[JOI Spotlight] Pertanyaan Bodoh Edition

July 14, 2024 21:09
[JOI Spotlight] Pertanyaan Bodoh Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yanng masih ngumpulin seri blok musim panas. Seperti biasa staf Jurnal Otaku akan memberi impresi untuk berbagai seri yang baru mulai minggu ini.

Kinnikuman Perfect Origin 00

Kaptain

Ya ampun ini semua arc sebelumnya dijejalin di satu episode. Jelas sih ini ditargetin buat fans lama dan nih recap buat formalitas aja. Saya bilang penonton baru juga langsung hajar aja nonton kalau cocok sama vibes nih episode pembuka. Ini seri juga rajin banget kok musnahin karakter abis satu match jadi ya ga usah invest banget sama kebanyakan karakter.

Tsue to Tsurugi no Wistoria 01-02

What’s This?

Salah Jurusan Moment

BlueHeaven

Great premiere. Awalnya saya agak skeptis lihat posternya, ternyata animasi animenya totalitas. Setiap scene disaji cukup baik sehingga story telling bagian awal bisa nyampe ke penonton. Momen thrill dibuka kartu di akhir episode 1 berhasil memicu adrenalin penonton, langsung berpihak sepenuhnya ke kubu MC.

Episode kedua juga bisa ngehadirin klimaks yang setara dengan episode 1. Wah, bisa gokil sih kalau tiap episode dibikin peak. Moral of the story, kejarlah cita-citamu setinggi langit, meski kamu kuliah salah jurusan.

VTuber Legend 01

What’s This?

Ayaneru broke her oath

BlueHeaven

Salut buat tim produksi yang bisa gaet Ayaneru meranin vtuber. Masih dalam ingatan saya kalau tidak salah beliau bilang tidak tertarik menjadi vtuber. Still ini jatuhnya seiyuu.

Sejauh ini anime ini paling enak ditonton untuk melihat dunia vtuber yang diharapkan penonton. Nakanohitonya sama dengan avatar dan poin siarannya juga akurat. Pertanyaannya, apa yang bisa mereka tawaran ke depannya dengan premis seperti ini? Saya harap ga cuma panas di awal aja karena belum kelihatan anime ini bisa sampai sejauh mana potensinya.

Shinmai Ossan Boukensha 02

BlueHeaven

Show off kekuatan 4 gurunya Rick. Plot masih generik, belum ada yang unik. Berharap Angelica bisa dieksploitasi tapi masih mode anak pejabat manja. Tunggu abangnya dipentalin baru masuk heroine zone paling.

Roshidere 02

BlueHeaven

Ekspektasi: momen Alya kepedesan sama pakai baju seksi viral.

Realita: Imouto momen Suou Yuki malah yang rame diangkat orang.

Tbh, Yuki emang karakter yang likeable sih. Kredit buat seiyuu yang nanganin suaranya, totally enjoyable in ears.

Kaczmarek

Akhirnya Wakana dapet chara yg bisa nge-flex kemampuan jangkauan suaranya. No, gue gak bakal narok seiyuu-nya Rinze sebagai newbie seperti orang-orang di socials. Udah hampir 10 tahun dia debut di dunia ini. Yuuki (sayangnya) gak cuma jadi alasan kenapa Masachika gak terlalu tertarik gabung OSIS lagi. Di satu momen nanti, mungkin kita bisa ngeliat Masachika jadi oposisinya Yuuki dengan bersanding di belakang Alya. Karena dork satu ini, saya kembali mendukung jalur imouto.

Oshi no Ko 2nd Season 02

BlueHeaven

Yang saya senang dari Oshi no Ko adalah tiap bagian kayak di episode 2 pasti ngulik seluk beluk dunia entertaiment, kalau bahasa kerennya sisi gelap. Ga gelap amet sih sebenarnya, itu konsekuensi pekerjaan yang bisa dengan gampangnya diganti gitu aja. Kontrak? Apalah arti kata itu kalau emang ga guna buat create a works di dunia industri kreatif. Baru episode 2 udah ada first blood elimination, sasuga Akasaka Aka memasak.

Kaptain

Masih ke sentimen saya minggu lalu. Ga ada yang suka sama orang yang nambah kerjaan. Ngasih feedback bermutu juga itu masuknya skill, apa lagi buat disiplin kreatif yang berbeda. Makanya sistem “penengah” seperti yang ditunjukin nih episode ada dan Shirobako juga sempat ngomongin pro-kontra sistem ini. Tapi ya kalau pipeline kepanjangan jadinya ya gini.  

