[JOI Spotlight] Nuts no Ko Edition

April 16, 2023 19:57
[JOI Spotlight] Nuts no Ko Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang harusnya sudah melingkup hampir semua seri musim semi. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri minggu ini.

Oshi no Ko 01

Kaptain

Untuk sekarang, saya punya respek tersendiri sama fanbase manga nih seri, yang bisa nyembuiin ini seri soal apa sebenernya sebelum episode pembuka rilis global. Episode awal juga pake durasi film jadi ya bisa langsung masuk ke hook utama nih seri. Berita bagusnya, big reveal nih seri ga cuma nih kasus aja, berita buruknya ya penonton baru mesti ngelakuin total info lockdown buat ngehindarin reveal gede selanjutnya.

Selagi timeline jalan ke depan buat majuin progresi misteri, kita bakal dapet komentar Akasaka soal kondisi industri hiburan Jepang. Walaupun ini temanya emang idol ya seri juga jujur kok margin sama prospek nih profesi tipis banget. Untung aja Aka Akasaka terbukti cukup melek sama tren kontemporer. Dia ga nulis karakter main game di gameboxstation 4, dia nulis “Ishigami main APEX sama grup discord dia”.

Ngeliat ini dah jadi mainstream hit nih musim, harapan saya cuma biar para penonton lebih melek soal berbagai kompromi untuk ngejual produk hiburan. Biar orang yang komen “Lho kok ini seri yang ratingnya bagus di situs X ga dapet season lanjutan” lebih ngurang.

BlueHeaven

Cerita yang dibawakan Oshi no Ko adalah produk fresh yang belum pernah ada sebelumnya. Sejauh ini industri idol digambarkan dalam kebanyakan anime sebagai industri yang mengutamakan kemurnian, baik itu di atas panggung atau di luar panggung. Ada beberapa yang mencoba menggali sisi gelap dunia idol, tapi tidak pernah menampar realitas sampai segininya. Mana ada cerita tentang idol hamil, terus punya anak kembar, lalu lanjut karir bertahun-tahun setelah lahiran? Jadi, dari segi cerita, Oshi no Ko punya keunggulan yang tidak pernah dimiliki anime manapun.

Akasaka Aka cukup cerdik menulis cerita yang bisa menusuk cepat ke permukaan serta mematahkan label Kaguya-sama dari dirinya sendiri. Tidak mudah menciptakan sebuah cerita baru yang lebih bagus dari ceritamu sebelumnya yang dicap oleh sebagian orang sebagai salah satu serial romance terbaik di dekade ini.

Banyak keraguan juga terlebih khusus pada studio Doga Kobo yang lebih sering mengadaptasi anime moe dan YOASOBI sebagai penyanyi lagu pembuka. Sekarang semua itu pecah dengan adaptasi megah sepanjang satu setengah jam ini yang mengudara nyaris tanpa cacat. Doga Kobo memang banyak membuat anime bagus, tapi belum pernah sampai hit seperti ini. Bahkan mereka berhasil membuat adaptasi anime lebih terasa feels-nya meskipun penonton telah mengetahui cerita dari manganya. Demikian pula untuk YOASOBI. Mereka bagus dalam membuat lagu yang bisa bercerita, tapi belum ada anisong sebagus ini yang pernah mereka rilis.

Oshi no Ko berhasil membayar seluruh ekspektasi tinggi yang diarahkan ke adaptasi ini. Tidak ada orang normal yang bakal bilang “Oshi no Ko itu anime jelek.” Kuat di semua departemen, hampir tidak ada celah untuk mengkritik adaptasi Doga Kobo satu ini. Jika Oshi no Ko menjadi anime terbaik sepanjang masa, saya tidak akan protes untuk penempatan itu.

CTian

Kayaknya kepanjangan ya kalau saya masih harus bahas lagi. Ya pokoknya setuju lah sama semua hal bagus yang ditulis di atas~ Kuat banget prologue-nya, beneran agak laen, nggak ada celah juga dari saya. Cuman berharap adaptasinya bisa terus sebagus episode 1 ini, atau bahkan lebih bagus lagi dari ini. Sebenarnya pengen banget bisa nonton episode ini di bioskop.

