[JOI Spotlight] Explosive Reactive Edition

April 23, 2023 19:21
[JOI Spotlight] Explosive Reactive Edition

Selamat datang di JOI Spotlight selama weekend mudiik. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri minggu ini dan kami segenap staf juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444H.

Tensei Kizoku 03

BlueHeaven

Masih ngebut kayak minggu kemarin cuma komedinya pecah. Kalau mau lawak silakan saja. Saya cukup menikmati kegilaan sepanjang episode ini. Terutama waktu ditunjukkin flashback rajanya diskusi untuk apa yang bakal dikasih dan dibicarain ke MC, di bagian situ saya ngakak. Hasil 3 episode rules untuk anime ini cukup menghibur. Generic, turbo, but fun.

Ao no Orchestra 02

BlueHeaven

Dari segi cerita sebenarnya ga ada masalah. Pacingnya udah pas untuk sampai membuat Aono kembali megang violin. Cuma, ya itu. Canon itu overrated. Pasti diroasting sama music geek. Pilihan musik yang emang masuk ke selera newbie.

Ditambah lagi animasi anime ini masih belum banyak gerak. Mobil aja didiemin aja di jembatan gitu. Buat akurasi permainan violin, yang ahli mungkin bisa berkomentar lebih jauh. Di mata saya, anime ini agak pelit ngasih show-off permainan alat musiknya. Cuma ya.. untuk asupan Ritsuko mantap lah.

Uma Musume: Road to the Top 01

BlueHeaven

Cygames benar-benar all out buat spin off yang totalnya bakal 4 episode doang ini. Saya awalnya pesimis dapet cerita bagus, ternyata dikasih lebih. Animasinya udah gila sih ini. Detailnya juga ciamik, apalagi gratis pula dikasihnya. Ga ada keluhan buat episode pertama yang bikin saya ingat kembali mengapa Uma Musume bisa booming baik anime maupun gamenya.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 02

BlueHeaven

Aura Raeliana masih cantik seperti biasa. Setelah melihat openingnya, saya cukup puas melihat anime ini sebagai potensi anime catur. Untuk diskusi duke dengan Raeliana, boleh lah itu. Cuma agak kurang suspense untuk memberikan efek lebih tegang.

Isesuma S2 03

BlueHeaven

Hampir keseluruhan episode ngebahas fandom yaoi. Ya kali anime harem bisa ngarepin dinotis fandom seberang. Apalagi cuma Touya yang jadi karakter cowok sentral. Ga ada bobot di cerita, lagi-lagi servis kipas angin sama seperti episode 1. Mana yang katanya ada makhluk yang muncul dari celah? Kok mereka malah nyantai, sih? Ekspektasinya saya mesti direndahin lagi buat anime fan service satu ini.

Kaczmarek

Kalo Isesuma dilanjutin pake pace gini, tujuan utama musim kedua ini lebih jadi slot filler di tengah permintaan IP yang melonjak. Kalo Isesuma bisa, kenapa Sentouin enggak? Secara ini juga dari produser yang sama yaitu Atsushi Fujishiro.

Iseleve 03

BlueHeaven

Keluhan saya masih sama kayak episode 2 kemarin. Animasinya dibuat seadanya saja. Ada satu scene yang dibuat sebagai filling diulang lagi dalam jangka waktu yang dekat. Gampang banget notisnya ini bahkan bagi orang awam. Beberapa scene juga ingetin saya sama kualitas ENGI waktu ngeanimasiin Mobuseka.

Bahan cerita juga gak bisa dikatakan bagus amet. Semua plot mudah ditebak, dan MC masih mengira dia pria jelek yang buntel. Gitu aja terus, padahal udah OP parah dari segi penampilan dan kemampuan bertarung.

Kurangnya di episode ini, matahin plot sekolah di episode 2 meski ada bagian putri yang dilanjutin dari episode berikutnya. Lebih ke pengenalan Miu sih sebagai kandidat heroine. Putrinya juga kocak, katanya penjaganya tomboy, tapi pakai dress feminim gitu ke hutan. Akal sehatnya emang dah hilang, ditambah dengan pernyataan ingin menikah dengan MC. Tepok jidat, cut.

Kizuna no Allele 03

BlueHeaven

Yeah, setelah AI terbitlah NFT. Bukan hal yang aneh buat anime yang mengusung Kizuna AI sebagai sampulnya. Hanya saja, tentu saja ini membuat orang yang anti terhadap beginian jadi malas nonton animenya. Apalagi plotnya tidak ada spesialnya. Perform music juga skipable, ga asik buat ditonton.

