[JOI Spotlight] In Pink Edition

November 13, 2022 20:08
[JOI Spotlight] In Pink Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang akhirnya tiba di tengah musim gugur. Mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir minggu ini.

Shinmai Renkin 06

Kaczmarek

Oke, fanservice yang menarik karena saya gak ngira bakal di episode ini. Memang sudah saatnya eksplorasi hasil kekayaan laut, gak cuman palawija. Agak ngeri juga kalo tiap ke danau harus berhadapan dengan makhluk yang mirip monster di King Kong ini. Anehnya mereka harus ngejilatin mangsanya dulu, bukannya langsung telen kayak makan kerang itu.

Fuufu Ijou, Koibito Miman 06

Kaczmarek

Kebanyakan gula ini episode. Kaki saya bisa bolong duluan sebelum ngelarin ini seri sampe akhir episode. Gak Akari, gak Shiori, gak Mei, gak guru Homeroom-nya, kemanisan semua. Agak berharap Jirou lepas kendali di tengah persistensinya Akari nggodain dia. Biar ini seri bisa kelar begitu aja atau membelokkan cerita ke arah lebih degenerate.

BlueHeaven

Hei, jangan mengalihkan sesi belajar dengan hal lain. Cobalah untuk menggunakan cara pindah ruas untuk mengatasi soal aljabar. Masa depan buat hubungan pasangan penting, tapi belajar yang utama.

Chainsaw Man 05

Kaptain

Denji ngelakuin introspeksi dari ambisinya, dan saya kagum dia cukup bijaksana buat nangkep soal perbedaan dari mengejar ambisi dan ngebuat ambisi jadi nyata. Akhirnya Gun Devil diungkap sebagai konsep dan long term goal. Di luar deskripsi insiden dia, saya baru bisa ngeinternalisasi kalau media juga punya peran buat nentuin power level Devil.

Tapi ya tetep aja susah ngubur insiden dimana jutaan orang mati dalam 5 menit dan ini juga ningkatin tingkat bahaya Devil secara makro via osmosis.

Say hello to Kobeni & M16 Himeno. Kobeni itu apes banget debut di musim yang ada Bocchi dan Suletta, cuma ya jujur aja ini nasib yang Kobeni banget. Btw Fujimoto ngekonfirmasi kalau prank si kakak adik tuh ngolesin tinja ke muka Aki pas tidur. Jadi dia ini luar biasa sabar.

CTian

Ini dia yang sebenarnya bikin saya suka banget sama Chainsaw Man, beberapa hal dasar manusia yang sebenarnya hal-hal simpel dan relatable. “Oh kamu mau pegang payudara juga ya min? Mau jadi anjing Makima ya min? Mau keinginan degenerate ini itu ya min???” Iya deh, terserah kamu nangkepnya kayak apa yak~ I mean, punya pola pikir “semuanya mudah kok kalau kita berusaha keras”, nggak harus dihubungkan sama pegang payudara, ke semua hal bahkan ke hal terkecil pun juga bisa.

Ke depannya kita juga bakal sering lihat betapa manusianya seorang Denji, karena big arc part 1 itu memang fokus ke Denji dan kemanusiaannya. Denji ini memang didesain sedekat mungkin dengan Tatsuki Fujimoto, makanya bisa jadi karakter semanusia ini, dan ini bukan Tatsuki Fujimoto sendiri yang bilang. Mantan asisten sekaligus sahabat karibnya, Yuji Kaku, mangaka Jigokuraku, juga pernah bilang kalau ada banyak kemiripan antara Denji dan Fujimoto ini.

Ngomong-ngomong Fujimoto, dia dengan mudahnya yak nyebar lore cerita secara cuma-cuma. Ngulang tulisan Kap di atas, Fujimoto konfirmasi kalau prank si kakak adik tuh ngolesin tinja ke muka Aki pas tidur. Dia sebarnya di akun Twitter yang dia roleplay jadi adik perempuannya (yang sebenarnya tidak pernah dia miliki) dong, tapi memang di jam penayangan anime dia bilang kalau dia yang megang itu akun buat tweet live reaction. Padahal bisa saja ini jadi konten bonus rilis jilid gitu, biar yang beli berasa worth it, kayak SBS-nya One Piece gitu, lol~ Saya mau ngomongin Twitter Fujimoto lagi di bahasan manganya di bawah, tapi awas spoiler buat yang nonton animenya saja.

