[JOI Spotlight] Okakoro Man Edition

October 16, 2022 19:58
[JOI Spotlight] Okakoro Man Edition

Selamat datang di JOI Spotlight, only on Jurnal Otaku dot com. Memang masih ada seri yang bakal hadir belakangan, tapi mayoritas seri blok musim ini seharusnya sudah hadir. Jadi mari kita lihat impresi para staf JOI untuk berbagai seri yang sudah tayang.

Peter Grill S2 01

Kaptain

Mesti nunggu belakangan buat penayangan “spesial”. You all know the deal, Anime belasan menit yang sangat berisi dengan banyak karakter yang diisiin. Sebuah produksi yang tahu diri soal apa yang mereka buat. Singkatnya saya milih ini buat layanan musim, so bye Futoku.

Chainsaw Man 01

What’s this?

Ini sosmed bakal nyebelin banget gara-gara ini. You know what, silakan ngejar langsung via manga. Season pertamanya ga sampe seratus bab sama resmi di Manga PLUS.

Kaptain

So here’s the thing, Fujimoto itu sebagai mangaka ngebuat karya dia dengan storyboard film sebagai basis. Jadi saat saya nyebut adaptasi anime ini tuh persis sama manga, ini bukan kritikan. Lha emang dah dari sononya sumber materi tuh gampang diajak kerjasama sama Mappa. Seperti yang bisa kalian liat via opening, Fujimoto demen banget sama film.

Makima itu karakter yang saya yakin paling banyak kesebar ke luar via osmosis. Karakter yang karya fansnya banyak di situs tertentu ngeliat cosplayer cuma butuh kemeja, celana item, sama wig merah. In short dia bakal jadi profile pic pilihan musim ini.

Masih soal osmosis, penasaran aja apakah mereka yang eksklusif tahu nih seri dari sosmed kaget apa nggak sama kondisi dunianya. Ngeliat kebanyakan konten yang di-share kalau nggak soal heroine ya paling panel astronot tertentu.

CTian

Saatnya jujur-jujuran, saya beneran cuman senang banget sama adaptasi ini! Asli, kan jadwal penayangan luar Jepang paling cepat itu telat 1 jam dari penayangan di TV Tokyo jadi saya sudah geregetan banget dari jam 22.00-an WIB. Ditambah lagi episodenya belum kelar saja sudah banyak yang unggah sequence opening-nya di sosmed. Saya nonton unggahan-unggahan itu saja sudah nangis terharu, soalnya mereka beneran bikin sequence OP-nya ini Tatsuki Fujimoto banget! Saya ndak ada komen deh soal lagunya, sequence-nya saja~

OP-nya ini langsung ramai dibahas dan bahkan di-breakdown IGN. Karena ada banyaknya referensi film sampai anime di sana! Saya waktu pertama kali nonton langsung kegirangan sendiri! Walau waktu pertama nonton itu saya cuman kenalin referensi Texas Chainsaw Massacre, Sadako vs Kayako, sama Constantine. Waktu referensi Texas Chainsaw muncul, saya cuman mikir “kayak pernah lihat”, terus muncul referensi Sadako vs Kayako sebelum mereka fusion wkwk, saya langsung yakin ini semua referensi film~ Semua adegan itu ditutup dengan adegan nonton di bioskop, saya langsung “fix, ini anime OP of the year, fix!”. Mereka sudah berhasil kasih tahu Chainsaw Man atau khususnya Tatsuki Fujimoto itu apa dan siapa, dengan kasih sequence yang sebenarnya nggak bakal ada di animenya sendiri~

Soal adaptasi isinya, ini mah MAPPA bikin film, bukan anime! Film yang dimaksud juga bukan film anime yak, tapi ya film beneran. Jadi film yang kualitasnya “Tatsuki Fujimoto pasti merekomendasikan film satu ini!”~ Mungkin banyak yang nggak suka sama animasi 3D apalagi CG, tapi menurut saya penggunaan 2 hal tersebut di adaptasi ini efektif banget. Terutama camera works-nya, mungkin terbaik yang pernah saya lihat. Tidak sedikit yang protes beberapa panel khususnya panel spread page yang adaptasinya nggak persis. Tapi menurut saya take MAPPA ke panel-panel manganya dah bagus, mereka beneran bikin kesan kalau ini tuh sudah media lain, ya bukan panel manga terus dibikin berwarna, bergerak, dan bersuara doang.

