[JOI Spotlight] Utensils Edition

October 23, 2022 20:11
[JOI Spotlight] Utensils Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang daftar nonton musimannya mulai stabil. Mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir minggu ini.

Chainsaw Man 02

Kaptain

Muscle Devil dilewat, begitu juga Denji yang nyanyi soal serikat kerja. Yang pertama bisa dimengerti buat pacing, yang kedua ngebuktiin ini emang Mappa yang nggarap. Kirain sistem Devil bakal dijelasin lebih awal, tapi untuk sekarang kita baru dapet penjelasan soal Fiend. Nonton nih anime jadi ngasih saya perspektif yang lebih bagus soal kondisi era “modern” settingnya.

Iya, ambisi Denji selaku protagonis Shounen itu cetek banget. And that’s the point. Hubungan antara pemenuhan ambisi dan pemenuhan nafsu itu emang tema nih seri.

CTian

Walau Muscle Devil dilewat, tapi semua dialog penting di bab 2 manganya sudah dimasukin semua sih. Tentang gimana kita penonton juga Denji bakal mandang Makima tuh seperti apa. Ya buat kita penonton selama 6 episode ke depan lah. Saya malah senang mereka manfaatin adegan di mobil untuk memaksimalkan nunjukin betapa simple minded-nya si Denji, tanpa harus adain battle vs Muscle Devil.

Di episode 2 ini juga semua main cast serinya sudah muncul, main cast part 1 tepatnya yak. Makima astaga lembutnya suara Tomori Kusunoki, saya lupa betapa lovely-nya seorang Makima di seperempat pertama serinya. Untuk Aki nggak ada komplain buat suaranya, tapi mungkin aktingnya ya, itu di penutup part A agak over menurut saya. Buat Power, bah saya pikir cuman Asami Tano yang cocok jadi Power, ternyata range suara dan aktingnya Fairouz Ai boleh juga. Saya suka suara Fairouz Ai di Power ini feel spoiled little sister-nya lebih berasa dibanding yankee, yang memang pas banget dengan karakter Power.

Balik ke pacing, sejauh ini oke banget sih, dan saya beneran nggak peduli sama dipotongnya Muscle Devil, karena semua dialog penting di bab 2 itu dipindahin ke adegan mobil tadi. Ini juga bisa bikin kesan perubahan Chainsaw Man itu memang sesuatu yang khusus banget dan mereka bahkan lebih nekanin kalau perubahan ini memang makan darah banget dibanding penekanan manganya di awal seri. Adegan pingsan terus bangun di pangkuan Makima itu original anime, dan itu lovely banget sih.

Sebenarnya banyak di episode ini yang bisa di-spotlight, tapi adegan nendang selangkangan Aki lah paling saya tunggu wkwk~ Karena cerita Hayakawa trio ya dimulai di situ, saya juga senang animenya beneran nunjukin ekspresi Aki ngeliat keadaan Denji dengan baik. Karena di manga ekspresi wajah yang digambar Fujimoto itu memang seakan sudah bisa bercerita ke pembacanya. Terus bunyi “dongg” dari manga waktu Denji nendang juga di-translate dong ke sini, itu sudah terbaik sih menurut saya.

Penutup dan ini informasi saja sedikit, Shihei Lin, editor dari manga Chainsaw Man, Spy x Family, Dandadan dan 100 mangaka lainnya, mengkonfirmasi kalau Tatsuki Fujimoto sangat terlibat ke adaptasi ini. Waktu saya baca dia ngapain saja, kerjaan Fujimoto ini sudah se-level co-producer sih kalau di film. Jadi dia terlibat dalam pengecekan gambaran umum produksi, struktur cerita, skrip, bahkan sampai storyboard animenya juga. Sebelumnya juga produsernya MAPPA, Makoto Kimura, juga bilang Fujimoto terlibat di casting pemeran, perencanaan, sampai musik. Jadi setidaknya memang ini yang Fujimoto mau/restui, ya ini idealisnya Fujimoto. Tatsuki Fujimoto ini seorang penggemar pop culture sejati, jadi ini semua beneran dia buat dengan seleranya dia~

Fuufou Ijou, Koibito Miman 02

Kaczmarek

Nge-buff aset Akari kayaknya manjur buat daya tarik virgin yang ngikutin serial ini. Tapi saya malah empatik ke Shiori yang justru kelihatan makin kalah walau baru dua episode. Shiori juga harus banget desainnya braided hair yang ngingetin saya sama waifu saya di KC, Noshiro. Nilai jelek yang didapet Shiori dan Tenjin ini kudu dikulik sih karena hal positif atau negatif (tergantung perspektif).