Soal kualitas adaptasi, ngerasa agak turun nggak sih? Waktu frame Aki nunjukin peluru Gun Devil ke Himeno dari dalam Fish Devil (yang memang iya Devil itu referensi Gyo dari Junji Ito), kayak setengah jadi gitu. Shihei Lin juga nggak gubris bagian tersebut sambil bandingin sama panel manganya. Itu saja sih sebenarnya yang agak ganggu saya, tapi memang di manga panel itu Aki digambarnya jelek juga, ikannya doang yang wew. Kelihatannya sih yak buat jualan BD, yakin banget itu jadi salah satu dari banyak frame yang bakal di-fix/dipermak di rilis BD. Di Indonesia import BD anime yang biaya tambahannya murah di mana sih?

Kalau soal penayangan simulcast di Indonesia nontonnya di mana, tayang simulcast-nya eksklusif di Prime Video Indonesia yak! Chainsaw Man ini setidaknya bakal ada di layanan berbayar sampai Januari akhir, penayang yang kebanyakan gratis pun belum konfirmasi juga kalau seri ini bakal tersedia di sana gratis atau nggak. Ingat, hanya di Prime Video Indonesia, dan tolong rating penontonnya dibaca kalau seri ini untuk 18+ yak, jdi tolong jangan dengan bangganya pamerin kebodohanmu di sosial media~

Shinobi no Ittoki 06

Kaczmarek

I’m sorry but this is the first time a ninja girl could charmed me to death. I’m sorry if this is not  necessary, just to proclaim something from my heart obviously. Acara keluarga memang senjata yang bisa dipake para tetua untuk nunjukin realita yang berat, kalo disini ibunya Ittoki ke Ittokinya sendiri. Paling enggak ada flashback yang bisa nambah konteks dari masa lalu Tokisada disini, dan ia hampir ngelakuin Uchiha Itachi. Kita dapet sekilas soal macem-macem ninja disini, termasuk spesies bunny, clown, atau joker.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 06

Kaczmarek

Chocolate day yang gak Chocolate day amat. Sekali lagi perhitungan Cid masih lemah, namun di suatu momen ia lebih beruntung karena bisa menyadari hal itu dengan dateng ke TKP. Sherry si gadis polos ini sayangnya bakal berhadapan dengan kenyataan lainnya selain tuntutan sosial di masa remaja. Ayahnya sakit, jadi death flag sudah obvious kan? Tapi ini bapaknya jijik bener abis nutupin batuknya pake telapak tangan kanan trus diusap ke pala anaknya sendiri. Tinggal gimana Cid dkk melindunginya walau bukan hal remeh. Gak nyangka Nu diisu Mayayan sih, kirain bakal seiyuu debutan.

BlueHeaven

Saya lupa ini bapaknya aslinya baik atau jahat. Kesan senyumannya kayak “Ah it’s another shadow enemy, kah?”. Gamma jatuhnya lebih ngelawak daripada manganya. Masalah boker di jalan itu berjalan dramatis sesuai harapan Cid. Heroine baru memang selalu menggoda setiap kali debut.

Ren’ai Flops 06

Kaczmarek

Buset dah, gak nyangka ada referensi Chaos;Child yang kepake di seri romcom ini. Saya gak bisa bilang ini romcom lagi sih, tapi nambahin tag suspense juga. Sosok paling misterius diantara heroine ini akhirnya terungkap. Bloody Tiger dan entah kenapa Mongfa-sensei ini kayaknya bukan manusia sungguhan, melainkan cyborg. Itu impresi pertama saya di awal segmen episode ini. Dan wtf was that fragment of memories? Ini kepingan puzzle yang belum juga ngungkap Asahi sebenernya.

