sulit jika pengarahan dan permintaan kreator atau bagian tertinggi produksi memaksakan suatu keinginan. Paling enggak yang bisa dibanggakan adalah Satou Yuuzou gak patah semangat seperti saat ia nyutradarain “Mahou Sensou”.

Shokei Shoujo 01

What’s this?

Not really ‘Gay Tomoe’

Kaczmarek

Welp, temponya cukup cepet dari yang diperkirakan. Beberapa part di bagian pertama ini diubah sedemikian simpel sampai berasa dominan skenario orisinal anime-nya. Menou juga harusnya bertarung dalam gereja, bukan di luar gereja. Saya juga gabisa nahan diri untuk bilang “UOOGHHHH!” saat Menou pake baju maid. Sosok misterius yang paling menarik perhatian disini bukan asetnya Menou, tapi master dan nenek itu.

Pertemuan dengan Akari saya kira bakal kedorong sampai episode kedua, namun ternyata masih sempet dikasih porsi disini. Agaknya saya bakal nge-stick seri ini sampai akhir musim karena saya tertarik lanjutin baca novelnya.

Kaptain

Nyoba nonton buat denger Mili aja di opening. Bagus juga sih ngeadaptasi seri tentang dunia yang kecapekan didatengin turis isekai ngeliat kondisi pasar,

BlueHeaven

Sentuhan yang berbeda dari sub-genre mainstream yang sudah biasa pakai karakter MC cowo OP. Langsung dikill di episode pertama awkwkwkwk. Anda ketrigger? Ya ini bukan anime yang cocok buat Anda. Shoo, segera mengungsilah ke tempat tidur, wahai kaum yang selalu self-insert anime isekai.

Bait yang bagus mendapat reaksi luar biasa dari para otaku. Hidangan utamanya baru saja dimulai. Mau yuri? Gas!

Die Neue These 27

Kaptain

Episode “Ini basis kekuatan Reind, bunch of sexy admirals”. Harusnya ga kaget Rheuental sama Mittenmeyer aja yang dapet kebanyakan screentime. Jadinya ya lucu aja pas di akhir itu kesannya si episode bilang “dan ini orang lain yang ga sepenting mereka”. Buat Oberstein emang udah banyak sih screentime di musim dulu jadi ya…

Genjitsu Shugi no Yuusha 2nd Part 13 (End)

Kaczmarek

Gak berasa sudah di penghujung musim. Serial yang bisa dianggap “Isekai J*k*w*” ini paling saya nikmatin tiap minggunya. Terutama masalah-masalah kecil yang kini jadi perhatian Souma di dalam daerah kekuasaannya sendiri. Amidonia sudah dianeksasi, Souma juga dapet Roroa sebagai calon istri dan dapet peran Sr* M*ly*n*-nya, budak jadi PNS (ini secara literal), dan masalah pengungsi. Namun dari semua masalah itu, episode terakhir ini jadi yang paling membuka mata Souma.

Diungkap bahwa Elisha, ibunya Liscia memiliki magi dalam mengirim memori masa depan ke masa lalunya dan orang lain. Kemampuan ini digunakan untuk mengulang upaya pencegahan runtuhnya Elfrieden hingga Souma didatangkan ke dunia. Beberapa hal kecil di awal musim sudah memberi isyarat bahwa antara Elisha dan Albert memiliki beban berat di dahi mereka. Berapa kali mereka harus mengulang memori ini? Silahkan nonton ulang jika penasaran.

Disini juga terjawab segala pertanyaan yang tersembunyi dalam benak Souma, terutama betapa mudahnya Albert dan Elisha memberikan tahta, Liscia sebagai calon istrinya, dendam Carmine, masalah ego Castor, hingga situasi kerajaan yang masih penuh misteri.

Secara teknis ini masih musim pertama, tapi berasa kayak musim kedua. Tentunya kalau kita melihat beberapa kasus sebelumnya, musim kedua bisa menjadi musim terakhir dari suatu adaptasi, terutama dari LN. Jika kalian ingin melanjutkan membaca, adaptasi ini baru meng-cover empat volume novelnya.

2nd season is a mandatory on this!

BlueHeaven

Good closing. Kunci yang bagus memang selalu disimpan di akhir. Rahasia kekuatan ratu yang mengungkap segalanya. Make everything logical. Saya ga bakal protes kalau ini ga dilanjut lagi karena sudah 2 season. But.. c’mon we need Liscia long hair return, para istri dapet momongan, sampai kelar masalah satu kontinen ini. Ya, susah juga sih kalau mau sapu bersih. Makanya saya ga bakal protes kalau selesai project animenya sampai di sini.

Ya Boy Kongming 01

What’s this?

Mari ikuti nasihat orang yang ngeborosin aset negara buat 5 kali ekspedisi gagal.

Kaptain

Judul orisinal Paripi Koumei. Cuma judul lokalisasi di atas kebagusan. Pace adaptasi kemungkinan besar lebih pelan berhubung adaptasi ini bisa nyelipin insert song. Ngeliat adaptasi seri idol sebelumnya, emang pendekatan fokus cerita ke manager/tim produksi itu masih belum banyak walaupun ini sebenernya cara terbaik buat ngasih seri yang bersangkutan kepribadian. Kompetisi yang kuat buat musim ini.

Tapi ini juga ditopang sama pengetahuan sejarah Samkok, jadi mungkin penonton kasual ga ngeh sama beban dari komentar Kongming soal 3 kali ngedenger Eiko nyanyi. Kaget juga ED pake Kibun Joujou, yang emang jadi lagu wajib buat genre ini agaknya, terakhir nongol d D4DJ.