Tambahan dari saya sih paling kalau penasaran banget sama ceritanya, bisa ke aplikasi MANGA Plus buat baca gratis semua babnya dalam bahasa Inggris atau beli manga bahasa Indonesianya dari penerbit m&c!, sudah sampai jilid 7 saat episode 1-nya tayang.

Konosuba Bakuen! 02

Kaptain

Baguslah sesuai dugaan saya ini improvisasi menarik ditambahin. Emang mesti usaha ekstra ngeliat sumber reaksinya dari Megumin aja. Makanya saya ngarep ini dikebut biar nyampe ke kota selanjutnya secepet mungkin ngeliat “Cringe Powered Village” bakal ceept usang sebagai sumber komedi.

CTian

Saya pikir spin-off ini nggak bakal berasa feel Konosuba-nya karena cuman ada seperempat cast utama, ternyata gobloknya masih penuh, wkwkwk! Bakal nonton terus sih buat asupan komedi goblok mingguan, sambil berharap seri utamanya dapat lanjutan setelah ini.

Kaminaki Sekai 02

Kaptain

Nah gini dong, Yukito selaku protag cuma butuh 2 episode buat ngalamin Ethos via kesadaran kalau semua penderitaan dia selama ini terjadi karena dia terlalu pasif. Ini juga dari inisiatif dia sendiri dan bukan dari Mitama. Sekali lagi saya bisa nolerir kualitas produksinya ngeliat nih adaptasi jelas ga mau borosin waktu. Pas saya ngebandingin sama sumber materi, jelas juga ini staf cukup paham soal timing.

BlueHeaven

Episode 1 masih bisa alasan itu makhluk namanya strange beast. Episode 2 mana bisa pakai alasan petnya Aruaru adalah strange beast juga? Udahlah hopeless buat semua makhluk selain manusia palingan dibikin 3D GCI semua.

Idolm@ster Cinderella Girls: U149 02

BlueHeaven

Sering-seringlah dikasih beginian sepanjang seri ini. Biar ga selalu fokus di kegiatan bocah-bocah, tapi bisa lihat kelakuan kocak seniornya.

Iseleve 02

BlueHeaven

Ok, straight to the point: animasi satu episode ini ampas. Too much close-up shot, less motion. Hobi banget sutradaranya pake fade out ke black setiap transisi. Ceritanya juga belum bisa menunjukan sebuah kesan kuat di titik ini. Semua berjalan terlalu lancar dalam cerita dengan balutan animasi seadanya.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 01

What’s This?

Definitely not another Akuyaku Reijou

BlueHeaven

Memiliki kemiripan dengan alur cerita akuyaku reijou tensei pada umumnya, tidak membuat anime ini hasil copy pasta dari seri lainnya. Beberapa hal baru ditunjukan dengan karakter yang diperankan hanyalah tumbal plot device di awal cerita, bukan jadi karakter yang death flag pada bagian klimaks. Raeliana juga memiliki aura berbeda dari FMC sejenisnya. Ya, niat hidupnya beda kalau dibanding sama Bakarina dan semacamnya. Tatapan seriusnya, beuh, that’s the selling point. I’m sold.

Bofuri S2 11

BlueHeaven

Biar ga lost track, saya tetap laporin hasil nonton saya minggu ini (actually cuma buat ngelihatin scene keren dari episode ini). Makin mengerucut itu, malah makin ramai warna-warni cerita Bofuri. Selalu menyenangkan setiap kali melihat Maple mengerjakan event bersama rekan-rekannya. Walau hasilnya bisa diprediksi, aura menyenangkan saat bermain game itu nular ke penonton.

CTian

Itu tolonglah yang jaga markas, kalian tuh cuman NPC jangan banyak tingkah~ Terus, tentu saja Maple menyadari kalau dirinya adalah monster, ngakak pas dia bingung lihat dirinya sendiri di wujud boss dungeon-nya. Ndak pernah bosan saya bilang kalau Bofuri tuh beneran anime yang fun banget, sayang sudah mau season finale lagi, berharap sekali bakal ada pengumuman buat season berikutnya!

