[JOI Spotlight] Siegecraft Edition

July 24, 2022 20:49
[JOI Spotlight] Siegecraft Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang mau mendekati akhr Juli ini. Untuk sekarang mari kita saksikan impresi para staf JOI.

Isekai Yakkyoku 02

Kaczmarek

Dari udah gaada bayangan sampe ngasih surat cinta, Falma akhirnya dapet kepercayaan lagi dari Eleonore. Cacar air tersembuhkan, kemudian nyembuhin asisten rumah tangga lainnya. Bapaknya belum disembuhin sayangnya. Ini Falma tinggal bikin vaksin nusantara untuk semua orang deh.

Isekai Ojisan 03

Kaptain

Ngapa? Ngarep si istri elf gabung di grup? Well too bad karena kita dapet Vtuber Rig versi supernatural. Ini pada dasarnya emang cerita soal kreator konten profesional, jadi untung aja ceritanya cukup tahu diri buat ngasih peringatan kalau platform bakal ngebuat keputusan yang nggak masuk akal demi dewa algoritma, bukan kreator.

Bagus juga sih seri pake insiden beneran. Ini insiden Januari 2018 itungannya Adpocalypse kedua. Tahun 2019 nanti bakal ada dua lagi adpocalypse. Soal Vtuber juga ini masih di era kekuasaan Kizuna Ai dan Roboco Hololive dan Suisei yang masih independen baru debut Maret nanti.

Made in Abyss S2 03

Kaptain

Riko: Cukup pinter buat belajar bahasa baru dalam sekejap, cukup goblok buat makan makanan yang jelas busuk. Berita bagusnya selama di kota tim nggak usah khawatir soal vertikalitas, berita buruknya tempat yang jujur bilang kalau anak kecil itu punya harga tinggi jelas bukan tempat yang sehat. Seperti yang bisa kalian lihat pas lelang dimulai.

Lucu aja sih ini transisi scene pas Faputa muncul terus balik ke ekspedisi Ganja itu ngasih petunjuk yang gampang banget disalahpahamin penonton.

Tsurekano 03

Kaczmarek

These two are down bad, really-really bad. Yang satu dengan berbagai alasan nyiumin daleman mantannya, yang satunya (diduga) nyiumin bau beha mantannya. Aturan persaudaraan dari keduanya kini makin sering dilanggar, dan gak bakal berhenti sampe mereka balikan. Satu hal yang ngeri tentunya Akatsuki yang jadi stalker dan posesif terhadap Yume. Mendengar testimoni dari Kogure, malah yakin ini berdua aslinya pacaran dulunya.

BlueHeaven

GWS for both characters.

Isekai Meikyuu de Harem wo 03

Kaczmarek

ROXANNE GETTO! Terlebih dari itu, kita disuguhkan animasi yang justru di atas ekspektasi terutama saat adegan penyembelihan bandit di dalam kamar. Emang lebih brutal dari yang biasanya sih, namun ini paling enggak ada modifikasi sedikit dari novel utamanya. Gue mengapresiasi detail kecil saat salah satu bandit perempuan itu dipotong lehernya, ada suara teriakan kecil sebelum ia meregang nyawa.

Soredemo Ayumu wa Yosetekuru 03

Kaczmarek

Entah kenapa malah terpana ngeliat Sakurako daripada dua protagonisnya. Ngasih Youmiya Hina untuk meranin Sakurako itu cheat code seperti Reina Ueda ngisi Melfina di Kuro no Shoukanshi. Makan Yakisoba kebanyakan juga gak baik untuk perut pelajar sebenarnya, tapi demi cinta mau apa dikata.