BlueHeaven

Samkok fanboi here. Asli ketawa ngekek lihat Kongming nganggep masa depan itu neraka. Terlalu banyak kelancaran di pembuka cerita anime ini. Eiko ga bakal nolak ada cowo pakai baju jadul masuk di rumahnya dari pagi sampai sore. Bosnya juga ga ada komplain macem-macem. Fix bakal bahas musik ditambah sejarah China. What else?

Nijigasaki S2 01

Seperti biasa saya apresiasi low rarity yang nongol

Kaptain

Ketiga sisa idol ditinjukin. Tentunya Evil Keke yang diikenalin pertama. Emang format Niji yang lebih kayak agensi dibanding grup ngebuat grup punya konflik internal yang menarik, tapi Lanzhu emang dari awal ditetapin sebagai antagonis. Jadi penasaran apa nanti bakal ada konflik faksional juga ngeliat di game juga ga sedikit idol Niji yang setuju sama dia.

Princess Connect S2 12 (End)

BlueHeaven

Splendid. Ini yang namanya episode klimaks. Anime Priconne cukup di atas rata-rata untuk menyajikan sebuah adaptasi game. Jarang-jarang yang bisa terarah begini sambil menyajikan hampir semua karakter in-gamenya. Masih bisa diikutin benang alurnya. Cabang cerita yang dipilih berbeda jadi pemain game Priconne juga pasti bisa menikmati sebuah cerita percabangan yang lain dari gamenya. Last battlenya ga dibikin nanggung. Eksekusi yang luar biasa sekali lagi saya bisa ucapkan kepada anime ini.

Masalah beberapa rahasia yang belum terungkap memang tidak bisa dihindari. Toh, kalau dipaksakan nanti bakal berantakan. Semua kembali ke solusi utama: “Yok kita makan bareng!” (PS: Gomen Yui)

Aharen-san wa Hakarenai 01

What’s this?

Low socio couple trying to get closer each other

BlueHeaven

Another rom-com absurd dengan segala kekonyolannya. Cocok buat jadi penyegar di musim ini. Saya bisa merasakan vibe Aho girl atau Kanokano tapi dengan versi “lebih kalem”. Tolonglah lain kali kalau mau kayang dilihat dulu tinggi badannya.

Dandadan 50

CTian

Semua bahasan saya kemarin keluar semua kan! Dari prediksi arc berikutnya bakal ngapain si Jiji, Ranma ½ yang ternyata eksis di dunia Dandadan, sampai keluarga Kito yang ternyata oh ternyata adalah Alien baru kita! Saya lupa sama polanya, selama ini UMA/Cryptid memang selalu muncul bareng Alien! Senangnya bisa tertipu sama seri ini~

Saya sebenarnya salah fokus waktu adegan si nenek Seiko minta maaf. Bukan sama buahnya yak, tapi salah fokus sama yang di belakangnya. Itu lho, Aira main-main sama si kecil Chiquitita. Ada teori menarik di kalangan fans kalau Aira cocok sama anak-anak karena ada aura  Acro-Silky di dalam badannya yang sayang banget sama anaknya. Gemes sih lihatnya, setidaknya Chiquitita masih punya mother figure selama dia tinggal di bumi sama bapaknya. Buset dah itu nama asli bapaknya, seneng banget candaan kelamin pria yak ini manga, wkwk~

Nggak, saya nggak mau bahas kisah kasihnya Momo sama Okarun di sini… Mesum banget dah itu tangan!~ Tapi lucu jadinya, ndak kelihatan berlebihan juga, gemess aahh! Jiji nyamuk banget ah, tapi akhirnya itu anak bisa reuni sama orang tuanya. Ini dia tinggi gara-gara Taro, atau memang orang tuanya sependek itu yak. Kesampingkan itu, it’s good for him thou, hadiah yang layak setelah dia berhasil jadi MVP di arc kemarin.

Cara Yukinobu Tatsu bikin arc sebelumnya jadi balik lagi ke pola penceritaan dia dari awal jenius sih. Awalnya kita pikir mereka cuman orang-orang bodoh yang memuja UMA sebagai dewa, ternyata nggak dong. Berarti mereka antagonis paling cerdas sejauh ini sih, karena akal bulus mereka bohongin orang-orang selama 200 tahun itu berhasil sampai tim pencari bola emas kacauin. Alasan kenapa mereka besarin itu cacing belum jelas, kemungkinan besar itu bahasan utama arc baru ini.

Terakhir, bisa yak ini manga mencekam di awal lewat penjelasan siapa itu Evil Eye, gemes di tengah lewat asmaranya Momo sama Okarun, terus balik lagi jadi seram banget di akhir lewat reveal Alien baru kita. Sebuah kebahagian sendiri sih bisa baca Dandadan tiap minggu dengan ceritanya yang selalu menarik. Baca di mana? Bacanya di Manga Plus yak!!!

Arknights (EN)

Kaczmarek

Maria-Nearl re-run paling enggak datang di saat Manganese gue udah hampir satu digit. Bisa sambil ngabuburit juga untuk ngumpulin material lain. Nge-re-read ulang cerita event juga kayaknya worth. Ya walau saya intinya masih menyesal gak dapet Mulberry sama Saileach dari banner kemarin.

Genshin Impact

Kaptain

Yeeeeh. Ribut lagi soal update. Yang beta pada fokus ke Ayato aja kayaknya. Masih keluyuran di Chasm dan kemungkinan ga bakal rajin main sampe Yelan drop nanti. Ini juga baik banget event foto ga repot-repot amat ngeliat playerbase juga bakal lebih sibut nyisir area baru.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update kecil lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: yukkieeeeeen