[JOI Spotlight] Electrochemistry Edition

December 18, 2022 20:33
[JOI Spotlight] Electrochemistry Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada paruh akhir Desember ini. Seperti biasa mari kita saksikan impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir minggu ini.

Chainsawman 10

Kaptain

Karena ini didukung akting seiyuu, keliatan banget Aki ngerasa sisa 2 tahun dia tuh kelamaan buat orang yang udah kebanyakan trauma ini. Karakter yang basisnya Mads Mikkelsen diperanin sama Kenjiro Tsuda. Ini ngasih dia maximum tired old man power dan dia dengan sukses ngelumat duo binatang liar.

CTian

Satu hal yang paling saya salut dari episode ini adalah behind the scene-nya. Adegan Kishibe nendang Denji itu pakai referensi yang gokil banget. Jadi animator yang bertanggung jawab sama adegan itu ngerekam dirinya sendiri dengan skill Taekwondo yang seadanya, buat dijadiin referensi adegan itu. Lengkapnya di tautan ini, asli ini keren banget buat saya.

Episode ini sebenarnya nggak punya adegan yang “woww, this is anime of the year!”, tapi untung akting-akting seiyunya bantu banget. Kishibe yang akhirnya muncul penuh ini badass parah, nge-cast Tsuda Kenjiro jadi Kishibe ini udah satu hal yang nggak bisa diganggu gugat. Sayang bukan Mad Mikkelsen beneran yang suarain Kishihe versi dub Inggris. Kalau kesampaian, saya yakin Fujimoto kegirangan banget pasti.

Tinggal 2 episode, saya bakal nikmatin finale ini sebagai fans. Walau ya kebanyakan kamu pasti tahu lah keadaan sosmed soal seri anime musim gugur 2022 kayak apa. Berharap juga ada tease buat instalasi berikutnya di finale nanti.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 11

Kaczmarek

Cid kembali kena jebakan betmen dengan disuruh partisipasi di acara tahunan ini. Tapi yang paling mengambil sinar terang di episode ini justru malah Beta. Beruntung gue bukan bagian dari penggemarnya, tapi dapet sekilas scene Alpha disini justru udah cukup untuk nonton episode ini. Ada beberapa bagian orisinal anime-nya di episode ini, terutama saat Violeta nongol dan Beta ngegoda pendeta dengan tetek ged9enya.

Ah iya, tak lupa bahas dikit soal onsen. Terima kasih ke Daisuke Aizawa yang gak bikin Alexia menjerit-jerit layaknya cewek-cewek di kalangan atas. Ya mungkin ini pengalaman pertamanya liat excalibur laki-laki secara langsung, jadi ia cuman bisa terkagum-kagum dengan penjelasan Cid. Namanya juga lagi duduk, panjangnya belum maksimal. Tapi kalau sudah berdiri, sudah bukan disebut cacing lagi.

BlueHeaven

Whapacc!

Futoku no Guild 11

Kaczmarek

Baru ngeh minggu lalu gak ngangkat ini. Yaudah lah ya, kita ke episode baru aja. Hanabata ternyata gak sadar sama momen dia ngaktifin Frenzy, walau secara teknis dia harusnya bisa inget. Ini ibarat dia pindah ke masa atau fase manjanya dahulu dan apa yang terjadi episode ini adalah latihan buat ngendaliin itu.

Enome disini lagi, dan parahnya seperti si suster bilang, saat Hanabata dan Enome berkombinasi, Kikuru bisa kering. Kering disini justru output dari sandwich berupa onggokan daging dada yang dikombinasiin dengan obrolan maksiat durjana. Kikuru gak bisa menolak bahwa dia suka dada, secara garis besar, walau Enome sedikit kesel dengan pernyataan ini. Mereka juga make nyanyian non copyright yang cukup aman buat produksi kreatif. Esyne akhirnya punya adik baru bernama Hanabata.