Kimi wa Houkago Insomnia 02

BlueHeaven

It’s about time, klub astronomi. Ya, sudah bisa terlihat bagaimana solusi terbaiknya agar mereka bisa mendapat ruangan ekslusif secara legal. Anime ini cukup baik dalam menampilkan kehidupan sekolah yang bisa diterima. Gurunya juga bertindak sebagai guru. Bukan guru jadi-jadian yang sering muncul di beberapa anime lain, if you know what I mean.

Oshi no Ko 02

BlueHeaven

Great comedy. Adegan Kana jilat baking soda adalah bahan guyonan bagus. Tetapi saya lebih lucu melihat realita sutradara yang masih tinggal dengan orang tua di umur segitu. Hit banget sih ini. Saya baru kali ini lihat yang ada beginian. Jadi, bagian itu menjadi yang paling enjoyable di episode 2. Also, purgatory time sudah dimulai untuk penonton seretan arus hype. Ga bakal terus didor sama label “dark” hanya dengan kematian Ai kan? Toh, ngebahas underground idol juga sisi dark dari industri ini.

Kaptain

Miyako tuh MVP nih seri ngeliat development dia dari tante yang dzalim jadi ibu kedua orang yang rusak ini. Hindsight and all tapi ini bagian awal ngasih saya perspektif lebih seger soal sisi control freak Aqua yang punya konsekuensi berat di belakang seri nanti.

Bofuri S2 12

BlueHeaven

All out ending. Bofuri membuktikan kalau mereka layak mendapat sekuel season 2. Meski terseok di awal, makin ke ujung makin seru untuk ditonton. Bayangin aja, di arc ini tiap player punya petnya tersendiri. Hitungan kasarnya jadi dikali dua itu pengisi suara yang ikut dalam adaptasi anime ini. Totalitas dalam episode akhir ini juga kentara karena mereka ngasih spotlight ke semua karakter, bahkan kroco chara.

Di bagian ending kita dikasih tease lanjutan cerita baru. Wah, rival baru. Menarik tentunya untuk dilihat bagaimana kelanjutan cerita yang sebenarnya seakan sudah mentok, tapi masih ada terus bagian serunya.

CTian

Mana pengumuman season 3!!?? Nge-tease doang tapi belum konfirmasi sekuel, parah.

It’s still fun until the very end! Walau jujur aja finale-nya kurang banget kalau dibandingkan sama keseluruhan serinya. Di beberapa episode mereka bisa kasih sakuga action gokil, tapi ada juga episode yang rasanya kurang enak buat dilihat. Cuman berharap produksinya lancar aja sih buat proyek Bofuri berikutnya.

Konosuba Bakuen! 03

BlueHeaven

Masalah dari episode soal segel lepas ternyata belum kelar-kelar. Setidaknya ngelihat monster di Konosuba Bakuen, memperbaiki penglihatan saya setelah menonton Kamikatsu. Cewek peramal untungnya tidak terlihat begitu gila. Kirain bakal ditunjukkin chuuni mode pas ngeramal, eh ternyata masih B.\

Kaptain

Sampe minggat dari desa kayaknya komentar saya bakal “buruan dicepetin” terus deh. Ini juga seenggaknya ngasih latar belakang kenapa Megumin bisa nge-handle lelalki ga beres jadi dia udah latihan buat Kazuma nanti.

Kaminaki Sekai 03

BlueHeaven

Saya kira Shinka no Mi sudah cukup baik mempertahankan posisinya sebagai anime terampas di tahun ini. Tidak disangka, malah dapat saingan berat dari anime ini. Asli ini ceritanya dalam satu episode kalau mau dikomen mungkin jatuh ke satu putusan: penyutradaraannya ampas. Kalau bicara strange beast yang full CGI, itu mungkin masih level Ex Arm yang bisa dijadikan lelucon. Tapi kalau sudah bicara pembagian scene, transisi, kejelasan cerita, semuanya itu bikin saya geleng-geleng. Kok ada orang yang bikin anime model begini?

Itu benar-benar banyak scene kopong, ga guna. Genderbend knightnya diperes habis buat fan service goblok. Sebenarnya materinya lumayan, tapi eksekusi yang hancur-hancuran bikin saya kesel setengah mati. Untungnya, ending di akhir episode itu ngasih harapan dikit buat progress cerita yang kacau sebelumnya. Andai saja anime ini dibuat lebih proper, pasti ga bakal ampas kayak gini.

Kaczmarek

Beltrun gender bender namun yang sedikit bingung adalah outfit dia diubah dari versi manga-nya. Terlepas minimalisnya CG yang kepake, gue masih bisa tolerir sama pace yang dipake untuk ngejar final point yang sempet ditampilkan di animasi pembukanya.

