[JOI Spotlight] IT Overtime Edition

July 21, 2024 22:01
[JOI Spotlight] IT Overtime Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang nggak terjebak di bootloop. Seperti biasa mari kita lihat impresi para staf Jurnal Otaku yang daftar tontonannya mulai stabil.

Vtuber Nandaga 02

Kaczmarek

Quick collab yang langsung ngebuka banyak insight soal Shion dan Sei. Dari semua pembicaraan ini malah nge-hint Hareru punya “ick” yang bikin penasaran. Ditambah diisi sama Youko Hikasa, yang pastinya makin chaotic dari Yuu Kobayashi.

BlueHeaven

Makin strong buat culture vtuber yang ditunjukkin mulai dari maro, wangy wangy, sampai mainan legend: Getting Over It. Satu hal yang ga akurat mungkin cara stream di karaoke, secara pencahayaannya ga bagus buat tracking.

Mayonaka Punch 01-02

What’s this?

Paripi Koumei gang decided to cook in pastures new

Kaczmarek

OK, outcast dari dunia content creator yang kebetulan nongol di mimpi seorang vampire yang hidup bareng manusia juga. 20 tahun tidur (entah karena apa) dan terbangun oleh mimpi itu. Punya maid yang pengertian sampe-sampe numpukin harta berupa utang.

Shige-Yuki diperkenalkan, dan gak nyangka dicekokin bawang malah kobam. Baru mulai 3 minggu dan udah delete channel. Or to be exact, revived under new guise. Agak cepet proses pembukaannya jadi gak terlalu realistis (padahal pengen tahu detailnya).

Roshidere 03

Kaczmarek

½ Alya, ½ Masha. Episode yang jujur aja bikin kangen Yuki daripada mereka berdua wkwk. Namun kita dapet flashback soal masa lalu Alya saat mulai kenal sama Masachika. Kemudian Masha akhirnya nyadar bahwa Masachika adalah laki-laki di masa kecilnya yang punya janji cilik.

BlueHeaven

Pas 3 episode buat nunjukkin seluk beluk karakter secukupnya. Masha nyes banget pasti buat yang nyadar kalau Saa-chan itu ternyata sedekat itu darinya. Sayang udah keburu dimarking sama Alya yang punya judul seri. Build Masha di 2nd half bener-bener matiin back story Alya yang di 1st half. Gokil sih bisa promosiin 3 heroine kuat dalam 3 episode.

KimiSen S2 02

Kaczmarek

Tetiba kayak ganti studio di episode ini. Lackluster di animasinya udah bikin “huh?”, yang paling bikin geleng-geleng itu bagian mob charanya yang dibuat gak anatomis dan semua karakter . Zoom-ing sama cutting-nya juga malah kayak animasi tahun 2000-an awal daripada 2024. Belum re-check creditsnya, tapi ini episode yang sebenernya bagus secara skenario tapi jadi over-the-top-utter-shit gegara visualnya.

Megami no Cafe Terrace 2nd 03

Kaczmarek

Riho bersinar, Shiragiku tersadar. Masakan Shiragiku yang terlalu neneknya Hayato-sentris akhirnya dihentikan dengan status quo cucunya. Pinchos jadi hal yang ditunggu kehadirannya di cafe ini. Ditambah dengan marketingnya Riho yang udah berani ambil titel yang biasa dipakai media-media infotainment. Momen lupa matiin streaming kedua di musim ini dari semua anime yg gue tonton. Disini mulai ngentelin drama sama Ririka. Also, gue kesel sama sfx boing-boing di episode ini.

Kaptain

Seneng saya pas nih seri fokus ke aspek bisnisnya. Familia bukan proyek warga pensiunan lagi tapi bisnis yang ditarget buat tutup. Ada firasat ini bakal stalemate sampe akhir musim via inovasi kafe + krisis baru.