Shinmai Renkin 11

Kaczmarek

Sudah saatnya bersama-sama mempertanyakan kapan ENGI mau nunjukin ciri khas animasinya di seri ini. Nah gue gak bicara delayed Kancolle episode yang akhirnya tayang lagi minggu ini. Di Shinmai Renkin episode ini (dan sebelumnya) kita bisa ngeliat beberapa scene dipoles lebih baik dari yang sebelumnya. Ke-enggak konsistenan ini yang saya maksud jadi ciri khas ENGI, walau resource mereka secara SDM sudah mulai naik.

Kita udah tahu mau dibawa kemana akhir cerita adaptasi ini, tapi yang patut dinantiin adalah penyelesaian dan teaser yang biasa dilakukan tiap seri adaptasi. Entah dengan karakter baru seperti Tensei Shitara da Ken, atau mau kebut macem Horimiya.

BlueHeaven

Kerja tuntas ENGI untuk anime ini. Semoga bisa dipertahankan yang seperti ini ke depannya.

Kantai Collection Itsuka no Umi de 04

Kaczmarek

Well, saya ngerti kenapa proyek ini sempat delay. Entah kenapa berasa mau all out good output, daripada hasil animasinya jadi meh. Namun ada beberapa silent moment di episode ini untuk nge-stretch skenario untuk bisa menuhin standar penayangan. Kalau mereka make seperti dua episode awal, saya gak memberi komplain. Apalagi kalo stretch-nya berupa scenery dengan material yang berasosiasi dengan Sasebo seperti crane, port, bangunan lampau, sampai pasar.

Agak kecewa Ooyodo gak dapet voice line di episode ini. Walau Isokaze sempet ngomong di episode awal. Yep, mereka berdua diisi Ayako Kawasumi. Agak kaget Hatsushimo yang manggil Shigure, sementara pemandangan lebih jelas pertama akhirnya nampak bagi Fuyutsuki. Preview untuk episode berikutnya bakal berpusat lagi di pangkalan, namun dengan intensitas lebih tinggi karena persiapan untuk sortie berikutnya.

Tak lupa juga, muka Admiral (Teitoku) akhirnya nampak di adaptasi ini yang diisi sama Ken Narita. Karena ini gak canon dengan versi 2015 dan movie 2017, saya kira teitoku dari dua seri sebelumnya berbeda dengan yang ini. Satu cincin gratisan sudah dipastikan berada di jari manis Fusou, sadly Yamashiro gak dapet keistimewaan ini. Akhirnya juga ada pemandangan penjaga pangkalan, kru pabrik, dan manusia lain di dunia ini. Hal ini jadi mengangkat bagaimana seorang kanmusu ini terbentuk layaknya jadi manusia ideal, sebelum menjadi kanmusu yang dimaksud.

Die Neue These 48

Kaptain

Penutup cour ini. Fezzan jatuh dan Rubinsky setelah bersih-bersih cukup pinter buat ngumpet. Tim Julian juga pada dasarnya ada di planet cuma buat ngehangusin HDD FPA, karena kualitas staf yang tersisa udah ga bisa diharapin lagi buat proses keamanan sesimpel ini.

Heil the De Facto Kaiser. Perang emang masih jalan tapi secara efektif FPA ga bisa ngejalanin perang di 2 front. Reindhart tetep aja ga santai karena nih orang cukup sadar kalau FPA juga masih punya Monster yang ngumpul di bawah Yang.

Akiba Maid Sensou 11

Kaptain

Thing is, dari awal udah ditekanin kalau Ranko itu monster yang bisa ngelumat satu pasukan maid. Jadi penutup ini walaupun dramatis ya kesannya nyuekin semua perkembangan yang udah ditetapin di awal demi drama akhir musim. Ini juga perkembangan Nagomi jadi ga keurus karena dari semua orang harusnya dia yang paling nyadar kalau sistem yang sekarang ga bisa diajak kompromi.

Saya ada firasat minggu depan dapet episode timeskip. Entah bakal double down di drama atau balik ke komedi absurd lagi.

Kaczmarek

Kalo bener Raikou gak terselamatkan, saya pengen Nagomi bikin rencana baru buat ngegulingin tirani dan tradisi maid ini. Minimal di Akihabara, karena kalo diliat dari fabrikasi masa lalunya, seharusnya budaya ini bukan hanya di Akihabara aja.