BlueHeaven

Padahal episode khusus Mongfa, tapi fan servicenya masih rada kurang dibanding episode onsen minggu lalu. Malahan Mongfa yang ngiler lihat Asahi diiket BDSM. Apa coba tujuan penjahatnya ngiket Asahi begitu? Apa jangan-jangan…

Futoku no Guild 06

Kaczmarek

Hitamuki dapet skill baru buat nge-heal, tapi skill martial arts-nya masih jeblok. Kalo kudu kontrak fisik gitu, ya Kikuru kesenengan kalo harus di-heal atau nontonin lainnya. Omaga omaga omaga omaga omaga omaga, segmen keduanya astagaa. THEY ADAPTED THAT SCENEEEEEEE! Esyne gila bener jadi wingman dan anak sekaligus. Udah minta adek laki-laki juga ke ibunya yang masih ilegal untuk dinikahin Kikuru. At least, ceraikan dulu dah itu suami lu Enome.

Kantai Collection: Itsuka Ano Umi de 02

Kaczmarek

Bisa kita lihat ini mau dibawa kemana kan? Bagi para pemain lama, terutama yang maen di periode 2017-an, ini adalah event paling menyusahkan dari yang pernah ada. Bagi yang gatau, ya, itu Fusou dan Yamashiro versi abyssal. Surigao Strait nightmare is coming under! Ah satu hal, stretching di episode ini keliatan banget ya? Beberapa adegan dibuat layaknya film dengan frame berfokus pada aksi daripada dialog. Beberapa line di game juga dipakai, termasuk Michishio yang cukup memorable.

Arknights: Prelude to Dawn 03

Kaczmarek

A lot of easter eggs on this episode, tapi yang terbaik (versi subjektif) justru yang dikasih suara: Meteorite. Ya walau belum dapet frame jelasnya, waifu saya akhirnya nongol di anime. Sekarang saya bisa merasa bersyukur doktah diisi sama Yuuki Kaida. Ini juga jadi episode perpisahan Ace paling enggak sampe momen flashback. Pengenalan Rhodes Island yang informatif, dan Yuu Asakawa ternyata jadi pengisi PRTS. Frostnova akhirnya disuarakan, walau bakalan bentar doang oleh Ayahi Takagaki.

Visualnya saya gabisa berkomentar banyak, karena jauh di atas yang diperkirain. Terutama penggambaran Originium di Terra dan bagian-bagian dalam Rhodes Island. Gak sabar gimana mereka ngegambarin Lungmen dan seluk-beluknya.

BlueHeaven

NO, ACENG! MY CHAD DADDY! Rest in pepperoni. Setidaknya dengan ini rentetan peperangan bisa rehat sejenak. Ga sabar lihat lebih banyak karakter yang bakal ditampilin dalam anime ini.

Beast Tamer 06

Kaczmarek

Light issue cuman butuh small solution. Hal yang biasa dipake secara general, tapi kadang dilupain serial seinen, atau memang gak mau pake masalah ecek-ecek. Masalah utama soal komponen di awal seri ini udah mulai keliatan, yaitu formula plot yang terulang-ulang. Sayangnya ini gak bakal improve paling enggak sampe cerita dari volume keempat novelnya. Luna dan Sora officially joins Rein’s harem.

BlueHeaven

Senjata anime ini adalah gambar close up muka imut Kanade dan lainnya. Pertarungannya ya gitu aja. Ga ada yang spesial emang dari kemarin juga. Bumbu yuusha yang ingin mengalahkan Rein cuma pemanis aja. Setidaknya episode ini bisa kasih konsistensi buat apa yang diinginkan penonton. Kanade, Tania, Sora, dan Runa masih tetap imut.

Noumin Kanren 07

Kaczmarek

Huh, mimpi buruk di episode sebelumnya gak juga terobati di episode ini. Fase komedi di episode ini juga gak bisa nyembuhin, sampai di bagian intel. Paling enggak ini seri udah punya formula yang bisa diprediksi walau jalannya agak compang-camping. High-tier seiyuu, mid tier story.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 21

Kaczmarek

A better voice from Taneda Risa! Saya ngira ini udah fase musim panas rekaman suaranya, jadi efek pasca operasinya udah mereda. Kita juga dapet reuni Eruruu dan Hakuoro dalam wujud Iceman. Banyak plothole disini, termasuk kenapa si Eruruu disitu dan Hakuoro bisa ngobrol kayak orang biasa. Tapi kita fokuskan dulu sama kunci itu termasuk upaya Woshis yang aslinya kloningannya Mikado.

