[JOI Spotlight] Street Friends Edition

June 5, 2022 20:41
[JOI Spotlight] Street Friends Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Juni ini. Beberapa seri udah masuk dua digit di jumlah episodenya, menandakan musim ini sudah mau habis. Sekarang mari kita simak impresi para staf untuk berbagai episode minggu ini.

Mobuseka 09

Kaczmarek

Leon kembali bermain jelek untuk menghindarkan diri dari spotlight. Namun justru usahanya yang berbanding terbalik dengan ekspektasinya. Kalaupun ia ingin jadi mob, mending ngilang entah kemana. Tapi semenjak ia juga punya titel, menghilang begitu saja juga merugikan gak cuma orang lain, begitu juga dia sendiri.

Minimnya pemahaman dari interaksinya dengan Olivia dan Angelica juga berbuah buruk. Kedua karakter yang jelas-jelas adalah heroine utama (atau anti-role). Keduanya juga dalam perundungan yang kelamaan banget selesainya.

Minus utama di episode ini adalah dialog dan close-up frame. Pemotongan dialog yang bikin miskonsepsi. Ditambah dengan frame leher ke atas yang makin sering dari biasanya. Paling enggak ada pergerakan dalam bentuk kedipan mata pada setiap interaksi please, karena ini jadinya kayak di-oversee sebelum tayang.

Yuusha, Yamemasu 09

Kaczmarek

Sekarang vibe-nya berasa kayak Maoyuu Maou Yuusha hahaha. Man, i missed that series. Soal Echidna yang gak juga memalingkan wajahnya ke arah Onyx aka Leo ini ngeselin banget. Bahkan sampe Lili kudu teriak nyuruh Echidna hahaha.

Akhirnya kita menuju klimaks pertama dari novelnya. Tentunya pengungkapan bahwa batu bertuah kedua berada di jantung Leo adalah hal yang tak diinginkan Steina, Lili, Edward dan Melnes. Sementara Echidna masih berasa 50:50 karena ia juga masih nganggep Leo sebagai musuh, namun setelah cerita kala naik gunung kayaknya isi hatinya juga ikut berubah.

BlueHeaven

Jauh di hati, dekat di mata. Tada! Last boss reveal! Ini adalah klimaks dari riwayat panjang pahlawan Leon yang legendaris. Duduk manis dan nikmatilah pertunjukan akhir dari kisah ini.

Tomodachi Game 09

Kaczmarek

Yuuichi lagi-lagi jadi asshole demi nyari kemenangan. Yang bikin menarik disini adalah perannya yang anti-friendship di dalam seri shounen. Strateginya kayaknya gak cuma dua itu. Masih ada lagi di belakangnya dan kemungkinan besar juga ngorbanin Tenji dan Maria. Maria juga disini aslinya cuman jadi supervisor lapangan yang ikut-ikutan lomba.

Hyakutarou dan Chisato udah kena racunnya Yuuichi, namun yang ditunggu-tunggu adalah bagaimana si brengsek ini mempermainkan sang kapten Juuzou. Banri dan Kei juga sebenarnya bakal sulit untuk dikelabui, tapi mereka masih punya titik kelemahan terutama pada rahasia siapa yang berhutang dalam grup ini.

BlueHeaven

UESAMA! UESAMA! UESAMA!

Ya Boy Kongming 10

Kaptain

Lagu yang kuat banget sampe efek transportasi isekai waktu bisa dibatalin. Kayaknya emang buat finale seri Kongming bakal balik ke era dia pas konser akhir Eiko. Bagian duel Sekitoba seperti biasa original animenya, ngeliat di manga Kabe langsung bawa pulang piala. Tapi ya sedih aja bar-nya gitu doang.

Seperti yang penonton sekalian udah tebak, voting tentu aja dibeli agensi yang jelas punya duit. Buat akhir musim juga akhirnya seni perang Kongming balik lagi.

Die Neue These 36

Kaptain

Saya bakal kesel banget sama nih penutup musim kalau saya nggak tahu sama OVA lama dan novel orisinalnya. Kempf baru ngerti soal tujuan utama misi di akhir, dia di sini buat ngebuka Koridor Iselorhn dan bukan nangkap benteng, dari awal dia emang harusnya ngancurin tuh benteng walaupun dia mesti nabrakin Geiesburg.

Mahou Tsukai Reimeiki 08

Kaczmarek

Alrite, episode ini eksesif dengan frame vertikal bawah ke atas yang jelas dibuat demi FS hahahaha. Ya beruntungnya adalah teknik ini juga dipake di musim kedua Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu, jadi udah familiar. Apalagi sutradaranya sama, Satoshi Kuwabara (dan Satoshi juga jadi yg nyusun komposisi serinya terkhusus di proyek ini).