Hazurewaku 03

Kaczmarek

What the hell? Di saat Touka bergerak atau berjalan dapet porsi 3D, sementara saat Seras malah full 2D. Bagian pengaktifan kekuatan spiritnya Seras juga malah bagus loh, kenapa Touka gak dibikin gitu? Gak seimbang banget, except pas ketemu empat korban manusia pertamanya Touka. Pertemuan dan perpisahan bagi keduanya, namun gak lama mereka bakal bersama lagi. Oh yeah, welcome new comrade! Piggymaru!

BlueHeaven

Ok, berarti cuma MC sama monster yang dapat perlakuan CGI. Cara jalannya sih jijik banget. Scene MC ngehajar 4 orang itu berasa ada yang keskip buat sampai ke situ. Tiba-tiba udah ketemu aja, pake 10 detik kek buat ngasih tahu kalau MC ngedetect orang dan punya rencana mau ketemuin mereka. Apalagi itu scene sehabis scene elfnya yang bikin sedikit kaget langsung loncat ke situ. Ini beneran miss paling fatal dalam episode ini, baik dari segi visual maupun audio (musiknya lagi nuansa abis henshin langsung dimatiin pindah scene).

Gimai Seikatsu 03

Kaczmarek

Yep, bagian yang tepat untuk mengakhiri kecanggungan, penasaran, dan tanda tanya di dalam tiga episode pertama. Namun Saki mengambil jalur yang ekstrem untuk mencurahkan keinginannya untuk mandiri. Gue bisa bilang Saki lagi nge-trial Yuuta untuk dapet tambahan kepercayaan selain ingin nunjukin objektifnya. Yuuta juga belum terbiasa sama situasi barunya dengan punya saudara perempuan dan seorang ibu.

Also, jangan ngikutin seri ini dengan membaca kolom komentar tempat kalian nonton itu. Seri ginian gak imun sama “whataboutism” sama “whatiftism”, apalagi kalau pertukaran peran gender dalam suatu perilaku yang amoral di masing-masing lingkungan.

Oshi no Ko S2 03

Kaptain

Emang susah komunikasi sama orang yang kurang gizi dan tidur. Penerbit modern lebih melek soal maksa kreatornya istirahat. Ngeliat Aka juga sebagai kreator cukup leluasa buat main Apex istirahat. Realita produksi udah cukup dijabarin, tapi kali ini juga ada penekanan kalau nggak ada produk yang kebal sama tuntutan pasar.

BlueHeaven

Sensei kacamata berdada besar mendapat spotlightnya setelah beberapa kali cuma kayak numpang lewat. Saya menikmati percakapan salah-salahan dengan emosi memuncak. Credit for voice actresses here. Still, walau saya paham karya film itu bukan solo melainkan hasil tim, alasan karakter itu anak emang benar dan bisa dipahami oleh penulis manapun. Ga ada yang pengen anaknya dinista sampai diganti traitnya.

Look Back

What’s This?
You know what’s this~

CTian
Persis 3 tahun (& 1 hari) setelah manga oneshot Look Back rilis, saya kesampain untuk nonton adaptasi film animenya! Look Back ini sudah jadi karya Tatsuki Fujimoto favorit saya setelah saya pertama kali baca di hari pertama rilis. Saya bakal bilang juga kalau adaptasi filmnya ini merupakan film terbaik yang saya tonton di tahun ini.

Semua aspek tentang adaptasi anime ini tidak ada yang meleset. Penyutradaraan, desain karakter, dan skrip yang dikerjakan Kiyotaka Oshiyama seorang ini betul-betul dibuat dengan dasar kecintaan dia dengan karya seni dan karya original-nya itu sendiri. Saya suka sekali dengan detil-detil kecil dan referensi karya Tatsuki Fujimoto yang dibuat di sini. Setelah nonton ini saya jadi tidak heran kenapa Tatsuki Fujimoto bisa senang sekali dengan adaptasi ini.

Walau sangat singkat dengan durasi tidak sampai 1 jam, hanya 57 menit, anime ini tetap terasa penuh. Lewat durasi yang tidak panjang itu pun saya rasa mereka berhasil menyampaikan sesuatu yang mungkin tidak bisa disampaikan di film yang jauh lebih panjang. Tidak ada durasi atau adegan yang terasa tidak berguna, semua dibuat dengan baik.