Kurangnya konteks soal Kamyuu di episode ini juga jadi pertanyaan. Kalo gak salah di VN si Saraana dan Ururuuu ngejelasin sedikit soal Kamyuu ini sebagai anak dari Tuhan Uitsualnemetia. Udah di-reveal di musim pertama, tapi buat reminder keknya lebih cocok sih.

Akhirnya dijelasin bahwa Project Iceman ini sebenarnya adalah kelanjutan True Humanity Project. Kalau Aquaplus dan Leaf nyiapin game baru dengan format 1,5 alias diantara Prelude to Dawn sama Itsuwari no Kamen, kayaknya plothole di beberapa poin di musim ketiga ini bisa ketutup. Tapi kita disiapin dulu ke prequel sebelum Utawarerumono itu ada, yaitu game Monochrome Morbius.

Mob Psycho III 06

BlueHeaven

Ekubo! Minggu ini emang kita dikasih lihat banyak pengorbanan dari banyak karakter di berbagai anime ya. Man, cara Bones ngeanimasiin pertarungan Ekubo melawan brokoli, itu udah top tier sasuga. Ekubo sadar yang selama ini dia inginkan bukanlah menjadi Tuhan atau semacamnya. Dia sadar karena setelah berjalan dengan Mob selama ini yang diinginkan hanyalah teman. Momen ketika Mob ngelepasin seluruh kekuatannya dan percaya pada Ekubo, itu luapan emosi yang luar biasa.

Ekubo akhirnya bisa ngendaliin Mob, walau itu mungkin akan menjadi terakhir kalinya. Cuci otak dilepas, ingatan orang dihilangkan yang berkaitan dengan kejadian ini. Semua yang dia lakukan penuh tanggung jawab atas semua yang telah dilakukannya sampai saat ini.  Benar-benar layaknya seorang pria.

Tensei shitara Ken Deshita 07

BlueHeaven

Ok, ternyata makan karenya diundur ke episode ini. Skill taker akhirnya dipake langsung juga di episode ini. Hahah, targetnya langsung kehilangan dua skill sekaligus. Btw, Fran tadi nyebut umurnya 100 tahun. Wah, jadi bahan, nih.

Akuyaku Reijou 08

BlueHeaven

What a plot twist. Ternyata bukan hanya Aileen yang tahu alur dari game ini. Makanya sejak awal ada yang rancu di arc pertama yang harusnya ada yang ngumpet di semak-semak pas transaksi jual beli demon, ternyata ga ada sama sekali. Sudah dari situ, lawan dari Aileen membuat langkahnya.

Diakhiri kemenangan besar Aileen atas arc ini, semua karakter diangkut pulang sama Tuan Putri. Emang cocok dah Aileen jadi kekasih pangeran iblis. That’s a 4/4 episode. Berarti selanjutnya adalah arc penutup penayangan anime ini yang berjumlah adil, 4 episode.

Bocchi The Rock 06

BlueHeaven

Setelah membuat semua orang berada di puncak hypenya, Bocchi The Rock minggu ini membawa angin segar dengan memperkenalkan seorang karakter baru yang cukup unik. Oneesan pemabuk satu ini punya style unik. Main bassnya pakai pick segede gaban yang biasa buat shamisen. Dia juga pakai sendal geta kayak ga ada beban. Roknya panjang kayak Ryou, tapi atasnya tipis banget pas dia buka jaket. Yabai sekali orang ini.

Bocchi dapet development yang mantep lagi di episode ini. Kalau kemarin dia belajar ambisi Nijika dan keberadaan teman satu bandnya, sekarang dia paham penonton itu bukanlah musuh. Sebuah pelajaran bagus dari senpai yang ngajarin Bocchi siklus kebahagiannya cuma di perputaran minuman. Tebak, berapa kali Kikuri menghabiskan minumannya dalam episode ini? PS: Informasi penting, Futari itu masih 5 tahun, ya.