Isekai Ojisan 10-11

Kaptain

Arc onsen yang cukup baik hati buat ngasih latar kenapa bisa ada onsen lengkap dengan ryokan di dunia ini, yang tentu aja dicuekin sama si om karena di era sebelum story skip, ya pemain sejenis milih minggat sampe gameplay mulai. Di luar heart to heart sama Alicia soal “tanggung jawab” dia sebagai hero dengan cheat, diungkap juga kalau si om emang secara aktif nyari solusi buat balik ke Jepang. Which is fair karena di luar dunia yang nggak ramah juga dia kangen sama SEGA.

BlueHeaven

Baru mulai udah bikin ngakak. Itu temannya temannya keponakannya Ojisan salah kiranya asli bikin ga berenti ketawa ngelihatnya. Bisa-bisanya dia nurut buat stay kemudian diusir dalam waktu 5 menit. Saya ingin melihat karakter ini lagi tetapi minggu depan sepertinya fokus buat ngelanjut ingatannya Ojisan di onsen.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 26

Kaczmarek

12 episode terakhir, saya bisa nilai gimana performa sutradara adaptasi ini. Paruh pertama: 8/10, paruh kedua: 6/10. Banyak ruang yang bisa ditaburin godokan material cerita intinya, namun sayangnya beberapa hal miss atau disengaja miss demi ngejar sesuatu yang kerdil. Sebagai pembaca VN, cour kedua ini jauh mengecewakan daripada cour pertama. Padahal cour pertama ini speedrun banget sampai episode 12-13an.

Kalo disuruh spesifik, kalimat perpisahannya Haku ini dipotong banyak yang bikin saya kecewa. Tapi ada easter egg tersendiri saat Haku nutup mata kirinya dan ngasih elusan ke kepala Nekone. Kuon, idk how to describe this, need more screentime than this.

Beast Tamer 12

Kaczmarek

Rein ini sebenernya sepuh, tapi merendah mulu gak mau dipanggil Hero. Udah resmi nangkep Nina, jadi minimal skuat final udah lengkap buat ke episode terakhir. Entah ini bakal ngelawan langsung si kelompok Hero atau gimana, atau mereka pake skenario orisinal dari sumber utamanya. Ini CG monsternya entah kenapa lebih low dari Noumin Kanren. 

BlueHeaven

Saya sudah mengeluhkan kualitas pertempuran di anime ini yang low effort. Memang tujuannya lebih menonjolkan keimutan beast tangkapan Rein. Tapi ganggu juga kalau cuma bikin motion sejenis terus copy pasta jadi segerembolan yang jalannya setempo. Aduh, mau tutup mata juga salah karena beberapa saat kalian bisa lihat keimutan para beast. Ending dah ketebak, tinggal gimana nasib Yuusha party yang planga plongo ga bantuin apa-apa. Masa satu kota polos banget ga ada yang boikot mereka, sih?

Arknights Prelude to Dawn 08 (End)

Kaczmarek

Slow paced adaptation ini akhirnya ditutup dengan enak. Adegan pertarungannya sih gak terlalu menonjol, tapi dari pemecahan masalah via dialognya yang mungkin bikin fans shounen/action kejang-kejang dikit. Paling demen tentunya dengan dinamiknya karakter-karakter yang jadi sorotan tiga chapter gamenya ini dalam bergerak sekaligus pengucapan dialog sama ekspresinya. Amiya yang paling ekspresif tentunya, sementara Franka di peringkat kedua dan di bawahnya ada Exusiai.

Konflik Misha-Amiya emang harus diakhiri secara objektif sih. Di satu sisi bisa mihak Misha, di satu sisi bisa mihak Amiya. Dialognya Chen disini juga vital bagi Amiya, terutama keadaannya bukan sebagai teman atau sahabat, tapi lebih ke rekanan aja. Ibarat senior ngomong ke juniornya, kalimat yang diucapkan Chen juga cukup berat bobotnya bagi si Amiya. Dia cuma ngedeskripsiin kenyataan, yang kadang Amiya lupain atau kesampingkan.