Toya Kikunosuke sebagai pengisi suara Denji sudah pas parah menurut saya, apalagi ini karakter besar pertamanya, saya juga suka persona aslinya orang ini. Nonton dia promosiin Chainsaw Man dengan beberapa line-nya Denji bikin saya nggak sabar lihat hasil akhirnya gimana. Buat Pochita okay-ish lah yak, agak di luar ekspektasi saya dalam artian kurang bagus. Buat suara Makima, udahlah idaman banget, buat musik juga, udahlah idaman banget! Tomoriru dan Kensuke Ushio ini dua dari banyak orang yang join proyek ini, dan mereka beneran nunjukin kualitas mereka sih.

Seperti biasa yak, saya kalau sudah bahas Chainsaw Man panjang banget, dari zaman saya masih bahas manganya sampai bahas adaptasi animenya, wkwk~ Sebenarnya masih banyak yang saya mau bahas, tapi yang penting ini deh, bisa jadi sepanjang bab 1 skripsi ini mah kalau terus, wkwk. Saya bakal benar-benar nikmatin anime ini tanpa peduli kata orang-orang di sosmed atau bahkan omongan “yang katanya” fansnya itu tersendiri. Yaa paling join fandom buat promosi rilis resmi dan sejenisnya saja, nggak kurang dan lebih~

Penutup, saya yang ada di tahun 2018, tepatnya 3 Desember 2018 waktu Chainsaw Man rilis pertama kali di MANGA Plus, pasti nggak nyangka sih manga ini bisa dapat adaptasi anime semewah dan se-passion ini. Bahkan waktu itu MANGA Plus belum rilis penuh, masih aplikasi early release yang rilis di beberapa daerah. Saya cuman berharap karya Tatsuki Fujimoto lainnya bisa dapat proyek adaptasi seniat ini atau mungkin Fujimoto bisa bikin film sendiri sesuai visinya dia.

Untuk kamu yang ada di wilayah Indonesia, anime Chainsaw Man bisa ditonton di Prime Video Indonesia yak untuk simulcast-nya! Rilis setiap hari Selasa, pukul 23.00 WIB/24.00 WITA/25.00 WIT, bersamaan dengan jadwal rilis tercepat di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lengkap soal penayangan Chainsaw Man di Indonesia bisa dilihat di artikel ini! Oh iya, manganya juga sudah direncanakan terbit di Indonesia oleh m&c! pada bulan Januari mendatang lho!!!

Akiba Maid Sensou 02

Kaptain

Karena ini dah jelas seri Yakuza yang pake paint job maid, saatnya fokus ke operasional khas nih profesi. Untung aja ini ga pake klise “Jenius dari neraka” buat menangin judi dan ujung-ujungnya ya mulai ngebantai lagi. Secara nggak mengejutkan si maskot panda yang jadi MVP.

Saya tahu ini seri komedi, tapi ini manajer bakal nyapekin banget kalau dia jadi sumber perkara tiap episode. Bahkan Kaiji selaku sumber parodi nih episode tuh selalu punya gameplan tiap harus main high-stake game kayak gini.

Kaczmarek

Make jasa Ayana Taketatsu di episode pertama doang nih keknya. Ini batch side chara di luar lingkaran kafe babi ini malah makin mewah.

BlueHeaven

Manager cafe babi emang kelakuannya kayak b**i. Sia-sia ekspektasi penonton ingin melihat Yumecchi ditonjolin karakternya. Ujung-ujungnya maid Yelan yang kelarin masalah dengan main valorant.

Fuufo Ijou, Koibito Miman 01

What’s this?

Saorin V-Job

Kaczmarek

Tone warna yang ngejreng banget, dan nonton ini jangan di publik karena layanan suporter yang cukup berbahaya untuk tipikal gal. Sistem love to graduate ini bikin saya trauma karena sempet maen Sunrider Academy. Gak kayak Shikimorisan, ini seri paling enggak punya MC yang sedikit bisa ditolerir. Walau formulanya udah keliatan generik.