Blue Lock 06

BlueHeaven

Melihat pertandingan menyisakan dua match lagi, satu akan menghadapi si pemuncak klasemen, wajar saja kalau tikus akan keluar dari sarangnya. Tidak lain dan tidak bukan yang menjadi pengkhianat adalah sang kapten. 3 gol yang dimilikinya kalau mau dipikir pasti sulit untuk dibalap sama pemain manapun di tim Z yang masih nyekor sebiji gol dari tiga orang. Reasonable enough buat melakukan pengkhianatan, bukan?

Airi masih dapat waktu tampil dengan nobar bareng Ego. Nice, biar ga sepenuhnya nontonin orang skizo main bola. 12 vs 10, apa yang akan dilakukan tim Z sekarang?

Die Neue These 43

Kaptain

Penasaran saya desain Huang itu emang sengaja disamain desainnya sama Yoshiki Tanaka selaku penulis seri. Dia bilang sendiri tema utama dari LOGH, antara Demokrasi Bobrok dan Tirani Kompeten mana yang harus dipilih? Seperti biasa politisi FPA ga keberatan gergaji lengan mereka sendiri kalau itu bagus buat rating, dan Julian yang makin naik posisinya jadi protagonis nih cerita akhirnya harus gerak secara independen. 

Akiba Maid Sensou 06

Kaptain

Masuk tengah musim saatnya eskalasi. Jalan mundur buat Nagomi udah ditutup via kematian Nerula, cuma saya pesimis ini bakal ngasih perubahan berarti ke Nagomi walaupun dia udah ngebuat salah satu maid yang sepenuhnya mihak dia kebunuh.

Anyway, ini emang 1999 jadi masalah Yakuza “modern” belum kejadian. Sepert yang bisa kalian lihat Yakuza udah dikit jumlahnya sekarang akibat biaya “relasi” dengan pemerintah, anggota yang menua, dan sumber duit udah kering. Ini juga berlaku ke Maid Cafe Akiba yang pada berhenti akibat pandemi dan regulasi yang lebih galak buat ngeredam cafe yang “bandel”. Penasaran aja AMS bakal nyampe nomongin itu juga apa nggak.

Spy X Family 19

Kaptain

Paruh pertama kurang lebih 15 menit joke “dies of cringe”, sementara bagian kedua tuh flexing kualitas produksi kayak kastil di awal tahun. Masih epsode jalan di tempat, tapi ya untungnya si pelakor akhirnya muncul di preview.

Pop Team Epic S2 07

Kaptain

Episode AC-bu, dengan kata lain sekuel dari Hellshake Yano. Flipping go watch it. 

Dandadan 81

CTian

AIRA, NO!!!! Ahhh tega banget Yukinobu Tatsu, parah. Saya bilang tega ya karena nggak mungkin kan tim karakter utama dari Dandadan dimatiin, apalagi Dandadan ini tipe cerita yang tiap arc pasti ada karakter baru masuk tim. Sekarang saya lihat karakter tuh lebih bagus dimatiin saja sekalian daripada babak belur dan kesakitan begini, bener deh… Tersiksa batinku tuh melihat mereka tersiksa begini (mulai dah, lebay banget, wibu!).

Anyway, desain karakter alien barunya mentah abis sih, gokil! Nggak ngerti kenapa Reiko bisa miss, padahal yang lain fire semua. Kayaknya Yukinobu Tatsu lebih suka nge-desain sisi Alien yak daripada Yokai-nya, kayak kreatifitas di Yokai terbatas banget, tapi buat Alien banyak dia ambil referensi dari kaiju atau monster yang sudah dikenal. Tadi itu menurut saya yak, tapi kayaknya sih Yukinobu Tatsu ini memang lebih ke tokusatsu geek dibanding penggemar hal-hal goib kalau lihat beberapa pernyataannya di interview.

Evil Eye nggak mungkin diam saja sih habis dijadikan samsak tinju kayak gitu, vengeance is coming! Heran Yukinobu Tatsu ini tega sampai panel Evil Eye dibantai dijadikan ajang pamer spread page, lol~ Evil Eye ini walau sebenarnya makhluk jahat, tapi dibikin sosok yang gentleman banget yak. Ya benar dia ogah lawan Alien karena sudah janji sama Okarun kalau dia cuman boleh berantem sama Okarun. Sebenarnya lebih ke karakter anak kecil juga sih, kayak “kalau nggak bandel nanti nggak dibeliin mainan lho!”, begitulah.