BlueHeaven

Kenapa bubur yang saya lihat terasa manis?

Shinmai Renkin 03

Kaczmarek

Udah ngangkat soal kompromi duit di tengah penanganan pasien, Sarasa ini no nonsense banget. Secara kondisional emang dia lagi di fase defisit karena baru mulai bisnis, tapi paling enggak minta jaminan pembayaran bisa bikin dia bernafas lebih lama. Anggep aja kayak bikin startup deh, duit dari investor itu udah jadi darah di nadi bisnis dan kalau gaada itu, penyusutan aset gak bakal terkira. Kalo di kasus Sarasa, investornya adalah dia sendiri. Otomatis buat jalanin hariannya juga harus terjamin. Apalagi ini belum ngebahas kebutuhan dia lainnya macem makan sehari-hari.

BlueHeaven

Kuat di atas rata-rata. Berasa Tsunade tapi tanpa boing-boing, Sakura tanpa menjadi beban. Jadi begitulah cara series ini menyatukan keempat karakter utama. Tensi sudah mereda, sepertinya series ini akan masuk ke slice of life mode, fokus kegiatan alkemis dan neraca ekonominya.

Shinobi no Ittoki 03

Kaczmarek

Banyak poin pertanyaan yang bisa diambil di episode ini. Termasuk politik Koga dan Iga, bisnis keluarga ninja lainnya, kepsek yang gak diskriminatif, sampai para karakter barunya. Ryouko dan Kirei kini paling enggak jadi pihak pendukung Ittoki, walau dalam kesinisan Kousetsu yang hingga kini belum juga mutus uratnya. Satomi belum nongol lagi, tapi kita dapet Suzaku yang dalam impresi buruk soal Iga.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 03

Kaczmarek

Tame Cid di tengah gejolak chuuni-nya justru bikin angin segar adaptasi ini. Skipping some details, tapi paling enggak kita dapet firestarter untuk Alexia. Kita masuk arc penculikan yang bakal ngungkap wajah asli Zenon. Tak cuma itu, hubungan sandiwara Alexia x Cid juga bakal ditentuin di episode berikutnya. Oiya buat yang gatau, rambut merah itu Iris, kakaknya Alexia.

BlueHeaven

Walau berbeda gambaran Cid yang mungut koin dari Alexia, jokesnya masih dapet. Akhirnya sudah stabil ceritanya biar penonton yang anime-only gak bingung dan bisa ngerti para pembaca manga atau novel ngatain Cid itu goblok. Ya, matinya aja konyol gitu, chuuninya ga ada obat.

Ren’ai Flops 02

Kaczmarek

Episode yang justru bikin satu per satu misteri muncul di tengah kelucuan episode ini. Mereka (komite produksi) juga bikin animasi opening yang justru mengungkap beberapa detail. Tapi misteri cewek misterius ini menunjukan bahwa ada campur tangan osanajimi. Flashback-nya Aoi di momen terakhir episode bisa jadi petunjuk apakah dunia Asahi ini cuma simulasi atau memang real-time-and-place.

I’m sure that this anime could reach it’s potential under the wrong impression and assumption. Gonna love it for sure if it’s true at the end.

BlueHeaven

Wait. That’s very quick. Did I miss something? Saya ngerti, pasti bakal direveal satu-satu kenapa nih lima heroine langsung ngebet minta kawin, tapi ini terlalu konyol untuk romcom sekalipun. Di luar nalar ada batasnya juga, lah. Masih episode kedua, jadi saya belum bisa ketuk palu untuk keluar dari pemantauan, setidaknya masih ada heroine yang terlihat sedikit waras dari kelima calon istri MC.

Futoku no Guild 03

Kaczmarek

Bagian pertama yang beruntungnya lebih jinak dari bagian kedua. Bagian kedua disini sangat berbahaya bagi masyarakat umumnya. Bonding berupa shopping dari anggota rookie ini penting paling enggak untuk ngungkap informasi, tapi justru infonya gak dalem banget kayak Hitamuki yang gak punya sense of fashion, Maidena yang masih dalam pengawasan anggota OSIS, Hanabata yang tentunya paling besar dari lainnya, dan Toxico yang pengen balik males-malesan.