Hort disini sebenarnya baek, cuman karena saking baeknya juga malah keliatan ceroboh. Delapan episode ini berjalan, akhirnya ada secercah potensi kekuatan dalam tubuh Sayb. Namun nge-trigger hal tersebut bakal sulit kalau ia harus berada di posisi yang sama seperti saat ibunya dipenggal hidup-hidup. Preview episode berikutnya nunjukin ada yang aneh dengan benda itu.

Deaimon 09

Kaczmarek

Nagomu ultah, namun yang nginget cuma beberapa orang. Ya tentunya sang mantan, Kanoko dan yang ikutan ngejar, Mitsuru. Ini berdua masih melakukan gesekan secara sehat untungnya. Balik ke Itsuka, akhirnya dia ketemu lagi sang mama. Sebagai ortu yang distant sama anak sendiri, saya bisa mengerti apa yang dirasakan Shinri. Jadi, mana Yukihira saat ini? Tiga episode lagi untuk mencapai klimaks pertama.

Entah kenapa saya pengen ada yg ngebikin video Itsuka ngomong “tadaima” sampe sejam.

Shijou Saikyou no Daimaou 09

Kaczmarek

Lydia bukanlah cowok ganteng berwibawa dan semacamnya. Ia adalah cewek mesum yang kebetulan punya peran kakak perempuan di lingkaran kerajaan. Sebenarnya perannya overlap sama Olivia, tapi ada yang membedakannya termasuk soal kesopanan. Yep Lydia gak pandang bulu untuk ngerogoh aset orang, sementara Olivia gak tertarik soal fisik begituan.

Tate no Yuusha no Nariagari 09

Kaczmarek

Raph-chan yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Walau gitu, Raphtalia masih belum bereuni dengan Rishia dan Naofumi. Paling enggak Filo bisa gabung lagi setelah jadi hewan sirkus. Satu karakter baru yang muncul, Ethnobalt disini saya kira ia seorang manusia tulen. Namun ternyata adalah seekor kelinci. Di satu sisi, saya penasaran dengan mengapa orang-orang di dunia ini pada takut sama orang dari dunia lain.

Shoukei Shoujo 09

Kaczmarek

Ini lebih disturbing dari yang saya kira. Pandemonium saya kira bakal memiliki kekuatan seperti ibunya Manon namun ternyata lebih mengerikan. Saat ibunya Manon bilang kalau sebenarnya Manon punya kakak, saya kepikiran soal Pandemonium. Namun setelah nunggu hingga akhir episode ini, saya gak dapet jawabannya. Satu hal yang saya sayangkan adalah Manon terlalu mudah untuk mengorbankan dirinya demi Pandemonium.

BlueHeaven

Animasi pertarungan yang luar biasa. Cerita mengusung setting waktu yang berbeda dari loop yang selama ini dilalui oleh Akari. Tentu menarik melihat cerita ini mengarah ke hilir yang bagus. Pandemonium lebih kuat dari Akari, jadi bagaimana cara Menou “menghambat” si bocah sinting satu ini, karena tidak mungkin Menou bisa mematikan si bencana hanya dalam hitungan 2-3 episode.

Untuk nasib Manon Libelle, saya cukup prihatin wanita secantik beliau sia-sia hidupnya hanya untuk mengejar arti hidup yang sama seperti ibunya. Padahal ibunya dan Flare membiarkan dia hidup untuk memiliki nasib yang berbeda. Sayang, bahkan penyesalan tidak tergambar hingga saat-saat terakhirnya. Ya, namanya bukan genre shounen naif, logika seperti ini harus terjadi untuk menambah kesan dark yang kental sekali dalam episode ini.

Date A Live 09

Kaczmarek

Kurumi mulai turun lagi dalam usaha ngumpulin kekuatan Spirit, namun setelah mengingat bahwa ia pengen membunuh The Origin, saya malah makin bingung. Sebenernya kalimat bahwa Kurumi ingin melahap Shidou disini secara literal atau kiasan? Kalo melahap kekuatan dari 10 Spirit lain di tubuh Shidou lebih cocok, tapi ini Kurumi. Ia juga mengatakan hal secara literal seperti melahap Shidou hidup-hidup. Apalagi Kurumi juga bisa kembali ke masa lalu, yang bisa dibilang Cheating Spirit.

Ah iya, selamat datang Nibelcole! Suaranya Zero sama Hayasaka btw.

Love Love Njigasaki S2 10

Kaptain

Lupa juga saya Kasukasu itu ketua klub. Ini emang episode istirahat setelah penyelesaian plotpoint utama minggu lalu, cuma kesannya ya staf kayak bingung enaknya nempatin Love U my friends itu di mana.