Sebenarnya masih banyak yang pengen saya bahas. Tentang bagaimana alunan musiknya yang sangat menghipnotis, akting para pemeran utamanya yang sangat menjiwai karakter, dan bagaimana film ini bukan hanya sekadar penguras air mata saja. Tapi nanti yak, ulasan lengkapnya saya bakal buat di artikel lain!

Penutup, saya mau promosi sedikit, hehe~ Jadi saya ada kampanye soal Look Back di X (Twitter) dan Facebook yang isinya sama sebenarnya tapi beda sosial media saja. Di mana di kampanye ini saya bakal post apapun soal Look Back, minimal 1 post 1 hari, sampai filmnya nanti mulai tayang di bioskop Indonesia mulai 31 Juli 2024. Boleh yak mampir lewat tautan dia atas tadi, semoga berguna dan bikin kamu makin penasaran lagi tentang Look Back. Saya juga bakal adain giveaway lho di sana, ditunggu yak!~

Isekai Shikkaku 02

BlueHeaven

Emang ga bisa expect Sensei bakal maju ngalahin semua musuh, wong orangnya madesu gitu. Episode ini lebih ke show-off kekuatan Tama dan elf priestess. Damn, saya lupa lagi namanya si Elf, emang lebih better ngasih nama yang gampang diingat kayak Tama meski bukan nama aslinya.

Shinmai Ossan Boukensha 03

BlueHeaven

Sangat beralasan kalau Rick latihan sampai mati-matian dan itu secara literal emang mati. Karena ini dunia fantasi penuh sihir, kebangkitan itu jadi kacang goreng. Tinggal gimana orangnya mau nerima sakitnya mati. Episode ini juga ngebuka tujuan partynya Rick yang targeting fairy tale monster sesuai kapasitas mereka juga.

Shikanoko Nokonoko Koshitantan 03

BlueHeaven

Akhirnya saya sadar apa yang salah dari anime ini. Anime ini udah kelewat viral dan gagal menjadi salah satu anime komedi absurd yang bisa selevel dengan ekspektasi setidaknya dari saya. Komedi absurd biasanya keluar spontan, tidak diduga, out of the box dan sering keluar dari relevansi cerita. Shikanoko terlalu faithful sama progress story sampai semua yang dikeluarin sejauh ini masih dalam jangkauan masih bisa diduga.

Satu-satunya bagian yang bisa dinikmati sebagai komedi fresh adalah jogetan Koshi terutama pas pakai referensi spiderman. That’s the only one. Anime absurd komedi harusnya punya lebih dari 10 peluru dalam satu episode yang kayak gini dan Shikanoko cuma punya itu di episode satu saja.

I Parry Everything 03

BlueHeaven

Episode ini nunjukkin seberapa OP Noor meski tanpa parry skill. Semua skill basic all class udah ditingkatin sampai level setinggi-tingginya, entah udah maksimum atau masih bisa naik lagi. Ya pantes orang yang belum ngerasain tantangan sampai kalah telak atau tuan putri yang punya segudang ilmu bukan tandingannya sama MC. Sayang ini MC tipe yang bakal diset merendah.

Tensura S3 15

Kaczmarek

Sweet, para tamu udah dateng dalam perayaan tiga hari ini. Banyak karakter cameo nongol dengan suara kali ini. Terutama elf, yang gue udah tunggu dari musim lalu wkwk. Ras beast juga akhirnya muncul dan kemungkinan besar “dipekerjakan” Rimuru dan Ramiris di labirin. Oiya, ketiga anak Dagruel disuruh ke Tempest biar belajar disana. Berasa anak nakal dimasukin pesantren. Kita belum sampe ke tamu-tamu ‘besar’-nya. Ngomong-ngomong besar, Shion juga upgrade di faktor internal dan eksternalnya.

BlueHeaven

Cuma mau ngomong, Shuna bisa jinakin 2 demon lord. Jangan dibilang beban, ya.

