[Review] Cyberpunk: Edgerunner

September 14, 2022 13:30
[Review] Cyberpunk: Edgerunner

Cyberpunk: Edgerunner diumumkan di awal sesi pra-rilis dari Cyberpunk 2077. Bahkan untuk kalian yang nggak main gamenya mungkin ngedenger banyak kekecewaan soal kualitas dan stabilitas gamenya. Sekarang perbaikan terus diberi dan orang rasanya lupa dengan proyek Studio Trigger ini, namun secara pribadi ekspektasi yang jauh lebih realistik cukup membantu resepsi dari anime ini.

Edgerunner adalah prekuel dari cerita 2077. Menceritakan tentang bagaimana David Martinez menjadi salah satu runner legendaris di Night City.  Kematian keluarga dan semakin menipisnya opsi agar dia terus bisa hidup membuat remaja ini menjadi Edgerunner. Berkat kompatibilitasnya terhadap Cyberware, David bisa menggunakan Cyberware kelas militer yang dia “pinjam” untuk memulai karirnya sebagai runner.

Saya nonton pake dub karena walaupun versi JP memang ada Aoi Yuuki sebagai heroine utama, versi dub ada Giancarlo Esposito sebagai karakter sentral. Sebagai pemain gamenya juga saya dah keburu kebiasa sama lingo basa Inggrinya jadi ya gitu deh. Sayang aja subtitle Netflix kurang bagus kualitasnya, antara yang megang nggak pernah main gamenya atau nggak dikasih glossary soal dunianya.

Bisa Nonton Tanpa Main Gamenya?

Ya, dan ini termasuk Tabletop RPG-nya. Malah saya rekomendasikan nih anime sebagai pembuka ngeliat gamenya bakal ngebocorin sesuatu soal cerita anime-nya. Bahkan kalaupun kalian ngehindarin quest yang jelas merupakan collab buat anime-nya. Edgerunner bisa dengan nyaman ditonton buat mereka yang pengen anime sci-fi action yang kompeten.

Adaptasi Netflix emang punya stigma soal kualitas dan tema. Tapi paling nggak output mereka soal bikin “90’s era hyperviolent OVA” masih bisa diterima. Ini memang udah jelas banget buat produksi nih situs streaming, tapi saya ngasih caveat emptor aja kalau nih seri lebih brutal dari seri Trigger pada umumnya baik di segi kekerasan maupun fanservice. Saya liat level fanservice ga terus sekasar episode awal cuma ya level casual nudity-nya banyak sampe akhir. Nyambung soal fanservice juga ya nih seri demen banget sama karakter cewek netrunner yang pada ogah pake seragam khususnya. Like I get it, man.

Akira Yamaoka ngerjain OST nih seri. Tapi jujur saya lebih ngenalin soundtrack game 2077 di mana HEALTH bisa nongol di episode pembuka. Ya ini efek yang lebih ngena untuk mereka yang main gamenya, tapi ada cukup insert song berkualitas selama penayangannya.

It’s Very by The Book

Kalian yang punya familiaritas terhadap genre Cyberpunk atau Crime Caper sekalipun mungkin ngeliat jalan ceritanya itu formulaik, untuk itu saya bilang “formula jadi formula karena terbukti efektif”.  Di aspek eksekusi saya apresiasi disiplin buat ngasih cukup waktu buat ngejual perkembangan David dari bocah yang pake pistol aja ga bisa hingga jadi Adam Smasher 2.0 di akhir.

Saya yakin bakal ada yang bilang “Nih seri antipati sama orang yang butuh modifikasi badan buat hidup” sama nih genre, jadi saya rasa nih anime yang nggak mau tutup mulut sama penggunaan Cyberware yang berlebihan itu buat antisipasi sama komentar kayak gini. Cerita memang dikerjakan penulis CDProjekt tapi temperamen ya masih dari Imaishi. Jadi ya mau ga mau mesti nrimo aja sama karakter yang liat penonton dan berkali-kali tereak “Woi. Ini tema nih seri!”. Annoying yes, tapi ini juga biar eksposisi bisa cepet dikelarin.

It Sticks The Landing

Trigger punya kebiasaan jelek berupa “kehabisan momentum” dan “kepeleset di akhir”, apa lagi kalau pas ngerjain seri panjang. Untungnya di 10 episode ini kualitas dan momentum bisa kejaga dan saya bilang bisa ngeeksekusi 3 arc utama dari cerita David dengan baik.

Ini berkah dari ngebuat ceritanya by-the-book. Kadang beberapa kreator tuh susah ga nyungsep di garis finish dan mesti dipaksa disiplin dengan struktur macam gini. Kayaknya juga bukan spoiler pas saya bilang seri buatan Imaishi itu ada mecha battle-nya, dan saya kesulitan mikirin seri yang kualitasnya turun karena pake mecha battle sebagai klimaks.

Saya juga ada firasat Trigger nyadar kalau ada Cyberware yang secara efektif bisa ngubah orang jadi The Flash dan ngeputusin buat bikin semua aksi dengan Sandevistan sebagai basis. Which was a stellar choice.

Ini Segmen Buat yang Udah Main Gamenya Secara Penuh

Di mana saya bakal pake bahasa yang non-pemain ga ngerti. Ngeliat update 1.6 kemarin dan lokasi beberapa senjata, harusnya dah jelas banget ini tamatnya gimana. Saya ada firasat Falco perannya didikitin ngeliat dia itu “saksi” di quest gamenya. Rada kecewa aja sih Fixer kayak Rogue dan Wakako bisa nongol tapi Reyes yang punya peran di quest ga dapet bagian.

Edgerunner

Ada juga fanservice usil semacam lokasi Bartmoss yang deket banget sama lokasi topik dibicarain. Kaget juga Adam bisa dapet peran banyak di akhir dan punya interaksi yang berarti sama David dan tentu aja ngasih boss fight yang lebih berarti dibanding gamenya. Lucunya di beberapa konflik juga anime kayak ngaku kalau hacking tuh overpowered.

Verdict: Make A Name By How You Die

It’s not going to end well. Saya bilang ini merujuk ke realita genre ini dan jujur aja ini masih ending yang keitung positif untuk standar genre Cyberpunk. Saya yakin bakal ada yang nggak seneng sama nasib beberapa karakter di akhir, dan dari perspektif orang yang saw it coming dari awal juga tetep aja saya sedih. Paling nggak ini ngebuktiin kualitas karakterisasi dari cerita 10 episode ini.

Edgerunner

Cerita David tuh kurang lebih rute Street Kid>Path of Glory gamenya. Kurang lebih neutral ending yang emang ga bahagia banget tapi sesuai dengan ekpektasi genre. Oleh karena itu “menuhin ekspektasi” itu bagaimana saya sebagai pemain ngeliat Edgerunner. Inilah cerita hidup seseorang di distopia macem Night City, yang walaupun udah ngejalin banyak persahabatan, mengumpulkan banyak kekuatan, dan mendapat respek dari orang-orang penting tetep aja harus dilindas oleh realita kota.

If anything jasa terbesar Edgerunner secara pribadi adalah ngebuat saya pengen mulai playthrough baru. Playthrough di mana saya bakal be much less merciful di misi tertentu. Time to party like it’s 2023.