Spy X Family 24

Kaptain

Film sama season 2 diumumin, paling ya film buat arc kapal. Sesuai tradisi keluarga Forger, ritual romantisnya adalah ninju pasangan sampe jumpalitan. Ini juga Fiona kasihan banget udah di-shutdown total ngeliat dia nggak bisa dipercaya bisa ngebesarin anak. Bagian kedua episode fokus karakter yang susah diomongin dengan sehat. Semoga aja musim lanjutannya nih seri fanbasenya bisa lebih anteng.

Pop Team Epic S2 12 (End)

Kaptain

Jadi proyek ini ada biar Yuuichi Nakamura (中村優一) bisa diisi suaranya oleh Yuuichi Nakamura (中村悠一). The meme is complete. Ini klimaks yang setingkat sama Levar Burton yang akhirnya meranin Lance Reddick di Eric Andre Show.. Sesi Tokusatsu ngundang Sakamoto Koichi karena nih seri ga bisa berhenti manggil veteran buat flexing.

BlueHeaven

Respect untuk semua uang yang dihamburkan untuk menyelesaikan project ini. Saya speechless.

Mob Psycho 100 III 11

BlueHeaven

Agak kurang dijelasin ini Mob sebenarnya kenapa bisa sampai hilang kendali. Satu per satu esper kuat tumbang di hadapan kekuatan mutlak Mob. Bahkan Ritsu versi 100% ga bisa menghentikan kakaknya yang tercinta.

Minggu depan giliran Reigen yang hampir kelihatan ga pernah kalah. Tsubomi juga masih tolol nunggu di taman padahal bencana sudah di depan mata. Oh ayolah, common sense!

Renai Flops 10

BlueHeaven

Mongfa!!! No!! I didn’t sign in for this! Emang saya ngerti kalau bakal ada kejutan setelah leak realitas sebenarnya di anime ini. Tapi ga lenyap pula kali karakternya. Mongfa itu best girl. Walaupun Aoi sama Ai LSBH yang tipe kesukaan saya, mana bisa saya rela guru cantik dari Tiongkok jadi korban pertama. Kalau ada first blood, kemungkinan bakal ada selanjutnya. Jangan bilang nanti semuanya pada dead.

Kaczmarek

Tenang, datanya si Mongfa masih bisa di-backup. Ditambah kita masih ada kesempatan di Aoi yang bisa aja bantu ngapus itu sistem erasernya. Kalau enggak, saya kecewa dan sedih dengan skenario satu per satu AI ini diapus dari dunianya.

Tensei Shitara Ken Deshita 12 (END)

BlueHeaven

Bakal kangen sama keimutan Fran. Ternyata, oh ternyata. Amanda itu orang yang membesarkan kedua orang tua Fran. What a coincidence.

C2C please.. Tsukimichi sama Tenken itu isekai yang punya cerita cukup bagus dan diadaptasi cukup solid. Saya harap bisa sekuelnya bisa sebagus season pertamanya..

Bocchi The Rock 11

BlueHeaven

Ini sutradaranya punya ide entah darimana. Kalau bendungan buat gantiin muntah okelah bisa dipahami, lah ini Bocchi 3D render T-pose maksudnya apa? Tapi justru di situ letak lucunya. Ga jelas, tapi lucu. Saya ga ngerti, tapi ngakak. Kita-chan juga ga bisa dihentikan mode bersinarnya. Cara ngecut episode ini juga terkesan ada sesuatu yang sengaja dibikin menganjal. I mean, mereka sudah tinggal perform dan bakal dilanjutin di last episode. Itu saya ngerti. Tapi perlu banget ada 3 frame yang nampilin rumah Bocchi yang dijaga anjingnya baru terus masuk ke lagu ending? Benar-benar out of the box sih directingnya.

Kaptain

Seri Kirara mandat utamanya itu nunjukin reaksi imut para karakternya. Tapi ini staf produksi kesannya nantangin PTE S2 soal flexing kualitas reaksinya yang ga pernah bisa santai.

