[JOI Spotlight] Flowers of The Battlefield Edition

September 25, 2022 19:28
[JOI Spotlight] Flowers of The Battlefield Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang akhirnya masuk di minggu di mana berbagai seri tamat. Saya yakin beberapa dari kalian mungkin masih capek dari jalan-jalan, jadi mari bersantai sambil membaca impresi para staf.

Isekai Yakkyoku 11

Kaczmarek

Ini gue miss sesuatu atau apa ya? Episode yang justru gue kira bakal jadi infodump tapi berakhir nemuin plothole yang cukup banyak. Bukan soal ratu, tapi soal musuh sekarang yang kayaknya masih kurang informasi dari agresinya nyerang ibukota. Semoga kejawab beberapa (gak semua lah, gila aja) di episode berikutnya. Musim gugur dateng lebih cepat dari yang dikira.

BlueHeaven

Kalau cuma ngatesin pandemi di desa kecil mana bisa dibilang klimaks. Tentu saja ibukota jebol dan Falma pasti bakal datang ngelarin masalah ini di saat mereka sudah kehabisan peluru.

YouZitsu S2 12

Kaczmarek

Komite produksi (dan mungkin sama Kinugasa-sensei) mutusin untuk bikin muka Ryuuen lebih bonyok daripada novelnya. Untungnya ini adalah suatu skenario orisinal yang baik ditanggepinnya sama penonton. Satu hal yang tentunya ngakak banget bagi saya (subjektif) adalah saat Kiyotaka ngomong bahasa Inggris. Ngingetin gue sama sama scene adaptasi Grisaia no Rakuen beberapa tahun lalu. Agak kasian karena Ibuki Mio jadi satu dari dua heroine yang dapet pantyshot sepanjang 12 episode ini.

Satu episode lagi untuk ngerangkum ini adaptasi sebelum ke musim ketiga yang mungkin hadir satu atau dua tahun lagi.

BlueHeaven

Seluruh bagian bagus dari musim kedua anime ini jatuh ke episode ini. Tidak ada hujatan Senin untuk Youzitsu. Animasi top tier terutama melihat Karuizawa bergetar.

Tsurekano 12 (End)

Kaczmarek

Ada hal subtle di dua episode terakhir dan kudu baca novelnya untuk tahu apa yang gak dijelasin di anime-nya. Namun dari adaptasi ini, gue cukup puas untuk pemotongan skenarionya. Walau ada skenario orisinal yang Kyousuke-sensei jelasin sebelumnya, namun adaptasi ini sudah cukup memuaskan. Skenario orisinal di episode-episode sebelumnya juga dibikin untuk menutupi lubang yang baru ketutup di volume lebih dari empat.

Season 2? Idk. Ini progresnya cepet jadi gak kayak Jaku-chara Tomozaki-kun yang masih belum klimaks. Judul itu juga layak S2 karena cerita inti masih berada di pertengahan total volume, sementara Tsurekano bisa ditutup disini aja. Kecuali ya, ada skenario drama pasca keduanya membentangkan bendera lagi. Kita gak tahu, apalagi ini seri romcom yang bisa dipanjangin lagi jika ada karakter tambahan. 8/10.

BlueHeaven

Gak banget. Gak gitu lu justify sikap MC yang cool. Narrow minded? Dari kecil masa dia ga dididik dengan bener? Orang tuanya ngapain aja sampai anaknya introvert parah? Ya, senjata plot yang dipakai untuk episode ini okelah buat naikin derajat Yume yang pernah jatuh karena sikap ceweknya keluar. Jam di HP dan passwordnya Yume, side dish yang bagus to end this series for good.

Isekai Meikyuu de Harem wo 12 (End)

Kaczmarek

Akhirnya bisa ketutup sampe sebelum semuanya jadi kumpul kebo massal. Miria, Vesta, dan Rutina akhirnya ditunjukin lagi dengan format preview dari progres novelnya. Mana yang jadi favorit? Sejauh saya membaca novelnya, peringkat teratas dari selera saya: Vesta, Miria, Roxanne, Sherry, dan Rutina.

Overall, untuk adaptasi seri yang gak naek turun kecuali di ranjang ini cukup memuaskan di aspek animasi, dialog, dan pewarnaannya. Kurangnya justru banyak, tapi ini lebih berat di ceritanya yang lambat dibanding tipe seri yang memiliki klimaks pertama di volume 3-5 novelnya. Passione, studio animasinya sudah jadi salah satu studio dengan proyek ecchi terniat setelah ngerjain High School DxD Hero, Rail Wars, Ishuzoku Reviewers, dan Kyochuu Rettou. Musim depan ada Ren’ai Flops dan ada Seiken Gakuin no Maken Tsukai untuk tahun depan yang patut ditunggu.