The reality hits, at least in this universe. Yep, Enome berumur 31 tahun dan Esyne itu anaknya yang masih berusia 11 tahun. Suaminya minggat entah kemana, di manga-nya juga gak dibicarain. Tapi bumbu NTR ke Kikuru disini udah dimasak sejak seri berjalan, jadi tinggal nunggu mateng untuk eksekusi. Esyne juga gak nahan diri nganggep Kikuru jadi sosok ayah. Walau bercanda dan cari aman, Kikuru juga milih Enome dibanding keempat rookie itu. At this point, just steal her Kikuru. You’ll get another reason to not to retire.

Resepsionis ini juga diisi seiyuu Rumi Ookubo, yang di musim ini juga ngisi peran resepsionis lain di seri Noumin Kanren sebagai Helen dan Tensei Shitara Ken Deshita sebagai Neru. Paling enggak ada karakter lain yang bisa saya perhatiin seperti Sharon di musim lalu.

Akiba Maid Sensou 03

Kaptain

Klise genre selanjutnya: Underground Tournament. Untung aja bisa dibacking sama koreografi aksi yang mumpuni dan klise “sekarang kita temenan lewat aju jotos” bisa dapet twiist di akhir. Penasaran aja ini kenapa capek-capek nyensor Zoya (yang diperanin Jenya) kalau gabungnya seawal ini.

Saya bersyukur aja deh si manajer nggak terlalu bikin perkara sama seneng gag lampu macem “Pinjeman Pankreas”.

Kaczmarek

Jenya akhirnya dapet peran utama lagi di anime seasonal setelah tujuh tahun. Sempet ngira Sumippe sebenarnya, tapi ada bagian dialek yang justru gak nunjukin Sumippe banget sampe harus ngecek Twitter-nya Jenya.

BlueHeaven

Tiga episode dengan pattern yang sama. Tonkoton terlilit hutang, manager tololnya minta ampun, maidnya jadi tumbal, diselesaikan oleh Ranko dengan jalur kekerasan, dan selalu ada korban jiwa dan bisnis yang hilang dari peredaran tiap episodenya. Kalau begini terus, spesialnya dari anime ini bakal hilang tergerus kebosanan dari pattern yang berulang. Bagusnya di episode ini ada karakter baru yang akhirnya join the party, Russian maid yang diisi suara oleh orang Rusia asli. Masih menunggu Yumecchi dan Shiipon bersinar, kalau panda sudah jelas bakal disimpan untuk kejutan.

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 18

Kaczmarek

Dummy arc done, now Woshis on the run. Kita dapet visual dan PV untuk final arc yang bisa kalian cek di masing-masing link. Mari kita menghubungkan benang merah yang sudah lama terbentang dari masing-masing negara. Tusukuru-Yamato, Kuon-The Real Haku-Haku on Oshutoru-Eruruu, Onvitakaiyan, Uitsualnemetia, Konflik Agama, dan Mikado-Anju.

Para karakter Tusukuru mulai kembali di arc berikutnya, terutama yang aktif di balik layar macem Eruruu. Apa yang kalian nantiin di arc berikutnya? Personally, saya lebih menanti pengungkapan misteri Tuhan atau kreator dari dunia ini aja sih.

Noumin Kanren 04

Kaczmarek

Ini pacing yang justru bikin seri ini jadi gag comedy oriented daripada adven with harem focused. Tolong itu komuknya Helen paling enggak dibikin seserem mungkin saat dijangkiti Ouroboros biar lebih mudah bedainnya saat si Al mendengar telepati Helen yang asli. No weird comment on Fal, dia masih nyari cara untuk mengganti prioritas bertani di kepala Al dengan dirinya. Helen juga bakal ikut-ikutan ntar nih. Dapet momen pasca adegan sodomi Orc, Al berkenalan dengan Shibusawa Izumi Ruri. Btw, itu pegawai posnya sus bener.

BlueHeaven

Hah.. saya sudah menduga yang nusuk Al adalah Ouroboros yang berwujud Helen. Tapi ekseskusinya kelewat biasa. Kirain masih ada harapan untuk melihat sepercik api yang entertaining dari anime ini. Satu-satunya yang bisa saya apresiasi adalah adegan Al dan Fal yang tepuk tangan melihat “Yet Another Dragon Maiden for Ookumi Rumi” yang nunjukin kekuatan naganya. Deus Ex Machinanya gak banget, naga putih tiba-tiba muncul, tepar, hilang. Straight to the trash tier.

