[JOI Spotlight] Summer Comiket 2024 Edition

August 11, 2024 22:01
[JOI Spotlight] Summer Comiket 2024 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang tepat pada digelarnya Comiket musim panas. Hari di mana kita menantikan berbagai karya fans dan pengumuman seri baru. Selagi menunggu kedua hal tersebut, mari kita simak impresi berbagai seri minggu ini dari staf Jurnal Otaku.

VTuber Nanda Ga 05

Kaczmarek

Well, episode yang bikin Awayuki cringing sendiri karena ulah tiga juniornya. Di saat Ai Kayano biasanya meranin peran mamah, sekarang meranin peran bayi. KoroAzu juga biasa dapet karakter cool, sekarang yikes. Terakhir MAO yang bahas tentang binatang, yak terlalu banyak informasi soal gorilla. Itu lagu ending yg dinyanyiin Ai Kayano bikin gue meringis setdah.

Oshi no Ko S2 06

Kaptain

Arc yang topiknya tentang adaptasi media dapet adaptasi yang spektakuler. Keputusan bijak emang banyak ngegunain perspektif penonton panggung. Udah jelas formatnya tuh tiap pemeran bakal dapet arc mereka masing-masing dan karakter sampingan macem Melt dapet perlakuan selevel ini.

BlueHeaven

Asik dapat momen nonton teater mendekati aslinya. Build up ke klimaks episode juga mantap tertata. Banyak permainan sinematik yang dikeluarin dan itu cuma bisa dilihat dalam perfilman. Good job Doga Kobo buat nampilin satu episode estetik.

Mayonaka Punch 05

Kaczmarek

Episode yang nunjukin kekuatan vampir itu bisa durable enough untuk terbang melewati batas negara. Gak bawa persediaan darah, sempet mikir mereka bakal mati dalam seminggu. Namun mereka hanya masuk low-battery-mode jadi kelelawar. Hal ini jg mengeliminasi bahwa sesama vampir itu gak bisa ngonsumsi darah satu sama lain, or more like, gak akan sama rasanya. Setelah Paolo ngerilis video bareng sutradara MayoPunch, gue mulai ngelihat ada perbedaan tantangan dari yg ia kerjain di Paripi Koumei.

Roshidere 06

Kaczmarek

Kembali ke jalur pemilu, dimana kali ini Alya memantapkan diri untuk diwakili Kuze. Sementara itu Yuki nunjuk Ayano (yg seharusnya udah nongol dari episode sebelumnya) sebagai wakilnya. Strategi yang kayak gimana lagi ini mereka bakal lakuin ngeliat Yuki punya trek yg bagus di adu debat.

BlueHeaven

Dengan satu desakan, kembali lagi Yuki menunjukan tajinya ke penonton kalau dia lebih baik dari sang heroine utama. Ini Yuki bukan mode imouto aja udah imba, Yuki model calon ketos lebih halus lagi main. Debut juga buat Ayano yang bagus dikenalin di bagian ending ngegantung. Orang bakal jadi kepikiran siapa nih karakter, moga yang nonton anime aja ga kespoiler tentang karakter ini sebelum waktunya. Timing anime udah bagus kok, percaya aja prosesnya.

Megami no Cafe Terrace 2nd 06

Kaczmarek

Obatnya udah jelas kan ya, ingetin aja sama masa lalunya pasti langsung sembuh. Penyelesaian yang menggantung, namun ini belum serta merta menyelesaikan masalah di masa lalu Katsuyo. Urutan berikutnya sudah bisa ditebak siapa. Eh iya baru inget Akane orangnya takutan sama hantu.

Kaptain

Untung aja ini ceritanya semi komedi, karena ini bisa dipake buat nuntut malpraktik ke dokter. Tapi ya susah juga sih ngedokumentasi jalur penyembuhannya via bantuan dari alam kubur.

Gimai Seikatsu 06

Kaczmarek

Mempertebal keyakinan untuk punya hubungan. Beruntung Yuuta dibesarkan dengan baik, kalau enggak ini cerita bakal dibawa ke arah non melancholic. Maaya akhirnya bisa nunjukin diri gak cuma sebagai freeloader di rumah orang, tapi juga jadi guru dan chef. Penggunaan frame dari POV jarak jauh tiap scene di rumah ternyata bisa bikin atmosfer jadi ngegigit. Ah, Saki juga ngelamar di tempat kerjanya Yuta. Bakal spicy kalau udah resmi jadi pekerja disini. Also, Saki make alasan sia-sia dengan bilang baterai hp habis karena sering dengerin lagu yg direkomendasiin Yuta.