Kizuna no Allele 02

BlueHeaven

Ga kaget kalau ada adegan beginian dalam anime ini. Makin kecil harapan saya buat dapetin proper story dari anime ini. Jangan heran kalau ini anime tiba-tiba ngilang di spotlight karena saya mager buat nonton mingguan. Mungkin marathon saat tamat bisa jadi opsi.

Isesuma S2 02

BlueHeaven

Finally, a story. Walau niat nonton saya untuk anime ini masih belum di mood terbaiknya, episode ini ada nilai lebih dibanding sebelumnya yang lebih banyak servis kipas angin.

Tensei Kizoku 02

BlueHeaven

Contoh yang buruk dalam menampilkan time skip. Ga ada transisi yang pas tiba-tiba udah 3 tahun berlalu. Ini mau balapan F1 atau gimana? Lebih baik skip atau cut beberapa bagian cerita orisinal daripada nampilin cerita sengebut itu. Dikira cerita itu kuda apa, harus dipecut supaya lari terus?

Kuma Kuma Kuma Bear Punch 02

BlueHeaven

Cerita berjalan dengan semestinya. Alurnya juga sudah pas, tapi tidak ada yang begitu penting untuk dibahas. Saya bakal tetap nonton ini sampai tamat, hanya saja tidak menjamin setiap minggu ditulis impresinya. Santai dulu ga sih?

CTian

Ini anime kalau dipikir meta juga yak. Kayak, di episode ini, si Yuna diremehkan banget karena penampilannya yang absurd tapi ternyata kuat. Terus real life-nya, orang ngira ini anime moe moe, isekai action ngawur, padahal ceritanya sendiri punya topik bagus. Kayak contoh, bertanggung jawab sama pekerjaan yang diambil. Basic life memang, cuman coba ditelaah lagi deh maksud saya kalau nonton~ Don’t jugde book by it’s cover, gitu pokoknya.

TL;DR: Kawase Maki seiyu top.

Kimi wa Houkago Insomnia 01

What’s This?

Yofukashi no Uta versi realistis

BlueHeaven

Terus terang saja, memang sudah seharusnya ada polisi yang bakal mengancam proses anak remaja jalan-jalan tengah malam. Ga usah Jepang, Indo aja ada patrolinya kok. Dibanding Yofukashi no Uta yang lebih menonjolkan scenery, anime ini lebih berisi untuk bagian karakter dan cerita. Beberapa teman sekelas MC bahkan punya daya tarik yang cukup sebagai support character. Mungkin saja ini anime wisata malam hari yang bisa dinikmati oleh anak siang seperti saya.

Ao no Orchestra 01

What’s This?

Edukasi musik sejak dini

BlueHeaven

Agak kasihan aja sih, tiap kali ada cewe main violin, bawaannya pasti nyeret Kaori. Jelas-jelas ini MCnya bukan Kousei, mainnya violin juga. Cuma emang ga bisa dipungkiri, Aono punya masa lalu yang senada dengan Kousei, sama-sama masa kecilnya dihabiskan buat berlatih musik doang. Ya, model kayak gini sepertinya juga umum untuk anak musikus terkenal. Cuma ituloh, Akine bukan Kaori. Orang mainnya aja soak begitu.

Birdie Wing 15

Kaptain

Better. Long term hook via Aoi yang kena Golf Cancer dan risiko kalau pasangan utama kita ini kakak-adik. Oke yang terakhir emang ga terlalu masalah ngeliat jenis pasangannya, tapi ini juga ngasih petunjuk kalau Amuro kemungkinan besar punya hubungan lebih dekat sama Aoi. Udah jelas juga ini para dinasti golf juga dipasangin demi kepentingan bisnis daripada cinta.

Baguslah ini anime juga bilang langsung kalau masalah mafia belum selesai ngeliat underground golfer baru masih dikenalin.

Ousama Ranking – Yuuki no Takarabako 01

Kaptain

Jadi ini musim khusus buat ngeadaptasi materi yang ga muat di musim pertamanya. So yea ini musim buat filler. Sesuatu yang bisa saya lewatin ngeliat saya cuma peduli sama kelanjutan petualangan Bojj.

BlueHeaven

Straight to low priority. Wajar karena ini side story yang tidak wajib diikuti. Kecuali kamu fans seri ini, silakan diikuti. Sejauh ini amanat yang disampaikan dalam episode awal bukan barang baru, jadi harusnya ga spesial juga.