Beast Tamer 04

Kaczmarek

Masih masa bonding dengan tambahan bumbu masa lalu Rain. Setelah kita udah kenal karakternya Kanade, kita dikasih dikit keegoisan Tania yang masih free banget dalam ngelakuin apa aja. Pola regret into apologetic masih menjadi formula generik. Jangan dianggep berat, ini cuma comfort show tbf.

BlueHeaven

Yet another episode Beta Rein yang ga sadar dia op, sama bodohnya seperti anggota yuusha party. Episode ini fokus ke development kekuatan Rein sama bonding sih. Kanade sama Tania adalah bumbu pemanis yang bikin betah nonton anime ini.

Pop Team Epic S2 04

Kaptain

Flexing kali ini dari studio flat yang dipegang sama loundraw. Ini Megumi Han (Gon) sama Mariya Ise (Kilua) emang tahu banget sama proyek yang mereka garap jadi shitpost di akhir emang ideal.

Die Neue These 40

Kaptain

Kirain penculikan bakal diskip. Ngeliat ini udah berkali-kali dijelasin efek penculikan & motivasi tiap faksi buat ngejalanin dan ngebiarin ini terjadi. Jadi ya nih episode kesannya kayak padding.

Spy X Family 16

Kaptain

Yor ga bisa masak, that’s the joke. Episode “bersih-bersih” bab bonus yang mau ga mau ya diadaptasi buat kepentingan komposisi tayangnya.

BlueHeaven

Filler, just enjoy it.

Witch from Mercury 04

Kaptain

Damn bith, you live like this? Akhirnya di entri yang fokusnya di sekolah ini ada aktivitas kelasnya dan perang kelas juga. Chuchu dapat pelajaran berharga kalau konflik itu di kelas dan bukan di ras. Ga dapet tunangan baru, tapi Sule sekarang punya rumah.

Sule refreshingly bukan Super Ace dan nyatanya juga kesulitan pake grunt suit dan ngalamin mental breakdown. Ngeliat dia juga mulai berinteraksi sama heroine lain, baru sadar kalau dia lebih tinggi dari kebanyakan heroine. Ini juga frekuensi ninju sama namparnya harusnya udah bisa diterima Tomino sebagai seri Gundam.

Mob Psycho 100 III 03

BlueHeaven

Episode ini dibuka dengan gap moe Tsubomi yang hidungnya meler. Spontan banget dan reaksi yang normal sebenarnya, tapi ini jadi awal Mob di mood yang pedenya bikin kesel. Mukanya ituloh ga nahan. Mob telur bulat no more, silahkan nikmati Jojo series terbaru. Also, Reigen seperti biasa ga bisa nahan diri melihat peluang bisnis pas tau sekte kepala helm followernya ratusan ribu orang. Arc ini akan masuk ke babak baru di episode minggu depan.

Legend of Mana 03

Kaptain

Repot nulis nih seri ngeliat ini adaptasinya bergantung banget sama nostalgia dan sesi keluyuran biar nge-trigger flag event itu capek nontonnya. Kali ini saya nyempatin nonton ngeliat Serafina selaku Player 2 nongol dan menarik juga ini skill nyamarnya Alex yang ambigu di game dikonfirmasi jadi bisa berubah total di adaptasi ini.

Tensei shitara Ken Deshita 04

BlueHeaven

Awal dari kisah legenda Fran sebagai Goblin Slayer II. Diisi dengan fan service onsen yang ramah keluarga. Versi manganya lebih eroi dengan menampilkan seluruh tubuh mbak resepsionis galak. Bodohnya di episode ini Donadrond ngumpulin orang deket dungeon, ya kena ambush attack lah. Briefingnya tolong lebih dipersiapkan dengan benar.

Blue Lock 03

BlueHeaven

Awal yang bagus untuk mengembangkan tim Z. Dibantai 5-1 untuk 45 menit permainan 11 striker vs 11 striker not bad lah. Tim Z masih butuh chemistry yang bagus dan positioning yang ngotak. Jangan karena dipancing topskor masih bisa lolos, terus ngorbanin tim bahkan permainan sepak bola yang selama ini mereka gelut.