Maougun Saikyou no Majutsushi wa Ningen datta 03

BlueHeaven

Ini anime bukan isekai, tetapi aura isekainya bisa lebih-lebih dari beberapa isekai di luar sana. Beras? Oh, tentu saja jadi komoditas ekslusif kalau muncul di dunia fantasi nuansa western. Ga habis pikir ini ga ada bahan makanan lain apa yang bisa jadi bahasan selain asian value dish. Kasih lah sekali-kali fast food revolution kayak di Amrik, toh fantasi ala Jepang ngejurusnya ke Eropa bukan benua Amerika zaman koboi.

I Parry Everything 02

BlueHeaven

Noor ini skill parrynya terlalu auto sampai reward ditangkis terus. Kasihan Lynne sampai nangis, untuk agak ngelembek MC buat setidaknya nerima second hand pedang yang cuma jadi “pajangan”. Sepertinya kita tidak perlu penjelasan latar belakang pedang karena bakal dijadiin sekop buat bersihin parit.

Hazurewaku 02

BlueHeaven

We got EX Arms here but a little bit better. Still 3D CG model gini ampas mau dilihat dari mana pun. Padahal episode 1 udah ok. Tolong ini CGI cukup berlaku ke monster aja. Kalau MCnya udah ketularan 3D, ya saya ga berharap tapi pengennya karakter lain jangan pakai CGI juga, tapi bakal kebanting jadi saya pasrah saja. Baru episode 2 sudah bikin saya pasrah, hadeh.

Kaczmarek

Masa tiap gerak, semuanya ikut 3D? Man, Seven Arcs sama SynergySP ini lebih baik dari hal animasi kayak gitu. Ini serinya udah mengandung battle dimana-mana dan kalau gini standar yg mereka pake, gue udah siap narok 2/10.

Shikanoko Nokonoko Koshitantan 02

BlueHeaven

Ada yang bilang mirip lagu ‘Kulihat Ibu Pertiwi’, tetapi gubahan lagu pas Nokotan diangkat malaikat rusa lebih mirip ‘Nearer, My God, to Thee’, apalagi lagunya emang cocok buat orang rusa mati. On the side note, itu momen paling kocak di episode ini menurut saya.

Kalau dari segi cerita sebenarnya ga ada yang spesial dari anime ini. Banyak celah yuri karena penulis ceritanya emang demen genre gituan diselipin dalam karyanya. Untuk komedi tergantung selera masing-masing, tapi masih banyak hit miss bagi saya terutama beberapa bagian yang maksa. Anyway, gurunya cakep juga walau simple tampaknya.

Isekai Shikkaku 01

What’s This?

The Truth behind Truck-kun: Dazai Osamu Edition

BlueHeaven

This anime is for me. Ada Sensei penulis, elf priestess, dan black hair beast girl. Saya 100% bakal betah nonton seri yang punya paket lengkap pemuas fetish saya. Yang jadi nilai kurang justru nilai unik dari seri ini yakni MCnya tipe Yoru ni Kakeru. Pengen bundir bareng itu Jepang banget apalagi sebelum restorasi Meiji. Lagipula truck udah nyasar di zaman sono udah langsung trigger alarm saya kalau anime ini ga bakal normal. Bisa-bisanya mereka bertindak normal setelah truk nyasar dan akhirnya pecah ketika Sensei minum suplemen kematiannya.

Atri 01

What’s This?

Global Warming After Story

BlueHeaven

Dari lubuk hati paling dalam, saya menghargai setiap anime adaptasi dari visual novel di tahun 2020-an. Udah jarang banget yang dapat TV series, untungnya Atri dapat jatah. Nonton episode 1 langsung berasa nostalgia somehow ke era anime dari visual novel masih merajalela. Ini sentuhannya khas banget dari dialog dan penokohannya. Ceritanya juga punya nilai unik dengan membawa MC yang disabled. Minggir deh yang mau ngaku-ngaku “gue banget”, nikmati saja tontonan ini secara normal.

Gimai Seikatsu 02

Kaczmarek

Pendalaman karakter Saki sekaligus menggambarkan situasinya dan reputasinya di sekolah. Yuuta mulai observasi dimana bermain sebagai orang asing walau kenyataannya terungkap oleh Maaya nanti. Kepala Saki masih tertuju untuk hidup mandiri, namun beruntungnya ada Yuuta yang bisa bantu ngarahin daripada menjual badannya ke jalanan. Iya sadar kok, minimnya hubungan ortu-anak karena komitmen kerja berdampak sama pola pikir itu secara di kehidupan nyata ada benarnya. Yang gak mau dihilangkan dari itu adalah hubungan dan komunikasi antar dua belah pihak.