Magical Destroyer 02

Kaptain

Baru ngeh ini tema mahou shoujo-nya emang sex, drugs, & rock & roll. Saya lebih respek saat sebuah episode itu buat flexing kemampuan produksi studio yang nggarap. Ga ngarep saya ini seri bakal bisa konsisten, tapi paling nggak sejauh ini emang episodenya ga bosenin.  Kejutan buat saya sebenernya buat seri dari JP yang punya stigma besar sama semua jenis narkotika, unik juga ini sadar kalau beberapa narkotika itu membantu banget buat pemulihan mental.

BlueHeaven

Misteri obat apa yang dikonsumsi penulis cerita Sangkuriang sepertinya bisa kita temukan jawabannya jika bertanya dengan penulis cerita anime ini. I see the motion, it’s wow. Tapi untuk poin cerita jadi malah lari kemana-kemana. Dibilang jelek sih enggak, secara cerita Sangkuriang bisa bertahan dengan jangkauan waktu yang sangat lama. Memang cerita absurd model begini agak susah masuk dengan tipe penonton yang menuntut kejelasan cerita seperti saya. Yang saya takutkan, ini bisa menjadi Akiba Maid Sensou yang dicap ampas bagi saya. Ending songnya ga bisa saya skip, btw.

Kaczmarek

Berasa nyobain kecubung pertama kalinya dan ngejalanin hidup di kemudian hari dalam keadaan melayang. Yep, ini otaku in acid story.

Kawaisugi Crisis 02

BlueHeaven

Stuck baik yang di bumi maupun di ufo. Minggu depan baru seru dengan kedatangan dua tamu baru ke bumi. Pastikan kalian melindungi tanah air, wahai hewan-hewan imut!

Yuusha ga Shinda 02

BlueHeaven

Turut berduka cita untuk demon yang sempat jadi ally Touka. Kultur stocking masih jalan terus. Cewe ketiga otw muncul di episode 3.

Edomae Elf 02

BlueHeaven

Wisata kuliner buat hikki elf mageran. Karena referensi daerah kental, jadi agak susah buat dicerna bagi orang di luar Jepang. Yang pasti ngelihat ekspresi dumbo elf ini cukup menyenangkan. Koma juga aura ikemennya terasa, nice support.

Rokudou no Onna-tachi 02

BlueHeaven

Saya ingin mengoceh beberapa keanehan dalam anime ini tapi langsung kena skak omongan Rokudou saat melihat anak SMP kayak om-om. Jadi, kalau ingin mencari yang normal, ga bakal ada dalam anime ini. Tidak adanya otoritas guru, murid yang bebas di kelas, bahkan bocil pakai tanktop di sekolah adalah kenormalan dalam anime ini. Jadi aneh malah pas ketua kelas ternyata cewe normal. Kelakuan Rokudou masih nyebelin di mata saya, jadi makin besar niat saya drop daripada lanjutin anime ini.

WataYuri 02

Kaczmarek

Mitsuki kian pedas sama Hime, ditambah dengan sikap posesif dari Kanoko. Ngebakar jembatan udah dilakuin Hime cuma bisa keluar dari zona gak nyaman saat bermain peran. Tapi sekarang kayaknya dia harus lebih dari bakar jembatan melainkan bakar diri sendiri untuk jadi pelepasan dua magnet Kanoko dan Mitsuki. Sumika sejauh ini gak dapet spotlight di luar gaya gal-nya yang fleksibel. Jangan bicarain Mai, ini orang tukang ngapusi ke orang-orang lugu. Ngomong-ngomong kita belum nengok satu orang di dapur loh.

My Home Hero 02

Kaczmarek

Ok nge-cut dialog mulai keliatan dan kini kita persiapan buat penyatronan anggota Yakuza ke rumah Tetsuo. Ngangkat vas bunga seukuran gitu emang berat apalagi kalo sendirian. Ini ngedekomposisi dagingnya Nobuto kayaknya gak bakal sempat kalo itu vas gak segera dipindahin ke lobang di tanah. Klimaks pertama di Minggu malam paling ditunggu.

Dead Mount Death Play 01

What’s this?