2.5 Jigen no Ririsa 03

Kaczmarek

Yep, mereka gak nunjukin apa yang ada di manga-nya. Nampaknya juga gak bakal diperlihatkan di BD-nya. At least mereka tetep ngejaga dinamika dua heroine ini agar gak overlap satu sama lain. Tapi tetep, Ririsa berada di atas saat ini. Oh jangan ngarepin progres romance di seri ini ya. Please jangan.

Madougushi Dahliya wa Utsumukanai 02-03

BlueHeaven

Dua episode yang memperlihatkan betapa durjananya Tobias si anak durhaka. Udah seenak jidat ngatur Dahliya, eh malah mutusin doi seenak jidat. Sayang bapaknya mereka berdua udah keburu dipanggil Tuhan. Proses kematian dua orang itu juga terlalu dibikin whoosh, padahal pacing anime ini pelan banget. Masih berasa feels anak ditinggal bapaknya, tapi could be better.

Kono Sekai wa Fukanzen Sugiru 03

BlueHeaven

Tiga episode yang menggenapkan maksud dan tujuan seri ini. Nikola jadi bukan NPC yang suka ngikut doang ya, ada role pentingnya juga sekarang. Semua latar belakang sudah cukup jelas untuk akhirnya MC bisa memulai perjalanannya. Teman MC yang mau namatin sendiri duluan kayaknya bisa jadi last boss atau sandera villain ke depannya.

Elusive Samurai 03

BlueHeaven

Diajarin true strong bonding sama Suwa Yorishige. Emang khas banget sih ngasih page atau aide buat selalu bareng tuannya dari kecil. Mereka selain masih gampang diatur, gampang diakrabin juga. Unsur sihir juga udah masuk, jadi skill pedang bukan satu-satunya senjata di sini.

Makeine 02

BlueHeaven

Biasanya saya kurang tertarik sama coklat brownies. Episode ini berhasil membuat saya empati terhadap karakter loser heroine #2. Wakil ketua klub literasi juga kocak blunder parah mancingnya. Karakter Senseinya juga well introduced, detail kecil kayak yang jaga UKS ternyata pasang peyadap suara benar-benar waw idenya. Soal utang Yanami nambah, yep know this coming.

Kaptain

Ini karakter dewasanya ga ada yang beres. Dari “Ini gimana caranya situ dapet kerja” ke “Ini gimana caranya situ ga dipenjara”.

Monogatari Off/Monster Season 03

Kaczmarek

Oh, dua re-debut dari Sodachi dan Kanbaru. Kanbaru masih seperti sebelumnya, Sodachi kontras dari sebelumnya. Keluar kota untuk kuliah tapi ujung-ujungnya keluar juga dari kampusnya. Balik ke kota dan masalah utama soal shikigami pertama telah selesai dengan mudah, thanks berat Ougi. Namun yg kedua ini agak berbahaya untuk publik karena dia masih minor.

NieR Automata S2 03

Kaptain

Title drop. Nih entri ngekonfirmasi unit yang dikenal sebagai 2B udah tahu soal konspirasi Yorha dari awal. Selamat buat 3B yang ninggalin impact gede walau dapet screentime seiprit. Buat markas YorHa ya entah gimana caranya jatoh di dunia FF XIV.

Tsue to Tsurugi no Wistoria 03

BlueHeaven

Complete 3-peak. Buat animasi pertarungan yang epik, ga perlu saya bahas lagi, still great as before. Momen ketika Iris keluar jati dirinya, duh. Ini yang buat episode ini ga mononton sama kayak episode sebelumnya. Elfaria suaranya terlalu childish, pas diam padahal kelihatan mature banget. Festival for the next? Sign me up!

Dawntrail

Kaptain

Ini kualitas raid-nya naik banget. Baik di presentasi dan mekanisme yang dapet banyak banget reaktivitas baru. If anything minimal ya kedepan ya tiap match masih tetep dapet theme mereka sendiri. Ada firasat ini ngundang komposer tamu ngeliat R2 tuh kedengeran SasakureUK banget.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: truffleduster