YouZitsu S2 03

Kaczmarek

Akhirnya kabedon dengan sedikit kekerasan fisik itu dianimasiin. Objektif Kiyotaka kini sudah bukan menjadi masalah bagi Suzune, karena targetnya sudah mengarah ke Kei. Soal hasil tes VIP, tiga episode ini berusaha untuk menjelaskan segala aturan yang ada dalam novel ke dalam hitungan detik yang tentunya gak mendetail. Kalau cuman ngikutin anime-nya aja, cara main dari tes ini agak sulit dimengerti kecuali pernah membaca dan memahami novelnya. Gak ngelupain juga soal Honami yang mulai menunjukan dirinya ke Kiyotaka sebagai ???????.

BlueHeaven

Rentangkan kaki dan mari lihat apa yang disembunyikan Kei. Sudah pasti fans Youzitsu bisa teriak histeris saat Ayanokouji mengiyakan tawaran Kei mempersembahkan tubuhnya. Sekilas ok, tapi ini Ayanokouji. Belum sampai kesana rencananya. Megang oppai Kushida saja datar, kok.

Yofukashi no Uta 03

Kaptain

Jenius banget ini ngegabungin Saya & Hajime seri sebelumnya jadi satu karakter.  Masalah utama dari ajakan Akira tuh “Situ emang sedih, tapi kita bisa sedih barengan” dan ini jelas bukan solusi buat Ko. Say whatever you want soal Nazuna, tapi dia maksa Ko buat lebih aktif belajar soal menjalin hubungan dan ngejalin komunikasi yang berarti.

Summertime Rendering 15

Kaptain

Heh, akhirnya nyampe di penayangan di mana bisa ngepas di 22-24 Juli. Setelah produksi yang agak penyakitan kemarin, untungnya ini episode counterattack bisa dapet kualitas yang mumpuni. Melihat ini adaptasi penuh saya ngarep banget setpiece aksi tertentu nanti bakal dapet kualitas yang sepadan juga.

Dengan kemenangan ini keungkap juga skill Ushio buat ngerekrut Shadow, atau lebih tepatnya bikin Shadow independen. Seperti yang bisa dilihat di akhir tim dapet anggota baru yang vital banget.

BlueHeaven

Episode ini mempertunjukkan ketebalan rasa shounen dalam cour kedua ini. Dimulai dengan keadaan yang mendesak dari pihak MC, hasil pertarungan justru malah mengubah nasib menjadi positif. Semua pihak yang bisa diajak kerja sama aman sentosa, tidak ada seorang pun yang mati. Yang lebih hebatnya, dalam seluruh jalannya pertempuran, setiap orang, maupun tokoh bayangan penting, punya andil bagian yang tidak kecil. Good writing.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 05

Kaczmarek

Information merchant akhirnya kembali bawa berita baik. Setelah terkaget-kaget sama suara terdistorsinya Kuon, sekarang saya bahagia Anju bisa sembuh dalam hitungan satu malam saja berkat obat mujarab mbah Kuon. Klinik Mbah Kuon memang apik, rekomendasi dari Oshutoru sendiri.

Sekilas kita dapet porsi Torikori yang merupakan ibu dari Nekone dan Oshutoru. Mau ngasih sedikit hint atau spoiler tentang Torikori disini tapi ngeliat staf belum jelas ngangkat isu hubungan ketiganya, saya jadi nahan diri.

Sempet mengira Mikazuchi bakal didorong ke episode enam karena resolve battle-nya krusial tentang situasi Oshutoru dan Haku. Namun mereka putuskan untuk memberi ⅓ dari cerita untuk teaser episode berikutnya.

DanMachi IV 01

What’s this?

Weird scheduling anime

Kaczmarek

Arc dungeon hadir namun dalam persiapan lebih cepat dari biasanya. Setelah episode 0 sebelumnya, kita dapet preview skuat yang ikut eksplorasi ditambah dengan beberapa interaksi basa-basi terkait senjata, mimpi buruk, dan belajar sihir lain. Agak aneh sih kalo ngeliat situasi kota masih banyak yg rusak, tapi misi ini emang udah diminta sejak lama namun baru kesampaian dikasih ke Hestia. Eina still our bae with Mikoto and Naaza.