When Durarara creator dives into Reincarnation stuff.

Kaczmarek

Proyek yang diumumin udah pasti dapet dua cour jadi sayang banget kalo gak ditonton. Karena udah sempet dikecewakan sama Plunderer, semoga Geek Toys gak mengecewakan sama proyek edgy satu ini. Satu alasan lain selain ini dibikin sama kreator Durarara dan Baccano, proyek ini juga disutradarain sama Ono Manabu yang juga di posisi yang sama di proyek Mahouka (S1 only), Kyoukaisenjou, dan SAO: Aliciziation.

Gimana episode pertamanya? Well, saya gak kaget sama animasinya Geek Toys disini. Cuman ada beberapa bagian saya kurang demen sama close up frame yang nunjukin sifat ekonomisnya. Kalo ini proyek ekonomis, minimal komposisinya gak kayak Plunderer. Sejauh ini saya bisa nahan diri untuk nyobain satu musim.

Megami no Cafe Terrace 02

Kaczmarek

LOL, gak nyangka ada yang ke-trigger kalo dikasih opini. Daripada dianggep slander, entah orangnya lupa apa sama high and low-nya si Seo. But anyway, episode kedua jadi pembuka kepribadian masing-masing. Pasca nge-babysit dalam beberapa menit, Hayato kena pelajaran berharga dari para malaikat. Animasi yang cukup baik untuk favorit saya Akane, dan momen Riho nawarin pantsu ke depan Hayato gak disensor. Ami? Buat apa Ami? Selain jadi satpam dan tukang pukul, tunggu aja waktunya dia bersinar.

BlueHeaven

Riho waw, saya bakal pantau terus untuk waifu satu ini. Niat saya untuk mengangkat waifuwed atas nama dia sangat tinggi. Waktunya pengumpulan informasi.

Kaptain

Jadi saya ngecek manga-nya dan nangkep kalau ini tipe cerita di mana Kouji Seo ngeliat rating dan respon pembaca dari para heroine dan ngebikin cerita berdasarkan data. Cara yang sangat nekat, so I’m in.

Otonari ni Ginga 02

Kaczmarek

Rencananya pengen nonton episode ini biar ngerti progres mereka berdua, tapi malah dibuat gak fokus gegara ganti gaun. Gaun semacam yang dipake Goshiki ini punya daya tarik gede untuk yang bisa jaga badannya. Untung paruh kedua disini sedikit ngulik kutukan (sementara nyebutnya gitu) soal duri di belakang Goshiki. Pasca Kuga kena kontak, otomatis dia jadi bagian dari Goshiki. Kalau Goshiki sakit atau terluka fisik atau mental karenanya, Kuga dapet hukuman secara langsung. Ini cuma Kuga, gimana dengan hubungannya dengan orang-orang pulau itu? Persepsi ada di Goshiki semua. Jadi ini selalu satu arah.

BlueHeaven

Pembahasan soal manga hanya di bagian Kuga dapet coloring setelah setahun. Sepanjang episode lebih fokus ke kondisi fisik Kuga yang drop karena berbagai alasan. Masih awal, jadi perlu adaptasi bagi kedua insan ini. Terutama Goshiki yang harus tahu kalau laki-laki itu tidak bisa dipercaya langsung. Perkataan ini datang dari seorang yang juga laki-laki.

Isekai Shoukan wa Nidome desu 02

Kaczmarek

Wah udah ganti fokus kesini. OK kalo gini berarti kita dapet full season ngebahas masing-masing heroine yang sejatinya udah jelas di visual utamanya. Meskipun Yurie (bocah cewek) ini gak termasuk, tapi kita dapet pintu baru untuk nyebrang ke teritorial demon. Mohon siapkan telinga di episode berikutnya karena heroine-nya cukup talkative.

Jigoraku 03

Kaptain

PVP kelar, saatnya PVE. What? Ngira ini bakal jadi Tournament Arc antar kriminal? Ini secara teknis tuh invasi jadi ya ini semua kriminal +pengawas ya ga hanya disposable, yang ngegantiin mereka udah disiapin. Saya tahu ini karakter yang deskriptif banget soal perasaan mereka emang nyapekin, tapi ya in seri Jump. Demografi konsumen emang butuh bantuan kayak kini.