Kaptain

Ini penghematannya udah kentara banget. Pace yang cepet juga agaknya udah bikin staf kecapekan. Ini juga gara-gara karakter punya suara jadi jelas banget kalau salah satu karakter bohong soal identitas dia.

Idolm@ster Cinderella Girls: U149 03

BlueHeaven

Jadi, formatnya udah kebaca, ya.  Tiap episode bakal ada satu gadis dari U149 yang mendapat spotlight. Yang senior selalu mendapat peran melawak. Sayangnya, kali ini grup dibagi jadi dua. Agak kaget karena episode ini mengangkat realita live streaming yang kadang ada komentar pedas, tapi ga selalu. Biasanya udah kena bonk moderator aslinya. Untung Miria bisa kuat. Bakatnya buat ngebawain talk show sangat terasa. Ini yang kurang terlihat di episode-episode sebelumnya. Minggu depan sudah jelas Momoka yang bakal menjadi bintangnya. Ga sabar lihat vibe ojou tapi disuruh bungee jumping.

My Home Hero 03

Kaczmarek

Kasen dan Tetsuo bermain cerdik untuk tahu situasi kawanan ini. Untung mereka nyiapin skenario jika bener ditawan dan kepake juga disini. Yoshitatsu sementara udah kayak gunung yang mau erupsi. Tim masih nyari keberadaan Nobuto, tapi pasca ini justru yang ngeri mereka ngincer Reika.

Megami no Cafe Terrace 03

Kaczmarek

OK, 3 episode yang nampilin banyak upgrade pada adegan sama karakternya di versi anime-nya. Apart from itu momen Shiragiku mabok wine salad, momennya Ami di pantai juga gak kalah bagus upgrade-annya. Kalau melepas faktor skenario orisinal, gue ngerasa nyaman dengan visual dan tone warnanya. Karena mungkin gue hampir nge-drop Tsundere Akuyaku, jadi kepercayaan gue sama Tezuka Productions makin menurun. Tapi di musim ini hingga episode 3 sama anime atasnya Megami, Tezuka akhirnya nemuin konsistensi kualitas di tengah workload mereka yang kian menggila.

BlueHeaven

Tiga episode buat ngenalin 5 heroine dan sampai ke poin buka cafe boleh lah. Cuma ya kalau ga goblok bukan harem namanya. Ada aja momen konyol apalagi sudah punya karakter IQ rendah. Bayangkan jika ditanya kenapa kamu kemarin masih banyak duit sekarang jadi miskin? Dijawab karena ada seseorang menjatuhkan dumbell ketika ingin menghidangkan teh di mejanya, jadi ga bisa narik stock. Menghadeh tapi itulah hiburan.

Isekai Shoukan wa Nidome Desu 03

Kaczmarek

Belum isekai kalo gaada Ai Fairouz. Sekarang Dezas dalam keadaan terpuruk karena pengen nepatin janji (kayak Levia) tapi situasinya terbilang generik karena urusan nikah lagi. Kalo Teran ini orang lemah juga, saya bisa drop nonton di episode ini. Really, satu-satunya charm yang menjual bagi saya cuman dialog yang gak kaku.

BlueHeaven

Minggu kemarin saya ketinggalan impresi. Fokus saya lebih ke kuda yang didesain agak spesial. Cuma hal itu sudah sepenuhnya hilang di episode ini. Lebih ke visual simple yang ga mengangkat pertarungan kroco karena levelnya juga rendahan. Sementara tahan dulu karena plot dikit-dikit flashback tergantung mood juga bisa ngikutinnya atau enggak.

Otonari ni Ginga 03

Kaczmarek

Goshiki ini pure maiden yang gak masih asing sama kehidupan sosial. Untuk nganggep dia udah kasmaran alias jatuh cinta di posisi saat ini lebih cocok seperti cinta monyet. Kenapa? Dia belum sensitif sama hal ini dan implikasinya ke kehidupannya nanti. Ichirou ini beruntung namun di satu sisi ia juga harus menjaga Goshiki agar gak pecah seperti megangin vas beling sambil naik tangga. Momoka jadi salah satu angin segar karena bukan sebagai pesaing cinta, tapi sebagai kakak yang dihormati Ichirou dan adik-adiknya. SWEET EPISODE!