BlueHeaven

Budget buat ngegambar langit dialihfungsikan ke tampilan waifu yang glow up. Tone color yang mencolok masih bisa saya terima seiring berjalannya cerita. Jangan lupa mengonsumsi insulin setelah menonton serial gula ini.

Shinobi no Ittoki 02

Kaczmarek

Oh yeah, nongol di visual utama ya udah berarti Satomi tetep gangguin Ittoki sampe nyawanya melayang. Satu hal yang bikin nempel ama ini seri masih karena kontribusi Kousetsu dan ditambah Housen. Kita juga belum dikasih kesempatan liat Ryouko sama Kirei, jadi kontribusi mereka di cerita masih harus ditunggu.

Seseorang tolong kasih tahu admin Twitter proyek ini kalo make tagar #ninja untuk tagline serinya adalah sebuah kesalahan besar.

Ren’ai Flops 01

What’s this?

I hope this isn’t anime, but eroge

Kaczmarek

Ini material komedi seksualnya malah kayak bukan romcom series di tahun 2022, tapi di 10-15 tahun yang lalu. Bukan hal itu aja yang bikin gue terkejut dari seri itu, tapi adegan blatant beastiality ke trap yang ngisi Rieri dan biji anjing yang gondal-gandul. Kita juga dapet candaan seksual dan lucky sukebe lain termasuk pisang boner, robot pembersih ‘sampah’ ala To Aru, dan pantsu yang gampang banget copotnya. Kadokawa + Passione masak apaan di seri yang bisa bikin gue ngira yang bikin skenarionya Hiroyuki ini? Dan harus banget ngehindarin Rusia dengan make Bulgaria disini.

Bu guru asal Tiongkok masih jadi perhatian saya untuk dua episode kedepan. Semoga juga itu anjing bisa dikondisikan. Penggunaan flops ini juga semoga gak literal.

Kaptain

Udah jelas ada yang salah sama dunianya, dan ini juga cerita nge-speedrun klise khas genre. Cuma ini belagu banget nggak ngasih hook yang berarti di episode pembuka. Bayangin aja kalo Lyocoreco & Akiba Sensou cuma ngasih aktivitas kafe doang di episode pertama.

BlueHeaven

Rasanya nostalgia. Anime romcom gini menjamur pas zaman Nisekoi masih jaya. Didn’t expect kokuhaku di episode pertama. Pemilihan asal negara murid pindahan juga menarik. Bulgarian trap, hehehe.. looking good but I prefer the Chinese teacher with sexy cheongsam.

Oh ya, itu anjing emang berlaku layaknya anjing. Akhirnya ada anime yang animasiin kelakuan anjing yang layaknya binatang. No more cute puppy, they just horny with it came the season.

Shinmai Renkin 02

Kaczmarek

Warna pallet-nya ENGI mulai keliatan kalo udah nampakin bayangan, terutama saat ada karakter yang ngeliat dari dalam bangunan dan sinar matahari yang menyinari jendela. Sarasa masih kudu adaptasi di lingkungan barunya. Beberapa hal kudu ia pelajari, termasuk Lorea. Kita juga dapet preview Iris dan Kate di sisa outro, jadi udah tinggal menunggu salah satu dari mereka berak.

BlueHeaven

Sasuga Shishou! Mampir ke toko muridnya di pedalaman hanya dalam waktu tiga hari. Itu kaki atau roda, hei! Yang benar saja! Tapi mengingat ini fiksi fantasi semua bisa dihantam di luar akal sehat.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 02

Kaczmarek

1 episode 1 momen cringe CID. Mohon bersabar, ini bakal makin reguler di penayangannya. Siapkan gendang telinga yang lebih tebal dan kepala dingin ya. Nexus did a good job on this episode. Terutama soal bagian Claire diculik dan responnya soal ancaman membunuh Cid dari penculiknya.

BlueHeaven

Just another episode of LSBH being kidnapped. Apakah sutradaranya memiliki fetish yang sama dengan saya? Cid ngegoblok udah pasti. Lempar berhadiah, malah akurat tebakannya. Ngasal spill nama, ternyata beneran ada organisasinya. Studionya ga mau sewa seiyuu tambahan buat tangisan Cid bayi, jadi cringe gitu suaranya.