Ego Jinpachi masih punya poin pas dia bilang ngembangin sepak bola dari nol. Emang bocah kalau mau main bola kan pengennya jadi striker dan cetak gol, kan? Sekarang sebut beberapa timnas yang dinotice hanya karena punya striker jago. Mesir dengan Salah, Norwegia dengan Haaland, dan masih banyak lagi. Itu tim yang punya striker kelas wahid meski pemain yang lain biasa aja. Walhasil kelihatan beberapa pemain senegara ikut berkembang sama seperti ketika Mesir lolos pildun dan jadi finalis piala Afrika. Norwegia pasti coming soon dalam minimal 4 tahun ke depan.

Urusei Yatsura (2022) 02

BlueHeaven

Ah, baru sempat nonton anime legend ini di minggu ini. Asli jokesnya klasik tapi enak ditonton. Kukira dua heroine sudah cukup, malah ditambah dengan unpolished gem yang punya relate dengan salah satu karakter terngeselin di series ini. Sukebei chara sudah lama tidak terlihat di radar anime 2020-an.

Akuyaku Reijou 05

BlueHeaven

Di luar dugaan, arc baru ini terlihat menyenangkan ditonton. Walau kita kehilangan Aileen dengan ponytailnya, sifatnya tetap tidak berubah meski berubah jadi ikemen. Dengan dimulainya arc baru, kita mendapat list husbando yang harus ditaklukan bersamaan dengan villain dan heroine baru. Walau sudah bisa sedikit ditebak bakal ke mana ceritanya, tetap saja eksekusinya untuk minggu depan layak ditunggu.

Bocchi The Rock 03

BlueHeaven

Hidden gem of the season. Gambar, animasi, pacing, komedi, semuanya on point. Saya jadi ingat kenapa saya bisa suka sama genre CGDCT khas Kirara yang akhir-akhir sudah lama tidak saya tonton.

Bocchi ini introvert spesial karena dia ada bakat gitaris profesional meski itu basicnya solo. Episode ini berhasil memasukan Kita-chan ke lingkup Kesshoku Band. Akhirnya mereka berempat sudah lengkap dan siap memulai debut kembali di Starry. Mungkin itu harapannya, tapi kerja dulu nyari duit biar bisa sewa tempat!

Mushikaburi-hime 03

BlueHeaven

Saya kelewatan dua minggu untuk menyaksikan anime shoujo yang bagus ini. This. Is. Good. Romance. I ensure it. Tinggal bagaimana kelanjutannya setelah 3 episode awal yang menyelesaikan segala premis awal yang ditawarkan series ini karena harus nyari masalah baru untuk memulai bagian cerita baru.

4-nin wa Sorezore Uso wo Tsuku 02

BlueHeaven

Minggu lalu saya bilang kalau selagi ada loli alien, komedi di serial ini bakal aman. Minggu ini justru mereka nyaris menghilangkannya. Fokus komedi jatuh kepada Tsubasa dan Chiyo. Tentu saja ini membuat tidak segila episode minggu lalu, tapi tetap hidup karena Chiyo potensinya digali bener-bener di episode ini. Selama Tsubasa yang jadi fokus, Ayaneru bisa rehat dulu dari jobnya sebagai tsukkomi setelah diperas habis-habisan minggu kemarin.

08th MS Team

Kaptain

Hampir semua episode bisa resmi ditonton di Gundaminfo. Penekanan di hampir ngeliat Episode 12 selaku epilog dan bonus BD yang duel di jembatan ga termasuk. Bagian Kiki juga secara mengejutkan ga disensor. Go watch it, the whole thing; ga bagian Kiki aja.

Chainsaw Man 107

CTian

Tatsuki Fujimoto, you goat!!! Lagi-lagi bab selanjutnya jarak seminggu saja sama bab ini! Ini bener sih kalau Fujimoto bakal full 12 minggu rilis bab manga bareng animenya, ini orang agak lain yak mainnya.

Ah saya juga puas sama bab minggu ini, sesuai prediksi banyak aksi, dan tidak ada habis-habisnya panel kino dari seorang Tatsuki Fujimoto. Favorit saya waktu Yoru ngerubah pensil jadi tombak, itu keren parah. Walau nggak nunjukin secara persis pensil itu dari kecil jadi gede, tapi kalau diperhatiin misal kita lihat panel Yoru bareng sama panel tombak pensil terus lihat panel tombak pensil itu sendiri, kelihatan kayak itu dari kecil terus membesar gitu. Pokoknya keren banget dah!