BlueHeaven

Pure otome junjou, Goshiki. Straight to the point langsung confess pula di episode ini. Build upnya memang agak aneh dibanding seri romance lainnya. Soalnya cewenya dah gaspol, tapi bukan agresif kebelet nikah. Murni belum banyak tahu aja. Sementara itu cowonya masih struggle sama manga, belum kepikiran buat ke sana. Ngirimin pesan dan dibales di papan tulis juga jadi bagian heartwarming di episode ini.

Yuusha ga Shinda 03

BlueHeaven

Lagi-lagi kasus paha dan stocking. Emang mau apapun makanannya, stocking itu wajib dalam anime ini.

Kawaisugi Crisis 03

BlueHeaven

Hahaha, dua pendatang baru langsung ngasih sentuhan fresh di episode ini. Walau role mereka terbatas di satu tipikal dialog, tapi kesegaran yang disajikan itulah yang jadi hal yang enak dinikmati. Satu per satu alien tumbang, minggu depan ada alien baru yang bakal kena critical hit dari para hewan peliharaan.

Edomae Elf 03

BlueHeaven

Ketimbang soal kulinernya, saya lebih tertarik dengan upacara keliling kota yang dilakukan Koito dan Elda. Bisa-bisanya adat diubah demi hasrat duniawi elf.

Di satu titik tertentu, episode ini mengingat kita kembali dengan ibu Koito yang sudah meninggal. Satu dialog Elda ke Koito yang cuma bilang itu mie yang dipilih ibumu juga, langsung jleb. Ga pake musik megah atau timing spesial. Itu bagian yang sudah ditabung dari episode sebelumnya hingga kamu bisa sadar di satu titik tertentu ketika itu dihadirkan kembali.

Birdie Wing 16

Kaptain

Saya ga bilang para mafia/korporat punya teknologi buat ngendaliin cuaca, cuma ya ini seri yang punya golf dungeon. Sesuai dugaan politik dinasti jadi sumber perkara dan kedua pasangan jadi punya alasan untuk berantem. Ga terlalu optimis sama kondisi Aoi ngeliat penyakit genetik dan Eve sendiri spesialisasinya di serangan mental.

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru 04

BlueHeaven

Prediksi saya sedikit meleset. Loli gothic ternyata adiknya Eita aka Rurihime. Lagian minggu kemarin sang adik manggil Eita dengan sebutan santai, kayak bukan ngomong sama kakaknya. Saya tidak menyangka Eita bakal dijudge hode seketika di tempat. Di luar dugaan lagi, saya kira si imouto bakal terus menjadikan Akane sebagai rival. Eh, malah minta maaf dan mencoba berteman dengan baik-baik di game. Porsi buat 5th man di episode ini juga cukup adil untuk pembuka. At the end, mereka juga bisa naikin level hubungan Akane dengan Yamada lewat urusan makanan. Classic but effective.

Boku no Kokoro wa Yabai Yatsu 04

BlueHeaven

Minggu kemarin sebenarnya mereka sudah menampilkan ini cuma baru notisnya saya sekarang. Cara mereka masukin titling episode itu, loh. Hit at the spot. Ichikawa yang sudah menyadari perasaannya ditambah Yamada yang sudah sering notis keberadaannya jadi makin menusuk untuk dilihat. Selain novelis, Ichikawa mungkin bisa mencoba menjadi pengacara.

Satu scene kocak itu waktu makan cemilan liquid yang harus dicampur. Mesti ya pakai beker buat jadi gelas konsumsi. Pas bagian busted juga kocak parah.

Satu-satunya bagian yang agak kurang mungkin di bagian onee-sannya Ichikawa yang punya role tidak bisa muncul secara alami dalam cerita. Hilangnya juga agak kurang. Bisa ditegasin lagi untuk episode ke depannya.

Mashle 03

BlueHeaven

Komedi dengan MC airhead seperti ini sih, siap-siap aja dapet penyelesaian konflik gampangan. Jadi, emang ga perlu mainin pure logic yang penting alur maju terus. Kalau stuck bakal aneh malah. Kalau boleh mengira, kejadian ini bakal memicu konflik baru buah hasil konflik episode ini. Jatuhnya berantai jadi.

Mahou Shoujo Magical Destroyer 03

BlueHeaven

That’s it. Level disappointing saya sama kayak Akiba Maid War. Power levelnya ga jelas. Tiga mahou shoujo kena bantai salah satu jendral musuh. Berasa gak guna itu power. Ditambah di pihak musuh ada mahou shoujo stres yang masuk ke pertarungan. Kalau mereka punya yang ginian kenapa ga kelarin aja tuh perjuangan para otaku? Episode ini jadi lebih predicted dari dua episode sebelumnya karena fokus ke otaku mobil sangat jelas. Masalah mereka akhirnya ngekill karakter dengan bloody scene dan soal bus pariwisata out of nowehere saya no comment. Biarkan anime ini berkreasi dengan keabsurdannya.