Die Neue These 39

Kaptain

Jadi Fezzan bisa pede banget sama posisi mereka karena seperti yang terjadi di FPA, mereka bisa bikin ekonomi faksi manapun ambruk. Cuma ya Reind nggak hanya tahu soal gameplan Fezzan, tapi dia juga sama sekali ga peduli sama ancaman ini, atau lebih tepatnya cukup optimis buat ngelumat Fezzan sebelum ini jadi masalah.

Ini yang diwanti-wanti pihak Terraist sama Rubinsky. Ekstrimis kayak mereka paham banget sama orang yang just doesn’t give a shit soal konsekuensi.

Futoku no Guild 02

Kaczmarek

Hanabata yang gak jadi pushover daripada Toxico. Tapi tetep masa pensiun yang pengen diraih si MC makin jauh dari perkiraannya. Hitamuki masih belum ada progres, dan Enome masih ngasih task yang bikin capek mental.

Noumin Kanren 03

Kaczmarek

Helen focused episode namun banyak lubang yang gak ketutup soal Rai disini. Touko Machida (yang ngurus skrip) kayaknya punya kebiasaan yang muncul kalo udah ngerjain proyeknya Studio A-Cat, seperti pas ngerjain proyek Tamayomi. Sementara dari storyboard dengan format close-up frame masih jadi tradisi buat menekan budget. Seiyuu elite, semoga ada improvement dengan aspek lainnya walau sulit.

BlueHeaven

Hampir saya ingin menghujat: “Ini anime udah bad animation, bad writing pula”. Serius, kalau ceritanya ga bisa nyampe level decent, ga ada yang bisa nolong anime ini selain potret waifunya. Kesan petaninya juga maksa banget, lama-lama makin lari dari konteks. Untungnya dikasih bom kecil kejutan di akhir, jadi kita masih bisa sabar menunggu gerangan apa yang terjadi di episode selanjutnya.

Beast Tamer 03

Kaczmarek

Battle Kanade vs. Tania ini unnecessarily good on all aspects. Tapi movement-nya Rain entah kenapa kurang sedinamis keduanya yang bikin ia keliatan AFK daripada skenario orisinalnya. Koleksi operator baru bertambah dengan kedatangan Tania, dan kita masih belum dapet operator manusia lainnya. Berikutnya kita ke flashback masa kecil Rain dan asal usul desanya serta kenapa dia gabung ke grupnya Ares.

BlueHeaven

*insert pokemon music here* Selamat Anda menambah satu waifu SSR! Yuusha party makin rusak, semoga Rein bisa kuat ngehadapin mantan rekannya yang rotten like bad apple.

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 17

Kaczmarek

Guys, WE NEED NEW OPENING ANIMATION! Surely, ini arc final seharusnya dapet treatment lebih baik daripada fase pertama kan? Kecuali kalian mau pake jalur Utawarerumono (2006) yang juga fair enough di kondisi sekarang. Kali aja lagu tambahan di album baru Suara mau dijadiin OP juga.

Maroro meregang nyawa, Mikazuchi sekarat, Shichirya did her job, then shits happened. Episode yang ke-rush dari sisi skenario, dan gak masuk akal soal asap sebelum ditusuknya Maroro. Kita nambah misteri lagi, termasuk perwakilan dari Tusukuru di gerbang. Woshis sudah bergerak di belakang layar, dan ini jadi hal berikutnya yang bakal Oshutoru hadapi.

Akuyaku Reijou 03

Kaczmarek

Nge-skip minggu lalu demi nantiin penyelesaian drama di episode ini. Gak nyangka Cedric nyampe harus ngelakuin cara kotor untuk bikin Aileen untuk jadi istri kedua. Lilia juga makin kesini susah untuk ditolerir soal keputusannya untuk jalanin peran barunya di samping Cedric. Claude sempet henshin jadi naga, tapi untungnya Aileen bisa nenangin demon ini.