BlueHeaven

Finally I can catch this up in the spotlight. Tiga episode yang kuat dan selalu memberi impact terhadap permasalahan yang diangkat per episode. Episode 3 lebih terasa karena kita mendapat diversity karakter lebih luas sajiannya. Sayangnya, beberapa mereka harus tewas terlebih dahulu. Saya kira yang pakai gantai bakal hidup beberapa waktu, eh nasibnya ternyata dipercepat untuk mengakhiri riwayatnya. Some criminals are cute too, too cute to die.

CTian

Sayang istri, sayang istri, sayang istri~ Gabimaru ini sayang banget ya sama istrinya. Saya bingung Yuji Kaku bisa ya dulu bikin duo kayak gini, tapi kemampuan ini kurang banget di karya barunya, Ayashimon. Chemistry-nya dapet, gimana mereka bisa saling belajar sekaligus ngelengkapin satu sama lainnya itu bagus banget.

Kaget juga cast-nya banyak yang langsung dipangkas, padahal baru mulai banget. Paling kaget sama pengawalnya yang “genderuwo”, saya kira dia karakter penting. Berikutnya bakal lawan penghuni Shinsenkyo, beberapa udah ditunjukkin dan berhasil bikin saya merinding sih.

 

Tengoku Daimakyou 03

Kaptain

Misi jangka panjang buat “Kiruko”, temuin si dokter dan cari yatim piatu lain. Ini emang post-apocalypse tapi ada aja teknologi buat operasi neurologi kayak gini. Antara itu atau ini red herring dan bisa aja trauma yang ngebuat pertukaran identitas jadi alasan utamanya.

Masih soal teknologi, ini detail yang disembunyiin banget, tapi tanggal rekaman kamera di Heaven itu tahun xx23 sementara dunia luar di flashback 2034. Jadinya “present day” duo kita ini di 2039 dan sesi sekolah punya setahun lagi sebelum bencana terjadi.

CTian

Oke, hmm, menarik. Tiga episode pertamanya ini berhasil bikin saya penasaran banget, misterinya beneran bagus. Ditambah gaya penceritaannya yang menarik dan animasinya yang bukan sembarang animasi.

Makhluk pemakan manusia di akhir episode ini kayaknya bakal jadi penjelas kalau anak-anak di dalam sangkar itu bukan anak-anak biasa ya. Itu kan wujudnya mirip banget sama gambarannya Kona di episode sebelumnya. Ditambah after credit scene-nya yang creepy banget.

Awalnya saya nonton karena cuman pengen nonton aja serial original Disney+ yang lain, tapi ternyata beneran menarik. Di sini bisa ditonton di Disney+ Hotstar yak, rilis simulcast kok, jadi jangan alasan Disney jail lah~

Witch From Mercury 14

Kaptain

Ini proyek Prospera kalau ga punya branding sama sekali bakal punya nama “ShutdownEverything.exe”, jadi silakan masang taruhan ini bakal jadi Sons of The Patriot MGS atau Instrumentality Eva. Kehidupan sekolah udah selesai dan dengan banyaknya hostile takeover di nih episode kayaknya sisa musim bakal abis buat perang antar korporasi. Dengan pengakuan Prospera juga ini udah ga bisa digugat lagi kalau Ericth ada di dalem Aerial.

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru 03

BlueHeaven

Tiga kali saya dibuat curiga tentang siapa sosok Rurihime. Kebanyakan diarahkan ke wanita yang menggunakan kostum goth loli. Tapi sepertinya bukan dia karena orang paling terakhir adalah yang paling sus buat disebut Rurihime. I mean, yang tahu soal kotak di guild itu cuma tiga orang. Nah sekarang pertanyaannya, siapa cewek goth loli itu sebenarnya? Apa dia adalah adik dari Yamada? Oh ya, episode ini ada satu karakter baru yang bukan ikemen. Menarik sih, karena saya kira bakal dispam sama cogan terus buat serial ini.

CTian

Sudah lama nggak nonton anime yang lead-nya Inorin, jadi senang aja nonton ini~ Ini support-nya juga masih satu sirkelnya Inorin, Oonishi Saori sama Kakuma Ai. Gemes banget pokoknya, ahh!