Lycoris Recoil 04

Kaczmarek

Nah no way, kalo Takina sendiri gak ngerti soal konsep underwear cewek, berarti selama ini dia gak pake breast holder dong? Tenchou kadang ngasih sarannya gak bener astaga. Untungnya Chisato menyadari ini lebih cepet, daripada nanti ke bawa sampe udah tahap senior. Sedikit demi sedikit, objektifnya Chisato keliatan dan ternyata jawabannya ada di cafe itu juga. Saking kebiasaannya sama lousy-nya ini berdua, kadang kita lupa perannya ini berbahaya.

Kaptain

Saya tahu ini demi kepentingan brand dan merchandising, but maybe just maybe tim yang diutus buat misi di tempat yang sempit dan tertutup perlu dapet baju yang lebih efektif kayak flak dan helm dan nggak sekedar seragam doang. Seenggaknya Chisato bisa ngerti sama superioritas boxer di akhir.

BlueHeaven

You know this is kind of a fan service episode when Chisato saw Takina’s pantsu for the first time. Asli itu momennya dapet. Setelah itu kekocakan terus dikeluarkan sepanjang episode. Hubungan dua karakter utama semakin erat. Dua side moment yang dalam episode ini, pertemuan Sensei dengan orang yang dicari Chisato selama ini dan penyelidikan dari Kurumi, bakal jadi dasar untuk plot berikutnya.

Engage Kiss 04

Kaptain

Obsesi nih seri sama ruang rapat dan briefing itu dasarnya ya karena cerita cuma bisa telling dan nggak showing karena sekali lagi, itu kasus yang dibilangin Ayano bakal menarik kalau aja bisa ditampilin. Tapi ya ini pas bagian heroine ngobrol juga muka mereka diminimalisir tampilannya biar ga perlu ngeanimasiin mulut dan ngegambar muka.

Kaczmarek

Konsep self-insert itu terlalu overused terutama dalam asosiasi penonton dengan karakter. Emang kadang perlu countermeasure bukan untuk melenyapkan konsep tersebut, tapi meminimalisirnya.

BlueHeaven

Reveal yang ga ngena. “Lu telat nginfonya, ***” begitulah respon saya ketika Kisara baru membeberkan rahasia kemana hilangnya memori Shu. Hadeh, sudah berapa lama sejak mereka bertemu. Battle antar mafia terasa begitu hambar, begitu pula dengan update hubungan antar karakter. Karena anime ini 2 cour, saya bisa mencoba memaklumi progress yang berjalan mulus untuk episode ini.

Kuro no Shoukanshi 03

Kaczmarek

Waktunya ngedrop taraf animasinya dari dua episode awal. Sering kita lihat dari seri yang dianimasiin sama Satelight kayak Madan no Ou to Vanadis, SukaSuka, Nanbaka, sama Girly Air Force. BGM-nya saat dialog agak annoying karena volumenya terlalu keras daripada dialognya (kecuali emang sengaja pake teknik nutupin dialog gini yang jarang kepake di adaptasi format series). Setelah ngecek siapa yg produksi BGM-nya, saya jadi gak heran karena ini proyek debut mereka.

Arknights (EN)

Kaczmarek

IS2 masih belum nyentuh karena device belum normal. Alhasil ini jadi event pertama yang bakal saya lewatin sejak maen game ini. Anyway, enjoy yourself at least.

Genshin Impact

Kaptain

Oh waw, ternyata character moment tuh bisa lancar eksekusinya kalau nggak diinterupsi sama komentar Paimon melulu. Hoyoverse juga kayaknya peduli setan kalau momen kayak gini cuma bisa diakses sementara doang.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Baguslah di akhir ceritanya “nyerah” soal aspek horornya dan lebih fokus ke komedi. Kaget aja ini Fujino pada akhirnya dapet fokus spesial setelah lama ditelantarin. Not a bad event overall dan farming juga nyaman, tapi ya nih sentimen dipengaruhi sama fakta kalo sini dapet semua SSR nih event.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: 19Vodnik