BlueHeaven

Empat episode dan kita sudah mendapat klimaks yang ditawarkan di awal serial. Ga kebayang kelanjutan apa yang bisa ditawarkan untuk cerita anime ini. So far, 4 episodes have been executed well. Lilia ini borderline polos dan bego. Moga ga kena mental kayak pasangannya yang dah ga bisa berpikir sehat.

Mob Psycho III 02

BlueHeaven

Classic Reigen dengan imbalan duit semua masalah bisa diatasi. Reigen memang manusia unggul, ga pernah takut sama hantu atau yokai. Ini yang membuat dia bisa tenang dengan segala situasi yang menakutkan, apalagi ada 2 esper terkuat di sisinya. Mob makin bertumbuh ke arah dewasa. Dia bisa nemu solusi sendiri, membuat dirinya makin jauh dari gurunya. Bunkasai dihabiskan satu episode, not bad juga.

Shadowverse Flame 28

BlueHeaven

Sebenarnya saya mulai nonton anime ini sejak dua minggu lalu, tapi baru bisa sempat naruh di spotlight minggu ini. Berkat ekspansi terbaru di game, akhirnya saya kembali tertarik menonton anime Shadowverse. Hasilnya? Tidak seburuk yang pertama. Character developmentnya terbentuk dengan baik, flownya juga enak diikuti. Walau semuanya predicted plot, mengingat ini anime harus bisa dinikmati sampai bocah.

Tanzanite Convictor masih kalah dibanding Citrine Rabbit yang bisa restore plus draw. Itu kalau rilis pasti bakal kepake gantiin Zoe di dek Elana. Seira masih harus belajar cara main di late game karena dia ampas banget buat dapet lethal ke lawan. Padahal dia tahu bakal lawan Tsubasa, masih ga siap aja buat tembusin ward.

Blue Lock 02

BlueHeaven

Here comes waifu di anime kering yang diisi karakter gila. Ya, walau dirinya juga termasuk gila karena nyaranin Ego Jinpachi buat nanganin masa depan timnas Jepang dengan cara sintingnya. Akhirnya, pertarungan sesungguhnya tiba. 11 vs 11, semua pemain striker. Menarik bagaimana orang yang sudah direbut kewarasannya, memainkan bola di balik jeruji Blue Lock.

4-nin wa Sorezore Uso wo Tsuku 01

What’s This?

4 Idiot JK (?)

BlueHeaven

Hilarious! Saya terusan ngakak nonton episode ini dari awal sampai akhir. Lah, baru 9 menit udah ending aja, apa ini Endro season 2? Narator yang dipakai juga narator yang sama dengan anime Kaguya-sama. Soal seiyuu, yang saya nangkep ada suara Ayaneru yang meranin tsukkomi. Paling kocak yang soal datang bulan. Ok, you got a boy here dan alien yang salah belajar soal budaya bumi. Alasannya di luar nalar, tapi karena mereka ga paham, jadi fine-fine aja. Interogasi soal bumi juga kocak banget, asal ada loli alien kayaknya bakal selalu ada candaan selama 11 episode penuh ke depan.

Witch from Mercury 03

Kaptain

Well then, pas banget ini Miomio bilang kalau dia ga masalah kalau si tunangan “jajan”. Ini Guel kemungkinan besar udah lepas dari keluarga, tapi saya harap running joke kalau dia ditampar terus jalan. Ga terlalu khawatir sama dinamika hubungannya ngeliat Miomio juga ga jadi ke Bumi demi Sule dan secara aktif ngebantu duel.

Saya apresiasi juga ini mulai episode langsung ngungkap muka Prospera. Staf udah sadar ini samaran emang ga guna.

SpyXFamily 16

Kaptain

Untung aja ini Loid ga banyak tanya soal si istri dan anak yang bisa-bisanya terlibat banget sama kasus teroris. Welcome to the family Bond, jangan makan makanan si ibu.

BlueHeaven

Bond.. You did it well, menahan semua siksaan dan perlakuan bengis dari orang-orang bejat di pelatihan. Saya tersentuh melihat anime ini memanusiakan anjing. No dogs harmed on this series. Certified family friendly.