Spy X Family 09

Kaptain

Anya sebenernya “beruntung” kedua ortunya punya profesi yang asik. Bisa dipahami sih dia nggak tahan lama selama ini dengan keluarga biasa karena anak yang tahu pasti soal drama keluarga jelas bakal tersiksa banget. Ini episode emang buat mereka yang nanya kenapa Loid selaku agen ga ngegali lebih dalem identitas Yor.

Minggu depan balik Anya untuk kalian yang takut akhir musim bakal serius melulu. Semoga aja pas duel nanti digenjot lagi kualitas produksinya.

Kakkou no Iinazuke 07

Kaczmarek

Wingman terbaik kembali memberikan kesempatan, namun kondisi berkata lain. Nagi kini bersemangat karena Hiro membuka kesempatan untuk merubah takdirnya, konteksnya cuman pertunangan sih. Saya benci Asoma (sejauh ini).

Aoashi 5-7

CTian

Bingung mulai dari mana dulu karena kebanyakan konten yang ada di 3 episode ini. Mulai dari episode 5 dulu deh, Hana Ichijou dan Noriko Aoi adalah best girl & best mom, and you can’t change my mind! Episode 5 banjir dong, ini 2 karakter gokil banget ah. Honorable mention juga kakaknya Ashito yang dukung adiknya terus.

Masalahnya adalah wanita-wanita kayak gini tuh ndak fiksi-fiksi amat, tapi ya langka saja. Ya soalnya pernah ketemu sama cewek kayak Hana dan soal karakter Noriko itu sih saya malah kaget kalau nggak kebanyakan ibu itu ya kayak dia, apa yang dilakuin dia tuh dasar parenting sebenarnya. Terus dua-duanya akrab pula, nggak bisa minta lebih dari ini sih.

Mari kita omongin sepak bolanya yak, ini anime sport oi! Jujur saja, kalau diibaratkan karakter di sini, pengetahuan saya soal sepak bola cuman setingkatnya Hana. Ndak ngerti-ngerti banget main bagus banget itu kayak apa, tapi suka aja nontonin orang main bola. Juga sedikit kayak Ashito yang suka main bola, tapi ndak ngerti-ngerti amat sama main bola yang bener gimana. Jadi, beneran ngerasain banget gitu lho sama perasaannya Ashito. Ini good writing banget sih, beneran bisa narok pembaca/penonton ke situasi karakter utamanya.

Tapi jujur saja, saya kesel sama isi pelatih muka datar itu. Waktu dia ngomong “Kebebasan untuk berpikir dan membuat pilihan telah ditanamkan pada pemain lokal kita sejak usia sangat muda.”. Ya itu kan tugas lu juga buat bikin pemain lolos seleksi dan rekrutan biar setingkat sama pemain junior. Kayak mereka berharap yang mereka lulusin dan rekrut langsung bisa setingkat sama mereka yang disekolahkan sepak bola dari kecil, bah! Makanya Togashi ini saya banget sih waktu dia nunjukin sikap jelek ke pemain junior, walau belum dikasih tahu juga masalah dia yang sebenarnya apaan.

Oh ya, adaptasi animenya ternyata dibuat 2 cour atau 24 episode, ah puas! Soalnya kalau cuman 12 episode rasanya kurang banget sih, mid season masih begini, jadi kalau 12 episode doang rasa-rasanya finale jadi kayak di-rush banget sih dan kayaknya bakal kurang memuaskan. Sayang di Hotstar itu ndak simulcast, jadi pengalaman saya nonton ini jujur aja agak kurang. Saya malah harap batch aja sekalian, gregetan soalnya~

Summer Time Rendering 08

BlueHeaven

Selalu tampil on di ending. Saya mungkin tidak akan berkomentar panjang untuk progress dalam anime ini, karena esensi serial misteri akan hilang kalau semuanya dibeberkan. Untuk bagian endingnya tidak “bakekok” seperti episode minggu kemarin, tapi itu adalah perfect cut. Rasa penasaran penonton terus dipacu untuk menunggu satu minggu melihat kelanjutan ceritanya. Beberapa penggemar mungkin bisa memilih untuk menantikan anime ini tamat baru mulai menontonnya, tapi saran saya, mungkin kalian boleh ikut mengejar episode mingguan untuk mendapatkan sensasinya. Sebuah sensasi langka yang sulit ditemukan di anime keluaran 2020-an.

PS: Ekspresi kocak dalam episode ini berhasil menambah bumbu komedi agar penonton tidak terlalu tegang, setidaknya sebelum kejadian berdarah kembali terjadi.