Ghost Mikawa, author seri novelnya juga tiap minggu ngasih impresi dan mengisi plothole yang ada di dalam animasinya. Klaim dia yg selalu tegasin tentunya adalah dirinya pengen bikin seri ini serealistis mungkin dalam lingkungan dia. I sensed that since reading the first volume, ditambah gue sendiri juga situasinya nyaris sama (sekalian disclaimer). Mikawa jg mencatat momen Saki gak nyadar mobil lewat itu dibuat cryptic agar bisa adil sama kompresi cerita satu volume dalam beberapa episode. Dalam kondisi terpuruk, penonton bisa tahu karakter asli masing-masing.

KimiSen 2nd 01

Kaczmarek

Karena ini dikerjain sama stafnya KamiSekai, gue kayaknya gak bakal komplain soal skrip sama storyboardnya. Sejak proyek musim keduanya diumumin, gue cuma berharap ada studio lain yg ambil selain Silver Link. Mau tahu kenapa? Sejak diakusisi Kadokawa, SL jadi sapi perah dan keliatan banget kualitasnya nurun pasca STB final. Makanya beberapa proyek anime mereka dibuka ke sub-con yang utamanya butuh jam terbang tambahan kayak Palette.

Anyway, episode pertama yang diatas ekspektasi. Bukan, bukan karena fanservicenya, tapi ke dialog Alice, Elletear, Millavair sama Sisbell. Cutting dialognya (kalo dibandingin sama novel) gak bikin karakter masing-masing berubah. Yang penting si Elletear, yang di musim lalu jujur lebih devil-ish daripada cunning genius. Also, kenapa ibunya datar tapi anak-anaknya badonkers kabeh kecuali Kissing. Oh yeah, overthinkingnya Alice kambuh.

2,5 Jigen no Ririsa 02

Kaczmarek

This bastard gets everything but realization. Mikari akhirnya nongol jadi osanajimi yang kini sudah populer di permodelan. Seperti Kanon di TWGOK, kehadirannya di sekolah juga menarik perhatian siswa-siswi yang tentunya juga membuat ruang personalnya menyempit. Tipikal Masamune, inget Mikari tapi tetep yg penting Liliel di kepalanya. Gue gak sabar chapter 8 diadaptasi karena udah yakin sensornya bakal makin kreatif di nude scene-nya.

Megami no Cafe Terrace S2 02

Kaczmarek

Here’s the “Cafe Family Restaurant” arc. Copycat dari masing-masing anggota bener-bener bikin cringe, tapi yang paling kesel justru Ami kayaknya disini wkwk. Oiya udah mulai mengaitkan poin dari masa lalu, terutama cafe familia dari masa kakek dan neneknya Hayato. Perang resmi dimulai.

Kaptain

Arc Kafe Jahat. Bukan karena kompetisi ga sehatnya, tapi karena dadanya lebih gede. Baguslah friksi kayak gini ada biar ga kelewat santai nih musim. Ini juga seneng misteri dibalik pilihan staf Familia bisa langsung diomongin.

Monogatari Off/Monster Season 02

Kaczmarek

Nadeko dalam kegundahan. Diminta menghentikan gambar manga karena dianggap sebagai kegiatan berkebodohan daripada kegiatan bertalenta. Satu-satunya cara adalah menunjukan kalau talentanya gak cuma sebagai hobi saja. Sendiri tak mampu, dibelah lima pun nampak bisa mampu. Ononoki bersikap bijak namun sarannya bisa “berbahaya” jika salah satu atau semua shikigami Nadeko berulah. Bener aja, mereka kabur dan gak kooperatif. Ononoki secara langsung jadi biang kerok dua episode pertama ini.

Boku no Tsuma wa Kanjou ga Nai 03

Kaczmarek

Keitung interspesies kah? Gue gak kepikiran sampe disitu karena dia literally robot, bukan makhluk hidup alami dalam spesies lain. Cukup heran sama Akari karena dikira reaksinya bakal “menyadarkan” kakaknya kembali ke dunia nyata. Tapi ini dunia nyata, yg dimana mencintai sesuatu itu juga lumrah. Momen memory card itu mengibarkan death flag or reset flag di masa mendatang.

NieR Automata S2 02

Kaptain

Special Guest: Yoko Taro sebagai Engels dan dua CEO di akhir as themselves. Lebih bagus nunjukin skala operasinya dibanding gamenya yang jujur kesannya di keseluruhan Yorha tuh cuma tim 2B9S aja yang kerja. Lebih nyakitin juga sih ngeliat pasangan unit lain yang dapet screen time.

Nazeboku 01

What’s This?

Alternative world when your friends forgot you.