Blue Lock 11

BlueHeaven

And that’s the end of 1st selection. Kemenangan mutlak untuk Tim Z yang emang mau ga mau harus menang. Si Ego cerdas juga. Membuat semua tim menganggap mereka itu di bangunan dengan level paling bawah. Dengan segala tekanan yang ada, para striker muda bisa berevolusi menjadi pemain yang lebih baik. Itoshi Rin akhirnya debut di episode ini. Cour kedua akan membahas jalannya 2nd phase selection. Ga sabar perpecahan apa lagi yang akan ditampilkan di cerita selanjutnya.

Dandadan 86

CTian

Selalu peak setiap minggunya, sampai heran. Semua bahasan saya bab lalu juga kesampaian kan, Serpo beneran gencatan senjata, terus ternyata Alien penjajah baru ini beneran penjajah baru dari galaksi yang jauh ssekali. Habis itu kita pembahasan soal gimana mereka bisa datang, tentu saja Yukinobu Tatsu menulis ini, lol!~

Komentar saya di MANGA Plus buat Dandadan juga akhirnya masuk hot comments, top global pula. Saya tulis soal duo yang tidak terduga ini dan saya sudah suka banget sama chemistry mereka. Sebelum nama resminya disingkat jadi Serpo, saya sudah sebut duluan lho yak, hehe~

Karena hal ini, sudah dapat dipastikan, Dandadan ini bakal jadi serial “overrated” berikutnya dalam 1-2 tahun mendatang! Jadi, silahkan menikmati seri ini selagi bisa yak. “Sebelum jadi “overrated”, saya sudah jadi fans Dandadan!”

Penutup, sekilas info, Dandadan bakal diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media! Belum ada pengumuman/postingan resminya memang, tapi kemarin salah satu editor senior komik Elex Media sudah konfirmasi mereka bakal terbitin Dandadan. Satu lagi koleksi manga import saya hancur sama penerbit lokal, tapi bagus lah, jadi bisa lebih hemat dan akhirnya bisa menikmati Dandadan dengan bahasa ibu!

The Ichinose Family’s Deadly Sins 5

CTian

“Satu bab isinya wholesome!? Nggak nggak nggak, ini pasti bukan Taizan5 yang bikin bab ini!” setidaknya itu mayoritas komentar pembaca di MANGA Plus, lmao~ Jadi akhirnya diulur dulu masalah Tsubasa soal jadi suram ini. Dia belum tahu masalah sebenarnya, tapi setidaknya dia merasa ada yang salah sama hal yang dia lakuin sekarang.

Saya suka banget sama penulisan Taizan5 soal drama manusia. Karena hal-hal ini tuh beneran ada di sekitar kita. Juga cara dia gambarin konflik batin tuh nyeni banget ahhh, saya suka adegan Tsubasa amnesia ini duduk sebelahan sama Tsubasa yang dulu. Background-nya kamar Tsubasa yang kurang lebih seperti itulah wujud hati Tsubasa yang dulu tuh kayak apa.

Bab selanjutnya kita bakal dapat cerita si adik perempuan. Saya tahu dari komentar/catatan editor di bagian terakhir babnya, tapi sayang nggak ditranslasi di rilis Inggris resminya. Kayaknya cerita Tsubasa ini bakal dijadiin jilid 1-nya, semoga ke depannya juga kurang lebih bakal dibikin 1 jilid tuh 1 anggota keluarga, terus s

ampulnya kayak Takopi’s Original Sin yang satu sampul 1 karakter. Oh ya, jilid 1 Takopi’s Original Sin bahasa Indonesia dari m&c! sudah beredar pas tulisan ini dirilis~

Chainsaw Man 113

CTian

Happy 4th anniversary!!! Bahasnya di bahasan bab 114 saja lah yak, saya masih baca dialognya Asa soal anemon laut.

Neural Cloud

Yang di atas bocor di KR. Sekali lagi Delacey tuh bait banner buat Hatsu selaku best in slot posisi Warrior untuk waktu lama.Lagi balapan nyoba nembus level 40 Black Hole sebelum Copeley nongol.

Sekalian ngomong GFL deh. Ini via client baru yang lebih enteng jadi aneh ga harus daily production lagi. Ini juga sekarang udah gampangan nyetok Fairy via production khusus. Secara pribadi ga ada minat keluar duit buat pass sampe bagian Liu dateng.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Gunjima