Kaptain

Good news. Shinpei punya temen yang bisa ngikut loop dan juga kompeten ngelawan Shadow. Bad news. Dua orang yang ngabisin bertahun-tahun buat ngeburu Shadow jelas sama sekali ga percaya sama “Ushio” baru ini. Kali ini komedi sama fanservice dibanyakin setelah berantem brutal minggu lalu, jadi kita bisa santai masuk sesi eksposisi minggu depan.

Koi wa Sekai Seifuku no Ato de 09

BlueHeaven

Urami datang, Urami pergi. Satu episode fokus untuk menunjukkan kemanisan hubungan kakak-adik yang sudah lama tidak reuni. Satu yang menjadi pertanyaan saya, kalau Urami juga memiliki super power seperti Desumi, dari mana datangnya kekuatan itu? Karena bapaknya tim “kalah dengan elegan” sedangkan ibu dan anak-anak lainnya tidak jauh berbeda dari orang normal.

Aharen-san wa Hakarenai 10

BlueHeaven

ZAAA KIISSUU!! Ah, they got me. What a surprise attack. Kirain bakal stagnan sampai tamat hubungan Reina dan Raidou gitu-gitu aja. Hubungan couple wingman dan wingwoman kita juga layak diangkat sih, tapi fokus tetap harus ke pemeran utama. Toh, akhirnya mereka balik lagi ke settingan sehari-hari karena Reina maupun Raidou gak bisa mikir dan bersikap selayaknya orang normal.

Dandadan 57-59

CTian

Oh ya, Aira itu tsundere-nya sama Momo doang, jadi gaskan aja lah Aira sama Okarun latihan bareng. Turbo Granny juga beneran niat ngelatih Okarun dong, walau ya sambil ngeledekin juga. Juga, akhirnya ada penjelasan power system lagi setelah arc sebelum-sebelumnya cuman gelut-gelut saja. Terakhir kayaknya mereka jelasin power system di arc pertama, soal aturan homes & away.

Jujur, saya sebenarnya bukan penggemar yang namanya penjelasan power system. Karena buang-buang waktu, nggak sedikit juga yang terlalu bertele-tele, dan malah bikin saya bosen. Tapi di Dandadan ini simpel banget dan efektif sih menurut saya. Dijelaskannya juga dengan sesuatu yang nggak fiktif, pakai sesuatu yang beneran ada yaitu nada di musik.

Terus latihannya juga, wah gila ini si Yukinobu Tatsu raja manga mingguan dah generasi ini lah, ndak usah debat. Belum istirahat lagi ini orang, tapi ngerilis manga mingguan dengan kualitas yang gokil. Ndak cuman artwork-nya, cara dia bikin arc latihan ini tetap menarik dan aneh ini keren banget sih. Cerita dan gambar dia sendiri lho yang bikin, ya dibantu mengarsir dan sejenisnya sama asistennya, tapi pokok ide ya semua dari dia.

Asli, senang banget bisa ikutin manga ini mingguan dan resmi. Bisa dapat hiburan kayak gini, terus dengan ikutin mingguan tuh kayak bisa makin menghargai kemampuannya Yukinobu Tatsu. Kalau baca manga ini langsung batch gitu, pasti kurang aja feel-nya, dan maunya buru-buru aja gitu. Padahal salah satu seninya itu ya adalah membaca seri ini secara mingguan. Nggak sabar bab selanjutnya, melihat ini juga bakal jadi penyelesaian arc latihan.

Blue Archive

Kaptain

Sampai di volume 3 chapter 2 ini saya bisa ngerekomendasiin BA di aspek penulisan ceritanya. Dibanding klub lain saya senengnya klub Make-up ya karena isinya itu lengkap perwakilan faksi penting Trinity. Ini juga Mika pede banget kudetanya mungkin karena tahu yang bisa nge-counter armor mystic masih dikit di roster.

Ga minat sama Natsu ngeliat Ako bentar lagi, tergantung kerusakan dari ngeroll dia ya antara nyimpen terus sampe Wakamo ato jajan dikit buat NY Problem Solver. Entah Miku juga bakal disempatin apa nggak.

Genshin Impact

Kaptain

Saya masih punya banyak komplain buat nih game. Tapi saya akui tim dev tahu gimana bikin klimaks cerita. Kena Spook Diluc, tapi ya gara-gara hiatus panjang ya dapet juga lah Yelan dari pity kedua.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Habis sudah, habis sudah. Lumayan farming banyak di re-run ini, namun yang paling penting udah naikin Aketon ke 50 biji. Now what?

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: GigaMunch