BlueHeaven

A good start with fair quality. Premis episode 1 pas porsinya. Animasi battlenya juga solid. Bakal jadi salah satu judul baru potensial di musim ini mengingat banyak anime fantasi terlalu mid buildnya.

Makeine 01

What’s This?

Jagoanmu kalah? Tenang, ada ronde dua di sini!

BlueHeaven

Satu episode mewah dengan pengerakan animasi karakter luwes bahkan untuk helai rambut dan tetes air mata itu benar-benar dibuat sedetail mungkin. Tone colornya agak gelap dibanding kebanyakan romcom yang suka pakai tone cerah buat menggambarkan suasana muda yang penuh warna, cocok buat tema para gadis yang tertolak. Beberapa scene aktif sorot kamera mengambil persepsi yang jarang kelihatan, mirip GoHands ngeanimasiin Sukimega, tapi ini A-1 Pictures yang bikin.

Setting cerita udah pas, ada banyak monolog MC yang menuntun penonton bisa tetap fokus meski ada banyak character intro di satu episode. Satu hal yang menarik, seiyuu mahal kelas atas ditaruh buat ngisi para cewek yang menang yang notabenenya supporting chara di seri ini. Sengaja banget ini semua udah diprepare rapi bahkan untuk fun fact kayak gini. Pertanyaan saya, kok bisa ada seragam sekolah yang pakai dasi kupu-kupu 4 susun?

Kaptain

Goddamn, ini episode debut terkuat sejauh ini. Ini kesannya A-1 kesel Dogakobo makanin jatah mereka. Balance yang bagus di drama dan komedi via Yanami yang sangat pantas ngedapetin posisi dia yang lebih berat di makeinu-nya dibanding heroine.

Kono Sekai wa Fukanzen Sugiru 02

BlueHeaven

Perlahan mereka mulai bisa ngasih harapan buat saya sebagai penonton bisa stay nonton anime ini selama 1 cour. Ide unik doang ga cukup emang, harus ada konflik menarik. Ide debugger vs debugger dengan pandangan berbeda emang simpel tapi bisa ngangkat seri ini jadi lebih menarik. Nikola yang bangkit seakan kayak elemen kejut sekali langsung lupa gara-gara plotting gini. Saya punya feeling ini Nikola sengaja diset gini biar jadi bom waktu yang bakal meledak lebih besar ke depan.

ZZZ

Kaptain

Interknot 32. Butuh 15 jam buat nyampe grind Disc dan segala kebodohan substats. Karena berhasil ngembat Ellen dan Grace pengalaman awal saya emang jauh lebih langgeng ngeliat fondasi tim Ice dan Elec udah dapet.

Soal tingkat kesulitan juga masih sama sentimen saya buat semua game yang harus bisa dimainin di HP. “Situ main di touchscreen atau gamepad?”. Nuance mainnya saya bilang emang meningkat karena walaupun numpuk elemen tuh emang dah khas game Hoyo dan endgame juga balik ke DPS check lagi, ZZZ ada fokus ke gimana tim “nyerna” serangan lawan. Karena beberapa unit bisa ngejejalin DPS tambahan via chain dodge dibanding kalau cuma di–guard assist doang.

Flow ceritanya juga enak berkat stake rendah, fokus ke masalah domestik, tim protagonis yang proaktif, dan jumlah cast yang masuk akal per chapter. Konsep makro ceritanya juga bisa dijelasin secara sederhana. Tapi ya masuk interknot 30 emang dinding progresinya mulai nongol dan ini masih aja sistem baru dikenalin.

Fase hari, kopi, makanan. Ini semua sistem yang masuk akal di game konvensional tapi ngeganggu banget di game gacha karena ini ngerusak alur main. Bonus kayak gini harusnya dikasih langsung antara di hari tertentu atau pas event dan ga majuin waktu pas farming harusnya dah default. Ini juga ngeselin di beberapa sistem harus ke tempat tertentu buat upgrade dan crafting.

Pada akhirnya saya ga bisa mainin nih game secara konstan. Saya cuma bisa ngasih 5-10 menit buat kerjaan harian game gacha dan udah ga ada kesabaran lagi buat grinding substats. Tapi saya akui dibanding dengan HSR dan GI, saya jauh lebih seneng sama 1.0 ini.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Dapet Ray pasca 50-an rolls. Yep, gak bakal recover dari kehilangan ini sampe 5th anniv, tapi minimal gue udah dapetin yg dipengenin. R6S berikutnya gak bakal all out, kecuali dapet luck dapetin operator collabnya. Agak kerasa mundane karena jarak antara R6S sama 5th anniv (5,5 di global) ini gak jauh bgt. Di pertengahan masih ada battleplan dan ada space lagi buat promosi S3 animenya.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.