[Waifu Wednesday] Yor Briar

July 6, 2022 19:55
[Waifu Wednesday] Yor Briar

Bukan hiperbola nampaknya kalau menyebut Yor Forger, née Briar.sebagai Sang Heroine Pilihan musim semi 2022 walaupun (secara teknis) udah bersuami dan (secara teknis) beranak.

Ngeliat Spy X Family itu salah satu mainstream hit tahun ini, kita mulai dengan batasan lingkup. JOI akan mengutamakan materi anime yang sudah tayang saat artikel ini ditulis buat sumber materi. Jadi pelakor tertentu nggak dapet bagian di rubrik ini.

Bukan dia

Her, yes.

Yor Briar diperankan oleh Saori Hayami, karena ini adalah adaptasi yang jelas niat banget keluar duit gede melihat output adaptasi seri Jump baru-baru ini. Di anime Jump lain dia memerankan Shinobu Kocho (Demon Slayer), Tsumiki Fushiguro (Jujutsu Kaisen) dan Yamato (One Piece).

Pada Fanbook resminya Tatsuya Endo selaku mangaka juga mengaku kalau nama Yor adalah kependekan dari “Yolanda”. Jadi homofon namanya yang merujuk ke kata “malam” (夜) cuma kebetulan saja. Di cerita animenya Yor sudah berusia 27 tahun dan secara resmi bekerja sebagai pegawai di Balai Kota Berlint. Tentu saja sesuai tema utama seri ini, profesi aslinya adalah pembunuh di bawah organisasi “Garden” yang membunuh mereka yang dituduh membahayakan negara.

Spy X Family itu salah satu seri yang cukup rajin ngasih karakter pilihan fashion. Untuk Yor utamanya dia memiliki gaun hitam untuk “pekerjaan malamnya” dan sweater merah tanpa punggung, saat saya bilang utama ini maksudnya materi favorit fans melihat fokus kebanyakan karya. Yor juga biasa mengenakan Headband untuk rambut hitam panjangnya di mayoritas pilihan fashionnya.

Yor Briar memiliki kualitas yang membuatnya banyak disorot saat musim tayangnya, baik positif dan negatif. Jadi mari kita mulai dengan profesi aslinya.

+ Professional Assassin

Dijuluki Thorn Princess oleh Garden, untuk mewakili senjata utamanya berupa stiletto emas. Yor sendiri adalah tipe Assassin yang memilih untuk menyerang secara frontal dan mastiin nggak ada saksi yang tersisa. Dirinya cukup kuat buat melawan mata-mata, teroris, dan polisi rahasia dengan tangan kosong. Sejauh ini dia bisa “bohong” soal kekuatan fisiknya ini berkat latihan Yoga.

+ Competent Educator

Dari pengalaman mengasuh Yuri, dirinya sudah cukup berpengalaman mengasuh mereka yang lebih muda darinya. Yor lebih peka soal mentalitas anak kecil sekaligus tahu cara efektif untuk mengajari anak, walau utamanya Yor lebih berbakat soal pendidikan jasmani. Hati-hati aja sih kalau dia ngajar hal yang kurang bener semacam cara beraksi tanpa sepengetahuan saksi.

+ Cleaner

Kemampuan Yor buat membersihkan barang bukti membuat dia sangat terlatih dalam bersih-bersih. Mulai dari merapikan ruangan, menghilangkan “noda” yang terlalu pekat, dan menyembunyikan bau mencurigakan.

– Drinking Problem

Nyebut masalah dia sebagai alkoholisme itu kurang akurat. Keluarga Briar pada dasarnya emang kurang daya tahannya terhadap alkohol. Untuk Yor, alkohol membuatnya lebih berani dan asertif, namun ini juga membuatnya jadi kurang mengendalikan kekuatannya. So handle with care.

– Killer Food

Bukannya Yor nggak bisa masak. Daftar masakan dia yang aman dikonsumsi sayangnya super terbatas akibat fokusnya terhadap nutrisi dan dirinya yang sulit masak tanpa menghancurkan alat dan bahan masak. Tapi ya nyatanya ya si adik bisa hidup sampai dewasa. Untungnya dia dengan usaha keras mampu membuat makanan yang aman dan enak dikonsumsi, tapi ya siap-siap aja dapet intervensi medis selama dia belajar.

– Bloodlust

Dari dialog internal Yor, entah via persepsi kita sebagai penonton atau kemampuan Anya; menunjukkan kalau Yor harus berusaha buat nggak membunuh saat menghadapi masalah. Ini memang masuk konten di luar anime, tapi untuk standar assassin sendiri kebrutalan Yor itu di atas rata-rata.

– Gullible

Efek dari kombinasi komedi dan standar norma yang kurang beres berkat profesinya ngebuat Yor cenderung gampang banget ditipu, atau lebih tepatnya diyakinkan oleh hal-hal yang nggak realistis seperti pada konsep kalau dokter mesti bisa ngelawan pasien yang punya senjata api. Untungnya sejauh ini dia cuma perlu menghadapi orang yang punya tipe kegoblokan yang sama atau lebih goblok.

– Troublesome In-Law

Punya ipar yang menyebalkan memang salah satu risiko dalam membentuk keluarga baru. Cuma Yuri Briar ini nggak cuma tipikal ipar yang ngeselin, tapi juga polisi rahasia yang nggak keberatan menggunakan posisinya buat melindungi sang kakak. Untungnya adik yang kelewat siscon ini turun drastis kecerdasannya kalau harus berurusan dengan si kakak.

Waifu dari seri semi-komedi emang cenderung tinggi tingkat kesulitannya berkat gelagat dan kepribadian yang ekstrim. Saya memang lebih banyak nulis minus di atas, but be honest; itu semua yang ngebuat Yor Briar sebagai kandidat waifu yang menarik. Peminat non-profesional mungkin nggak akan panjang umurnya menghadapi dia, tapi paling nggak sisa hidup mereka bakal lucu banget.

Header: Hews