Jigokuraku 04

BlueHeaven

Sagiri AFK terus itu anak. Spotlightnya diambil sama kunoichi. Animasi MAPPA masih cool seperti yang seharusnya. Tidak ada episode tanpa adu otot sejauh ini. Gabimaru ga capek apa, disuruh lompat melulu empat episode beruntun?

Kaptain

Baguslah ini terpidana lain dapat bagian ngeliat ini Gabimaru juga interaksinya “Aku harus gimana i- Ah ya, invincibility. Here I go killing again.” Yuzuriha jadi heroine pengganti ngeliat Sagiri juga kerjaannya berdiri dibelakang sambil keliatan prihatin. Ini si Bakugou Telanjang Dada juga ngasih variable menarik ngeliat dia punya orang dalam dan misi dia tuh buat ngambil metode keabadian buat diri dia sendiri.

Tengoku Daimakyou 04

Kaptain

Menarik juga ini kekuatan super anak di panti asuhan suka nyambung dengan monster di segmen petualangan. Makasih ganja, you da MVP. Ada pihak yang sengaja ngebikin anak-anak buat berkembang di luar program via ngemanipulasi sistem keamanan. Udah fix lah mereka tuh mutan yang dieksperimen sama ini tanggal di kamera ngekonfirm format tanggalnya tuh tahun/bulan/hari jadi ini emang tahun xx17.

Witch from Mercury 15

Kaptain

Ericht nongol di OP sekarang. Ngeliat ini Suletta berisiko jadi final boss ya wajar lah Bob dapet perkembangan kayak gini sebagai protagonis cadangan. Lucu aja sih ini rencananya Shadiq via manipulasi ekonomi tuh cara yang realistis buat nurunin eskalasi, cuma ya dia ada seri Gundam jadi kita tahu lah penyeleasaiannya bakal gimana.

Arknights (Global)

Kaczmarek

OK deadweek yang kembali produktif. Pasca re-run NL, saya udah tembus tabungan orundum 50k demi Texas Omertosa. Tapi karena stretching-nya cukup panjang, saya masih bisa nyimpen sampe 60k. Mlynar kemaren gak dapet apa-apa, jadi saya berturut-turut gak dapet operator yang ada di banner selama 5 event berturut-turut dengan tarikan minimal 100 per banner.

Sementara itu, 4th anniv Arknights sudah berjalan tadi dan banyak info yang keluar. Rhine Lab dapet lanjutan, kemudian Siesta berlanjut untuk musim panas di China. Skin maknyus gile Kaltsit jadi perhatian, sementara skin orchid yang lore-nya cukup menyedihkan. Lineup seiyuu di anniv ini juga bikin mulut menganga. Muelsyse (Tamura Yukari), Ho’olheyak (Miyuki Sawashiro), Melanite (Hana Takeda).

Kantai Collection

Kaczmarek

Been a while, dead game. Terakhir intens main di tahun 2019 dan akhir-akhir ini cuman sent exped. Gak nyangka udah 10 tahun sejak game ini hidup. Yap hidup, dalam pengembangan IP daripada pengembangan in-game-nya. Meski gitu, kayak seri GATE, IP KC masih bernilai untuk dijadiin bahan KOL dari inside influencer di dalam militer laut. Banyak yang mulai comeback juga pemain lama akhir-akhir ini, dan yang gak nyangka cuman mereka mau lanjutin ini game di tengah situasi reso mereka yang sempet terbengkalai. Kalau saya tinggal di JP, ini game udah abadi saya mainkan secara rutin. Happy 10th anniversary!

Neural Cloud

Kaptain

Ini Pseudosphere ga susah-susah amat buat saya. Ngeliat yang diuji ya variasi roster kalian. Ini ya ga kayak GFL1 event fillernya emang banyak dan abis Helix ini juga resmi kita dapet Magnhilda. Terakhir saya Spark tuh buat Daiyan jadi ini aman lah stok quartz.

Limbus Company

Kaptain

Baguslah event komedi kayak gini bakal rutin walopun ladder grind-nya goblok dan saya bakal langsung minggat abis dapet EGO. Nih game udah punya base cast yang bagus jadi event yang ngasih kesempatan buat 12+ karakter buat aneh-aneh kayak gini tuh penting. Gregor dari awal dah di-meme ngeliat dia tuh pemeran Mr. Krabs versi KR, dan ini ya langsung aja dapet event di mana dia nge-manage restoran.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: HimeHinghoi