Tensei shitara Ken Deshita 03

BlueHeaven

Baru sempet nonton anime ini, karena saya males melihat judulnya yang jelas-jelas another isekai with same title every season. Ternyata bagus juga. Episode ini juga memperlihatkan Fran yang sudah tidak kumel lagi. Fran sekarang sudah glow up. Makin imut dan makin betah lihatnya.

Dandadan 77

CTian

Oke, si ketua kelas juga bakal jadi bagian tim pencari bola emas, pasti!~ Dari dia muncul barengan sama Sakata juga dah yakin karakter ini nggak mungkin cuman jadi karakter lewat. Saya yakin banget entah gimana caranya dia bakal berurusan sama si Slit-Mouthed Woman/Reiko Kashima, terus kekuatannya bakal jadi kekuatan si ketua kelas buat join the gang, yeayyy!!!

Bosen nggak sih template ceritanya gitu-gitu saja? Ketemu karakter, kalau nggak kesetanan, punya koneksi sama alien, terus jadi teman baru, saya sih nggak ya, wkwk~ Karena saya yakin Yukinobu Tatsu bakal siapin twist yang bikin kepala geleng-geleng nggak habis pikir, sekaligus adegan epic yang bikin jiwa bocah saya kegirangan, juga tentunya, dia bikin sambil nge-fanboy~

Gilanya lagi, Yukinobu Tatsu total baru ambil break 3 kali dari awal serialisasi mingguan sampai sekarang! Tolong lah itu tenaganya bagi sedikit ke Fujimoto, yang bikin saya kurang semangat dengan serialisasi Chainsaw Man part 2 dan lebih suka ikutin serialisasi Dandadan itu cuman jadwal serialisasinya sih yang nggak nentu setiap 2 minggu atau mingguan. Dandadan manga mingguan terbaik lah, fix!

Chainsaw Man 106

CTian

“Alexa, play Pumped Up Kicks by Foster The People!”

Bab 105 minggu lalu lebih meninggalkan kesan ya daripada bab 106 ini. Kurangnya adegan yang memang cocok banget buat ramai dibahas, ditambah bab minggu ini ketiban hype premiere animenya yang tayang berbarengan. Tapi setidaknya masih ada hal-hal menarik menurut saya yang terjadi di bab ini.

Saya suka banget sama interaksi Asa dan Yoru di bagian awal, tensi tinggi dari akhir bab 105 masih berasa banget sih karena mereka ini. Yoru yang badass juga muncul lagi setelah beberapa bab sebelumnya dibikin agak gemesin gitu yak~ Ya akhirnya dia nunjukin lagi ke Asa siapa yang pegang kendali di antara mereka, walau saya prediksi story-nya bakal di-build Asa bakal bisa jinakin Yoru.

Fujimoto juga keluarin lagi panel-panel uniknya, itu panel yang Yuko ada di dalam lorong terus shoot panelnya diambil dari luar jendela dan balon katanya ada di dalam tuh simpel tapi berseni parah sih. Fujimoto ini selalu berhasil memanfaatkan media komik dengan baik dan momennya tuh selalu efektif banget sih. Spread page di akhir juga, nggak mau kalah dia sama Yukinobu Tatsu bikin spread page lorong sekolahan yang wow~

Terakhir, Chainsaw Man 107 bakal dirilis seminggu setelah bab 106! Berarti lagi-lagi bab terbaru manga dan episode terbaru animenya bakal dirilis barengan! Bab 107 harusnya sih punya banyak adegan aksi yak melihat bab 106 ditutup dengan begitu meledaknya. Ini saya berharap Fujimoto dari kemarin longkap-longkap buat siapin 12 bab manga yang bakal dirilis bareng terus sama animenya, kalau beneran kejadian agak gila sih, lol~

Arknights (EN)

Kaczmarek

Sudah nongol detail anime berikutnya, namun kurang beberapa karakter lagi yang jadi sidekick di adaptasi ini. Akhir bulan ini bakal rilis for reminder, meanwhile Rabu besok kita udah masuk fase baru di event game berikutnya. Jujur gaada persiapan untuk game ini, karena kemaren udh banyak makan material di event Fiametta.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: garunstudio

Sorry. No data so far.