Aira dengan tenaga terakhir berhasil bawa dia dan Evil Eye kabur, dan saya yakin banget si ketua kelas kacamata bakal mungut mereka (ah masa bang, debut duo Aira sama Evil Eye saja gagal total~). Tapi saya yakin banget lah yang mungut mereka pasti bukan karakter lama, wilayahnya juga bukan wilayah yang biasa dilewati karakter-karakter lama Dandadan. Okarun kan masih pending match-nya, paling cepat baru gelut bab selanjutnya, duo nenek pasti nggak jauh-jauh dari kerjaan mereka, Momo kerja sambilan di tengah kota, Si Chiquitita sama bapaknya juga di wilayah peternakan gitu, jadi ya cuman karakter yang rumahnya daerah situ saja yang biasa lewat.

Ya sudahlah, saya nggak sabar bab berikutnya yang pasti!!! Semua bab manga Dandadan bisa dibaca di situs dan aplikasi MANGA Plus yak, gratis tanpa syarat! Buat edisi cetak Inggris jilid 1 juga sudah rilis awal bulan ini dan tersedia di toko buku import Kinokuniya dan Periplus. Konten bonus edisi cetak ini juga worth it sih, setidaknya lebih worth it dibanding Chainsaw Man.

Chainsaw Man 110

CTian

IWAE!!! Mari kita sambut sang raja Jump+, Tatsuki Fujigoato! Tatsuki Fujimoto memang GOAT lah masih bisa serialisasi mingguan ditengah kesibukan kasih izin sana-sini, adaptasi anime, tapi kualitasnya manga top tier banget. Bosan yak lihat saya sell out kayak gini terus? Ya udahlah yak memang Tatsuki Fujimoto itu seorang GOAT kok, terima saja /plak~ Tapi soal izin tadi memang benar, dia sempat nge-tweet kok di penayangan episode anime kemarin, “sampai lupa gw udah berapa kali ngestempel ini itu”.

Nah ngomongin Twitter, langsung saja masuk yang pengen saya omongin dulu, akun Nagayama Koharu dikunci Twitter, nooo!!! Iya, akun Twitter Tatsuki Fujimoto yang dia roleplay jadi adek perempuannya (yang sebenarnya dia nggak punya). Kalau saya baca sekilas-sekilas sih ya karena batasan umur pembuatan akun dan juga karena ini akun impersonate, kebetulan Elon lagi berburu akun-akun kayak gitu. Lho kok bingung ini dibahas? Ini sangat penting lho! Saking pentingnya sampai Shihei Lin harus turun tangan buat informasikan dan bantu-bantu Fujimoto juga buat balikin akunnya.

Terus tebak apa langkah Fujimoto berikutnya? Tentu saja bikin akun kedua seperti warga Facebook yang akun pertamanya kena zucc! Mangaka of our generation for a reason, saudara-saudara. Awalnya orang-orang nggak percaya sampai Lin-san juga belum ada konfirmasi apa-apa waktu akunnya muncul, terus sampai Fujimoto di akun barunya ngotot tweet kayak “Ini gw Tatsuki Fujimoto! Ini beneran Tatsuki Fujimoto!!”, dan bahkan juga di nge-tweet kayak gini di kolom reply tweet Shihei Lin, wkwkw~ Kalau penasaran langsung saja deh ke akunnya, @ashitaka_eva, dia juga sampai nge-tweet desain awal (baru) dari Aki, Chainsaw Man, dan Power. Lagi, ini bisa dijadikan konten buat dijual lho sebenarnya, gokil memang ini mangaka.