2.5 Jigen no Ririsa 06

Kaczmarek

Beberapa cosplayer ternama di seri ini udah disebutin Sugita, i mean chara yg diisi Sugita. Perlahan Lustalotte nampakin sisi real lifenya setelah resmi hiatus di comiket musim panas. Gak jauh-jauh dari Ririsa, Masamune, dan Mikari yg dimana jadi guru. Yep, mereka butuh penasihat klub dan kita tahu arahnya kemana. Mayuri-sensei uoooggghhh!

Kaptain

Ini masuk momen dimana penonton diingetin kalau ini seri shounen. Fans juga bilang ini tuh arc dimana nih seri nemu identitasnya.

Hazure-waku 06

Kaczmarek

Ah penggunaan 3D-nya mulai dikurangin, semoga makin ngilang deh karena ngelawan Civit ini udah bagus 2D-nya. Ini episode yg bagus kalau scene yg agak syurnya diperpendek, tapi mau gimana lagi ini ada latar belakang yg harus diungkap soal keinginan Emperor untuk bawa Seras hidup atau mati. Masih menunggu scene di gua, biar puas liatnya dari berbagai versi novel dan manga-nya.

BlueHeaven

Saya suka permainan otaknya si Touka. Akhirnya worth it juga ngapalin nama karakter utamanya. Emang kalau ga dirusak sama visual abal-abal pasti nih anime lebih asyik ditonton. One round K.O, goodbye the strongest human. PS: woila cik, itu kaki goddess terlihat nikmat banget dijilatnya.

Monogatari Off/Monster Season 06

Kaczmarek

Habis sudah Nademonogatari. Konklusi yang bikin prospek Nadeko jadi anak buahnya Gaen dalam cerita berikutnya. Hal yang dibikin agak subtle disini yaitu saat Shinobu nongol dari bayangannya Tsukihi dan ngasih petuah ini-itu ke Nadeko. Motivasinya apa ya? Apa karena Tsukihi bikin pembelaan yg isinya non pembelaan ke ortunya soal invasi rumahnya? Atau emang ini motivasi dirinya sendiri sejak kasus seharian ini (ya, ini masalah shikigami kelar sehari doang). Kesempatan terlewat dengan pertemuan Nadeko dan Hitagi.

Makeine 05

Kaczmarek

Goddamit Pozy, i mean Shikiya-senpai bener-bener jadi gal zombie tiap ketemu sama Kazuhiko. Kayaknya Shikiya juga jadi loser heroine di momen jadiannya Shintarou dan Koto. Idk, just guessing. Chihaya ini bawa sinar terang kemana-mana, sampai bikin masalah sama pacarnya sendiri. Walau tujuan utama dia adalah sebaliknya.

BlueHeaven

Secara data, hubungan Mitsuki sama Chihaya yang paling sedikit infonya. Makanya, adalah tepat waktunya untuk menggali hubungan mereka di episode ini. Kaju yang alpa minggu lalu langsung balik dengan screen time tiga kali lipat. Kasihan, balik-balik dihajar fakta bahwa kakaknya punya teman perempuan, bukan cuma satu lagi. Anna masih bisa pertahanin waktu tampilnya hanya dengan ngedrama sendiri. Asli keren penataan untuk episode ini.

Kaptain

Ngeliat gambar di atas juga diposting sama akun resminya, emang stafnya bangga banget ya sam nih visual gag.

NieR Automata S2 06

Kaptain

Perluasan segmen A2 yang tinggal sementara sama para pasifis. Mungkin ini copium ngeliat mixup karakter dan insiden di nih adaptasi, tapi dengan Lily sebagai ketua kayaknya si kembar android dapet perlakuan lebih baik di timeline ini.

Isekai Shikkaku 05

BlueHeaven

In between episode yang ngenalin beberapa karakter baru. Yang notable ada sang Paus dan Near yang masuk ke dalam party Sensei. Ujung-ujungnya masih pakai peti mati ditarik tapi gantian. Saa-chan juga terlihat, malah jadi last boss di kastil iblis. Kelihatan banget task panjang ngatasin isekaijin satu per satu sebelum klimaks. Harapan saya satu, semoga dibikin menarik karena potensi monotonnya tinggi.