DanMachi IV 10

Kaczmarek

Episode yang bikin saya banting keyboard sama mouse sejauh musim keempat ini tayang. Dua episode DIEM DOANG HAH HOH HAH HOH dengerin Jura jelasin ini itu di saat ia udah berusaha manggil Juggernaut dateng. PALING ENGGAK LUMPUHIN DULU SI KEPARAT ITU SAMBIL NGELUCUTIN MAGIC ITEM-NYA.

Fuck anime logic man, it’s a terrible arc adaptation whatsoever. Di saat setengah musim keempat ini bisa kerasa enjoyable, kemudian arc ini dateng dengan sisa ruang terlalu gede. Tanpa skenario orisinal dan nge-stick ke sumber utama, strecthing yang diputusin sutradara dan komite produksi di sisa musim ini udah keterlaluan. 10 Episode harusnya udah cukup untuk nutup arc ini, gak perlu 11 seperti yang direncanain.

Yofukashi no Uta 12

Kaptain

Sebagai seorang pemburu Vampir, ini Anko ahli banget ngisap warna dari adegan. Baguslah budget animasi karakter jatoh ke dia. Emang jelas dia tuh antagonis, tapi dia punya motivasi dan argumen yang konsisten buat musnahin vampir. Ini juga simple banget metode dia buat ngalangin gerakan Ko via ngelibatin polisi.

Kaczmarek

Dari tujuan bersenang-senang jadi permasalahan hidup atau mati. Dengan Kou udah ngutarain bahwa gak semua vampir itu jahat, Anko gak berkilah untuk mengancamnya jika ia jadi vampir di suatu saat nanti. Pelik juga ini di akhirnya.

Summertime Rendering 24

Kaptain

Saya salah kemarin, masih ada satu lagi misteri yang dipecahkan nih episode: Gimana Shinpei bisa dapet skill ngeloop waktu. Stable Time Loop berhasil dibentuk dan kita tinggal satu episode lagi khusus buat epilog, which is always nice. Semoga aja bagian “sekuel” bisa kesampaian.

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 14

Kaczmarek

Sumpah gainget adegan dialognya Torikori bisa sepanjang ini. Ini juga jadi pembuka hati mulai gundah di dalam Haku. Kemudian ditambahin lagi sama si Kuon, trus Anju, trus Rurutie yang juga ikutan (dan nguping di rumah Torikori). Kalo gaada Munechika yang ngejar-ngejar Anju, ini episode jadi yang sedih dari episode Kuon pulang ke Tusukuru.

Persiapan perang selesai, saatnya kembali merebut Yamato!

Engage Kiss 13 (End?)

Kaczmarek

Secara gamblang, episode ini njelasin kalo mereka masih punya masalah besar dari faktor eksternal. Kota secara kasat mata selamat dari para demon atau lebih spesifiknya Kanna. Eksposisi yang ditulis Maruto ini agak bikin saya meringis, tapi ini udah spesialisasinya untuk nambahin konteks tersembunyi terutama soal Sharon dan Bayron City. Sad Sharon couldn’t join the feast in Shuu’s apartment tho.

Tiga demon di akhir episode, harem not technically yang ngumpul, kemudian setting pulau dengan basis penelitian ini malah ngingetin saya sama setting yang dibikin sama Gakuto Mikumo di Strike the Blood. Kalau ngikutin seri harem ini, pasti ngerti apa yang saya maksud.

Kaptain

Asmodeus muncul cuma buat langsung dicincang. Masalah selesai tapi ada konsekuensi dari nyaris muntahin turbosatan ke dunia baik di aspek politik dan ekonomi. Secara efektif juga buat kekuatan militer pulau cuma punya Kisara sama si adik.

Konsisten lah buat karya Maruki dan nih seri ngerti kalau hadirin datang buat romcom nonsense. Tentu aja masih ada hasrat seksual Maruki terhadap rapat bisnis dan kualitas produksi yang nggak setinggi seri seangkatannya, tapi overall buat iklan proyek multimedia nih seri lebih ngasih saya sentimen positif. Mari kita lihat cour 2 nanti jadi apa nggak. Buat yang penasaran sama karakter di akhir, mereka tuh karakter sentral game gacha-nya.

BlueHeaven

Bos terakhir kok kertas, sih? Pada akhirnya, anime ini hanya alat meraup cuan bermodalkan waifu. Ga jelas peta kekuatan karakter dan pembawaan yang twisted. Feelnya hambar dan penutupan harem klasik MC disuruh milih satu di antara cewek-cewek ini.

Kuro no Shoukanshi 13 (End)

Kaczmarek

Annoying way to end it. Yep, PRnya Kelvin masih gede disini kalo ngelawan rival lain dari basisnya Clive. Klimaks pertama yang gak kerasa kayak klimaks. Kembali lagi, lagu latar belakang yang masih kegedean volumenya dan ganggu dialog karakternya. Masih untuk firestarter, tapi ini lebih baik dari yang saya bayangkan. 6/10 untuk keseluruhan dari gue.