Karakter NPC-nya nggak bisa dibikin lebih NPC lagi yak? NT mas NPC, mungkin coba lain kali di serial lain. Lalu, selamat datang di dunia RPG sebenarnya Akane, di mana siapa saja bisa menjadi apa aja~ Yakin banget si karakter baru ini sebenarnya Rurihime. Terus itu gadis lolita siapa jadinya? Ya kita tunggu saja yak episode berikutnya.

Ending-nya gantung banget, ditambah Itu after credit-nya nggak bantu, malah bikin makin nagih!

Mashle 02

BlueHeaven

Episode ini punya porsi bagus untuk keseluruhan ujian masuk sekolah. Perkenalan karakter baru juga on point, terutama main heroine dalam seri ini. Lucunya, tidak ada yang bisa protes atau curiga sama kakek dan polisi yang ada di lapangan juga. Materi komedi, sih. Jadi, jangan ditanggapi serius.

Boku no Kokoro wa Yabai Yatsu 03

BlueHeaven

Monolognya Ichikawa pas sendirian memang cocok buat novel sih. Kalau beliau ingin menulis novel, bisa saja laris manis. Tapi kalau sudah berhadapan sama Yamada, jadi komedi bawaannya ngeliat tingkah dia. Untungnya, pendekatan Ichikawa kali ini bisa lebih terasa romantisnya.

Kesampingkan soal itu, yang lebih bahaya dari pikiran Ichikawa adalah kumpulan cowo di belakangnya yang suka ngebahas hal aneh. Setidaknya berkat mereka saya bisa melihat detail dua tahi lalat di leher Yamada lebih dekat.

CTian

Tadinya mau ikutin nonton mingguan, tapi ndak jadi karena ternyata Yamada bukan gadis setinggi 175 cm ke atas… Jadi nanti aja nonton pas sudah kelar kali yak.

Skip to Loafer 1-2

What’s this?

Moefikasi FTV Indonesia

CTian

Cerita gadis desa merantau ke kota, si gadis punya ambisi besar, ujung-ujungnya kepincut sama cowok kota, oh ya sepertinya saya pernah melihat ini. Tapi, Skip to Loafer jadi anime paling musim semi di musim penayangan ini buat saya. Ceritanya, feel-nya, sampai lagu temanya, pokoknya langsung berasa adegan musim semi kebanyakan deh.

Walau ya saya rasa pasti nggak sedikit yang nggak cocok sama salah satu temanya, ngerti lah saya mau ngomong apa. Tapi ini beneran cerita seishun yang bagus banget sejauh ini. Saya malah penasaran konflik macam apa yang bisa terjadi di cerita ini, episode ini kayaknya udah siapin sesuatu nih buat cerita ke depannya.

Oh ya, masih mencari atau menunggu tren TikTok Skip to Loafer couple dance, gemesin banget adegan opening-nya.

Dr. Stone S3 1-2

CTian

Selalu senang misal mereka berhasil mendapatkan sesuatu, sekecil atau seremeh apapun itu. Nunjukin sekecil atau seremeh apapun itu, bisa jadi hal yang sangat besar dan berarti. Saya belum baca manganya, jadi kayaknya bakal lanjut nonton terus Dr. Stone ini sampai adaptasinya mentok. Padahal dulu saya minta memang buat diterbitkan di sini, tapi kalau anime lancar ya mending nonton saja dulu deh.

Neural Cloud

Kaptain

Helix dapet jadi tinggal dapet Magn aja buat Meta Warrior team. Ngarep banget Mei/Juni dah bisa mulai campaign baru ato paling nggak ngedrop Nora. Menarik juga KJ di akhir event tuh eksplisit nyadar kalau Sandbox Barrier 1. Ga guna ngelawan Entropics 2. Ngalangin faksi yang didesain buat ngelawan Entropics.

Limbus Company

Kaptain

Apakah bisa optimisasi buat sub 120? Yep. Tapi males. Toh juga hadiah utama tiket 3* udah ngambil. Kamis proper event pertama juga dah mulai yang at this point bisa aja sparking langsung. Rada risih aja ini karakter tier tutorial di Ruina jadi ID 3* di sini.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: ayunda_risu