Shikanoko Nokonoko Koshitantan 06

BlueHeaven

Sebuah gebrakan yang tidak saya kira ternyata bisa dimunculin dalam anime ini. Mereka ganti format meski itu cuma beberapa menit (ga full episode). Justru model kayak gini komedinya masih lebih nendang ketimbang satu episode full dibikin bengong nontonin expected plot. Memang ga semuanya sukses bikin ketawa, tapi itulah seninya komedi absurd. Ga semua bisa masuk, tapi masih ada yang lucu lah, ketimbang ga lucu sama sekali. Ayo dong, dihajar lebih liar kayak fan made animation parody Trump ketembak itu juga udah masuk level menghibur sangat.

I Parry Everything 06

BlueHeaven

Sedikit progress dalam episode ini. Episode ini cukup lama nyeritain masa lalu karakter baik dari masa kelam si iblis cilik atau gimana caranya Noor kebal racun. Emang sih, mesti ceritain itu semua tapi ga perlu ngambil banyak durasi juga. Sengaja banget episode ini cuma mau diselesaiin di titik ngalahin naga terus set up perjalanan. Kalau ada update perang di ibukota mungkin lebih bagus, tapi durasinya yang dipake flashback udah bikin selipan kek gini dilupain gitu aja.

Giji Harem 06

BlueHeaven

Weekly Hayamin line: “Don’t be afraid.”

Atri 05

BlueHeaven

Lancar sekali episode ini menyulap krisis dan konflik ke keadaan damai dan bahagia dalam waktu 20 menit. Sensei is back to school, listrik akhirnya nyala, Atri juga merasa berguna. Bibit cerita baru yang muncul di episode ini hadir dalam flashback singkat yang membawa pertanyaan: “Siapa yang ada di dalam ingatan sekilas Atri”. Tentunya makin mengarah ke ngefeels momen tapi ga menghilangkan periwitan peluit khas Atri.

Kono Sekai wa Fukanzen Sugiru 05

BlueHeaven

Baru mau bilang akhirnya Nikola ada gunanya, eh malah ngeblunder di stage berikutnya. Haga bener-bener hard carry buat party ini. Mulai dari skill, pengetahuan, dan pengalaman, semuanya dikerahin di episode ini. Pastinya masih banyak yang belum ditunjukkin tapi ini udah ngebuktiin, kalau ga ada Haga kelar itu party. Maklum dia sering berjuang sendiri, jadi wajar paling mencolok dibanding yang lain.

Mob Kara Hajimaru Tansaku Eiyuutan 07

BlueHeaven

Bukannya tambah bagus, ini anime malah bikin meme bersaing sama Iseleve. Still, masih jauh lah ngalahin Lord Yuuya. Bukan cuma tendangan salto gol, tapi model tampangnya Yuuya jauh lebih unggul dari si badut MC anime satu ini. Udah osananajiminya dibego-begoin, duo sohibnya cuma jadi kaca spion yang ngikut tiap kali jalan, ditambah tiga cewek tajir yang auto klepek-klepek lihat pesona MC yang ga tahu penyebabnya bisa tiba-tiba akrobatik (di dungeon cupu abis fisiknya padahal). Ini emang ada niat sengaja nyaingin Iseleve kah? Ngaku dah studionya!

The Elusive Samurai 06

BlueHeaven

Ga adil musuhnya punya pesugihan setan semua. Itu kubu MC masih bocah semua diadunya sama om-om OP. Logika penulis Ansatsu Kyoushitsu memang luar biasa.

Tsue to Tsurugi no Wistoria 05

BlueHeaven

Banyak frame keren di episode ini. Sayang si rambut merah badut malah ngerusak semuanya. Emang harus ada perpecahan gini sih, tapi gak banget karakternya si badut ini. Udah ditolongin, malah jadi dendam. Tolol juga ada batasnya lah.

Fate/Grand Order (JP)

BlueHeaven

Sekali-kali player goib seperti saya nyebar garem, ah.

Girls Frontline

Kaptain

Lucu aja reuni akbar 404 bisa kesampean. Masih di awal Summer Garden dan ini jujur lebih padat dari biasanya ngeliat Hume dan para doll dia itu cukup telat nongolnya di keseluruhan cerita nih game. Doll baru dah ngembat semua sih walau yang mahal juga ujung-ujungnya sidegrade.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: otmm