Lycoris Recoil 13 (End)

Kaptain

Mari kita ngomong soal tone. Psycho Pass selaku seri yang juga soal surveillance state selalu nekanin kalau sistem ga berfungsi, publik menyerah sama kondisi yang ada, dan si protagonis ga bisa ngelakuin apa-apa. This is a horrible world. Ini konsistensi yang penting biar temperamen sebuah cerita bisa stabil.

LycoReco itu seri yang nampaknya banyak dilukai oleh rewrite ataupun perubahan prioritas. Bingung antara pengen fokus sama daily life of superagent atau surveillance dystopia. Hasilnya ya kita dapet dunia yang sepenuhnya bergantung sama staf kafe kalau ga mau ambruk. Karena seperti yang bisa kalian lihat ga ada perbaikan sama sekali pada sistem yang sekali lagi, di bailout sama anak kecil. Ini bisa efektif kalau temperamen cerita lebih upbeat dan komedik, kalau cerita juga bisa nekanin kalau organisasi sama sekali ga bisa diseriusin; but no. Lycoris ini udah ditengah “penghapusan” tapi besoknya ya langsung business as usual, ga usah-usah ungkit ungkit the screwup lah.

Saya lihat satu-satunya adegan efektif cuma dari Mika aja, yang staf bisa nyadar soal bobot dari nyembunyiin rahasia dari penceritaan dia. Majima juga pada akhirnya bisa jadi foil yang bagus buat Chisato melihat sebagai agent of chaos juga dirinya punya visi yang konsisten and you know, masih bisa diajak buat duduk dan ngobrol.

Paling nggak ada staf yang cukup melek melihat proyek selanjutnya yang diumumin tuh lebih berat ke aktivitas kafe. Smart choice ngeliat nih seri kualitasnya ambruk setiap ngelibatin agensi.

BlueHeaven

Meski kacau sana-sini, penutup Lycoris Recoil benar-benar apik. Bagaimana mereka membawa episode ini dengan dialog Majima dan Chisato, itu sempurna. Selebihnya, epilog yang cocok buat karakter sableng seenak jidat seperti Chisato. Humor saya hanya sebatas: “Anata wa Chisato, desu ka?” “I don’t speak Engurishu”, sahut salah satu pegawai LycoReco saat ditanya menggunakan bahasa Jepang.

Time Machine Blues 02

Kaptain

Rada kaget ini episode kerasa cepet banget bukan karena frekuensi dalognya yang banter, tapi karena durasi tayangnya emang pendek. Jadi pesan utama cerita tentang penjelajahan waktu adalah: Don’t do that. Baguslah ini langsung diungkap fokus konflik sama dasar masalahnya. Emang apes ini karakter yang mesti dihenttin ini biang kerok kayak Ozu dan Higuchi.

Akuyaku Reijou 01

What’s this?

Katarina’s rival show

Kaczmarek

Disclaimer: gue gak baca source aslinya, jadi gak bisa ngebandingin kualitas cerita dan aspek lainnya. Karena ini yang ngerjain Maho Film, maka saya gak akan berekspektasi besar ke kualitas animasinya. Mari fokus ke karakter, musik, dan pengarahannya.

Untuk awal episode, cukup banyak info yang dijelasin disini. Aileen dari keluarga bangsawan namun tunangannya, Cedric memilih wanita lain. Kemudian Claude yg juga saudara Cedric dikucilkan karena ternyata adalah iblis. Cedric juga masih kayak merasa enggan untuk memposisikan Claude sebagai musuh. Banyak info lainnya, dan dari sisi komedi ini cukup bagus eksekusinya.

Overlord IV 12

BlueHeaven

Apa yang diprediksikan penggemar Overlord beneran terjadi. Episode ini didekasikan untuk abang kita yang ga jelas, Brain Unglaus. Zanac aja mati ga dapet BGM, ini malah sampai Cocytus jalan muter habisin berapa detik ditampilin biar Brain matinya berkesan. Sudah selesai ya, jatah anak kesayangan sutradara. Minggu depan kita bakal lihat Renner henshin.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Stage all cleared! Misinya belom tapi, hadeh. Mager bener. Terkait pengumuman anime-nya, gak nyangka cuma sebulan lagi sebelum resmi tayang. Saya kira bakal hadir paling cepet awal tahun depan. Reona ngisi opening juga jadi surprise berikutnya. Yang terpenting satu sih, Meteorite nongol hehehe.

Gundam Evolution

Masih di periode honeymoon di mana playerbase masih belum tahu gimana cara main nih game. Begitu juga FPS crime kayak GM Sniper yang punya senjata hitscan dan berbagai skill issue semacem orang yang nggak tahu cara ngelawan Barbatos. Ga sudi saya keluar duit sampe Jesta, Geara Zulu, sama Easy 8 bisa dipake. Ga yakin ini game bisa tahan lama kalo frekuensi update lelet, ngeliat ini kalo dapet Harbor City tuh malesin banget.

Header: gyoukan000 (Artist) Cleista (Commisioner)