Merasa mirip sama cerita manga nggak sih? Lah ini kan ceritanya Denji di Chainsaw Man part 2!? Di mana Denji mau secara naturalnya yakinin orang-orang kalau dia itu Chainsaw Man. Denji itu memang Tatsuki Fujimoto dah, saya yakin kejadian ini bakal jadi bahan riset juga buat cerita si Denji di part 2 ini, life imitates art-nya meta parah. Iya iya balik ke cerita deh, Yoru pun akhirnya berhadapan dengan Chainsaw Man. Kan saya bilang apa minggu lalu, penampilannya Yoru itu bikin salah fokus, Denji pun terbengong-bengong kan ngelihatnya, malah jadi panel paling kino saya dari bab ini pula, LMAO!~

Tapi yak tapi, ini nih bagian favorit saya. Denji langsung nggak peduli sama penampilan Yoru, dan fokus balik ke tujuan utama dia saat ini. Jadi waktu si perundung bangun habis ditangkap Yuko, dia langsung yakinin kalau Chainsaw Man ini nggak makan orang, sama dia mau buka identitasnya tuh di situ biar si perundung yakin, kan jadi natural tuh yak. Di situ saya langsung mikir “HE PUTS HIS PRIORITIES FIRST!!!”, nah ini dia yang saya suka banget sama Denji, dia beneran fokus sama target yang dia kejar! Mungkin kamu nggak ngerti kenapa saya bisa sesenang ini, tapi jujur saja saya senang banget bisa lihat karakter se-well written ini.

Tapi ya tentu saja sobat, ada saja halangannya. Yoshida, kamu ngapain saja sih. Dia juga nempatin prioritas utamanya lebih dulu sih, ya tugasnya memang jangan biarin Denji buat sebarin identitasnya sebagai Chainsaw Man. Jadi ya bukan buat melindungi sekolah dari serangan Devil atau apapun lah yang celakain orang-orang, ya fokus ke tugas yang dikasih ke dia saja. Ini fanfic Yoshiden(?) juga makin rame gara-gara adegan Yoshida gagalin usaha Denji, ya bukannya saya apa-apa yak soal ini, no comment saja deh~

Cerita bab ini ditutup baik dengan aftermath dari serangan Yuko, korban, sampai gibah yang jadi kesebar karena kejadian ini. Korbannya 4 katanya, saya penasaran ini 2 lagi siapa, semoga bukan si gadis bertopi misterius itu yak. Asa juga masih diteror dengan rasa bersalahnya karena secara nggak sengaja ngebunuh Bucky. That face when she wakes from the nightmare, terus muka Yoru yang sudah tidur pulas, aduhh gemes /plak! Tapi kayaknya tentang rasa bersalah Asa ini bakal jadi development panjangnya dia.

Terus, Fujimoto balikin lagi adegan ikonik “pintu” yang saya rasa ninggalin trauma besar ke banyak pembaca manga. Adegan pintu ini saya lihat sebagai metafora yang punya arti “apakah lu terima hal buruk yang ada di balik pintu itu, atau akan lu lupain begitu saja menutupnya rapat-rapat?” makanya Denji segan buka pintu itu, dan Asa buka pintu itu dengan mudahnya karena dia mau menerima sosok Yuko, seberapa buruk kondisinya. Ah maaf kalau terkesan sok teoritis, tapi itu pendapat pribadi saya soal adegan “pintu” yang digambar Fujimoto ini.

Tentu saja tidak sabar dengan bab selanjutnya, walau saya rasa bab berikutnya bakal fokus ke obrolan Asa dan Yuko saja. Manganya bisa dibaca di MANGA Plus yak gratis, rilis jilid Indonesia juga sudah direncanakan buat rilis Januari 2023! Dikit lagi sentuh 1 juta view nih di sana, ayok bawa Chainsaw Man ke angka 1 juta lagi di MANGA Plus!

Genshin Impact

Kaptain

Ini Nahida performa Bannernya naik tiap hari agaknya karena performanya yang bagus di Archon Quest ya? Entah ini juga apakah karena Archon sebelumnya tuh unimpressive di performa dan begitu dapat Dewi yang kooperatif, kompeten, dan ngasih momen emosional yang kuat dirinya jadi naik banget nilainya. Baguslah workflow Mihoyo udah cukup sreg jadi ga ada kasus Sangonomiya sama Yae Miko yang mesti ngasih presentasi konten yang ga jadi diimplementasi.

So there you have it, payoff yang bermutu dari plotpoint quest Sumeru sejauh ini dan Gnosis juga kali ini dicolong dengan alasan yang bagus. Momen penting buat saya tuh Traveller yang bisa minta Paimon tutup mulut biar dia bisa ngobrol secara berarti sama si antagonis arc.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Twinpoo