Akhirnya ada juga karakter reguler baru lagi buat part 2 ini, mereka-mereka yang ada di klub Devil Hunter. Asli, itu si Seiki Akoku yang muncul di awal bikin saya keinget sama Agni dari Fire Punch, lol!~ Apalagi dia tipe bertarung pakai kepalan tangan, saya yakin ini intesional Tatsuki Fujimoto sih ngerefrensi karakternya sendiri. Buat Furio, terima kasih sudah mencoba. Fujimoto bener-bener dah, orang yang pakai senjata yang mestinya paling sedikit bahaya malah langsung dibikin palang parah kena damage-nya. Terus yang terakhir, si gadis misterius! Nah udah nih, Fujimoto bikin karakter cewek baru lagi kelar dah~ Lucunya lagi dia dibikin Fujimoto paling nggak kena luka apa-apa dong, ya kalau real paling cuman biru-biru saja badannya.

Banyak yang bilang gadis misterius ini karakter lama dari part 1. Kalau kalian inget, ada satu karakter devil-man di part 1 yang rambutnya mirip banget sama dia. Kalau nggak inget, yang saya maksud ini cewek yang berubah jadi Whip-Woman (bukan official name sih). Banyak banget yang bilang gitu, apalagi devil-man ini bisa hidup lagi kalau mati, jadi nggak heran kalau Fujimoto bakal bawa karakter-karakter di akhir part 1 untuk muncul lagi ke sini. Saya sih berharap Reze cepet-cepet yak dibalikin lagi ke seri, ini satu-satunya karakter part 1 yang paling deket sama trait heroine di manga soalnya.

Penutup, ingetin lagi saja manganya sudah direncanakan terbit di Indonesia, direncanakan terbit Januari 2023. Diterbitkan penerbit m&c!, manga ini bakal dirilis dalam label manga dewasa mereka, Akasha. Cover manganya sudah dirilis di situs mereka, bisa lihat di sini yak~ Untuk serialisasi bahasa Inggrisnya, bisa dibaca di MANGA Plus, gratis dan tempat yang paling cepat merilis bab barunya!

Dandadan 78

CTian

Yukinobu Tatsu ini beneran built different yak, bisa lho bikin bab yang awalnya gemes banget bahkan mungkin banyak anime-manga romance kalah gemes, terus ditutup dengan horornya yang bikin orang bisa jadi parno setengah mati. Tapi, saya jujur sedikit kecewa sama bab minggu ini. Karena ngebangun feel-nya tuh bagus banget, tapi jujur saja terakhirnya kurang bikin saya “amit-amit jabang bayi disamperin begituan!”.

Iya memang ditulis dengan bagus, rapi banget nggak ada celah, tapi Reiko ini kurang greget look dan kesannya. Kita sudah punya big ugly woman monster di awal-awal seri yaitu si Acro-Silky, agaknya Yukinobu Tatsu kehabisan ide kalau harus bikin monster lagi yang secara desain saja sudah mirip. Karakter Reiko Kashima (Dandadan) ini secara mitologi sebenarnya terinspirasi dari 2 hantu yang beda, Reiko Kashima itu sendiri, sama Slith-Mouthed Woman (Kuchisake-onna) yang ada seri manga moefikasinya juga di JUMP+.

Nah ini yang saya masalahin, dari dua legenda itu sebenarnya nggak ada bilang mereka itu tinggi besar, malah Reiko Kashima itu digambarkan sebagai hantu yang nggak punya kaki. Jadi agak gimana gitu yak sama desain di Dandadan ini. Apalagi desainnya ini nggak seserem Acro-Silky yang bikin saya merinding daripada Reiko ini. Kalau kata teman saya mungkin karena penggambaran di panelnya yang nggak zoom in ke muka kayak Acro-Silky, menurut saya juga karena garis hitam-hitamnya itu lho dan kurangnya “aura” horor di penggambaran karakter ini.

Masalah saya di situ saja sih, overall bab minggu ini masih bagus menurut saya. Mestinya Yukinobu Tatsu ambil lah beberapa istirahat gitu, punya jadwal break terencana kayak contoh Kentaro Yabuki yang break 1 minggu setelah rilis 3 bab Ayakashi Triangle, sama-sama di Jump+ juga lagi kan.

Neural Cloud

Kaptain

Impression lengkap bentar lagi. Lagi ngejar progresi buat ngumpulin konten. Rekomendasi yang lebih gampang ngeliat ini emang dah bagus dari awal. Ga biasa saya main game Mica team yang mulus banget dan hemat batere.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: hibikinashi